Bandrek Hanjuang: Persembahan Negeri Pertiwi untuk kehangatan Bumi !

Bandrek terbuat dari berbagai campuran rempah-rempah mampu menghangatkan badan seperti alkohol tetapi tidak mengandung efek negatif yang ditimbulkan oleh alkohol.


15
15 points

Bandrek adalah bagian budaya Indonesia yang sangat terkenal. Minuman ini pernah menjadi simbol prestige bagi sang peminumnya pada jaman dahulu. Karena sifatnya yang menghangatkan tubuh, minuman ini sering disuguhkan bagi masyarakat yang tinggal di pegunungan atau dataran tinggi. Nilai prestige bandrek bukan dinilai dari siapa pengkonsumsinya maupun berapa harganya. Nilai prestisius tersebut muncul karena apa yang terkandung di dalam Bandrek tersebut, yaitu berbagai macam rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, gula aren, pala dan lada hitam. Komposisi hasil bumi ibu pertiwi yang menjadi salah satu alasan para penjajah ingin menaklukkan Indonesia pada zaman dahulu. Sejarahwan Fadly Rahman mengatakan, dulu orang-orang eropa sering melakukan barter berupa senjata, perhiasan, dengan pala atau rempah-rempah lainnya karena komoditas rempah-rempah saat itu sangat langka di Eropa. “Mereka begitu memburu rempah-rempah dan rela menukarkannya dengan barang-barang berharga milik mereka.” kata Fadly(1).

Bagi orang Eropa, menghadapi cuaca dingin tentu identik dengan alkohol. Alkohol dikenal sebagai penghangat badan, meski bukan kandungan alkohol itu sendiri yang menyebabkan tubuh menjadi hangat. Seorang ahli saraf dan ahli toksologi bernama Ted Simon berkata bahwa alkohol memang menyebabkan pembuluh darah di kulit membesar dan darah lebih banyak mengalir dari inti ke permukaan kulit. Hal inilah yang sebenarnya membuat tubuh kita menjadi hangat setelah minum alkohol, karena pembuluh darah ikut mendistribusikan panas tubuh dengan lebih baik. Padahal tubuh sama sekali tak berubah suhunya. Jadi sebenarnya alkohol sama sekali tak mengubah suhu tubuh(2).

Meski hal ini membuat meminum alkohol menjadi nyaman di kala temperatur luar sedang dingin, hal ini bisa cukup berbahaya. Pasalnya, kecenderungan alami dari tubuh adalah jika tubuh mendeteksi temperatur dingin dari luar, pembuluh darah justru akan menyempit karena tubuh akan memprioritaskan organ vital dalam tubuh untuk dibanjiri darah agar tetap hangat. Hal ini akan mencegah Anda dari hipotermia dan berbagai kejanggalan tubuh karena paparan dingin. Meminum alkohol kala dingin justru membalik proses ini, dan organ vital Anda tak terlindungi dari temperatur dingin(2).

Gambar 1. Bandrek

Bandrek yang merupakan minuman khas Jawa Barat yang terbuat dari berbagai campuran rempah-rempah mampu menghangatkan badan seperti alkohol tetapi tidak mengandung efek negatif yang ditimbulkan oleh alkohol. Hal ini sejalan dengan banyaknya concern masyarakat barat untuk beralih ke healthy lifestyle. Jahe yang terkandung pada minuman bandrek juga dapat memengaruhi keseimbangan mikrobiota dalam saluran pencernaan manusia sehingga dapat membantu mencegah peradangan dinding usus, melancarkan metabolisme(4), mengatasi bau badan, menurunkan kadar kolesterol karena rempah yang terkandung didalam bandrek memiliki sifat anti hiperlipidimia dan anti hiperkolesteremia yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh(5) dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Dengan segudang manfaat yang terkandung didalam bandrek, akan sangat berpotensi untuk minuman bandrek dapat menembus Pasar Internasional, khususnya Eropa, dimana menurut penelitian, Eropa menjadi salah satu benua yang katanya memiliki udara yang sangat dingin dibandingkan negara empat musim di benua lainnya. Banyak masyarakat di Eropa yang  mencari minuman yang tidak hanya bisa menghangatkan tubuh tetapi juga menyehatkan jasmani secara keseluruhan. Berdasarkan catatan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, ekspor produk pangan Indonesia ke Uni Eropa pada tahun 2017 mencapai US$ 14 miliar yang artinya pasar Indonesia sudah sangat baik diterima oleh Eropa(8), hal ini dapat mendukung keberlangsungan ekspansi minuman bandrek untuk Go Internasional menuju pasar Eropa.

