KEPULAUAN MENTAWAI, DESA TERTINGGAL DENGAN KEINDAHAN NIRWANA YANG TERSEMBUNYI


2
2 points

Suatu daerah dapat dikatakan sebagai daerah tertinggal apabila memiliki indikator sosial-ekonomi yang lebih rendah dari rata-rata nasional. Indikatornya meliputi: 

● IPM ( Indeks Pembangunan Manusia )

● Ketersediaan sarana dan prasarana

● Tingkat pertumbuhan ekonomi

Berdasarkan data hasil pendataan Potensi Desa (Podes) 2018 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tercatat jumlah desa tertinggal mengalami penurunan sebesar 6.518 desa dari sebanyak 19.750 desa tertinggal pada 2014 menjadi 13.232 desa tertinggal pada 2018. Sedangkan untuk desa berkembang mengalami peningkatan sebesar 3.853 desa dari 51.026 desa pada 2014 menjadi 54.879 desa pada 2018. 

Sumber: www.setkab.go.id 

Indonesia memiliki 12 daerah tertinggal yang tersebar di 24 provinsi, salah satunya adalah di provinsi Sumatera Barat. Provinsi Sumatera Barat masih memiliki 3 kabupaten yang termasuk di dalam daerah tertinggal, salah satunya adalah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sumber: www.mentawaikab.bps.go.id

Kepulauan Mentawai dibentuk berdasarkan UU RI No. 49 Tahun 1999 dan dinamai menurut nama asli geografisnya. Kepulauan ini terdiri dari 4 kelompok pulau utama yang berpenghuni yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan yang dihuni oleh mayoritas masyarakat suku Mentawai. Kepulauan Mentawai terdiri dari 3 desa besar, yakni Desa Sikakap, Desa Taikako, dan Desa Matobe. Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan kabupaten kepulauan yang terletak memanjang di bagian paling barat Pulau Sumatera dan dikelilingi oleh Samudera Hindia. Sudah dapat dibayangkan daerah ini memiliki laut dan pantai-pantai yang indah sekali.

Sumber: www.mentawaikab.bps.go.id 

Suku asli dari kepulauan Mentawai adalah suku Mentawai. Para nenek moyang orang Mentawai adat diyakini telah bermigrasi pertama ke wilayah tersebut di suatu tempat antara 2000 – 500 SM (Reeves, 2000). Sebagian besar penghuni pulau-pulau di kepulauan Mentawai berasal dari Pulau Siberut. Masyarakat setempat menyebut negeri mereka dengan nama Bumi Sikerei. Suku Mentawai merupakan salah satu suku tertua di Indonesia. Hal ini yang membuat kebudayaan serta adat istiadat dari suku Mentawai sangatlah kuat. Suku ini sudah bertahan lama dan tetap terjaga adat istiadatnya di arus modernisasi dan globalisasi yang ada saat ini.

Gambar 1: Suku asli Mentawai, Sikerei

Sumber: www.sukumentawai.org 

Salah satu hal yang paling sulit dalam melakukan pembangunan di bidang infrastruktur di Mentawai adalah masalah geografis, yakni sulitnya membawa material bangunan, sehingga hal itu menjadi faktor tingginya biaya pembangunan di kepulauan Mentawai. Karena hal tersebut pula biaya pembangunan di Mentawai jauh lebih mahal dibandingkan dengan pembangunan di daerah lainnya di provinsi Sumatera Barat. Hingga akhir tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Mentawai telah berhasil membangun 234,80 Km jalan dari yang ditargetkan sepanjang 393,20 Km. 

Sumber: www.mentawaikab.bps.go.id 

Ketertinggalan Mentawai dibandingkan wilayah lain di Indonesia adalah mengenai pasokan listrik. Listrik sendiri merupakan salah satu faktor penunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat, dimana dengan adanya listrik akan tumbuh industri rumah tangga dan lain sebagainya. Sedangkan pasokan listrik di Mentawai masih relatif sedikit dan tidak merata. Rasio desa berlistrik pada akhir tahun 2018 baru mencapai 60,47%, dimana dari 341 dusun dan 43 desa yang ada di 10 kecamatan yang tersebar di Kepulauan Mentawai, baru 26 desa yang teraliri listrik dari PLN sementara 17 desa lagi berlistrik non PLN.

