Mari Kembali ke Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah sebuah pulau di sebelah barat lombok yang jumlah wisatawannya turun dalam beberapa bulan terakhir.


10
1 share, 10 points

Pulau Lombok, nama pulau yang tak asing lagi bagi beberapa wisatawan asing maupun wisatawan dalam negeri. Pulau Lombok terletak di sebelah timur Pulau Bali yang beberapa tahun ini sudah semakin dikenal oleh masyarakat karena perkembangannya dalam hal pariwisata. Tempat wisata di Pulau Lombok juga terdiri dari beberapa hal seperti pantai, gunung, air terjun dan wisata terkait dengan tradisi lokal warga di Pulau Lombok yang terbagi menjadi banyak desa-desa.

Sumber:https://www.cleanpng.com/

Dari beberapa dekade terakhir, banyak wisatawan lokal maupun asing yang berlibur ke Pulau Bali untuk melihat dan menikmati keindahan pantainya. Bali sungguh sangat terkenal karena begitu banyak pantai yang indah, didukung dengan adanya akomodasi yang  tersedia dari berbagai jenis, mulai dari hostel hingga resort mewah. Akses untuk menuju pantai-pantai di Bali juga mudah ditemui bisa dengan kendaraan umum atau dengan menyewa mobil. Bali menjadi sangat ramai dan selalu padat pendatang, apalagi di musim libur, seperti libur lebaran dan tahun baru. Saat musim panas di negara barat seperti di Eropa dan Amerika membuat banyak wisatawan dari negara-negara tersebut yang menghabiskan musim liburan mereka untuk merasakan libur musim panas yang menyenangkan di Pulau Bali. 

Pulau Bali memang selalu menjadi tujuan utama karena pantai-pantainya yang sudah dikenal oleh dunia, namun sekarang banyak wisatawan yang sudah beralih ke pulau yang berada di sebelah timur Pulau Bali yaitu Pulau Lombok. Pada sebuah laman resmi theculturetrip.com yang merupakan website asal UK yang berisikan hal-hal mengenai wisata di seluruh dunia memuat sebuah artikel “11 Reasons Why You Should Visit Lombok Over Bali”. Dalam artikel tersebut dijelaskan jika Lombok memiliki beberapa keunggulan seperti more nature, less crowded, lower prices, no traffic, many traditional attractions, dan lain-lain.

Begitu banyak tempat tujuan wisata yang ada di Lombok, namun ada sebuah Gili yang menjadi dambaan bagi para wisatawan domestik maupun asing, yaitu Gili Trawangan. Di Lombok terdapat  3 gili atau pulau kecil yang berjajar, ada Gili Air, Gili Meno dan yang paling dikenal adalah Gili Trawangan. Ketiga Gili ini berada di Barat Pulau Lombok dan harus ditempuh dengan menggunakan speed boat atau kapal kecil. 

Sumber: pinterest.com

Perjalanan ke Gili Trawangan tidak dapat ditempuh dengan langsung mendarat di Gili Trawangan, karena Gili Trawangan tersebut merupakan pulau kecil dan tidak memiliki akses bandara. Pilihan wisatawan menuju Gili Trawangan bisa dengan menuju Bandara Internasional Lombok kemudian menempuh jarak selama 60-70 km atau selama 1.5 sampai 2 jam dengan kendaraan kemudian akan tiba di lokasi penyeberangan.

Menilik dari permasalahan Gili Trawangan yang masih kalah saing dengan Pulau Phi-Phi, maka penulis akan mencoba melihat permasalahan ini dari segi rantai pasokan (supply chain). Penerapan Rantai Pasokan dalam industri jasa cukup berbeda dengan industri manufaktur. Pada industri manufaktur, barang mentah akan diproses melalui proses produksi yang nantinya akan menjadi barang jadi yang siap didistribusikan kepada pelanggan. Namun, pada industri jasa karakteristik produk yang ditawarkan cenderung intangible dan perishable. Oleh karena itu jika produk yang ada di industri jasa tidak terjual pada hari itu, maka hal tersebut dianggap sebagai kerugian. Sebab pada hari tersebut perusahaan sudah mengeluarkan biaya operasional.

