PESONA OMBAK KEPULAUAN MENTAWAI, INDONESIA VS GOLD COAST, AUSTRALIA

Mentawai Islands, West Sumatra, Indonesia


2
2 points

Indonesia merupakan negara yang kaya. Lokasinya secara geografis diapit oleh Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Sudah dapat dipastikan Indonesia memiliki “harta” laut yang sangat luar biasa. Karena itu Indonesia banyak menjual sektor pariwisatanya ke dunia luar. Salah satu wilayah di Indonesia yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan adalah Kepulauan Mentawai.

Kepulauan Mentawai merupakan gugusan pulau-pulau yang secara geografis terletak di samudera Hindia dan secara administratif terletak di Provinsi Sumatera Barat. Kepulauan Mentawai berada di sisi barat Provinsi Sumatera Barat. Penduduk asli Mentawai mempunyai kebudayaan yang berbeda dengan penduduk Minangkabau karena terpisah oleh lautan.

Kepulauan Mentawai tersusun empat pulau besar, Siberut, Sipora, Pagai Utara, dan Pagai Selatan, dengan pulau-pulau kecil yang tak terhitung jumlahnya tersebar di Samudera Hindia. Gugusan di lepas pantai Barat Sumatera ini memiliki lebih dari selusin ombak dari ratusan jenis gelombang dunia.

 

Gambar 1. Kepulauan Mentawai 

Sumber:https://www.google.com/maps/place/Kepulauan+Mentawai,+West+Sumatra)

Lokasi Kepulauan Mentawai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia membuat Mentawai dikaruniai dengan gulungan ombak (pipeline) yang besar dan indah yang sangat cocok digunakan untuk berselancar. Hal ini membuat Kepulauan Mentawai masuk dalam daftar 25 tempat surfing terbaik di dunia. 

Kepulauan Mentawai memiliki sedikitnya 40 lokasi selancar dengan gelombang terbaik di dunia. Tempat ini terkenal dengan pecahan ombak dangkal yang meluncur cepat. Namun demikian, terdapat banyak variasi ombak: dari ombak berat sampai gemuruh yang mengintimidasi.

Beberapa titik selancar terdapat di Pantai Nyangnyang, Pantai Karang Bajat, Pantai Karonik, dan Pantai Pananggelat Mainut di Siberut Selatan. Di Sipora terdapat lokasi selancar di Pantai Katiet Bosua dan Pantai Selatan. Begitu juga ada Pantai Barat di Pagai Utara. Gulungan ombak Mentawai ada yang berukuran besar, yang beberapa di antaranya termasuk ekstrim.

Gambar 2. Ombak ekstrim di Kepulauan Mentawai

Sumber: https://wisatanasional.net/wisata-nasional-kepulauan-mentawai/ 

Gold Coast, Australia

Gold Coast merupakan salah satu kota di benua Australia yang terletak di sebelah tenggara Queensland. Kota ini merupakan salah satu kota wisata dan bisnis di Australia. Kota Gold Coast terletak di sepanjang 57 km di garis Samudera Pasifik dan dihuni oleh lebih dari 500 juta penduduk. 

Gold Coast merupakan lokasi selancar paling baik ke 8 di seluruh dunia. Tak mau kalah dengan Indonesia, Australia memiliki banyak pantai menarik untuk dikunjungi, seperti Main Beach, Pantai Narrowneck, The Spit, Mermaid, serta Palm Beach. Area Queensland mempunyai iklim subtropik dan cocok sekali untuk mengarungi samudera.

Gold Coast sendiri terkenal akan salah satu distriknya yang menjadi destinasi para peselancar, yaitu distrik “Surfer Paradise”. Nama Surfer Paradise sendiri diadopsi dari sebuah nama hotel yang dibuka tahun 1925. Gedung milik James ‘Jim’ Cavill tersebut diberi nama Surfers Paradise Hotel, memiliki 16 kamar tidur dan menjadi akomodasi ternama di kalangan wisatawan pada masa itu. Nama distrik Surfer Paradise sendiri awalnya adalah Elston. Hingga tahun 1933, akhirnya dirubah menjadi Surfer Paradise. Seiring perjalanan waktu, distrik ini tetap menjadi daerah wisatawan paling ramai di Gold Coast. Pantai dengan ombak besar yang bergulung dan langsung menuju Samudera Pasifik menjadi daya tarik utama dari Surfer Paradise.

