Persaingan agen terminal vs agen online pada Industri Bus Antar Kota Antar propinsi


0

Bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) merupakan salah satu moda transportasi yang diminati oleh masyarakat Indonesia . Bus AKAP melayani perjalanan penumpang dari satu kota ke kota lain Misalnya, Jakarta – Surabaya, Jakarta- Palembang, Jakarta – Denpasar dan sebagainya. Untuk menggunakan layanan bus AKAP, penumpang dapat mendatangi terminal bus resmi untuk membeli tiket dan menaiki bus di terminal tersebut. 

Industri bus AKAP masih memiliki masa depan yang cerah meskipun beberapa tahun sebelumnya pernah mengalami penerunan. berdasarkan laporan dari media Okenews, pemudik yang menggunakan bus pada 2014 sebanyak 2,7 juta orang. Tahun 2015, jumlah pengguna angkutan bus sebanyak 4,7 juta orang. Pada 2016, penumpang bus mengalami penurunan tepatnya di angka 4,42 juta. Sedangkan pada tahun 2017 sebanyak 4,24 juta dan 2018 menurun tipis jadi 4,22 juta orang(1). Pada lebaran 2019, jumlah pemudik dengan bus AKAP dilaporkan terus bertumbuh hingga 4.45 Juta orang . Jumlah tersebut menduduki peringkat pertama dibandingkan dengan jumlah pemudik dengan moda transportasi Udara dan kereta Api yang berturut – turut adalah 1.41 juta dan 2.48juta penumpang (2). BUS AKAP masih menjadi moda transportasi favorit di Indonesia. 

Terdapat beberapa alasan mengapa industri bus AKAP terus mengalami pertumbuhan. Pertama, Harga tiket bus dapat dikatakan relatif murah dibandingkan tiket pesawat maupun kereta api. Kedua, Dengan diresmikannya tol trans jawa, durasi perjalanan bus semakin lebih cepat dan bahkan dapat lebih cepat dibandingkan perjalanan kereta Api. Ketiga, Harga tiket pesawat yang terus meningkat bahkan sebuah media melaporkan harga tiket pesawat internasional lebih murah dari pada tiket domestik pada rute tertentu (3). Industri bus AKAP diprediksi akan terus berkembang dengan adanya pembangunan jalan tol di pulau Jawa dan Sumatera.   

; Grafik 1 Data jumlah penumpang mudik dari tahun ke tahun

Didalam operasi sehari-hari, perusahaan bus AKAP berkerja-sama dengan agen tiket di terminal untuk menjualkan tiketnya kepada penumpang. Agen tiket terminal menempati (menyewa) loket-loket di terminal untuk menjualkan tiket bus AKAP dengan sistem komisi. Agen tiket terminal merupakan usaha perorangan yang berdiri sendiri dan bukan merupakan bagian dari perusahaan bus AKAP. 

Loket penjualan tiket di terminal Kalideres Jakarta (B)

Hasil gambar untuk loket bus terminal Pulo Gebang

Foto agen tiket bus AKAP PO-DMI dan Sinar Jayadi Terminal Pulo Gebang (C)

Hadirnya Online Travel agen dan Kegelisahan Agen terminal  

Sejak sepuluh tahun lalu, kegelisahan mulai melanda para pengusaha biro maupun agen perjalanan wisata nasional. Pasalnya, mereka memprediksi bahwa akan datang era digital yang bakal mendisrupsi model bisnis mereka. Betul saja, hari ini ancaman itu kian nyata dengan bermunculannya berbagai online travel agent (OTA) nasional maupun internasional  Seperti Traveloka, Tiket.com, AirBNB dan sebagainya. Suburnya pertumbuhan OTA juga merupakan akibat dari semakin meningkatnya pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun  

grafik pertumbuhan pengguna internet di Indonesia (D)

