Karya Anak Bangsa Untuk Dunia, Gojek Go-Internasional

Gojek mengaspal di Malaysia


1
1 point

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang lebih dikenal dengan gojek (sebelumnya ditulis GO-JEK) merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim.[1]

Pada 13 Oktober 2010, Gojek resmi berdiri dengan 20 orang pengemudi. Pada saat itu, gojek masih mengandalkan call center untuk menghubungkan penumpang dengan pengemudi ojek. Pada pertengahan 2014, berkat popularitas Uber kala itu, Nadiem Makarim mulai mendapatkan tawaran investasi. Pada 7 Januari 2015, gojek akhirnya meluncurkan aplikasi berbasis Android dan IOS untuk menggantikan sistem pemesanan menggunakan call center.[2]

 

Pada 22 Juli 2019, gojek luncurkan logo baru dan cara penulisan korporasi baru. Ikon barunya, yang dijuluki “Solv”. Sedangkan brand gojek yang semula ditulis GO-JEK diganti dengan gojek saja tanpa ada tanda penghubung.

 

Situs: https://www.gojek.com/ [10]

Ekspansi Internasional gojek

Pada 24 Mei 2018, gojek mengumumkan kepastiannya untuk berekspansi ke empat negara di Asia Tenggara yaitu Vietnam, Thailand, Singapura dan Filipina. Gojek mengaku menyiapkan dana sebesar USD500 juta atau sekitar Rp7,1 triliun untuk memuluskan langkahnya tersebut.[2] Sebulan kemudian tepatnya pada 25 Juni 2018, gojek memperkenalkan Go-Viet di Vietnam dan GET di Thailand sebagai bagian dari ekspansinya.[3]

 

Gambar 1.1 

Sumber: Good News From Indonesia

“Tujuan kami adalah berkolaborasi dengan negara-negara tersebut dan pemerintahnya, supaya manfaat teknologi kami bisa memberikan dampak luas bagi semua kalangan baik bagi konsumen yang menginginkan pelayanan yang cepat dan kompetitif, maupun mitra pengemudi yang mencari penghasilan tambahan,” kata Nadiem, Kamis (24/5). [4]

 

Selain tidak menggunakan nama brand atau mereknya seperti yang dilakukan Uber atau Grab, gojek juga lebih memilih menggandeng tim lokal untuk menjalankan layanannya di luar negeri dan memberi kekuatan penuh untuk menetapkan kebijakan sesuai dengan karakteristik masing-masing negara.[5] Namun, mereka tetap mendapatkan dukungan teknologi, pengetahuan operasional, dan tentu saja pendanaan dari gojek. Sementara itu, kedua perusahaan tersebut berperan memberikan pengetahuan tentang kondisi pasar lokal. 

Gojek sukses beroperasi di Vietnam, Thailand dan Singapura, namun gojek gagal masuk ke Filipina dikarenakan masalah perizinan untuk beroperasi di Filipina. Kini gojek mencoba masuk ke Malaysia untuk tujuan ekspansi berikutnya.

Rencana gojek tersebut tidak bertepuk sebelah tangan. Pemerintah Malaysia menyetujui gojek beroperasi di negeri Jiran tersebut. Meski demikian, tentu saja masih akan ada berbagai peninjauan dari segi hukum sebelum izin operasional diberikan. Demikian hasil pertemuan kabinet pemerintah Malaysia pada Rabu (21/8). [7]

Informasi ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman dalam sebuah postingan video yang diunggahnya di akun Twitter pribadinya @SyedSaddiq [8]

https://twitter.com/i/status/1163403321685581824

Tantangan yang akan dihadapi

Dalam rencananya untuk mengekspansi pasar luar negeri, gojek akan menghadapi berbagai macam tantangan dan rintangan, gojek akan masuk ke dalam sebuah lingkungan yang baru dan berbeda.

Gareth R. Jones dan Jennifer M. George, dalam bukunya Contemporary Management, mendefinisikan Global Environment adalah “The set of global forces and conditions that operate beyond an organization’s boundaries but affect a manager’s ability to acquire and utilize resources”. 

Kekuatan-kekuatan ini berubah seiring waktu dan begitu juga dengan peluang dan ancaman. Kualitas dari pemahaman manajer tentang kekuatan dalam lingkungan global dan kemampuan mereka untuk merespons sesuai dengan kekuatan-kekuatan itu, merupakan faktor penting yang mempengaruhi performance sebuah organisasi maupun perusahaan. 

Gambar 2.1 

Forces in the Global Environment

Task environment: 

Serangkaian kekuatan atau kondisi yang mempengaruhi suatu kemampuan organisasi untuk memperoleh input dan menjual outputnya.

General environment: 

Serangkaian kekuatan atau kondisi seperti kondisi global, ekonomi, teknologi, sosiokultural, demografis, kekuatan politik, dan hukum yang  mempengaruhi suatu organisasi dan task environmentnya.

Berikut beberapa global environment yang akan dihadapi oleh gojek:

Kekuatan

Keterangan

Suppliers/
Pemasok

Seperti diketahui bahwa gojek merupakan perusahaan teknologi yang melayani angkutan melalui jasa, namun gojek itu sendiri tidak memiliki armada penyedia layanan dalam hal ini adalah mitra. 

Sehingga kebutuhan pengadaan mitra-mitra ini menjadi permasalahan tersendiri, jika gojek ingin mengekspansi ke luar Indonesia.

Customers/
Pelanggan

Dengan hadirnya gojek sebagai wajah baru penyedia layanan dan ditambah dengan layanan yang diberikan oleh gojek adalah layanan yang didasarkan pada kepercayaan antara penyedia layanan dengan pelanggan.

