Eksotisme Keindahan Alam dibalut kearifan budaya lokal di Kepulauan Mentawai

Mengembangkan potensi purbakala pada setiap sudutnya


0

Kabupaten kepulauan Mentawai merupakan kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera barat. Kepulauan Mentawai terdiri dari 4 daerah pulau utama yang dihuni oleh mayoritas suku Mentawai diantaranya adalah Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan. Secara geografis Kabupaten Kepulauan Mentawai terletak di bagian barat pulau Sumatera dan dikelilingi Samudera Hindia[1]. Hal inilah yang membuat pulau ini memiliki anugerah alam ombak cukup besar yang konsisten di setiap tahunnya sehingga tidak hanya potensi pantainya yang sangat indah namun juga menjadi salah satu tempat favorit bagi peselancar dunia. Selain sebagai daerah kepulauan kabupaten Mentawai juga mempunyai persebaran hutan yang cukup luas yang dimana dijadikan sumber penghidupan bagi suku asli suku Mentawai. Beberapa primata langka pun terdapat disini seperti Beruk Mentawai, Siamang Kerdil, dan monyet. Yang tidak kalah menariknya adalah kearifan budaya lokal suku Mentawai, salah satu kebiasaan suku asli mentawai yaitu mentato tubuh mereka untuk menandakan dari mana mereka berasal dan siapa leluhurnya. Cara mentato tubuh mereka juga dibilang sangat unik karena menggunakan tulang atau kayu sebagai jarum dan arang sebagai tintanya.

Dengan berbagai potensi kekayaan alam dan kearifan budaya lokalnya maka Kepulauan Mentawai menjadi salah satu tempat destinasi tujuan wisata yang seharusnya dapat sangat populer di kalangan turis lokal maupun turis mancanegara. Ditambah fasilitas dan akomodasi yang terbilang cukup lengkap untuk menjajaki keindahan alam dan budaya asli khas suku Mentawai yang mungkin tidak cukup dengan waktu seminggu untuk mengelilingi seluruh Kepulauan Mentawai dikarenakan daerahnya yang terdiri dari beberapa pulau[2].

Kepulauan Mentawai yang sampai saat ini statusnya masih daerah tertinggal

Masalah infrastruktur yang belum merata, rasio elektrifikasi dimana baru sekitar 50% rakyat Mentawai yang menikmati listrik, dan jaringan komunikasi dilansir sebagai penyebab Kabupaten Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat belum lepas statusnya dari kategori daerah tertinggal. Dikutip dari berbagai sumber infrastruktur yang paling kurang dirasa adalah penghubung di dalam pulau yang belum memadai dan belum cukup merata[3].

Oleh karena itu, Kepulauan Kabupaten Mentawai dijadikan salah satu fokus pemerintah dalam upaya menentaskan daerah tertinggal yang dapat dilihat dari daftar lokasi prioritas dana alokasi khusus di tahun 2019[4].

Tidak hanya dikarenakan masalah infrastruktur yang belum memadai namun akses kesehatan, akses pendidikan dan jumlah pendapatan masyarakat yang masih rendah menjadikan Kabupaten Kepulauan Mentawai masih dalam pengawasan Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal[5].

Mengentaskan suatu daerah dari status tertinggal memang tidak mudah namun, sebagai pelaku bisnis kita bisa memberikan gagasan, upaya dan dorongan dalam mengembangkan potensi daerah yang ada sehingga membuka peluang kesempatan lapangan pekerjaan baru dan harapannya dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai[6].

Ada beberapa kiat sukses untuk menjadi entrepreneur yang handal diantaranya adalah[7]:

Sifat

Definisi

Intuitif

Menggunakan intuisi untuk memperoleh apa yang diyakininya adalah benar

Produktif

Mampu menghasilkan sesuatu dalam jumlah pada periode waktu tertentu

Resourceful

Memahami menggunakan sumber daya secara bijak

Kharismatik

Memiliki kemampuan untuk menginspirasi orang lain dengan visi misinya

Inovatif

Selalu memiliki ide baru yang kreatif

Berani Mengambil resiko

Memiliki kemampuan untuk mengambil resiko dan meminimalisir resiko yang ada

Gigih

Memiliki sifat tahan banting dan secara terus menerus menghadapi hambatan yang ada

Ramah

Memiliki sifat yang ramah dan terbuka sehingga mempunyai banyak konektivitas bisnis yang luas

 Kami sepakat entrepreneur yang handal yang kami nilai memiliki sifat- sifat diatas dan mampu mengentaskan daerah tertinggal di Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah Hery tanoe Sudibyo. Haryt anoe adalah seorang pengusaha miliarder berasal dari Indonesia yang masuk peringkat 20 besar daftar orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan US$ 1,19 miliar versi majalah forbes[8].

Bentuk kepemilikan bisnis yang akan digagaskan oleh Hary tanoe di Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah perseroan terbatas. Perseroan terbatas merupakan jenis kepemilikan bisnis yang terdapat pemisahan pada harta, hak dan kewajiban pribadi dengan pendiri maupun owner perusahaan. Perseroan terbatas memiliki modal usaha berupa saham yang dapat diperjualbelikan dengan cara yang relatif mudah. Benefit lainnya dalam bentuk kepemilikan bisnis jenis perseroan terbatas adalah mudahnya mendapatkan pinjaman modal dari penjualan saham sehingga memungkinkan pengembangan usaha.

