AYO BENAHI MANAJAMEN OPERASI UNTUK KEBANGKITAN MUSEUM NASIONAL!

● Dini Wulandari ● Fedora Callista ● Qoradenisa ● R Bimo Pramuleksono ●


3
3 points

Museum merupakan salah satu destinasi wisata budaya dimana pengunjung dapat mencari pengalaman dan memperkaya pengetahuan (edutainment). Berdasarsakan definisinya, museum adalah institusi permanen, nirlaba, melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan, dan kesenangan. Karena itu museum bisa menjadi bahan studi oleh kalangan akademis, dokumentasi kekhasan masyarakat tertentu, ataupun dokumentasi dan pemikiran imajinatif pada masa depan. (1)

BAGAIMANA KONDISI MUSEUM DI INDONESIA?
Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Fitra Arda Ambas pada Juni 2019 menyebut banyak museum di Indonesia masuk kategori tidak layak. Seperempat museum dari total 435 museum yang tercatat oleh Kemendikbud kondisinya memprihatinkan dan jarang dikunjungi masyarakat. Fitra menyebut ada beberapa hal yang membuat fungsi museum menurun yakni, perubahan kelembagaan, ada tuntutan untuk menghasilkan dana, data koleksi tidak akurat, sumber daya manusia yang tidak kompeten, ketebatasan anggaran dan tidak memiliki program yang jelas. Penurunan fungsi, lanjutnya, juga berhubungan dengan otonomi daerah. Otonomi daerah membuat pengelolaan museum diserahkan pada pemerintah daerah. Padahal, Pemda tidak menjadikan pengelolaan museum sebagai prioritas. Akibatnya, museum terbengkalai dan hanya sekadar jadi gudang artefak. (2)

Apa yang disampaikan oleh Kemendikbud memang benar adanya. Apabila dilihat dari kondisi museum di Indonesia memang sangat memprihatinkan. Banyak museum di Indonesia yang tidak terawat (gelap dan kotor), menyeramkan, informasi yang minim, kurangnya fasilitas publik seperti internet dan ruang terbuka untuk bermain.

MUSEUM NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU MUSEUM TERBESAR DI INDONESIA

Salah satu museum terbesar di Indonesia adalah Museum Nasional di Jakarta. Museum ini termasuk museum yang direkomendasikan oleh wisatawan sebagai museum terbaik di Indonesia. Berdasarkan situsnya, berikut sejarah berdirinya Museum Nasional:

  • Pada tahun 1862, pemerintah HindiaBelanda membangun sebuah gedung museum yaitu Jalan Medan Merdeka Barat No. 12 (dahulu disebut Koningsplein West).
  • Gedung museum ini baru dibuka untuk umum pada tahun 1868. Museum ini sangat dikenal di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya penduduk Jakarta. Mereka menyebutnya “Gedung Gajah” atau “Museum Gajah” karena di halaman depan museum terdapat sebuah patung gajah perunggu hadiah dari Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand yang pernah berkunjung ke museum pada tahun 1871. Kadang kala disebut juga “Gedung Arca” karena di dalam gedung memang banyak tersimpan berbagai jenis dan bentuk arca yang berasal dari berbagai periode.
  • Pada tahun 1923 perkumpulan ini memperoleh gelar “Koninklijk” karena jasanya dalam bidang ilmiah dan proyek pemerintah sehingga lengkapnya menjadi Koninklijk Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen.
  • Pada tanggal 26 Januari 1950,  Koninklijk Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen diubah namanya menjadi Lembaga Kebudayaan Indonesia. Perubahan ini disesuaikan dengan kondisi waktu itu, sebagaimana tercermin dalam semboyan barunya: “memajukan ilmu-ilmu kebudayaan yang berfaedah untuk meningkatkan pengetahuan tentang kepulauan Indonesia dan negeri-negeri sekitarnya”.
  • Mengingat pentingnya museum ini bagi bangsa Indonesia maka pada tanggal 17 September 1962 Lembaga Kebudayaan Indonesia menyerahkan pengelolaan museum kepada pemerintah Indonesia, yang kemudian menjadi Museum Pusat.
  • Akhirnya, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, No.092/ 0/1979 tertanggal 28 Mei 1979, Museum Pusat ditingkatkan statusnya menjadi Museum Nasional.

Hingga saat ini Museum nasional menyimpan 160.000an benda-benda bernilai sejarah yang terdiri dari 7 jenis koleksi Prasejarah, Arkeologi masa Klasik atau Hindu – Budha; Numismatik dan Heraldik; Keramik; Etnografi, Geografi dan Sejarah. Kompleks Museum Nasional dibangun di atas tanah seluas 26.500 meter persegi dan hingga saat ini mempunyai 2 gedung. Gedung A digunakan untuk ruang pamer serta penyimpanan koleksi. Sedangkan Gedung B, dikenal pula dengan sebutan Gedung Arca, yang dibuka secara resmi pada tanggal 20 Juni 2007 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selain digunakan untuk pameran juga digunakan untuk kantor, ruang konferensi, laboratorium dan perpustakaan.