Karakteristik produk yang berbeda juga mempengaruhi bagaimana Rantai Pasokan pada industri jasa, sebab output yang dihasilkan pada industri jasa cenderung berbeda. Ini dikarenakan penyedia jasa pada umumnya lebih padat karya, sedangkan industri manufaktur padat modal (Ferrell, Hirt dan Ferrell, 2018: 239). Maka, peran manusia pada industri jasa sangat penting dan juga menjadi aspek pertama pada Rantai Pasokan. Orang-orang yang bekerja di industri jasa dituntut untuk dapat menjadi wajah utama dari perusahaan. Terdapat 5 tahap Rantai Pasokan di industri jasa yaitu Supplier, logistik, produksi, penjualan dan pemasaran. Indonesia dan Thailand merupakan negara yang berada di Asia Tenggara yang sebenarnya memiliki kesamaan dalam hal keterbukaan dan keramah-tamahan yang sudah mengakar kuat.

 Supplier dalam hal ini yaitu sumber daya manusia yang ada di Lombok khususnya Gili Trawangan dan Pulau Phi-Phi yang berada di Krabi. hospitality atau ramah-tamah yang dimiliki Indonesia dan Thailand hampir sama. Kedua negara sebagai destinasi wisata sama-sama menawarkan keramah-tamahan serta kenyamanan dalam berwisata. Hal-hal seperti penyambutan kedatangan wisatawan ketika menginjakkan kaki di Lombok merupakan salah satu hal yang terlihat sepele namun jika dilakukan akan mampu memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan yang datang. Selain itu kecakapan para pelaku industri wisata dalam memperlakukan wisatawan merupakan sebuah standar yang perlu diterapkan dalam industri jasa.

Logistik pada penyedia jasa merupakan hal-hal pendukung wisatawan ketika mengunjungi suatu destinasi wisata seperti akses, moda transportasi, dan hotel. Sebagai destinasi wisata, Gili Trawangan dan Pulau Phi-Phi sama-sama destinasi wisata yang berupa pulau dimana wisatawan bisa menuju daerah tersebut menggunakan pesawat dari negara asal. Untuk mencapai Gili Trawangan wisatawan bisa menggunakan penerbangan Jakarta-Lombok atau negara asal-Bali. Setelah wisatawan sampai di Bali atau Lombok, wisatawan bisa  menggunakan transportasi darat untuk menuju pelabuhan. Lalu setelah sampai di pelabuhan wisatawan bisa menggunakan perahu cepat atau perahu lokal untuk mencapai Gili Trawangan. 

Sumber: https://www.google.com/maps/

Bagi wisatawan yang ingin memulai liburannya melalui Bali, wisatawan dapat menuju ke Gili Trawangan dengan  cara menyeberang dari Padang Bai atau Benoa dengan menggunakan perahu cepat dengan estimasi waktu 1.5-2.5 jam serta biaya sekitar Rp300.000-Rp500.000/orang  untuk sekali jalan (harga kembali menyesuaikan, bergantung dari musim dan ketersedian perahu cepat). 

Sumber: https://ssl.directferries.com/

Phi-Phi merupakan pulau kecil yang letaknya berada di antara Phuket dan Krabi. Sehingga untuk menuju ke pulau tersebut wisatawan memiliki dua opsi yaitu menggunakan penerbangan langsung dari negara asal menuju Phuket/Krabi atau bisa juga dengan transit di Bangkok terlebih dahulu lalu kemudian melanjutkan menuju Krabi atau Phuket. Setelah sampai di bandara, wisatawan bisa menggunakan transportasi umum yang tersedia seperti van atau angkot untuk menuju pelabuhan karena di pelabuhan wisatawan bisa langsung membeli tiket ferry menuju Pulau Phi-Phi. Dalam hal akses, Gili Trawangan dan Phi-Phi sama-sama menawarkan kemudahan kepada wisatawan dalam berlibur terlihat dalam kemudahan informasi serta akses menuju pulau tersebut.

