Bedak Bayi Jadi Primadona Orang Dewasa, Salah Sasaran kah ?

Saat ini banyak generasi millennial maupun gen Z yang masih menggunakan produk bayi tersebut untuk memenuhi kebutuhannya.


2
2 points

“Produk Salah Sasaran” ungkapan itu sering kita dengar di dalam dunia marketing. Ungkapan tersebut dapat diinterpretasikan menjadi dua hal. Yang Pertama, produk tersebut benar-benar salah sasaran. Atau yang kedua, produk tersebut banyak diminati di luar target pasarnya. Produk-produk yang masuk ke pasaran pastinya telah melalui berbagai macam tahap observasi dari mulai pemilihan produk hingga penempatan target pasar. Namun mengapa “Produk Salah Sasaran” masih dapat terjadi ?

Contoh nyata yang sering disebut sebagai produk salah sasaran adalah produk yang dikeluarkan untuk bayi. Seperti bedak bayi Johnson’s contohnya.  Saat ini banyak generasi millennial maupun gen Z yang masih menggunakan produk bayi tersebut untuk memenuhi kebutuhannya.

Mengapa gen millennial dan gen Z masih menggunakan bedak bayi ?

Sumber gambar : hidupseimbangku.com

Bedak bayi Johnson’s ini memiliki sejuta manfaat untuk orang dewasa. Terlebih manfaatnya untuk kecantikan. Generasi millenial dan Gen Z yang masih sangat mementingkan urusan kecantikan, pastinya menjadikan bedak bayi ini sebagai salah satu list produk kecantikannya. Seperti yang dikutip dari nakira grid  bedak bayi mempunyai manfaat menakjubkan untuk kecantikan orang dewasa. Bedak bayi Johnson’s ini dapat digunakan sebagai pengganti shampoo dan pengganti deodorant untuk menyerap keringat. Selain itu bedak ini juga dapat membuat make up menjadi lebih tahan lama, karena bedak ini memiliki kemampuan untuk menyerap minyak lebih banyak. Apabila kita ingin memiliki bulu mata yang lentik dan tebal, bedak bayi Johnson’s juga dapat menjadi solusinya. Dari banyaknya manfaat untuk kecantikan tersebut, membuat bedak ini tidak hanya wajib dimiliki oleh bayi saja melainkan juga wajib dimiliki oleh orang dewasa.

Lain halnya dengan bedak bayi Johnson’s, produk anak berupa pasta gigi hanya diperuntukan untuk usia anak-anak saja. Yang mana orang dewasa sudah tidak menggunakan produk ini lagi. Produk tersebut adalah pasta gigi Kodomo yang khusus diperuntukan untuk anak-anak . Beda dengan bedak bayi  yang masih banyak digunakan oleh orang dewasa, pasta gigi anak sudah ditinggalkan oleh generasi millennial maupun gen Z.

Sumber gambar : popmama.com

Terdapat perbedaan kandungan bahan kimia yang ada pada pasta gigi anak dengan yang ada pada pasta gigi orang dewasa. Kandungan fluoride pada pasta gigi anak lebih rendah dari pada yang ada di pasta gigi dewasa. Fluoride sendiri merupakan bahan kimia yang ada di pasta gigi. Selain kandungan  fluoride yang sedikit, pasta gigi anak juga tidak mengandung sodium lauryl sulfate yang biasanya ada pasta gigi dewasa. Sehingga karena orang dewasa menganggap apabila menggunakan pasta gigi anak untuk kesehariannya, akan memberikan efek yang kurang bersih bagi kesehatan gigi dan mulutnya. Sedangkan anak-anak sendiri tidak dianjurkan menggunakan pasta gigi orang dewasa, sebab terlalu banyak bahan kimia didalamnya yang akan berbahaya apabila tertelan.

 

Analisis STDP

  1. Segmentasi

Dari segi segmentasi khususnya segmentasi demografis, pengguna dari Produk bedak bayi Johnson’s kebanyakan dari kalangan bayi dan juga kalangan dewasa, khususnya wanita dari generasi millenial dan Generasi Z. Hal ini dikarenankan produk bedak Johnson’s selain dipergunakan untuk kesehatan kulit bayi, produk bedak ini juga mempunyai banyak manfaat bagi kecantikan orang dewasa. Salah satunya adalah dapat digunakan untuk menyerap keringat dan minyak di tubuh. Bedak bayi ini juga dapat membuat make up lebih tahan lama. Lalu, kandungan bedak bayi yang tidak banyak menggunakan bahan-bahan kimia membuat bedak bayi ini aman sehingga dapat digunakan untuk orang-orang yang berkulit sensitif.

