Ada Apa dengan Anjloknya Harga Ayam?

Peternak ayam di Yogyakarta mengalami kerugian dan bahkan terancam bangkrut.


1
1 point

Ada Apa dengan Anjloknya Harga Ayam?           

Selama kurang dari satu tahun, lebih tepatnya 10 bulan terhitung dari bulan September 2018 sampai awal Juli 2019. Peternak ayam di Yogyakarta mengalami kerugian dan bahkan terancam bangkrut. Hal tersebut disebabkan oleh anjloknya harga ayam di tingkat peternak. Data dari Apayo atau Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta mengatakan bahwa harga ayam di peternakan menyentuh angka Rp7.000 – Rp9.000 per kilogram. Sedangkan harga pokok produksi (HPP) ayam per kilogram Rp18.000.  

Tetapi anehnya harga di pasar masih stabil di angka Rp.25.000 – Rp. 30.000 per kilogram. Ketimpangan harga ayam yang terjadi terus menerus selama 10 bulan membuat Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (Apayo) melakukan konsolidasi dan memilih untuk melakukan aksi membagikan 5000 – 6500 ekor ayam secara gratis pada hari Rabu (26/6/2019). Aksi tersebut sebagai wujud atau representasi dari kekecewaan  para peternak serta harapan agar harga ayam di tingkat peternak kembali stabil.  

Keterbatasan pengetahuan serta informasi dapat mempengaruhi keputusan yang akan di ambil, seperti keputusan untuk menentukan harga, mempromosikan dan keputusan untuk menentukan target pasar. Penyebab kerugian tersebut tak lain dan tak bukan karena kurangnya data dan informasi kepada para peternak. Sehingga berdampak dan mengakibatkan para peternak memproduksi ayam secara berlebihan. Produksi ayam yang berlebihan mengakibatkan harga ayam anjlok (over supply).

Data diatas kami peroleh dari BPS (Badan Pusat Statisik). Data tersebut menunjukkan bahwa tahun 2018 produksi ayam di Yogyakarta berada di angka 34.510.Over Supply terjadi karena data DOC yang dimiliki Kementerian Pertanian kerap meleset dan kurang up to date dengan realita yang terjadi di lapangan.  

Permasalahan berikutnya adalah masih banyak para peternak yang belum mentaati peraturan pemerintah, yaitu aturan tentang kepemilikan rumah potong dan fasilitas rantai dingin (cold storage).
Peraturan Kementerian Pertanian No. 32/2017 tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam Ras dan Telur Konsumsi. Peraturan ini menjelaskan tentang kewajiban untuk para pelaku usaha integrasi, pelaku usaha mandiri, koperasi, dan peternak yang memiliki ayam ras potong (live bird) lebih dari 300.000 ekor/minggu untuk memiliki rumah potong ayam (RPA) dan fasilitas rantai pendingin.

Civitas Academica Prof. Dr. Ir. Ali Bagus Dekan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menyerukan dan menginginkan akselerasi untuk mencegah para peternak ayam boiler gulur tikar. Serta mendesak pemerintah untuk mengambil langkah dan keputusan serta membuat kebijakan dalam menangani permasalahan yang terjadi agar segera teratasi.

Seruan pertama adalah agar pemerintah mengendalikan dan menjaga keseimbangan permintaan dan penawaran daging ayam boiler/ayam potong.

Kedua adalah mendesak pemerintah segera menetapkan harga acuan untuk DOC, Pakan, Live Bird, maupun karkas atau bagian tubuh ternak yang telah di potong-potong.

Ketiga adalah menjaga dan juga meningkatkan perbandingan di sektor budidaya, agar pelaku usaha ternak ayam boiler di sektor budidaya dapat bertahan hidup, dalam mewujudkan kesejahteraan dan merealisasikan euforia sebuah bangsa termasuk untuk para peternak.

Yang terakhir adalah perlunya restrukturisasi industri perunggasan yang efisien dan mengurangi stok produksi bibit (DOC) secara transparan, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan.

Di era sekarang ini para peternak dituntut untuk lebih melek terhadap data statisik tentang permintaan ayam di pasar. Jika peternak memproduksi ayam terus menerus tanpa memperhatikan permintaan pasar akan terjadi kelebihan produksi (over supply). Jika demikian, hal yang sama akan terulang lagi, yaitu harga ayam anjlok drastis dan mengakibatkan para peternak mengalami kerugian bahkan bisa sampai gulung tikar/bangrut.  

Pemerintah juga harus membenahi data statistik permintaan ayam agar data tersebut lebih valid dan up to date. Validitas dari data tersebut sangat penting agar peternak tidak salah dalam memperhitungkan produksi ayam. Jika data statistik sudah diperbaiki, pemerintah bisa melakukan sosialisasi tentang pentingnya data dan informasi permintaan pasar untuk produksi kepada para peternak. Sosialisasi bisa dilakukan melalui asosiasi-asosiasi peternak.

Untuk di Yogyakarta bisa melalui Asosiasi Peternak Yogyakarta (Apayo). Penanganan ini jika dilakukan dengan cepat dapat mengurangi resiko terjadinya kesalahan produksi yang dilakukan oleh peternak.  
Jika dirasa harga ayam di tingkat peternak sudah jatuh, peternak bisa mengolah ayam lebih lanjut kemudian dijual langsung ke konsumen. Hal tersebut bisa diperhitungkan untuk mengatasi kerugian yang dialami oleh peternak.  

Untuk menjamin opsi ketiga diatas berjalan dengan baik diperlukan strategi marketing dan regulasi yang tepat. Serta mengadakan sosialisasi tentang data permintaan akan kebutuhan ayam boiler guna menghindari over supply dan juga peternak bisa memanfaatkan media sosial untuk mempermudah penjualan ayamnya dengan target pasar yang begitu luas. Dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Line, dll atau menjadi pemasok dengan cara membangun hubungan baik dan menjadi relasi dengan supermarket atau perusahaan pembuat olahan ayam di daerah Yogayakarta dan sekitarnya.  

Referensi: https://tirto.id/peternak-yogya-protes-harga-anjlok-dengan-bagikan-ayam-gratis-ec87

https://tirto.id/seruan-ugm-untuk-penyelamatan-peternak-ayam-yang-terancam-bangkrut-ec6u

https://tirto.id/harga-ayam-lagi-lagi-anjlok-ada-pembiaran-edox

https://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/lt59e8231c86b98/node/534/peraturan-menter i-pertanian-nomor-32-permentan-pk230-9-2017-tahun-2017/

https://www.bps.go.id/dynamictable/2015/12/22/1064/produksi-daging-ayam-ras-pedaging-m enurut-provinsi-2009-2018.html

https://www.voaindonesia.com/a/harga-anjlok-peternak-yogyakarta-bagikan-ribuan-ayam-gra tis/4974416.html

Pembuat Artikel

Wiwit Subagio dan Ahmad Rosis Fanani Hakim


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format