Begitu banyak kelebihan dan keunggulan yang dimiliki oleh Pulau Lombok khususnya Gili Trawangan serta akses menuju lokasi yang dapat dikatakan cukup mudah, namun tetap saja wisata ini masih kalah populer jika dibandingkan dengan wisata di Thailand terutama dengan Phi-Phi Island. Keadaan Indonesia sebagai negara yang rawan bencana alam menjadi salah satu alasan mengapa Lombok kalah populer dengan Phi-Phi Island yang berada di Krabi. Terbukti bahwa gempa yang terjadi di lombok pada triwulan ketiga 2018 dan adanya kenaikan harga tiket domestik membuat pariwisata Lombok semakin berkurang. Hal ini diperkuat oleh beberapa data seperti yang dimuat di dalam laman resmi Dinas Pariwisata Provinsi NTB yang menggambarkan jumlah penurunan wisatawan periode 2018. Beberapa media masa seperti radarlombok.co.id (30/1/2019) dan kumparan.com (24/2/2019) juga menambahkan jika jumlah wisatawan di Lombok mengalami penurunan drastis dikarenakan gempa dan meningkatnya harga tiket.

Sumber:http://www.disbudpar.ntbprov.go.id/

Selain akses dan transportasi, keberadaan penginapan atau hotel berbintang juga akan mempengaruhi keinginan serta kenyamanan wisatawan dalam berwisata. Terdapat sekitar 500 penginapan yang ada di Gili Trawangan dengan berbagai macam jenis seperti villa, resort, maupun hotel berbintang dengan gedung yang tinggi.Oleh karena itu dengan jumlah hotel yang banyak serta bervariasi, Gili Trawangan mampu menyediakan kebutuhan penginapan untuk wisatawan baik dari wisatawan dengan dana terbatas hingga yang menginginkan penginapan mewah.

Selain Logistik dan penyedia jasa, kegiatan yang dapat dilakukan pada pulau-pulau tersebut juga menjadi faktor penentu keputusan seseorang akan mengunjungi suatu lokasi. Misalnya saja seorang keluarga yang mempunyai seorang anak kecil pasti memiliki kebutuhan wisata berbeda dengan seseorang yang belum berkeluarga, atau yang bepergian bersama atau bahkan dengan para backpackers. Sebuah keluarga yang memiliki anak kecil akan memilih tempat yang ramah anak dan cenderung tidak berbahaya dan dengan mengesampingkan biaya. Berbeda bagi backpacker cenderung akan memilih tempat yang mempunyai banyak opsi untuk menikmati keindahan alamnya secara ramai ramai dan semurah mungkin.

Menurut situs gettingstamped.com, banyak hal yang dapat dilakukan oleh seorang backpacker di Phi-Phi Island. Di sana terdapat tawaran paket dengan tarif $15 untuk satu hari perjalanan dengan enam kali spot berkeliling Phi-Phi Island dan sudah termasuk makan siang. Terlebih wisatawan juga dapat menikmati pemandangan dengan cara mendaki bukit secara gratis. Berbeda dengan di Gili Trawangan, wisatawan dapat berkeliling Gili Trawangan selama setengah hari dengan harga $10, akan tetapi untuk dapat menggunakan fasilitasnya harus membayar tarif lagi. Misalnya saja untuk menyelam akan dikenakan tarif $65 (Rp800.000,00) ditambah sewa alat sebesar Rp20.000,00 Selain itu, di Gili Trawangan juga tidak banyak spot untuk menikmati alam selain dari laut dan terumbu karangnya, berbeda dengan Phi-Phi Island yang mempunyai bukit yang dapat didaki secara gratis. Di situs tersebut pun mereka melakukan komparasi yang hasilnya adalah sebagai berikut. 

Sumber : https://www.gettingstamped.com/backpacker-battle-phi-phi-vs-gili-t/

 Kemudian dari sisi pemasaran, kedua tempat wisata ini memiliki media promosi yang sama yaitu melalui digital marketing. Keduanya menggunakan promosi melalui situs layanan jasa tour dan review dari Youtubers sebagai media promosi yang utama. Adanya digital marketing akan membuat calon wisatawan lebih mudah mendapatkan informasi terkait biaya dan keindahan dari Gili Trawangan dan Phi Phi Island. Digital Marketing adalah salah satu cara yang dapat dilakukan oleh penyedia jasa untuk mengenalkan produk jasanya. Dengan semakin berkembangnya teknologi, proses pemasaran sendiri juga harus mulai mengikuti perkembangan. Pemasaran menurut Asosiasi Pemasaran Amerika (Morrisan, 2010) adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, harga, promosi dan distribusi ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu serta tujuan organisasi. Guna dapat memuaskan inilah, pelaku usaha perlu untuk melihat trend yang ada. Jika melihat Gili Trawangan dan Phi-Phi Island, keduanya telah menggunakan media promosi seperti website. Melalui situs ini, berbagai pelancong dari belahan dunia dapat mengakses informasi terkait kedua wisata tersebut. Hal ini tentu akan semakin mempermudah wisatawan, dan tentu memberikan kepuasan untuk mereka. 