Salah satu perusahaan yang memproduksi bandrek adalah CV. Cihanjuang Inti Teknik (CINTEK), berlokasi di Cimahi, Jawa Barat. Selain memproduksi bandrek, Perusahaan ini juga memproduksi beberapa variasi bandrek: bandrek original, kopi bandrek, teh bandrek, bandrek spesial, dan cokelat bandrek. Berdasarkan data penjualan CINTEK/Hanjuangtahun 2013, bandrek memberikan kontribusi 69% dari total penjualan.

Memulai bisnis bandrek, tentu harus memperhatikan lingkungan dan masyarakat yang menjadi konsumen dari Bandrek. Bila ingin dipasarkan secara internasional, tentu juga harus memperhatikan masyarakat dan lingkungan global. Lingkungan global merupakan dua sisi mata uang, yang bisa menjadi ancaman sekaligus peluang untuk masuk dan memenangkan pasar. Lingkungan global adalah kumpulan dari tekanan global dan kondisi-kondisi yang berada di luar organisasi tetapi mempengaruhi Manajer dalam mengelola sumber daya suatu entitas. Menurut Gareth R. Jones dan Jennifer M. George dalam Contemporary Management(11), lingkungan global terdiri atas:

1.   Task Environment

Adalah kumpulan tekanan dan kondisi-kondisi yang berasal dari Supplier, Distributor, Konsumen, dan atau Kompetitior yang memberikan dampak dalam kemampuan perusahaan untuk mengelola bahan baku dari produknya. 

2. General Environment.

Adalah skala yang lebih luas di sisi global baik ekonomi, teknologi, sosial budaya, demografi, politik dan tekanan hukum yang dapat memberikan dampak bagi organisasi dan lingkungannya.

Untuk itu, Analisis SWOT menjadi alat penting dalam mengidentifikasi keadaan suatu organisasi termasuk organisasi bisnis (perusahaan). Keadaan yang dimaksud di sini adalah Kekuatan (Strengths), Kelemahan (Weaknesses), Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threats), sehingga pihak perusahaan dapat merumuskan strategi bersaing dalam bisnisnya. Hasil analisis berdasarkan data yang diperoleh dari CV. CINTEK/ Hanjuang, bahwa produk minuman Bandrek sangat strategis jika dikembangkan dan dipasarkan baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. Seiring dengan kemajuan teknologi, pengemasan bandrek telah menjadi sangat praktis dan awet dimana bandrek telah tersedia dalam bentuk kemasan sachet.

Hanjuang dan Variasi Bandrek

Hanjuang telah memproduksi bandrek beraneka rasa dalam bentuk sachet yang dapat bertahan 1 tahun setelah produksi dan sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia seperti Riau, Jawa, Kediri, Kalimantan, Bali, Padang, dan Aceh. Dengan pangsa pasar domestik yang luas seperti ini, maka sangat memungkinkan bagi Hanjuang untuk berekspansi menembus pasar Internasional.

Gambar 1. Produk Bandrek dan Produk Lainnya by Hanjuang

Sumber : hanjuang.com(8)

            Untuk melebarkan sayapnya ke Pasar Internasional, terdapat beberapa metode penetrasi pasar yang dapat dilakukan Hanjuang yakni melalui metode trading companies, licensing and franchising, contract manufacturing, outsourcing, joint ventures and alliancedan direct investment(12).Pemilihan metode penetrasi pasar ini memliki poin plus dan minus tersendiri. Dari segi produk, meskipun Bandrek dinilai layak untuk go international, menurut Ferrel, O.C. dkk dalam buku Business: A Changing World, dalam berekspansi di dunia internasional, juga harus memiliki strategi bisnis mutinasional juga untuk mengakomodasi perbedaan kultur, teknologi, dan negara(12). Dalam strategi bisnis tersebut, beberapa hal yang berikut dapat menjadi pertimbangan dalam melakukan ekspansi produk yaitu:

1.   SELERA (TASTE)

Terdapat kemungkinan perbedaan selera konsumen dalam mengonsumsi makanan atau minuman. Penduduk Jepang lebih memilih produk sehat seperti teh hijau dibandingkan dengan negara Amerika yang lebih menyukai produk yang tingkat kalori dan sodiumnya lebih tinggi seperti Cola. Perbandingan ini dapat dilihat juga dari porsi, ukuran dan variansi asupan(10). Dari segi rasa, produk minuman Indonesia lebih didominasi rasa manis daripada rasa asli bahan utama produk itu sendiri. Atas dasar pertimbangan tersebut, mampukah Bandrek dinikmati oleh masyarakat ditiap negara yang memiliki preferensi rasa yang berbeda pula ?

2.   SOCIAL AND CULTURAL BARRIER

Sebelum melakukan penetrasi pasar antara lain suhu rata-rata negara dan demografi penduduk. Masyarakat Indonesia cenderung mengkonsumsi Bandrek saat kondisi udara sedang dingin. Selain itu, Bandrek juga biasanya dikonsumsi sambil berkumpul dengan rekan-rekan. Pola konsumsi tersebut memberikan pengaruh terhadap target pasar yang akan dipenetrasi. Bandrek sangat cocok untuk Benua Eropa karena rata-rata suhu udaranya yang dingin seperti Jerman. Masyarakat di Benua Eropa pun biasanya mengonsumsi minuman beralkohol pada saat cuaca dingin sembari bercengkrama. Kemiripan pola konsumsi ini dapat menjadi salah satu kekuatan sekaligus kelemahan bagi Bandrek bila ingin melakukan penetrasi pasar. Dapatkah Bandrek menggantikan posisi minuman beralkohol sebagai minuman favorit di kala dingin ?

3.   TARIFF AND TRADE RESTRICTION

Untuk melakukan ekspansi secara global, perlu persiapan khusus dari segi kekuatan modal, baik dari tenaga kerja, pemasaran, pembiayaan kegiatan produksi, kostumisasi produk agar sesuai dengan selera masyarakat sekitar dan impor bahan baku. Hal ini terkait pengenaan bea cukai atas bahan baku atas Bandrek seperti Jahe Merah serta pembatasan impor bahan baku untuk memproduksi Bandrek Hanjuang jika nantinya produksi akan dilakukan di negara tujuan. Hal-hal tersebut sangat yang mempengaruhi besar-kecilnya modal yang akan diinvestasikan dan metode penetrasi pasar yang akan digunakan.

Ketika BANDREK Menghadapi Lingkungan Global, Ancaman? atau Peluang? Itu adalah Peluang yang Harus di Menangkan!       

Untuk dapat memasuki pasar global, Bandrek Hanjuang harus mampu untuk memahami keadaan di luar perusahaan yang bisa dijadikan peluang sehingga produk Bandrek dapat dikenalkan, dijual dan akhirnya disukai oleh konsumen di dunia internasional. Bandrek Hanjuang harus menguasai masalah-masalah dilingkup Task Environment dan General Environment yang harus dikelola dengan baik oleh perusahaan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pemilihan Supplier. Masyarakat global sangat memperhatikan kualitas suatu produk. Untuk itu, Bandrek harus menentukan dan memilih supplier yang tepat untuk produknya sehingga mampu menjaga kualitas minuman yang dihasilkan berdasarkan bahan baku yang dibutuhkan. Untuk itu perlu dilakukan seleksi pasar untuk menentukan supplier yang menawarkan bahan baku dengan kualitas terbaik dengan harga yang kompetitif. 

Selain itu, produk yang dihasilkan harus sesuai dengan selera dan kultur masyarakat setempat. Kemasan produk yang menarik dan sesuai trend masyarakat setempat akan meningkatkan keberhasilan suatu produk dalam penetrasi pasar, terutama untuk produk baru.