Sumber: www.mentawaikab.bps.go.id 

Walaupun masih tertinggal dibanding wilayah lain di Indonesia, Mentawai memiliki banyak potensi. Wilayahnya yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, membuat Mentawai memiliki gulungan ombak yang banyak diminati oleh peselancar dunia. Pada tahun 2016 kepulauan ini menjadi tuan rumah untuk kompetisi surfing kelas dunia bertajuk Mentawai Pro. Tujuh dari jumlah total titik surfing yang berjumlah 71 adalah bagian dari sepuluh titik surfing terbaik di dunia.

Gambar 2: Gulungan ombak di kepulauan Mentawai

Sumber: www.travellingyuk.com

Pada tahun 2018, berdasarkan data Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki 194 Objek Wisata, terbagi dari 22 objek wisata Panorama Alam, 150 objek wisata Bahari, 9 objek wisata sumber air, dan 13 objek wisata budaya. Jumlah wisatawan yang datang pada Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah sebanyak 30.048 orang, dimana terdapat sebanyak 17.723 wisatawan nusantara dan 12.325 wisatawan internasional. Namun sayangnya sarana dan prasarana yang menunjang belum terpenuhi sehingga Mentawai belum menjadi salah satu tujuan wisata utama di Indonesia. Ironis memang, wilayah yang memiliki potensi besar menjadi tujuan wisata baik bagi wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara tidak dapat dikelola dengan baik bahkan masih menjadi salah satu daerah tertinggal di Indonesia. Padahal apabila wilayah ini dikembangkan dari sektor pariwisata, maka bukan tidak mungkin dapat meningkatkan pendapatan daerah yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan kesejahteraan warganya.

Gambar 3: Keindahan Pulau Siberut di kepulauan Mentawai

Sumber: www.wisatajakarta.co.id 

Pada dasarnya Kepulauan Mentawai masih tertinggal pada sektor pariwisata dikarenakan: 

  1. Kurangnya sarana transportasi dari dan menuju Mentawai ( saat ini hanya ada kapal 10 jam, kapal cepat 3 – 4 jam, pesawat perintis 2 kali dalam seminggu )

  2. Desa Sikakap yang merupakan desa terbesar di kepulauan Mentawai hanya dapat diakses dari ibukota Sumatera Barat, Padang ( Pelabuhan Bungus ) dengan transportasi laut dengan waktu tempuh 12 – 13 jam dengan jadwal pelayaran sebanyak satu kali seminggu setiap hari Selasa dan dari desa Sikakap menuju Padang setiap hari Rabu dengan kapal yang sama

  3. Sarana bandara, bandara Rokot Mentawai pendek, runway hanya 900 x 23 m 

  4. Sarana resort dan perhotelan di Mentawai masih kurang

  5. Transportasi antar pulau yang juga masih minim

Serta Kepulauan Mentawai juga masih tertinggal dalam sektor lain nya seperti :

  1.  Belum ada linkage dengan sektor perikanan

  2.  Pemanfaatan pertanian belum maksimal

Melihat permasalahan yang ada, dengan adanya pembangunan di daerah  tertinggal dapat membuat daerah tersebut dikenal melalui potensi terbesar yang dimiliki daerah tersebut, salah satunya adalah melalui sektor pariwisata yang mengedepankan wisata alam dan budaya. Dengan begitu daerah tersebut dapat dikenal di mancanegara karena keindahan alam dan budayanya. Secara tidak langsung modernisasi juga akan terbangun di daerah yang melakukan pembangunan. Dengan datangnya banyak warga lain selain warga desa, pada kasus ini tentu saja para wisatawan yang dimaksud baik dari dalam negeri maupun mancanegara, maka warga desa dapat berkomunikasi dengan mereka sehingga pola pikir warga desa dapat lebih terbuka dan maju. Dengan begitu pembangunan infrastruktur beriringan juga dengan berkembangnya pola pikir masyarakat desa. 