 Sumber : https://phuket.id/paket-wisata-phuket-thailand/

Paket tour Gili Trawangan   Sumber : https://www.civitatis.com/en/gili-trawangan/

Terkait digital marketing lainnya seperti media daring Youtube dapat dilihat dari channel Youtube yang melakukan review mengenai Phi Phi Island dan Gili Trawangan. Adanya Youtube membuat calon wisatawan lebih mudah memilih tempat destinasi yang ingin dikunjungi. Apabila dilihat dari review tentang Phi Phi Island dan Gili Trawangan, Phi Phi Island memiliki daya tarik tersendiri dikarenakan banyaknya lokasi keindahan yang dapat dijelajahi. Sehingga hal ini menyebabkan konten review menjadi lebih beragam terkait keindahan Phi Phi Island.  Berbeda dengan Gili Trawangan yang kurang memiliki titik lokasi tertentu yang dapat dijelajahi lebih. Akhirnya, banyak diantara konten review yang menunjukkan interaksi dengan warga dan tidak berfokus pada ulasan panorama Gili Trawangan.

  

Sumber : Youtube

Mengenai harga dari kedua destinasi baik Phi Phi Island dan Gili Trawangan memiliki harga yang bervariasi di setiap paket wisatanya. Apabila kita melihat dari layanan jasa yang menyediakan tour ke Phi Phi Island dan Gili Trawangan dari layanan tour mereka mematok harga yang berbeda. Contoh tarif tour ke Phi Phi Island.

Contoh: Tarif Tour setiap paket di Phi Phi Island

Sumber:https://phuket.id/paket-wisata-phuket-thailand/

Phuket.Id selaku jasa penyedia tour ke Phi Phi Island memiliki tarif yang bervariasi di setiap paketnya, wisatawan dapat memilih paket apa yang mereka inginkan sesuai dengan budget yang mereka punya dan destinasi yang ingin mereka kunjungi. Sedangkan di Gili Trawangan, terdapat Civitalis sebagai penyedia jasa Tour juga memiliki tarif yang bervariasi di setiap paketnya. Sehingga konsumen dapat memilih paket apa yang mereka inginkan sesuai dengan budget yang mereka punya dan destinasi yang ingin mereka kunjungi.

  https://www.civitatis.com/en/gili-trawangan

Untuk mengembalikan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lombok banyak hal-hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kembali jumlah wisatawan tersebut dengan naiknya wisatawan ke pulau Lombok maka jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke Gili Trawangan juga akan meningkat, salah satu caranya adalah dengan mencontoh hal-hal yang telah diterapkan di pulau Phi-Phi, contohnya dengan mengundang warga dari seluruh penjuru Indonesia dan warga internasional yang berniat untuk membantu warga lokal Lombok dan juga Gili Trawangan untuk merehabilitasi kembali tempat-tempat usaha mereka. 

Untuk supplier dalam hal ini adalah hospitality, selain keramahan akan lebih baik jika keamanan lingkungan pariwisata di Gili Trawangan juga perlu ditingkatkan. Tidak hanya mengandalkan dari organisasi kepolisian, tetapi semua masyarakat di Gili Trawangan juga harus memiliki kesadaran dalam hal menjaga keamanan lingkungan sekitar. Aspek hospitality sendiri memang sangat luas, tidak hanya berfokus pada keramahan atau keamanan saja, namun juga profesionalitas, tanggung jawab dkk. Untuk dapat melihat performa dan meningkatkan aspek hospitality, organisasi-organisasi baik itu pemerintah hingga pemilik usaha, harus mengetahui dahulu apakah mereka telah memberikan kenyamanan untuk para pelancongnya. Maka dari itu diperlukan adanya riset terkait pelayanan (hospitality) ini yang langsung ditujukan kepada para pelancong. Meskipun dalam hal keramahan sudah cukup baik, namun alangkah lebih baik lagi jika aspek lainnya juga terpenuhi.