Competitors/
Pesaing 

Dipastikan gojek akan menghadapi perlawanan dari industri sejenis di negeri Jiran tersebut seperti taksi-taksi lokal dan Dego-Ride, platform penyedia layanan yang sama dengan yang ditawarkan oleh gojek. Dimana para pesaing tersebut sudah mempunyai pangsa pasarnya dan lebih mengenal kultur dan kebutuhan permintaan pelanggan.

Termasuk gojek juga akan menghadapi brand loyalty pelanggan kepada para penyedia layanan lokal yang sudah lebih terpercaya.

Salah satu bentuk perlawanan dari pesaing

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=9kP9Nf8y8Qg

Kekuatan

Keterangan

Political and legal/

Politik dan hukum

Regulasi dari negeri yang ingin dituju, meskipun gojek sudah mengantongi izin untuk beroperasi di Malaysia namun belum ditetapkan hukum dan aturan untuk perusahaan jasa online tersebut. Sehingga ada kemungkinan intervensi pemerintahan Malaysia dalam hal peraturan untuk membatasi ruang gerak gojek di Malaysia.

Economics/
Ekonomi

Adanya kemungkinan dari sektor perpajakan dengan pungutan tarif pajak yang cukup tinggi karena belum ditetapkannya hukum dan aturan dari pemerintahan Malaysia.



Superapp, menawarkan solusi berbagai macam permasalahan


Ikon barunya, yang dijuluki "Solv", melambangkan transformasi gojek menjadi aplikasi super yang menyediakan berbagai cara cerdas untuk menghilangkan kerepotan. Sehingga gojek cukup percaya diri bersaing dengan industri sejenis.

 

Disini gojek bertransformasi yang semula sebagai perusahaan teknologi yang melayani angkutan melalui jasa ojek berubah menjadi aplikasi super “one stop application” yang menyediakan berbagai layanan, dimana termasuk didalamnya Go Ride, layanan angkutan jasa ojek.

 

Dengan bermodalkan superapp teknologi tersebut, gojek cukup percaya diri untuk bersaing dengan industri sejenis di Malaysia dalam menyediakan pelayanan yang cepat dan kompetitif, maupun mitra pengemudi yang mencari penghasilan tambahan.


Nadiem menilai, gojek sudah membuktikan dampak positif bagi jutaan rakyat Indonesia. Untuk itu dia ingin semakin banyak orang di lebih banyak negara merasakan manfaat positif kehadiran perusahaan ini. [4]


Gojek tidak menggunakan nama brand atau mereknya untuk beroperasi di luar Indonesia, gojek menggunakan nama Go-Viet di Vietnam dan GET di Thailand sebagai bagian dari ekspansinya.


Untuk memasuki pasar Malaysia, gojek melakukan pendekatan outsourcing yaitu bermitra dengan tim lokal, gojek mengatasi dua permasalahan sekaligus yaitu masalah pemasok dan pelanggan. Dengan merekrut tenaga kerja lokal diharapkan dapat mengatasi permasalahan ketenagakerjaan dan juga kekhawatiran pelanggan yang dibatasi oleh kurangnya kepercayaan dapat melunak jika pengemudinya merupakan warga negara Malaysia sendiri.


Untuk struktur kepemilikan, gojek akan menggunakan direct ownership karena tim lokal tetap memerlukan dukungan teknologi, pengetahuan operasional, dan pendanaan dari gojek. Sehingga hal tersebut lebih mudah dilakukan jika gojek memiliki kontrol atas perusahaan yang menaungi tim lokal tersebut.


Nadiem merasa cara terbaik dalam melakukan ekspansi internasional yaitu bermitra dengan tim lokal yang bertalenta, punya visi sama, serta memahami cara terbaik untuk melayani kebutuhan negara. Dia menegaskan, gojek memiliki pemahaman dan komitmen yang mendalam kepada Indonesia sehingga bisa menjadi pemimpin pasar di dalam negeri. [4]

 

Rencana gojek untuk beroperasi di Malaysia sudah mendapatkan sambutan baik dari pemerintahan Malaysia, hal ini didukung dengan akan didapatkannya izin dari pemerintahan Malaysia seperti yang disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman. Namun, masih akan ada berbagai peninjauan dari segi hukum sebelum izin operasional diberikan.


Mengapa Grab diterima di Indonesia sedangkan gojek ditolak di Malaysia? Akankah gojek mendapatkan izin dan segera mengaspal di Malaysia? Kita tunggu saja.

                        

Penulis:

Windhi Pranata

Galih Adzanimurti

Tri Setiadji

Dinda Dwicahyarini


1.      http://www.newcitiessummit2015.org/speakers/nadiem-makarim/

2.      https://www.viva.co.id/siapa/read/155-nadiem-makarim

3.    https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/18/05/24/p98e62377-ini-alasan-gojek-ingin-berekspansi-ke-asia-tenggara

4.      https://id.techinasia.com/go-jek-ekspansi-ke-empat-negara-asia-tenggara

5.     https://id.techinasia.com/strategi-ekspansi-go-jek

6.      https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180703131717-185-311075/ganti-nama-jadi-go-viet-get-gojek-lakukan-pendekatan-lokal

7.      https://inet.detik.com/business/d-4677630/gojek-mulai-dapat-lampu-hijau-mengaspal-di-malaysia

8.   https://twitter.com/i/status/1163403321685581824

9. https://www.youtube.com/watch?v=9kP9Nf8y8Qg

10. https://www.gojek.com/


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
8
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win
atomicblonde

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format