Borobudur X Angkor Wat: Destinasi yang Selalu Dibandingkan


1
1 point

Borobudur X Angkor Wat: Destinasi yang Selalu Dibandingkan

Candi merupakan bangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan peradaban hindu-budha pada masa purbakala. Terdapat 2 situs candi terbesar di dunia yaitu Borobudur sebagai candi budha dan Angkor Wat sebagai situs candi hindu. Angkor Wat terdapat negara Kamboja tepatnya di kota Siem Reap yang dapat diakses lewat bandara internasional Siem Reap atau melalui jalur darat karena perbatasan langsung dengan Thailand. Sedangkan Borobudur terdapat di negara Indonesia tepatnya di kota Magelang yang dapat diakses 45 menit dari Yogyakarta.

Serupa dengan Angkor Wat, Borobudur juga merupakan candi yang ditujukan sebagai destinasi wisata internasional. Akan tetapi, ditilik dari jumlah pengunjungnya, Borobudur masih jauh tertinggal di bawah Angkor Wat. Pada tahun 2018, pengunjung Angkor Wat mencapai 10 kali pengunjung borobudur. Hal ini tentu menjadi hal yang tidak wajar bagi Borobudur yang juga merupakan destinasi wisata sejarah yang namanya sudah besar dan pernah tercatat sebagai 7 keajaiban dunia.

Menurut Kemenpar, pariwisata bisa maju karena adanya 3 hal,  yaitu aksesibilitas, atraksi, dan amenitas. Dari sisi aksesibilitas, borobudur memiliki kendala karena aksesnya yang jauh, terutama akses bagi turis mancanegara dikarenakan letak bandar udara yang jauh berada di Yogyakarta. Tidak hanya letak bandara yang jauh tapi juga sangat jarang ada penerbangan internasional langsung mendarat di bandara Adisucipto Yogyakarta sehingga untuk menuju Borobudur terlalu sulit bagi orang awam. Hal ini merupakan masalah utama bagi borobudur. Dari sisi atraksi, Borobudur sudah sangat menarik dengan seringnya diadakan pagelaran seni tradisional. Lalu dalam sisi amenitas, borobudur sudah memiliki perawatan lingkungan dan fasilitas yang baik dan terus mengembangkan inovasi dalam menarik pengunjung.

Akan tetapi. meskipun secara kumulatif tahunan terasa sepi pengunjung, dalam beberapa momen candi borobudur menerima kunjungan yang luar biasa seperti saat ibadah waisak. Hal ini juga bukan merupakan hal yang baik karena dibutuhkan momen ibadah yang hikmat agar khusyuk. Ini merupakan dilema candi borobudur.

Borobudur memang merupakan candi budha terbesar di dunia. Sangat disayangkan jika candi budha terbesar ini jauh tertinggal dari Angkor Wat di Kamboja dalam segi pengunjung, ketertarikan wisatawan, akses, dan lain sebagainya. Borobudur tentu masih sangat memerlukan pembenahan berkala agar dapat mewujudkan destinasi yang diperhitungkan untuk dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun internasional. Begitu banyak hal yang dapat dibahas dalam mengembangkan destinasi wisata ini dan banyak solusi yang dapat digali demi mewujudkan destinasi wisata yang diperhitungkan wisatawan dunia seperti. Solusi dapat digali dari segi harga tiket, aksesibilitas, paket liburan, hingga pemanfaatan momen besar yang diadakan di Borobudur.

Suasana Candi Borobudur ketika dipadati pengunjung. (Foto : KR Jogja/Thoha)

Penyebab ketertinggalan pengunjung Borobudur dengan Angkor Wat

Dari segi aksesibilitas, Kamboja punya faktor aksesibilitas yang kuat untuk mendukung kunjungan wisatawan mancanegara ke Angkor Wat. Yogyakarta sulit mengejar ketertinggalan karena penerbangan ke Kamboja yang sangat berperan dalam kemajuan pariwisata di Kamboja. Minimnya penerbangan langsung dari mancanegara ke Yogyakarta menjadi salah satu faktor penyebabnya. Kapasitas bandara Internasional Adisutjipto saat ini 1,5 juta orang dalam setahun. Namun jumlah pendatang dapat meningkat hingga enam juta orang dalam setahun atau empat kali lebih banyak dibanding dengan kapasitasnya itu sendiri. Sehingga terkadang untuk mendarat di Bandara Internasional Adisutjipto, pesawat harus hold atau keliling di udara terlebih dahulu selama 30 menit. Beruntungnya, Yogyakarta telah memiliki Bandara Internasional Yogyakarta yang harapannya akan meningkatkan pertumbuhan pariwisata di Yogyakarta. 

Selain dari segi aksesibilitas, minimnya wisatawan mancanegara candi Borobudur dikarenakan kurang terkenal dibanding dengan Angkor Wat. Selama ini, banyak film yang dibuat di Angkor Wat, sehingga membuat destinasi tersebut sangat terkenal. Misalnya Tomb Raider yang dibintangi Angelina Jolie. Terlebih film-film yang dibuat di destinasi legendaris tersebut juga meledak di pasar dunia.

Salah satu faktor lainnya yang membuat Borobudur kalah pamor dibanding Angkor Wat, adalah karena Borobudur tidak memiliki legenda yang disebarluaskan sehingga kurang dikenal. Hal ini telah diatasi oleh Jusuf Kalla akan menyelenggarakan seminar tentang Legenda Borobudur. Seminar tersebut, atas permintaan Wakil Presiden harus diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada.