Dalam hal logistik, khususnya transportasi menuju Pulau Gili Trawangan sudah baik. Berbagai pilihan moda transportasi telah tersedia, para wisatawan bebas untuk memilih moda transportasi sesuai dengan budget yang dimiliki. Guna menuju Gili Trawangan layaknya Phi-Phi Island terdapat beberapa cara yaitu langsung menuju Lombok menggunakan pesawat atau melalui pulau Bali yaitu dengan cara penyeberangan kapal. Berbagai informasi tentang akses transportasi ini juga mudah didapatkan melalui internet. Bagi para wisatawan yang memiliki budget lebih, ketika sampai di Bandara Internasional Lombok dapat menggunakan jasa travel langsung atau rent car yang nantinya akan dilanjut menggunakan speed boat. Namun, jika tidak ingin mengeluarkan budget lebih, pemerintah setempat juga telah menyediakan bus Damri yang beroperasi hingga kedatangan pesawat terakhir. Melalui tarif dua puluh lima ribu rupiah (Rp25.000,00), wisatawan dapat menghemat biaya perjalanan mereka menuju Gili Trawangan. Sayangnya, bus ini hanya berhenti hingga kota Mataram, selanjutnya wisatawan harus menggunakan moda transportasi umum lainnya, dimana di dalam kota Mataram sendiri tidak terlalu banyak transportasi umum. Pilihannya adalah menyewa motor sebelumnya tau menggunakan taksi. Walaupun, pemerintah sudah mulai memberikan perhatian lebih dalam akses transportasi, namun hal ini belum dilakukan secara optimal. Sedangkan terkait penyeberangan, para wisatawan juga diberikan banyak pilihan kapal. Mulai dari kapal cepat (fast boat) hingga kapal lambat (kayu). Wisatawan juga tidak perlu khawatir dengan ketidak-tersedianya kapal karena kapal akan beroperasi setiap satu jam sekali, dan informasi tentang jadwal serta  harga juga mudah didapatkan. 

Maka terkait akses transportasi di luar Gili Trawangan, lebih baik jika pemerintah setempat mulai menaikkan jumlah moda transportasi umum di dalam kota Mataram menuju pelabuhan Bangsal. Pilihan moda transportasi ini dapat berupa bus atau angkot, sehingga para wisatawan tidak perlu kebingungan untuk menyewa motor, atau tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk taksi. Selain meningkatkan jumlah moda transportasi publik, pilihan lainnya pemerintah mungkin dapat menambah destinasi bus Damri hingga pelabuhan Bangsal atau bahkan hingga Gili Trawangan itu sendiri. Sehingga tidak hanya sampai kota Mataram, tetapi sampai tujuan utama yaitu Gili Trawangan. 

Sedangkan terkait permasalahan cuaca atau bencana, hal tersebut bukan sesuatu yang bisa dicegah, terlebih seperti gempa bumi atau tsunami. Manusia di sini hanya memiliki sedikit kontrol yaitu dengan meminimalisir dampak dari bencana tersebut. Terkait akses transportasi, pemerintah Lombok dan pemilik usaha di Gili Trawangan sudah mulai melakukan pembenahan, mulai dari akses jalan, penginapan, resto, dan pembersihan sisa puing-puing bangunan. Dilansir dari Kumparan pada 24 Februari 2019, jalan, restoran, dan penginapan mulai berjalan seperti normal. Namun memang masih tersisa beberapa puing sisa reruntuhan bangunan. Diharapkan pemerintah dan segala lingkup masyarakat di Gili Trawangan mulai bekerja sama untuk membersihkan puing-puing tersebut. Maka dengan semakin dipermudahnya akses transportasi menuju Gili Trawangan dampak kedepannya dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Pulau Lombok. Kemudian, mulainya pembenahan dan pembangunan untuk akses transportasi serta penginapan pasca bencana secara perlahan-lahan di Gili Trawangan, juga menjadi awalan yang baik untuk meningkatkan jumlah wisatawan. 

