Motor Bebek Sporty yang Sudah Mulai Ditinggalkan

Desain motor yang dinilai honda memikat juga rupanya tidak bisa memenuhi keinginan pelanggan.


2
2 points

Melihat banyaknya peminat motor sport, Honda tidak mau tinggal diam untuk merangkul pasar yang sangat menjanjikan. Diluncurkannya Honda CS1 dengan bodi memikat dan terkesan kuat diharapkan bisa mendominasi jalan raya di Indonesia. Namun sayangnya, harapan ini meleset dari ekspektasi. Performa mesin yang terdepan dan desain motor yang menawan gagal mengambil hati pelanggan. Honda CS1 malah menjadi kasta bawah di antara jajaran motor sport lainnya. 

Sumber : triawan.info

Sumber : semisena.com

Fenomena ini menarik untuk diulik lantaran Honda selalu memberikan dedikasi terbaiknya dalam setiap motor yang dirancang. Setelah diusut, pengendara motor rupanya sangat kesulitan untuk menemukan bengkel yang mau men-service motor ini. Untuk service motor, bengkel harus repot membongkar bodi. Harganya yang terlalu mahal di pasaran membuat peminatnya semakin sedikit. Hal itu berdampak pada harga jual motor bekas yang menurun drastis. Alhasil, motor Honda CS1 semakin dihindari. Desain motor yang dinilai honda memikat juga rupanya tidak bisa memenuhi keinginan pelanggan. Sebetulnya, Honda berusaha memadukan desain motor sport besar dengan motor bebek. Respon sebaliknya justru diterima dari pelanggan. Perpaduannya justru terlihat janggal di mata para pecinta motor sport. Motor ini pun tidak cukup useful untuk pekerja kantoran ataupun pelajar karena menyediakan jok yang sempit sehingga tidak mampu menyimpan barang terlalu banyak. Berbeda dengan produk kompetitornya, Suzuki Satria F150, pecinta motor justru berbondong-bondong memilikinya. Hal tersebut terbukti dengan jumlah penjualannya, hingga akhir tahun 2012 Honda CS-1 hanya mampu menjual 4.207 unit motor saja. Sedangkan pesaingnya yakni Suzuki Satria F150 berhasil menjual hingga 248.277 unit. Pencapaian yang jauh lebih tinggi dari pada Honda CS-1. Lalu mengapa hal itu dapat terjadi ? Berikut analisisnya berdasarkan Ilmu Pemasaran.

Sumber: marketing-insider.eu

Core value

Untuk memahami lebih lanjut mengenai fenomena ini, ada baiknya kita melihat bagaimana masing-masing produk memuaskan para pelanggannya. Kepuasan ini adalah hasil perbandingan dari pengorbanan pelanggan (uang, waktu, dll) dengan nilai yang diterima mereka (performa, kemewahan, pelayanan, dll). Pengaruh dari nilai ini akan berbeda, tergantung dari persaingan dengan produk sejenis lain.

Mari kita mulai dengan menelisik Satria F150 milik Suzuki. Produk yang sudah berkiprah di Tanah Air sejak 1997 ini memiliki jargon ‘Hyper Underbone’, membuatnya menarik minat banyak orang. Di negara Barat, istilah ini memiliki arti yang sama dengan motor bebek. Namun, di Indonesia istilah ini berarti motor bebek dengan spesifikasi yang diperuntukkan bagi ajang balap motor. Motor hyper underbone memiliki kelas tertinggi dibandingkan motor bebek lainnya. Tak ayal, Satria F150 banyak digunakan untuk ajang balapan resmi maupun drag race. Dengan kapasitas mesin sebesar 150 cc, Satria F150 dapat melesat jauh dengan bodynya yang ramping.  Suzuki ingin menyediakan sebuah motor bebek yang sudah familiar di Indonesia, namun dengan performa tinggi dan sporty. Harga yang dipatok sebesar 18,8 juta rupiah dengan 3 pilihan warna. Dengan harga dan spesifikasi demikian, segmen yang disasar adalah kalangan remaja atau anak muda. Suzuki juga menyediakan berbagai aksesoris Satria F150 yang mengekspresikan jiwa muda.

Honda CS-1 merupakan kepanjangan dari City Sport-1. Mengusung tagline ‘The Top City Ride’, motor ini menyasar segmen masyarakat perkotaan yang menginginkan kenyamanan berkendara dengan tenaga yang besar. Varian ini banyak dijumpai di kota-kota besar seperti Medan dan Surabaya. Sama seperti Satria F150, Honda CS-1 merupakan motor hyper underbone. Yang membedakan adalah body CS-1 lebih bongsor dan terkesan “berotot”, sedangkan Satria F150 memiliki model yang ramping atau sering disebut dengan body “ayam jago”. Untuk urusan mesin, CS-1 dibekali dengan dapur pacu berkapasitas 125 cc. Memang, secara teori tenaga yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan Satria F-150. Namun untuk urusan akselerasi, CS-1 lebih dapat diandalkan. Konsumsi bahan bakar terbilang hemat: 1 liter bensin dapat mencapai jarak 45 km. Di tahun terakhir pembuatannya, Honda memberikan harga sebesar 17,3 juta rupiah dengan 3 pilihan warna.