Untuk produk pasta gigi kodomo, pengguna dari produk ini terbilang hanya dari kalangan anak-anak saja mengingat produk pasta gigi untuk kalangan dewasa sudah banyak tersedia di pasaran. Selain itu, kandungan-kandungan yang ada di pasta gigi anak berbeda dengan kandungan yang ada di pasta gigi dewasa sehingga produk pasta gigi ini hanya dipergunakan untuk anak-anak saja.

  1. Targeting

Kedua produk ini hanya menargetkan konsumen dari kalangan anak-anak saja, khususnya untuk bedak Johnson’s yang hanya menargetkan bayi. Kedua produk ini menawarkan perawatan untuk kesehatan bayi dan anak-anak dengan kandungan-kandungan produk tersebut yang aman untuk bayi dan anak-anak.

  1. Diferensiasi

Banyak kita temukan bedak bayi di pasaran sehingga terkadang membuat pembeli susah menentukan produk mana yang akan dibeli. Salah satu produk bedak bayi adalah merk Johnson & Johnson. Produk ini dapat menjaga kelembaban kulit bayi seperti kebanyakan produk bedak bayi pada umumnya. Namun yang membuat produk Johnsoon & Johnson berbeda adalah wanginya yang khas. Menurut Johnson&Johnson,, indra penciuman bayi masih sangat sensitif. Oleh karena itu tidak diperkenankan distimulasi berlebihan cukup dengan cara yang sederhana seperti memakaikan bedak bayi beraroma yang tepat. Indra penciuman bayi yang terangsang dengan baik akan berdampak positif  terhadap perkembangan otaknya. Sejumlah penelitian juga menyebutkan bahwa ketika indra penciuman distimulasi dengan baik maka akan berdampak positif pada area pengendali emosi di otak.

Bedak bayi Johnson & Johnson terbuat dari talc atau talek murni tanpa menggunakan pewarna maupun pengawet sehingga aman digunakan sehari-hari. Selain itu, juga mengandung pH yang seimbang dan Hypoallergenic sehingga membuat kulit nyaman, terjaga kelembabannya dan terhindar dari iritasi maupun alergi. Namun dari keunggulan-keunggulan bedak bayi Johnson & Johnson tersebut justru malah membuat produk ini sering digunakan oleh para orang dewasa, terutama perempuan, untuk menjaga kecantikan kulitnya.

Di sisi lain, yang menggunakan produk pasta gigi merk Kodomo hanya anak-anak atau balita, tidak seperti bedak bayi Johnson & Johnson. Pendekatan yang dilakukan oleh Kodomo sangat berpengaruh kepada anak-anak, dengan tagline nya “Kodomo, teman baikku” memudahakan para orang tua untuk mengajak anaknya menyikat gigi. Selain tampian desainnya yang menarik, aromanya yang khas juga membuat anak-anak semakin menyukainya. Berbeda dengan pasta gigi lainnya yang mayoritas menggunakan bahan utama Fluoride , kandungan utama dari pasta gigi Kodomo ini adalah Xylitol. Sehingga terasa lebih manis dan bahkan aman jika tertelan.

  1. Positioning

Bedak bayi Johnson & Johnson memposisikan dirinya sebagai produk yang tidak hanya memiliki fungsi merawat kulit bayi tetapi juga sebagai fungsi kesehatan dengan memiliki kandungan pH yang seimbang dan Hypoallergenic. Di samping itu, dengan aromanya yang khas, diharapkan dapat menstimulasi indra penciuman bayi dengan tepat sehingga dapat berdampak positif pada otak. Sedangkan jika pasta gigi Kodomo memposisikan dirinya sebagai produk pasta gigi yang dekat dengan anak atau balita. Selain memiliki aroma yang khas dan rasa yang manis, produk ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan gigi anak atau balita dan juga aman apabila tertelan.

Semua analisis tadi dapat dirangkum dalam bentuk tabel sebagai berikut

 

Bedak Johnson

Pasta gig kodomo

Segmentasi

Pengguna kebanyakan dari kalangan bayi dan wanita dewasa

Pengguna kebanyakan dari kalangan anak-anak

Targeting

Menargetkan bayi dan anak-anak

Menargetkan bayi dan anak-anak

Diferensiasi

1.       Mempunyai wangi yang khas

2.       Terbuat dari talc murni sehingga aman digunakan

3.       Mengandung pH yang seimbang dan Hypoallergic sehingga kulit nyaman

1.       Tampilan desain menarik

2.       Aroma yang khas

3.       Kandungan utama yaitu Xylitol sehingga aman jika tertelan

Positioning

Memposisikan produknya sebagai produk yang merwat dan menjaga kesehatan kulit

Memposisikan produknya sebagai pasta gigi yang dekat degan anaka atau balita

Product Positioning pada Bedak Bayi Johnson’s dan Pasta Gigi kodomo

Dari grafik product positioning di atas dapat dilihat posisi bedak bayi yang diwakilkan oleh bedak Johnson’s. Fungsi dari bedak ini lebih ke arah kecantikan, meskipun memiliki fungsi kesehatan. Titik dari produk ini dalam grafik terletak tepat di garis sumbu Y. Hal ini mengindikasikan bahwa Bedak Johnson’s digunakan oleh bayi dan orang dewasa. Hal ini tentu berbeda dengan target pasar dari bedak bayi ini.