Pembangunan daerah tertinggal diharapkan berlangsung secara berkelanjutan. Untuk itu diperlukan kerjasama yang baik dari banyak pihak. Kerjasama antar desa yang bersama-sama mengembangkan potensi wisata dan budaya desanya masing-masing. Hal ini harus dapat dikelola dengan baik sehingga dapat terus mendatangkan wisatawan ke daerah ini sekaligus dapat menjaga dan mempertahankan kualitas lingkungan wisata. Diperlukan dukungan dari Pemerintah Daerah untuk mempromosikan sektor pariwisata Mentawai. Selain itu diperlukan juga kerjasama yang baik dengan Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, dan Dinas Perikanan dan Kelautan untuk ikut mempromosikan serta mempermudah akses dari dan ke kepulauan Mentawai. 

Melihat potensi yang dimiliki oleh Kepulauan Mentawai, bisnis model Partnership nampaknya cocok untuk diaplikasikan disini. Bisnis model partnership berdasarkan buku karangan Ferrell, O.C., Hirt, G. dan Ferrell, L. , Business: A Changing World, yaitu suatu bentuk bisnis yang dijalankan oleh dua orang atau lebih yang saling bekerja sama untuk menjalankan bisnis dan bertanggung jawab atas kewajiban dan manajemen bisnis tersebut. Kelebihan dari bisnis model partnership adalah adanya combined knowledge dan skill. Pemerintah Daerah Kepulauan Mentawai beserta dinas-dinas terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Dinas Kelautan dan Perikanan bekerja sama dengan entrepreneur kreatif untuk mewujudkan Kepulauan Mentawai menjadi tujuan wisata utama di Indonesia. 

Entrepreneur yang kreatif dan kompeten di bidangnya dapat merealisasikan potensi Kepulauan Mentawai di sektor pariwisata dan budaya. Ir. Ciputra merupakan entrepreneur yang kompeten dan dapat mewujudkan itu. Ir. Ciputra, yang memiliki nama lahir Tjie Tjin Hoan merupakan seorang insinyur dan salah satu entrepreneur sukses di Indonesia. Ia terkenal sebagai pengusaha properti sukses, seorang filantropi, dan juga seseorang yang peduli pada bidang pendidikan. Beliau juga dipercaya dalam pembangunan proyek Ancol. Seperti yang kita ketahui bersama, proyek Ancol merupakan proyek yang sukses, Gubernur DKI Jakarta pada masa itu, Ali Sadikin,  bertitah kepada Ciputra untuk membuat Ancol menjadi seperti “Disneyland” dan ia pun berhasil. Ciputra bilang kepada Bang Ali akan membangun dan mengembangkan sendiri taman rekreasi dengan fantasi dan kreasi ala Indonesia dengan nama Taman Impian Jaya Ancol.

Liburan Seru ke Taman Impian Jaya Ancol

Gambar 4: Taman Impian Jaya Ancol

Sumber: www.wisataasik.web.id 

Adapun yang dapat dikembangkan, dibangun, dan diadakan di Kepulauan Mentawai dengan bekerjasama dengan Ir. Ciputra, pemerintah daerah, dan dinas-dinas terkait yakni:

Membangun Resort Kelas Dunia

Untuk menyambut kedatangan para wisatawan domestik dan juga wisatawan mancanegara, diperlukan adanya sarana penginapan yang memadai. Apabila sarana penginapan sudah memadai, otomatis para pengunjung akan merasa nyaman dan aman apabila berkunjung ke kepulauan Mentawai. 

Membangun Museum Adat Mentawai

Seperti yang sudah diketahui bersama, suku Mentawai merupakan salah satu suku tertua yang ada di Indonesia. Mereka masih memegang teguh adat istiadat mereka meskipun modernisasi saat ini gencar terjadi. Kebudayaan mereka sangat unik sehingga menarik untuk dapat diketahui dan dipelajari. Maka dari itu dengan dibuatnya museum adat di Kepulauan Mentawai dapat menjadi salah satu magnet bagi wisatawan untuk datang kesana. 