Gambar 3. Pantai di Gold Coast

Sumber: https://siapliburan.com/wisata-gold-coast/ 

Rumusan Masalah

Kepulauan Mentawai dan Gold Coast di Australia sama-sama merupakan daerah tujuan wisata yang mengedepankan wisata selancar pada khususnya. Masalah yang ada saat ini adalah meskipun Kepulauan Mentawai sudah dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, namun kunjungan wisatawan ke Mentawai masih cenderung rendah. Jumlah kunjungan wisatawan lokal ke Mentawai pada tahun 2018 sebanyak 17.723 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 12.325 orang. Sedangkan jumlah kunjungan wisatawan lokal ke Gold Coast data sampai dengan  akhir Maret 2019 adalah 24.584 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 2.747 orang.

Gambar 3. Kunjungan wisatawan ke Mentawai

Sumber: www.mentawaikab.bps.go.id

 

Gambar 4. Kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke Gold Coast

Sumber: https://www.tra.gov.au/charts/ivs

Perbandingan

Melihat data kunjungan wisatawan ke Mentawai dan Gold Coast dapat disimpulkan bahwa ada permasalahan di Mentawai yang menyebabkan kunjungan wisatawan ke Mentawai lebih rendah dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisatawan ke Gold Coast. Hal ini dapat terjadi karena ada yang salah di dalam rantai suplainya (supply chain) yang terdiri dari material suppliers, logistic, production, sales & marketing, dan customer. Berikut ini beberapa kesalahan pada supply chain tersebut yang akan dicoba untuk dianalisis lebih lanjut.

Material Suppliers

Material suppliers disini dimaksudkan pada apa yang ditawarkan oleh Kepulauan Mentawai dan Gold Coast. Pada dasarnya Kepulauan Mentawai dan Gold Coast sama-sama menawarkan tempat wisata selancar dan air bagi para wisatawan. Namun secara tata letak pulau-pulau yang ada di Mentawai lokasinya dipisahkan oleh laut dan hanya dapat dijangkau menggunakan kapal. Sedangkan Gold Coast bukanlah merupakan kepulauan, jadi untuk menjangkau tiap pantai dan tempat selancar disana mudah cukup lewat jalan darat.

Selain itu paket wisata ke Gold Coast dikemas secara menarik tidak hanya menawarkan wisata air saja dan dapat dibeli secara online. Sedangkan kemasan paket wisata ke Kepulauan Mentawai kurang dikemas dengan menarik ditambah lagi fasilitas penginapan di Mentawai masih terbatas dan sederhana. 

Logistic/ Transportasi

Akses paling mudah ke Mentawai adalah dari Padang, Sumatera Barat. Bandar Udara Internasional Minangkabau setiap hari disinggahi pesawat Garuda, Mandala, Lion Air, Sriwijaya, dan Batavia Air dari Jakarta; Mandala dari Medan; Garuda dan Silk Air dari Singapore, dan Air Asia dari Malaysia. 

Pelayaran menuju Mentawai dilayani KM Ambu-ambu dengan rute Padang – Sipora setiap hari Senin; dan Padang – Sikakap setiap Rabu dan Jumat. KM Sumber Rezeki Baru dengan rute Padang – Muara Siberut setiap Senin dan Rabu; Padang – Sipora (Rabu) dengan rute Bungus – Sipora (Sabtu). Semua kapal bertolak dari Muara Padang, antara pukul 18.00 sampai 20.00 WIB. Selain menumpang kapal regular, juga dapat menyewa kapal carteran yang disediakan perusahaan swasta lainnya. Tidak ada kendaraan darat dari Mentawai, khususnya Siberut. Transportasi darat yang tersedia hanya sepeda motor, dengan tarif tergantung pada jarak tempuh.

Disini terlihat akses transportasi menuju Mentawai masih sangat terbatas. 

Sedangkan untuk dapat mencapai ke Gold Coast dapat menggunakan pesawat terbang, melalui jalan darat dengan naik bus atau kereta ( khusus wisatawan domestik ). Apabila naik pesawat dapat menggunakan maskapai Air Asia, Tiger Airways, Jetstar, Virgin Blue, Pacific Blue, AirNorth, dan Air New Zealand. Bandara Gold Coast berlokasi di bagian utara Coolangatta. Bandara dapat ditempuh kurang lebih 80 menit dengan bus/ mobil dan 90 menit menggunakan kereta. 