2. Pemilihan Distributor. Pemilihan Distributor berfungsi untuk memastikan Bandrek ada di saat konsumen membutuhkannya. Bekerjasama dengan perusahaan distributor yang beroperasi di wilayah internasional yang sudah memiliki pengalaman untuk menjual produk yang sejenis akan meningkatkan persentase penetrasi ke wilayah-wilayah yang ingin dijangkau dan meningkatkan total jumlah penjualan Bandrek.

3. Penentuan Pasar/Konsumen. Dengan menentukan pasar/konsumen mana yang ingin disasar, akan memudahkan dalam mengetahui keinginan dan kebutuhan pasar serta memudahkan penyesuaian atau kostumisasi produk sesuai selera dan standard pasar di luar negeri, sehingga akan meningkatkan keunggulan Bandrek untuk berkompetisi dan memenuhi ekspektasi pasar internasional.

4. Kompetitor. Pasar Bandrek menjadi sangat menarik karena belum adanya kompetitor untuk produk sejenis di luar negeri. Hal ini menjad peluang yang sangat menguntungkan bagi perusahaan jika mampu menarik minat konsumen dan membuat mereka menyukai produk tersebut.

5. Menguasai Informasi untuk mengendalikan Barrier to Entry. Informasi yang tepat dan dikelola dengan tepat bisa mengatasi hambatan yang mungkin terjadi saat akan melakukan peneterasi pasar di luar negeri. Beberapa negara melarang penggunaan bahan baku tertentu atau membatasi jumlah bahan baku yang masuk ke negaranya. Untuk itu diperlukan informasi valid mengenai bahan baku yang dilarang atau tidak diijinkan dalam produk Bandrek. Selebihnya, mekanisme distribusi akan berjalan jika hal tersebut dapat diatasi.

Selain hal tersebut di atas, yang juga perlu diperhatikan untuk membantu memastikan Bandrek Hanjuang dapat dijual diantaranya adalah General Environment, yaitu:

1.   Kondisi Ekonomi.

Pengusaha Bandrek harus memahami kondisi perekonomian negara tujuan. Hal ini untuk mengantisipasi kegagalan penetrasi awal karena miskalkulasi terkait kegiatan ekonomi di negara tersebut. Perekonomian yang memburuk yang dapat mengurangi keinginan untuk membeli barang, terutama untuk produk baru yang belum dikenal.

2.   Teknologi,

Konsumen di luar negeri amat memperhatikan kualitas dan standar internasional. Untuk menghasilkan produk yang sesuai ISO (International Organization for Standardization) dan minim disparitas kualitas dan kuantitas produk, tentunya diperlukan lingkungan yang kondusif dan teknologi produksi yang mumpuni. Mesin-mesin produksi pun harus memenuhi  target produksi harian dengan tetap menjaga kualitas produk dan pengemasan produk Bandrek.

3.   Market Test

Pastikan bahwa Bandrek akan dijual ke negara tujuan dengan tanpa menghadapi kendala-kendala termasuk diantaranya adalah seleradan nilai sosial di suatu negara.Untuk itu diperlukan market test terkait produk Bandrek. Survei awal dan pemberian tester di daerah yang representatif atas suatu negara dapat menjadi salah satu cara untuk mengetahui preferensi rasa dan pada waktu kapankah Bandrek paling ideal untuk dikonsumsi.

4.   Kondisi Demografi dan budaya tertentu dapat menciptakan peluang yang lebih tinggi untuk penjualan Bandrek.

Gambar 2. Indonesia VS Vietnam Hofstede’sCultural Dimensions(13)

Sumber : https://www.hofstede-insights.com/product/compare-countries/

Berdasarkan Hofstede’s Cultural Dimensions, Vietnam yang secara relatif memiliki kesamaan kultur dengan Indonesia. Hal ini bisa menjadi gerbang masuk untuk melakukan penjualan produk Bandrek. Cuaca di Vietnam pun didominasi dengan cuaca dingin karena sebagian besar negara tersebut berada di dekat kaki pegunungan Himalaya..