OTA pada dasarnya memiliki lingkup bisnis yang sama seperti agen travel konvensional. Namun, Online Travel Agent memiliki layanan berbasis digital, dimana transaksi pencarian informasi, pemesanan, dan pembayaran terhadap layanan travel dapat dilakukan dalam jagad maya. OTA   terbagi menjadi tiga macam, yaitu booking online, travel review, dan online aggregator. Booking online menyediakan layanan untuk memesan akomodasi perjalanan, sementara travel review merupakan penyedia ulasan kualitas atau pengalaman konsumen. Sedangkan Online Aggregator menggabungkan konsep keduanya dan berperan menjadi agen travel yang serba lengkap. Online aggregator menyediakan informasi berbagai pilihan akomodasi, membandingkan antar harga, dan secara langsung juga dapat melakukan pemesanan tiket transportasi maupun kamar hotel. (5) 

Perkembangan industri bus AKAP di Indonesia sejak tahun 2018 akhirnya membuat industry ini semakin dilirik oleh perusahaan ATO. Sebut saja, Traveloka, Redbus, Easybook merupakan contoh dari ATO yang menyediakan layanan penjualan tiket bus AKAP secara digital. Keberadaan agen Digital tersebut perlahan-lahan diterima oleh perusahaan bus AKAP mengingat agen digital tersebut menawarkan penggunaan platform onlinenya yang dilengkapi fitur-fitur canggih untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penjualan tiket. ATO membantu perusahaan bus AKAP didalam melakukan pemasaran dan penjualan tiket melalui platform online mereka yang dapat diakses secara global. Seluruh Layanan pemasaran ini tentunya bebas biaya dan Perusahaan bus hanya membayar komisi dari penjualan tiket yang besarnya hampir sama dengan komisi agen tiket terminal. 

traveloka 2.jpg

Foto 3 platform penjualan tiket bus online Traveloka (E) 

Disisi lain, Penumpang juga semakin dimudahkan untuk melakukan pemesanan dan pembelian tiket bus melalui ATO. Tiket bus dapat dipesan kapanpun dan dimanapun tampa harus mengantri di loket terminal bus. ATO juga menyediakan beragam metode pembayaran seperti kantu kredit, online banking, transfer dan bahkan, penumpang dapat melakukan pembayaran di berbagai toko-toko retail seperti Indomaret dan Alfamart.  

Sayangnya, sistem layanan penjualan tiket secara online berdampak negatif bagi agen tiket terminal. Salah satu agen terminal Rawamangun,  Lina,  mengeluhkan turunnya jumlah pembeli tiket .”Sekarang sudah banyak sistem online, penumpang lebih nyaman via online bisa update dari rumah enggak perlu ke terminal dan pembayaran bisa melalui transfer jadi kunjungan ke terminal jauh berkurang,” Ujarnya.  Ia juga mengakui bahwa penurunan bisa mencapai hampir 50 persen dari seluruh total pendapatannya. Menurut beliau, “Penurunan bisa sampai setengah, kalau tahun lalu puasa jalan dua minggu saja bisa dapat Rp2,8 juta kalau tahun ini cuma Rp2juta,”(6) Hal serupa juga dialami agen bus Kramat Djati Jakarta di terminal Pulo Gebang,  Bu Sukrami, mengeluhkan turunnya pendapatan penjualan tiket sebesar 50 persen semenjah hadirnya layanan penjualan tiket online.  Bu Sukrami berharap agar pihak bus AKAP lebih bijaksana untuk menetapkan kebijakan penjualan tiket baik terhadap agen terminal maupun ATO sehingga kedua agen dapat bersaing secara sehat (7).

Analisa dari segi Pemasaran , Sumber daya Manusia dan Operasi Bisnis : Online travel agen dan Agen tiket terminal 

Strategi pemasaran 

Strategi pemasaran dapat didefinisikan sebagai langkah strategis didalam mengembangkan, membiayai, Mendistribusikan dan memasarkan suatu produk yang memenuhi kebutuhan konsumennya. Terdapat dua komponen pada Strategi pemasaran yaitu Target pasar dan Bauran pemasaran. Target pasar adalah sekelompok konsumen yang memiliki ciri-ciri tertentu yang menjadi sasaran produk perusahaan. Misalnya, perusahaan makanan cepat saji McDonnald memiliki target pasar terhadap konsumen yang membutuhkan layanan makanan yang cepat. Bauran pemasaran merupakan Teknik untuk menganalisa strategi pemasaran dari segi Produk, Harga, distribusi dan pemasaran. (8)

Strategi Pemasaran Industri bus AKAP

Online Travel Agen (ATO)

Agen terminal  (konvensional)

Target Pasar 

Target pasar ATO dapat dikatakan sangat luas dimana  segmentasi konsumen tidak lagi dibatasi oleh lokasi dan waktu. 