Salah satu strategi guna meningkatkan daya saing dan kapabilitas operasionalnya dimana terdapat tren di dalam dunia perindustrian dan bisnis dengan istilah merger dan akuisisi. Merger merupakan konsolidasi yang bersifat mutualisme dari dua atau lebih entitas untuk membuat perusahaan baru dengan nama yang baru. Disamping itu, Akuisisi adalah Pembelian atau pengambilalihan suatu perusahaan oleh perusahaan lain. Akuisisi sering kita jumpai dimana dilakukan pembelian perusahaan dengan memperoleh kepemilikan saham suatu perusahaan diatas dari 51%[9].

Strategi merger konsolidasi antara MNC grup dan trump hotel collection dirasa merupakan perpaduan yang sangat cocok untuk menghasilkan proyek impian di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Dilansir dari berbagai sumber berita hubungan kedekatan antara Hary Tanoe dan Donald Trump sudah terjalin dengan baik bahkan keduanya pernah melakukan pertemuan dan membahas deretan proyek kerjasama yang akan dibangun di negara Indonesia. Mengingat potensi Kabupaten Kepulauan Mentawai yang sangat besar sebagai salah satu objek wisata di Indonesia yang populer hingga ke seluruh penjuru dunia maka berikut ini adalah  ide proyek impian kolaborasi antara MNC group dan Trump Hotel Colllection di Kabupaten Kepulauan Mentawai:

“Jurrasic World” di Kepulauan Mentawai

Di area Jurassic world pengunjung dapat berkeliling taman-taman yang berisikan  berbagai macam dinosaurus yang digerakkan oleh robot dan menyerupai aslinya layaknya di film Jurassic Park. Disamping itu juga terdapat museum dinosaurus dan aquarium raksasa untuk melihat pertunjukan dinosaurus yang berhabitat di bawah laut. Mengingat Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki area yang sangat luas maka area Jurassic World ini tentunya dapat terealisasikan. Disamping itu, Hary Tanoe dan Donald Trump sudah mempunyai rencana mengenai salah satu proyeknya di Sukabumi yang rencananya akan dibangun Disneyland dan Universal Studios. Apabila proyek ini berjalan dengan lancar bukanlah hal yang tidak mungkin untuk membangun taman Jurrasic World di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Namun selain itu masih banyak wisata sekunder lainya sebagai komplementer dari wisata utama yang telah ada sebelum adanya ide jurassic park tersebut. Mentawai dikenal keindahan alam dan budayanya yang unik sehingga pengembangan jurassic park akan mendongkrak wisata yang telah terdapat di lokasi tersebut antara lain:

Wisata Alam dan Budaya

 

Saat ini pulau mentawai menawarkan keindahan pantainya yang masih perawan, dimana belum banyak kerusakan alam dikarenakan masih belum dieksploitasi secara besar. Karena potensi tersebut terdapat beberapa biro perjalanan sudah menawarkan beberapa lokasi tersebut sebagai bagian dari paket wisata perjalanan ke pulau tersebut

.

Selain pantai, Mentawai juga menawarkan hutan hujan tropis yang masih asri, dimana sangat diminati oleh wisatawan asing agar dapat berpetualang menyusuri hutan alami tropis yang masih perawan merupakan suatu pengalaman yang sangat berarti untuk wisatawan yang berkunjung ke pulau Mentawai.

Pulau Mentawai masih terdapat suku-suku yang masih memegang teguh adat budaya asli dari nenek moyang mereka. Suku tersebut juga dapat menjadi potensi wisata budaya dimana masih menjadi salah satu sub etnis proto melayu atau melayu tua dimana memiliki budaya yang sama dengan suku dayak yang ada di kalimantan. Keunikan ini bisa dieksploitasi sebagai pengenalan suku bangsa Indonesia yang sangat beragam.

Sumber :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Kepulauan_Mentawai
  2.  http://pencerahnusantara.org/kabupaten-kepulauan-mentawai/
  3. https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/06/01/p9m2s6370-tiga-kabupaten-di-sumbar-masih-berstatus-daerah-tertinggal
  4.  http://kawasan.bappenas.go.id/download/93-lokasi-prioritas-dak-afirmasi-tahun-2019
  5. http://www.mentawaikab.go.id/
  6. http://apkapm.data.kemdikbud.go.id/index.php/cberanda/penduduk?kode_wilayah=081000&tahun=2018&tabs=statistik
  7. Business Foundations, A Changing World 11th Edition, by O. C. Ferrell , Geoffrey A. Hirt, Linda Ferrell
  8. https://aceh.tribunnews.com/2019/03/07/dari-budi-hartono-sampai-hary-tanoe-ini-daftar-20-orang-terkaya-di-indonesia-versi-forbes?page=4
  9. https://www.jurnal.id/id/blog/definisi-dan-perbedaan-utama-dari-merger-dan-akuisisi/

Ditulis oleh :

  • Cherry Dewiyani Winter
  • Muhammad Alianur
  • Muhammad Iqbal Handewaputra
  • Wilma Aziza

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format