Berdasarkan pemaparan di atas, maka kondisi lingkungan global merupakan suatu kesempatan yang dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan, memasarkan dan menjual Bandrek dan mengenalkan Bandrek sebagai minuman alternatif yang bisa dinikmati di luar negeri, sehingga bisa menjadi produk yang diterima secara internasional.

Here comes the solutions !

Untuk berekspansi kepasar luar negeri, entah itu akan membuka toko fisik ataupun melakukan penjualan secara online, Hanjuang harus memahami bagaimana keinginan pasar luar negeri dengan melakukan riset dan menggandeng mitra yang tepat seperti mencari aliansi atau kemitraan lokal dinegara yang akan dituju. Dari beberapa metode penetrasi pasar, Hanjuang dapat menggunakan metode licensing and franchising karena metode ini memungkinkan suatu perusahaan untuk masuk ke market perdagangan Internasional tanpa menghabiskan biaya yang besar. 

Licensing juga sangat bermanfaat bagi perusahaan yang baru akan memulai memasarkan produknya secara global(12). Terlebih manfaat akan Licensing dan franchising yang juga meminimalisir masalah terkait biaya pengiriman, terkena tariff dan trade restriction. Licensing dan franchising juga merupakan opsi yang bagus untuk menyebar produk mereka di pasar asing, terlebih jika Hanjuang berencana memproduksi atau memasarkan sendiri produknya di masa depan. Menentukan ukuran pasar, memetakan potensi pertumbuhannya di masa depan, dan menganalisis persaingan pun harus menjadi prioritas utama, karena wawasan ini dapat membantu dalam mengukur berapa banyak waktu dan sumber daya yang perlu diinvestasikan agar Bandrek Hanjuang mendunia.

DAFTAR PUSTAKA

  1. https://amp.kompas.com/travel/read/2014/02/07/1315009/Torehan.Sejarah.dalam.Segelas.BandrekDiakses pada 28 Agustus 2019.
  2. https://www.merdeka.com/teknologi/apakah-minum-alkohol-benar-benar-hangatkan-tubuh-jawabnya-tidak.htmlDiakses pada 28 Agustus 2019.
  3. https://www.tribunnews.com/lifestyle/2010/05/16/hangatnya-bandrek-khas-prianganDiakses pada 28 Agustus 2019.
  4. https://sains.kompas.com/read/2019/07/10/124253123/studi-ungkap-manfaat-baru-wedang-jahe-bandrek-dan-sebangsanya-bagi-tubuhDiakses pada 28 Agustus 2019.
  5. https://manfaat.co.id/manfaat-minum-bandrekDiakses pada 28 Agustus 2019.
  6. https://www.popbela.com/career/inspiration/ria-theresia/ini-alasan-eropa-sangat-dingin-bagi-orang-indonesia/fullDiakses pada 28 Agustus 2019.
  7. https://industri.kontan.co.id/news/industri-makanan-dan-minuman-menggenjot-pasar-eksporDiakses pada 28 Agustus 2019.
  8. http://www.hanjuang.com/ Diakses pada 28 Agustus 2019.
  9. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:meC0RH22LfAJ:jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/download/9949/6478+&cd=8&hl=id&ct=clnk&gl=id Diakses pada 28 Agustus 2019.
  10. https://amp.insider.com/biggest-differences-japanese-and-american-diets-2018-4Diakses pada 28 Agustus 2019.
  11. Jones, Gareth R. dan Jennifer M. George. 2016. Contemporary Management. New York: Mc Graw Hill Education
  12. Ferrel, O.C. dkk. 2016. Business :  A Changing World. New York: Mc Graw Hill Education.
  13. https://www.hofstede-insights.com/product/compare-countries/Diakses pada 29 Agustus 2019.

CONTRIBUTOR :

TOGA PERDANA; CHITRA ANNISA RAHMANINGTYAS; FADEL KHALIF MUHAMMAD; ADITYA JOKO PAMBAYUN; BRIGITTA TITA GILDANIA; VELLA WANI NUZHA; RIZZA DWI NUSITA


Like it? Share with your friends!

15
15 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
21
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
7
Win
Goaldigger

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format