Target Pasar agen terminal memiliki cakupan yang lebih kecil yaitu orang-orang yang datang ke terminal untuk membeli tiket bus.  

Bauran permasaran

(Marketing Mix)

Produk 

Produk yang ditawarkan sangat beraneka ragam seperti layanan jual beli tiket pesawat, hotel, kereta, bus travel, tiket konser/bioskop dan lain sebagainya..

Tiket bus AKAP yang tersedia juga bervariasi. Penumpang dapat membandingkan harga setiap bus AKAP sekaligus melihat foto dan fasilitas bus yang tersedia. 

Sistem layanan tiket sudah terstandarisasi dengan baik. ATO memiliki regulasi yang jelas untuk sistem cara pembayaran, perubahan Jadwal keberangkatan, pengembalian uang,  keluhan pelanggan dan sebagainya 

Setiap agen tiket terminal hanya menjual tiket bus tertentu. Misalnya agen terminal bus XX, hanya menjual tiket bus XX.  Beberapa Agen terminal menerima layanan pengiriman ekspedisi

Sistem layanan tiket pada umumnya masih bersifat manual dan belum terstandarisasi.   

Harga

Harga tiket bus AKAP yang ditawarkan ATO tergolong murah mengingat ATO memiliki modal yang besar untuk menutup kerugian penjualan. 

Fluktuasi harga dapat dikatakan sering ATO menggunakan sistem konputerisasi yang changgih. Dengan demikian, ATO dapat mengeksekusi berbagai strategi harga untuk menarik minat konsumen 

Tersedia beragam cara untuk melakukan pembayaran tiket. 

Harga dan komisi ditentukan berdasarkan  kesepakatan Agen terminal dan perusahaan bus AKAP 

Fluktuasi harga lebih bersifat jarang karena Agen perlu konfirmasi terlebih dahulu dengan perusahaan bus AKAP

Sebagian besar agen terminal hanya menerima pembayaran tunai. 

Promosi 

Promosi yang paling sering dilakukan ialah memberian potongan harga tiket. 

ATO memiliki banyak jaringan pemasaran untuk produk-produknya seperti media sosial, website, iklan di TV dan bahkan tidak jarang kariawannya mengunjungi terminal-terminal untuk melakukan promosi

Jarang sekali melakukan promosi kecuali pada masa-masa sepi penumpang. Promosi yang diberikan berupa potongan harga. 

Agen terminal hanya memiliki jaringan pemasaran yang terbatas. 

Distribusi 

Layanan ATO dapat diakses kapanpun dan dimanapun sepanjang  konsumen memiliki akses internet 

Tiket hanya dapat dibeli di terminal bus. 

Strategi Sumber daya Manusia. 

Keberhasilan sebuah bisnis tidak dapat dilepaskan dari peranan kariawannya. Pertumbuhan perusahaan harus didukung oleh sumber daya manusia(SDM) yang berkualitas dan termotivasi untuk mencapai tujuan utama perusahaan. Memiliki SDM yang berkualitas dan termotivasi bukan perkara yang sederhana dan terdapat berbagai faktor yang perlu dikelola dengan baik seperti perekrutan, pelatihan, penilaian dan kompensasi kariawan. (8) 

Perekrutan kariawan merupakan langkah yang dilakukan oleh manajer SDM untuk mencari dan mengumpulkan calon kariawan yang dibutuhkan perusahaan. Secara konvensional, Perusahaan memasang iklan lowongan di media cetak dan pelamar mengirimkan surat lamaran ke perusahaan. Di masa sekarang ini, perusahaan lebih banyak menggunakan jasa rekrutmen online seperti jobstreets.co.id atau Jobs.id untuk memasarkan lowongannya.  Jasa rekrutmen online membantu perusahaan untuk mencarikan kandidat yang memiliki kompetensi yang sesuai.  