Pasta gigi bayi yang diwakilkan oleh merek Kodomo telah berhasil menerapkan strategi STP mereka. Pasta gigi ini hanya dipakai oleh bayi dan balita saja dan memiliki fungsi kesehatan (terletak di kuadran kiri atas).

Saat ini, positioning gap terletak di kuadran kiri bawah. Hal ini terjadi karena belum ada produk peralatan tubuh bagi bayi dengan tujuan kecantikan (kosmetik). Orang tua lebih memikirkan kesehatan bayi dibandingkan penampilan. Di pasar, sangat sulit menjumpai produk kecantikan bayi seperti make-up bayi. Akan sangat potensial apabila terdapat produsen yang dapat mengisi gap ini dan menerapkan strategi STP yang tepat. Kabarnya, aktris dan penyanyi Gisella Anastasia berencana membuat bisnis ini. Idenya terinspirasi dari kegemaran Gempita, putrinya, yang gemar untuk berdandan menggunakan make-up milik ibunya.  

Produk pasta gigi tidak perlu melakukan pelebaran sayap ke segmen pasar lain. Paling benar dilakukan adalah tetap memfokuskan terhadap segmen pasar dan melakukan diferensiasi produk dari produk sejenis. Langkah yang gegabah dan tidak matang dapat menyebabkan kegagalan hanya karena ingin memaksakan pelebaran segmen.

Produk bedak bayi justru memiliki potensi segmen pasar yang melebar dari ekspektasi segmen yang telah dibuat. Secara tidak diduga, orang dewasa yang memiliki kulit sensitif melirik bedak bayi untuk digunakan karena aman dan lebih ringan daripada produk kosmetik dewasa. Selain itu, bedak bayi dipercaya memiliki khasiat lain dalam pemakaiannya. Namun, tidak berarti bedak bayi harus menekuni secara serius segmen pasar ini. Membuat segmen baru khusus untuk orang dewasa justru menimbulkan kesanksian: membeli produk khusus dewasa dari Johnson’s sama saja seperti membeli kosmetik dewasa. Walaupun, bahan-bahannya sama seperti bedak bayi, membuat segmen baru justru malah menimbulkan ilusi buruk pada pasar. Seperti salah satu pelajaran marketing terpenting, “Don’t fix what’s not broken”, jangan membetulkan sesuatu yang tidak rusak. Kesan adalah hal penting. Kesan membeli bedak bayi yang memiliki label aman dan ringan sangat penting bagi masyarakat. Johnson’s tidak perlu menekuni secara serius dan kemudian terdorong membuat produk yang dikhususkan untuk orang dewasa. A thousand flowers bloom, biarkan inovasi itu berkembang sebanyak mungkin dengan sendirinya. Bila ada pembeli di luar segmen yang ditargetkan, biarkan pembeli tersebut membeli produknya. Perusahaan harus mencatat semua feedback yang didapat dari penjualan produk, sehingga mampu memuaskan pelanggan secara merata, termasuk pembeli di luar segmen.

Daftar Pustaka :

 https://nakita.grid.id/read/025491/manfaat-menakjubkan-bedak-bayi-untuk-orang-dewasa?page=all

 http://drbrowns.id/perbedaan-pasta-gigi-dewasa-dan-pasta-gigi-anak

https://doktersehat.com/beda-usia-beda-pula-penggunaan-pasta-giginya/

https://www.johnsonsbaby.co.id/tak-hanya-untuk-kulit-ini-manfaat-lain-bedak-bayi#IXAEpctbuFRc90Bx.97

https://www.johnsonsbaby.co.id/powder/johnsons-baby-powder?utm_medium=cpc&utm_source=google&utm_term=JohnsonBabyPowder_powder&utm_campaign=GO-ID-ID-PS-JohnsonsBaby-CS-BP-RN-Babycare-Brand-Powder-Generic&gclid=Cj0KCQjwt5zsBRD8ARIsAJfI4BjInnn3hd0HouONWiQqXOHIn9acniM_kheUmBZwAVF72tBlaoqXbDkaAqCcEALw_wcB&gclsrc=aw.ds#bahan-bahan#7XH10gqQVqHLy6K0.97

https://my-best.id/32004/

https://my-best.id/11971/

https://kumparan.com/@kumparanmom/gempita-mulai-suka-dandan-gisel-berencana-buka-bisnis-makeup-anak-1rt3qVhQMjp


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
5
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
3
Win
wehunthead

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format