Instruksi dari wapres untuk Kementerian Pariwisata itu pertama melakukan koordinasi dengan delapan kementerian untuk memikirkan kebijakan mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara ke Borobudur. Instruksi yang kedua menyelenggarakan forum Legenda Borobudur dan yang terakhir mengawal kesiapan stakeholder pelaku wisata agar saat bandara internasional Kulon Progo beroperasi sudah siap semua

Harga tiket yang tidak merugikan

Harga tiket berkunjung yang dikenakan kepada para pengunjung Candi Borobudur sangat bervariasi, dari yang paling murah yang dikenakan untuk turis domestik seharga Rp. 12.000  hingga harga $20 yang dikenakan untuk turis mancanegara

Harga tiket masuk Candi Borobudur 6 Juli 2019. Sumber: Hargatiket.net

Dari harga diatas dapat kita lihat bahwa harga pengunjung domestik dan harga pengunjung mancanegara memiliki rentang harga yang cukup jauh. Terdapat dua solusi untuk mengatasi dilema diatas, pertama adalah dengan menurunkan harga tiket bagi pengunjung mancanegara, dengan harga tiket yang mahal dan juga tentang harga dengan turis lokal yang cukup jauh akan mengurangi minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Candi Borobudur, kedua Keuntungan hasil penjualan tiket masuk dapat digunakan untuk melakukan konservasi candi Borobudur agar kelestariannya tetap terjaga. Pemugaran dan perawatan yang digunakan untuk merawat Candi Borobudur tentunya dapat ditingkatkan untuk menjaga kawasan Candi Borobudur tetap layak untuk disebut sebagai salah satu keajaiban dunia.

Paket Liburan

Menyediakan paket liburan untuk wisata Candi Borobudur merupakan alternatif lain untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke wisata ini. Paket liburan itu dapat berupa kunjungan ke wisata-wisata lain di sekitar Candi Borobudur semisal ke Bukit Rhema Gereja Ayam, Candi Mendut, maupun Candi Pawon. Penyediaan paket liburan tentu akan membuat wisatawan merasa lebih perlu dan tidak capek untuk mengunjungi Candi Borobudur karena adanya variasi wisata lain selain Candi Borobudur. 

Selain paket liburan yang memang mengunjungi tempat-tempat wisata, penyediaan paket liburan yang mengunjungi desa-desa di sekitar Candi Borobudur dapat menjadi sarana lain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur. Desa-desa yang dimaksud adalah desa-desa yang tergabung dalam Balkondes (Balai Ekonomi Desa) yang merupakan CSR (Corporate Social Responsibility) dari BUMN. Menteri BUMN, Bu Rini Soemarno, menilai bahwa Balkondes diperlukan karena Indonesia memiliki potensi untuk mengkolaborasi sumber daya alam dengan sumber daya manusia. 

Meningkatkan Aksesibilitas

Meningkatkan akses untuk mencapai Candi Borobudur merupakan salah satu cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung mancanegara untuk mengunjungi warisan budaya ini.  Pembangunan bandara dapat meningkatkan aksesibilitas untuk dapat berkunjung ke Candi Borobudur, pembangunan Yogyakarta International Airport atau yang biasa disingkat YIA menjadi solusi untuk meningkatkan kapasitas pengunjung domestik maupun mancanegara. Selain pembangunan YIA, wisatawan juga perlu diberikan akses menuju tempat-tempat yang diperlukan oleh wisatawan, seperti contohnya adanya akses untuk menuju penginapan dari bandara, selain itu perlu juga disediakan akses ke Candi Borobudur seperti misalnya disediakan bus untuk memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung.

Lalu agar dapat lebih menarik wisatawan, Borobudur juga dapat lebih menyediakan akses paket liburan yang menyediakan pelayanan kepada wisatawan agar tidak hanya menikmati budaya dalam segi fisik bangunan tapi juga dalam segi pengalaman. Segi pengalaman ini dapat diberikan dengan cara menghidupkan desa wisata di sekitar Borobudur untuk mengadakan sanggar budaya dengan pelatihan tari, musik, kerajinan tradisional atau bahkan menyediakan outbound permainan tradisional. Tentu hal ini dapat lebih menarik minat wisatawan untuk betah berlibur di area Borobudur dalam waktu yang lama.

Memanfaatkan momen besar

Borobudur selalu menjadi tempat favorit untuk mengadakan acara besar mulai dari acara budaya, ibadah, konser musik, hingga perayaan tahun baru. Momen-momen ini sangat berguna bagi borobudur untuk menarik minat wisatawan domestik hingga mancanegara. Momen-momen tersebut dapat menaikkan minat pengunjung jika dipasarkan dengan baik dan meluas. Momen ibadah juga tentu akan menarik perhatian wisatawan dan masyarakat untuk merasakan beribadah di candi budha terbesar ini. Juga memberikan edukasi ritual keagamaan yang dimiliki umat agama budha dalam menyadarkan toleransi keberagaman yang dijunjung tinggi di Indonesia.

 

Sumber:

https://krjogja.com/web/news/read/101344/Candi_Borobudur_Masih_Jadi_Primadona_Wisatawan

https://www.youtube.com/watch?v=dwiwg5NlWJg&t=35s

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190213155256-269-368934/menpar-akui-borobudur-kalah-populer-dibanding-angkor-wat

https://travel.tempo.co/read/1176311/sebab-candi-borobudur-dianggap-kalah-pamor-dari-angkor-wat

https://visitmagelang.id/2009.html

https://travel.kompas.com

Photo by Christine Wehrmeier on Unsplash

Penulis:

Abraham Mathofano

Alfi Fadhila

Mujahid Matin Ahda

Mumtaz Mahfud

Reza Noor Falaq


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format