Membangun “Disneyland”

Dengan pengalaman Ir. Ciputra yang berhasil membangun Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta, bukan tidak mungkin hal yang sama dapat terulang kembali, tapi kali ini berlokasi di Mentawai. Disesuaikan dengan kondisi saat ini yang serba canggih dan modern, “Disneyland” Mentawai menjadi objek wisata yang akan ramai dikunjungi oleh wisatawan. 

Membangun Museum Surfing Internasional

Kepulauan Mentawai merupakan salah satu tujuan wisata surfing bagi para peselancar kelas dunia. Mentawai ibaratnya adalah Mekkah bagi para peselancar dunia. Dengan dibangun museum surfing internasional yang masih jarang bahkan di Indonesia sendiri belum ada, maka akan menarik bagi para peselancar dunia untuk datang ke Mentawai dan juga khalayak ramai untuk dapat lebih tahu mengenai olahraga selancar.

Mengadakan Kompetisi Surfing Tingkat Internasional 

Bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk mengadakan kompetisi surfing bertaraf internasional setiap tahun. Kepulauan Mentawai adalah surga bagi para peselancar dunia dan terkenal sulit untuk ditaklukan sehingga banyak peselancar yang menjadi semakin tertantang untuk menaklukkannya. 

Memperpanjang Landasan Pacu Bandara Rokot

Mendesak pemerintah daerah untuk memperpanjang ukuran landasan Bandara Rokot menjadi 1600 m X 30 m agar dapat dioperasikan oleh pesawat komersial, Sehingga pihak maskapai dapat membuka rute penerbangan daily menuju Mentawai dari kota Padang. Dengan beroperasinya rute penerbangan ini, perjalanan menuju dan ke Kepulauan Mentawai dapat diperpendek menjadi 30 menit.


Membangun Pelabuhan Perikanan Nasional Mentawai

Melalui Peraturan Presiden No. 3 Tahun 2017 tentang rencana aksi pembangunan industri perikanan nasional. Dapat dibangun pelabuhan perikanan nasional Mentawai untuk mempermudah distribusi hasil tangkapan nelayan Kepulauan Mentawai menuju industri perikanan nasional.

Sumber : indonesiabaik.id

Crowdfunding Untuk Pendanaan Pertanian Kepulauan Mentawai

Untuk memaksimalkan potensi pertanian yang ada di Kepulauan Mentawai, dapat didukungnya dengan menjalin kerjasama dengan startup crowdfunding di bidang pertanian di zaman yang modern ini. Sehingga para petani lokal dapat mendapatkan pendanaan yang mudah. 


Video : Tanijoy, salah satu startup investasi pertanian.

Jadi, suatu daerah yang tertinggal dapat merubah dirinya menjadi daerah yang maju. Asalkan ada kemauan dan usaha untuk mengembangkan potensi daerah yang dimilikinya, NOTHING IS IMPOSSIBLE. 



Penulis: 

Windhi Pranata

Galih Adzanimurti

Tri Setiadji

Dinda Dwicahyarini



Daftar Pustaka

  1. https://www.google.com/amp/amp.kontan.co.id/news/mendes-jumlah-desa-tertinggal-akan-terentaskan-hingga-akhir-tahun-2019

  2. www.setkab.go.id 

  3. www.mentawaikab.bps.go.id

  4. www.wikipedia.com

  5. www.sukumentawai.org

  6. www.travellingyuk.com

  7. http://www.mentawaikab.go.id/berita/detail/hal-ini-yang-harus-dilakukan-agar-mentawai-lepas-dari-daerah-tertinggal 

  8. https://travel.kompas.com/read/2016/10/27/071000427/mentawai.salah.satu.suku.tertua.di.dunia?page=all

  9. https://news.detik.com/x/detail/intermeso/20170616/Ditolak-Disney-Jadilah-Ancol/

  10. http://www.wisataasik.web.id/liburan-seru-ke-taman-impian-jaya-ancol/

  11. Ferrell, O.C., Hirt, G. dan Ferrell, L. (2020). Business: A Changing World. 12th Edition, McGraw-Hill, New York. (FHF) 

  12. www.youtube.com 

  13. http://indonesiabaik.id




Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
6
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
2
Win
atomicblonde

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format