Sebelumnya disebutkan bahwa untuk menikmati panorama Gili Trawangan, para pelancong harus mengeluarkan biaya lebih dibanding ketika berwisata di Pulau Phi Phi. Namun, dalam hal lain, ternyata Gili Trawangan juga memiliki nilai lebih yaitu terkait hiburan dan makanannya yang lebih murah dan beragam. Ketika berlibur, hiburan khususnya saat malam hari memang tidak bisa dilepaskan khususnya bagi wisatawan asing. Mengutip dari gettingstamped.com, bahwa jika para wisatawan asing ingin tempat yang tidak terlalu ramai dan tidak ingin diganggu oleh masalah sampah, maka Gili Trawangan adalah jawabannya. Melihat bahwa hiburan di waktu malam hari menjadi salah satu keunggulan dari Gili Trawangan, maka lebih baik masyarakat dan pemerintah bekerja sama untuk semakin memperbanyak hal tersebut. Hiburan ini bisa dilakukan dengan berbagai atraksi atau festival budaya yang tidak hanya berguna meningkatkan pesona Gili Trawangan tetapi juga melestarikan kebudayaan daerah. Melalui festival tersebut, Gili Trawangan juga dapat mengenalkan produk-produk andalannya seperti makanan, atau kerajinan tangan. 

Sumber : https://www.gettingstamped.com/backpacker-battle-phi-phi-vs-gili-t/

Selain dengan hal-hal yang telah disebutkan diatas, bisa juga kembali mengiklankan kembali Gili Trawangan dengan menggunakan film-film yang sedang dalam produksi, sebagai contoh pulau Phi-phi adalah salah satu set film dibuat yaitu film ‘The Beach’ yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio pada tahun 2000. Hal tersebut bisa dijadikan referensi oleh komunitas atau pemerintah daerah setempat untuk kembali meningkatkan jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke Gili Trawangan. Biasanya, jika suatu film mengambil gambar di suatu tempat yang eksotis atau menarik mata bagi para penontonnya, maka akan berimbas baik pada tempat tertentu, dimana pada hal ini adalah Gili Trawangan. Dengan menampilkan indahnya pemandangan di Gili Trawangan lewat sebuah film pastilah akan memberi dampak positif kepada banyaknya jumlah wisatawan dan juga pastinya akan meningkatkan Brand Image dari Gili Trawangan sendiri.

Saat ini masyarakat mengunjungi suatu tempat dengan salah satu tujuannya adalah mengabadikan tempat tersebut dan mengunggahnya ke media sosial dan dengan sendirinya Gili Trawangan sudah dipasarkan secara gratis oleh masyarakat. Salah satu caranya bisa dengan membuat paket foto untuk prewedding. Menjaga kebersihan dan keindahan pantai bisa menjadikan Gili Trawangan menjadi salah satu destinasi bagi fotografer untuk melakukan pemotretan dan kembali menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Brand Image sendiri bisa diartikan sebagai Persepsi Konsumen terhadap suatu produk atau jasa, Brand Image sendiri pun juga hal yang penting untuk sebuah tempat wisata seperti Gili Trawangan, dimana telah disebutkan diatas citra Thailand dapat lebih diterima oleh dunia internasional. Berkolaborasi dengan dunia perfilman yang telah disebutkan diatas dapat dipastikan akan meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Gili Trawangan.

Kontributor: Kelompok Gone With The Win

(Briyan Reynaldo D. Iddo, Hafiz Syahreva A., Ivana Elysia Sinarso, Kartika Natasha DH, Maulana Riski N, Muhammad Ali Rois, Richard Chandra)

Daftar Pustaka

Buku

  • Alvonco, Johnson. 2016. Practical Communication Skill. Jakarta: PT Elex Media Computindo.

  • Morrisan, M.A. (2010). Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Situs

Terarsip pada https://radarlombok.co.id/selama-2018-kunjungan-wisatawan-ke-ntb-terjun-bebas.html Di akses pada 9 September 2019.

Video Koh Phi-Phi

Credit

Video Gili Trawangan


Like it? Share with your friends!

10
1 share, 10 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
2
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
4
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format