Actual Product

Kategori

Honda CS 1 (Kurang Laku)

Suzuki Satria F150 (Laku)

Feature

–         Tipe mesin : 4 langkah OHC, berpendingin air.

–         Double Rem Cakram

–         124,7 cc

–         Tipe mesin : 4-Tak,DOHC, dengan pendingin udara , SACS, 4-katup.

–         Double Rem Cakram

–         147 cc

Design

–         Motor bebek sport berotot

–         Diameter x langkah :

58 mm x 47,2 mm

 

–         Motor bebek sport ramping

–         Diameter x langkah ;

62mm x 48.8mm

Packaging

Normal

Normal

Quality Level

–         Daya Puncak :

12,8 PS di 10.000 rpm

–         Torsi puncak :

1,04 kgf.m di 7500 rpm

 

–         Daya Puncak :

16 PS pada 9.500 rpm

–         Torsi Puncak :

1,27 Kg.pada 8500 rpm

Brand Name

Honda

Suzuki

Analisa Actual Product

Kedua motor bebek sport diatas merupakan suatu inovasi desain yang baru di dalam dunia otomotif  permotoran. Desain bebek sport berhasil mematahkan anggapan bahwa motor bebek juga dapat tampil sporty layaknya motor sport pada umumnya. Honda CS-1  dan Suzuki F150 menjadi contoh adanya motor bebek sport tersebut. Memiliki desain yang serupa namun tak sama membuat masyarakat semakin penasaran dan membandingkan apa saja yang dimiliki oleh kedua motor keluaran Honda dan Suzuki ini.

Honda CS-1 dan Suzuki F150 memiliki fitur yang hampir mirip. Keduanya sama-sama dilengkapi oleh Double rem cakram yang akan lebih memudahkan ketika melakukan pengereman.  Suzuki F150 lebih memiliki keunggulan pada mesinnya,  yang memiliki kapasitas mesin hingga 150cc sedangkan Honda CS-1 hanya memiliki kapasitas mesin 125 cc. Yang itu artinya, Suzuki F150 dapat melaju dengan lebih kencang. Suzuki F150 juga sering dijuluki sebagai motor bebek tercepat didunia. Karena memiliki Quality Level 16 PS pada 9500 rpm angka ini masih berada diatas Honda CS-1 yang hanya memiliki daya puncak sebesar 12,8 PS di 10000 rpm. Hal ini dibuktikan dengan test kecepatan dengan hasil, Suzuki F150 memiliki topspeed  130-135 km/jam, sedangkan Honda CS-1 hanya mampu berada pada topspeed 125-130 km/jam.

Honda CS-1 dan Suzuki F150 sama-sama memiliki desain bebek sporty. Namun, Honda CS-1 hadir dengan body  yang lebih berisi dan berotot dari pada lawannya yakni Suzuki F150. F150 membawa body yang lebih ramping, serta memberi kesan yang lincah ketika orang melihatnya. Desain motor bebek sport hadir bukan tanpa kekurangan. Nyatanya, Honda CS-1 dinilai kurang menarik karena meletakkan tangki motornya di depan, sehingga kesan kurang enak dilihat pun muncul. Sedangkan Suzuki F150 memiliki tata letak stang yang rendah dan mengakibatkan para pengendaranya harus membungkuk ketika mengendarai motor tersebut. 

Augmented Product

Kategori

Honda CS-1 (Kurang Laku)

Satria FU150 (Laku)

Garansi

Mesin (3 tahun atau 30.000 KM) dan rangka dan sistem kelistrikan (1 tahun atau 10.000 KM)

Mesin (3 tahun atau 3.000 KM), injeksi (50.000 KM), dan rangka dan kelistrikan ( 10.000 KM)