Akses dari dan menuju Gold Coast memiliki banyak pilihan sehingga mudah untuk dijangkau. 

Sales and Marketing/ Promosi

Dari sisi promosi, Mentawai saat ini belum memiliki media promosi yang resmi. Website pemerintah daerah Mentawai tidak banyak memberikan gambaran mengenai sektor pariwisata di daerah tersebut. Tampilan website pemerintah daerah Mentawai  juga kurang menarik. Informasi-informasi mengenai sektor pariwisata di Mentawai dapat banyak ditemukan di platform-platform elektronik. Sedangkan pihak pemerintah Gold Coast telah memiliki website khusus yang mempromosikan sektor pariwisatanya dengan tampilan yang menarik.

Gambar 5: Website resmi pemerintah daerah Mentawai

Sumber:  http://www.mentawaikab.go.id

Gambar 6: Website resmi Gold Coast

Sumber: https://www.destinationgoldcoast.com

Solusi

Untuk dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada supply chain, maka dapat melihat kembali ke konsep rantai nilainya ( value chain ) yakni dengan melakukan planning, innovation, dan product development. Langkah konkrit sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan sektor pariwisata di Kepulauan Mentawai adalah sebagai berikut:

Material Suppliers

Tidak ada yang dapat diubah lagi apabila menyangkut tata letak pulau-pulau di Kepulauan Mentawai yang dipisahkan oleh laut, namun dapat disediakan transportasi antar pulau yang memadai dan jumlahnya banyak, sehingga apabila wisatawan ingin datang dapat bebas kapan saja ingin datang tanpa terhambat kendala tidak ada yang mengangkut. Dibuatkan perencanaan jadwal kapal pengangkut antar pulau yang beroperasi setiap hari 24 jam. dapat juga dibangun jembatan yang menghubungkan antar pulau, sehingga antara satu pulau dengan pulau lainnya mudah untuk dijangkau. Satu hal lagi ditawarkan paket wisata lengkap secara online sehingga wisatawan menjadi tertarik untuk datang ke Mentawai.

Logistic/ Transportasi

Memperbanyak akses ke Mentawai. Bisa dengan cara menambah jadwal penerbangan, menambah jadwal kapal pengangkut, memperpanjang landasan pacu Bandara Rokot.

Sales and Marketing/ Promosi

Seperti yang sudah diketahui, pemerintah daerah Mentawai kurang gencar mempromosikan sektor pariwisata wilayahnya. Salah satu caranya dalah dengan memperbaiki website pemerintah daerah, dapat didesain dengan lebih menarik, diberikan fitur-fitur yang mudah diakses orang sehingga membuat orang tertarik untuk berkunjung ke Mentawai.

KESIMPULAN

Apabila dibandingkan secara produk, Gold Coast lebih menarik sebagai pusat wisata selancar dibandingkan Kepulauan Mentawai. Hal ini dikarenakan pengelolaan Gold Coast oleh pemerintahnya sangat baik, ditunjang juga dengan pendanaan yang maksimal dari negaranya. Jadi salah siapakah ini? Mari kita berharap yang terbaik untuk industri pariwisata di Kepulauan Mentawai. 

Penulis:

Windhi Pranata

Galih Adzanimurti

Tri Setiadji 

Dinda Dwicahyarini

Daftar Pustaka

  1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kepulauan_Mentawai

  2. https://www.google.com/maps/place/Kepulauan+Mentawai,+West+Sumatra)

  3. https://pesona.travel/keajaiban/1494/cara-terbaik-menikmati-keindahan-mentawai

  4. https://wisatanasional.net/wisata-nasional-kepulauan-mentawai/ 

  5. http://www.goldcoast.qld.gov.au/mobile/thegoldcoast/default.html 

  6. https://www.kompas.com/travel 

  7. https://siapliburan.com/wisata-gold-coast

  8. www.mentawaikab.bps.go.id

  9. https://www.tra.gov.au/charts/ivs

  10.  http://www.mentawaikab.go.id

  11. https://www.destinationgoldcoast.com


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
5
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win
atomicblonde

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format