Tiket masuk Museum Nasional sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 untuk WNI dewasa dan Rp 10.000 untuk WNA, membuat pengunjung Museum Nasional meningkat setiap tahunnya. Namun apabila dibandingkan dengan National Gallery Singapore yang baru berdiri pada tahun 2015 dan harga tiket berkisar di angka Rp 200 ribu jumlah pengunjungnya sangat jauh tertinggal.

data diolah sendiri (3)

Perbedaan jumlah pengunjung yang mencolok ini terutama disebabkan oleh kualitas yang berbeda antara Museum Nasional dengan National Gallery Singapore. Walaupun memiliki jumlah koleksi yang lebih sedikit dibandingkan dengan Museum Nasional Indonesia namun berdasarkan pengalaman mengunjungi National Gallery Singapore memang sangat bagus mulai dari kebersihan ruangannya, petunjuk dan informasi yang sangat jelas, jumlah koleksi yang sangat banyak serta banyak spot instagramable. Selain itu National Gallery Singapore sering mengadakan festival atau pertunjukan seni karya seniman ternama.

KONSEP MANAJEMEN OPERASIONAL DALAM PENGELOLAAN MUSEUM
Pengertian manajemen operasional merupakan serangkaian kegiatan yang menghasilkan suatu nilai dalam bentuk barang atau jasa dengan mengubah input menjadi output. Proses pengubahan input menjadi output inilah yang disebut dengan proses produksi. Manajemen operasional tidak hanya berlaku untuk output berupa barang namun juga output berupa jasa.
Dalam hal ini output dari sebuah museum adalah jasa.

Berikut penjabaran proses manajemen operasional dalam pengelolaan museum:

Berdasarkan penjabaran Manajemen Operasional diatas, permasalahan dari Museum Nasional antara lain:

  1. Kualitas SDM
    Sebagai factor input, SDM masih termasuk belum memadai karena masih terbatasnya ketersediaan ahli di bidang terkait yang seringkali sangat spesifik. Baik untuk bidang yang sangat teknis seperti konservasi; bidang kreatif seperti desain tata pamer, edukasi, storytelling; bidang administratif dan manajemen; apalagi dalam bidang pengembangan pemasaran dan promosi Museum. Ketersediaan lembaga pengajaran Museologi di Indonesia kini pun masih melingkup pengelolaan museum secara umum. Kelemahan ini masih membutuhkan data SDM yang mendetail baik secara kuantitas dan kualitas. Data tersebut yang akan menjadi dasar evaluasi perbaikan SDM Museum Indonesia.
  2. Koleksi
    Pencatatan koleksi museum tidak akurat. Penyusunan database koleksi museum yang seharusnya menjadi dasar dalam seluruh kegiatan dan pelaksanaan museum belum menjadi kegiatan prioritas museum. Database yang akurat penting untuk museum mengetahui potensi yang mereka miliki dalam mengembangkan kegiatan dan program museum. Database yang akurat menjadi penting dalam kegiatan perawatan, pengawasan dan keamanan. Sebagian besar museum masih memakai metode inventarisasi manual menggunakan kartu inventaris dan belum menggunakan sistem database.
  3. Minat masyarakat
    Rendahnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap museum (apresiasi stakeholder). Museum belum memiliki daya tarik yang menjadikan museum sebagai destinasi utama untuk dikunjungi dalam waktu senggang atau masa libur. Selain itu tidak ada program promosi yang menarik dari pengelola museum untuk meningkatkan minat masyarakat.
  4. Pengelolaan dana tidak optimal
    Pada tahun 2017 mendapatkan anggaran sebesar Rp 27,99 miliar yang terealisasikan hanya sebesar Rp 23,85 miliar.  Sebagain besar dialokasikan sebagai biaya operasional pengelolaan museum seperti listrik, air, telepon, internet dan biaya tenaga kerja. Selain biaya operasional, anggaran tersebut juga digunakan untuk penyelenggaraan kegiatan. Namun penyelenggaraan kegiatan hasilnya tidak optimal salah satunya karena perencanaan kegiatan yang kurang matang dari masing-masing penanggung jawab kegiatan.
  5. Tidak ada quality control
    Quality control (pengendali mutu) diperlukan atau dibutuhkan di berbagai sektor industri, termasuk industri pariwisata. Tugas umum mereka memeriksa secara visual, atau menguji kualitas jasa yang diberikan setelah proses produksi.

BAGAIMANA SOLUSINYA?
Untuk mengoptimalkan pengelolaan dan meningkatkan jumlah pengunjung, manajemen Museum Nasional dapat meningkatkan kompetensi SDM, mengoptimalkan pengelolaan dana, pembuatan database koleksi supaya dapat memberikan informasi yang akurat kepada pengunjung, serta memperbaiki tata ruang dan tata pamer supaya menghilangkan kesan suram dan kotor.

Untuk meningkatkan awareness masyarakat, Museum Nasional dapat membuat eksibisi yang menarik bagi masyarakat baik dari seniman lokal maupun internasional, serta menggandeng influencer supaya mendapatkan perhatian masyarakat di sosial media.

Selain itu Manajemen Museum Nasional dapat meningkatkan kerja sama dengan pemerintah untuk mendapatkan dukungan, bekerja sama dengan private company salah satunya untuk mendapat bantuan melalui program CSR serta bekerja sama dengan travel agent untuk mempromosikan Museum Nasional.

Solusi-solusi tersebut dapat diterapkan melalui konsep supply chain dan value chain, yaitu:

Daftar Pustaka

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Museum

2. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190622142656-275-405527/kemendikbud-sebut-seperempat-museum-di-ri-tak-layak

3. https://www.bps.go.id

3. https://www.mccy.gov.sg/about-us/news-andresources/statistics/2019/jan/-/media/499B8ABC0F49405182D771FC8909B5B2.ashx









Like it? Share with your friends!

3
3 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
3
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format