Helm

Merk Honda standar  SNI

Merk Suzuki standar SNI

Toolkit

Satu paket

Satu paket

Customer service

Ya

Ya

Buku pedoman pemilik

Ya

Ya

Layanan gratis service

Empat kali

Empat kali

Jaket

Satu buah dari dealer

Satu buah dari Suzuki

Analisis Augmented product

Selain mendapatkan keuntungan dari aspek core dan actual product kita juga akan mendapatkan keuntungan augmented product yaitu keuntungan pelengkap yang dapat memberi kepuasan lebih dan menjadi pembeda dengan produk lain. Ketika kita membeli produk Honda CS-1, disamping mendapatkan motornya, kita juga akan mendapatkan garansi dari Honda baik itu garansi mesin, dengan batas 3 tahun atau 30.000 KM, maupun garansi rangka dan sistem kelistrikan, dengan batas 1 tahun atau 10.000 KM. Garansi tersebut hanya berlaku jika kerusakan terjadi karena kesalahan proses produksi, bahan atau material produk dan/ konstruksi. Selain itu, garansi akan tetap berlaku dengan catatan motor Honda tersebut rutin servis di bengkel resmi Honda, hanya menggunakan aksesoris / suku cadang resmi dan bagian yang diklaim garansi bukan habis atau kesalahan pengguna. Sedangkan  pada produk Satria FU150 memberikan garansi mesin, dengan batas 3 tahun atau 3.000 KM, garansi injeksi, dengan batas 50.000 KM, dan garansi rangka dan kelistrikan, dengan batas 10.000 KM. Sama seperti produk Honda, Produk Satria FU150 ini akan berlaku garansinya jika kerusakan terjadi karena kesalahan produksi bukan kesalahan  pengguna.

Kemudian ketika membeli produk Honda CS-1, kita akan mendapatkan 1 buah standar dari Honda dan sudah berlisensi SNI. Selain itu kita juga akan mendapatkan toolkit, paket alat-alat dan perlengkapan yang diperlukan. Tidak ketinggalan kita akan mendapatkan fasilitas berupa layanan customer service, gratis service beberapa kali dan buku pedoman pemilik. Tidak hanya itu, bahkan sebagian besar dari dealer Honda akan memberikan 1 buah jaket yang tertuliskan nama dealer dan sebagainya. Sedangkan dari produk Satria FU150 kita akan mendapatkan helm standar dari Suzuki dan sudah berlisensi SNI. Selain itu kita juga akan mendapatkan toolkit, buku pedoman pemilik, layanan servis gratis, dan layanan customer service. Tidak ketinggalan Suzuki memberikan jaket khusus, yang memiliki desain yang sama setiap dealer, bagi pembeli produk Satria FU150. 

Solusi

Dari Analisi-analisis diatas, ada beberapa hal yang dapat diperbaiki mengenai motor Honda CS-1 ini. Pertama dari segi desain motor ini juga harus diberi perhatian khusus. Walaupun ide awalnya menarik, yaitu menggabungkan desain motor sport dengan motor bebek, banyak konsumen mengatakan bahwa desain dari motor ini terlihat aneh. Maka dari itu, para perancang harus mengetahui desain seperti apa yang diinginkan oleh pasar.

Lalu, motor Honda CS-1 ini memiliki jok yang kecil sehingga tidak dapat menyimpan barang yang terlalu banyak sehingga motor ini tidak terlalu usefull bagi pekerja kantoran ataupun pelajar. Mengingat hal tersebut perancang seharusnya membuat motor ini practical agar dapat digunakan oleh semua kalangan.

Selain itu, beberapa orang mengatakan bahwa motor ini sulit untuk diservis ke bengkel-bengkel pada umumnya. Hal ini dikarenakan, bodi motor ini terdiri dari bagian-bagian yang besar sehingga bila ingin memperbaiki motor ini maka bagian-bagian bodi motor ini harus sehingga bila ingin menservis motor ini dapat dibilang sangat merepotkan.

Kedua, Selain desain yang harus diperhatikan, perancang harus dapat meningkatkan performa dari motor Honda CS-1 harus ditingkatkan lagi. Motor ini masih kalah dari segi kapasitas mesin dan kecepatannya.

Terakhir, hal yang sering diperhatikan oleh konsumen ketika ingin membeli motor yaitu harga. Motor Honda CS-1 dibandrol seharga  17,3 juta rupiah terbilang mahal di pasaran membuat motor ini semakin tidak diminati. Bila Honda ingin menjual motor ini dengan harga yang sama, Honda harus meningkatkan desain, performa, dan segala aspek dari motor tersebut agar konsumen ingin membelinya karena lantaran Motor Honda CS-1 ini dapat terbilang pantas dijual dengan harga tersebut.

Penulis : Rendy Okta V, Vika Asri A, Nurul Chasanah C, Aditya Prasetya, M. Hafidz Ramadhan

Referensi :

https://www.tribunnews.com/otomotif/2013/03/05/januari-2013-honda-cs1-hanya-laku-6-unit

https://enoanderson.com/2014/07/13/analisa-penjualan-suzuki-satria-f150-konsumen-mulai-bosan/

http://variasimotorterbaru.blogspot.com/2014/03/satria-fu-vs-honda-cs-one.html

https://www.suzuki.co.id/motorcycle/all-new-satria-f150 

https://www.hondacengkareng.com/garansi-sepeda-motor-honda/comment-page-1/

https://www.moneysmart.id/hati-hati-7-hal-bikin-garansi-motormu-hangus-lho/

https://www.astra-honda.com/ini-dia-fasilitas-yang-brosis-dapatkan-saat-membeli-motor-honda

http://balitribune.co.id/content/semarak-ramadhan-beli-motor-suzuki-dapat-hadiah-jaket-bomber 


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
2
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
wehunthead

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format