Pelatihan kariawan adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengembangkan kompetensi kariawannya sehingga mampu untuk melakukan pekerjaan yang diharapkan. Terdapat berbagai jenis pelatihan kariawan seperti mentoring oleh manajer atau supervison dan pengembangan  (development) misalnya mengikuti seminar atau kursus divLembaga tertentu

Penilaian kariawan merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja kariawannya. Penilaian kariawan membantu perusahaan untuk memastikan seluruh kariawannya bekerja lebih efektif sehingga produktivitas perusahaan dapat meningkat. 

Kompensasi kariawan merupakan upah atau gaji yang diterima kariawan atas hasil kerjanya. Tedapat berbagai macam kompensasi kariawan di samping Gaji / upah seperti Bonus, tunjangan, kepemilikan perusahaan, distribusi profit dan sebagainya 

situasi kantor Flixbus , salah satu perusahaan OTA transportasi bus di Eropa (F)

Foto FlixBus. (G)

Analisa perbandingan Strategi SDM pada OTA dan Agen tiket terminal

Dilihat dari sisi SDM, OTA tidak dapat dibandingkan dengan Agen tiket terminal. Hal ini karena Agen tiket terminal merupakan usaha perorangan yang hanya terdiri dari 3-4 orang dan belum memiliki regulasi yang sudah baku terhadap perekrutan, pelatihan , penilaian dan kompensasi kariawan. Sebaliknya, OTA sudah menerapkan sistem manajemen SDM modern dan baku sehingga Kariawan OTA dapat dikatakan memiliki pengetahuan dan kemampuan yang lebih luas. Kariawan OTA tentunya memiliki latar belakang yang berbeda-beda sehingga suasana kerja di OTA cenderung lebih kreatif dan inovatif . Dari segi kompensasi, kariawan OTA menerima berbagai jenis kompensasi yang beraneka ragam dibandingkan dengan agen terminal yang hanya mengandalkan komisi penjualan tiket. Namun demikian, loyalitas kariawan agen terminal dapat dikatakan lebih besar karena sebagian besar kariawan yang bekerja masih memiliki hubungan keluarga.  

Segi operasi perusahaan 

Manajemen operasi dapat diartikan sebagai pengembangan dan administrasi dari setiap aktivitas yang berhubungan dengan bahan baku (input) , proses produksi (transformasi) dan produk akhir (output)  perusahaan. Pada industry jasa sendiri memiliki perbedaan operasi perusahaan dibandingkan dengan industry manufaktur :

  • Produk industri manufaktur seperti makanan, minuman, perabotan rumah dapat dikonsumsi di masa mendatang dan tidak harus melakukan kontak dengan produsen. Sebaliknya Produk industri jasa sebagian besar dikonsumsi pada saat konsumen berada atau berkontak dengan produsen. Misalnya Konsumen hanya dapat menikmati layanan hotel Mercure ketika ia berada atau menginap di hotel tersebut
  • Input dan output pada Industri manufaktur cenderung baku dan memiliki kustomisasi yang terbatas seperti Perusahaan mobil. Sebaliknya, Jasa potong rambut selalu menyesuaikan layanannya dengan keinginan konsumennya  
  • Industry manufaktur menanamkan sebagian besar modalnya untuk pembelian mesin-mesin dan teknologi sedangkan industry jasa lebih mengutamakan investasi pada keahlian dan kemampuan tenaga kerjanya.(8)

Tabel berikut menguraikan perbandingan operasi perusahaan  OTA dan Agen terminal 

Pembanding 

Online travel Agent

Agen tiket Terminal

Proses Layanan pembelian tiket 

  • penumpang membuka situs ATO lalu melakukan pencarian tiket bus yang diinginkan. 

  • penumpang melakukan pembayaran berdasarkan metode yang tersedia.

  • Setelah melakukan pembayaran, penumpang akan  menerima tiket elektronik (tiket sementara) yang dikirimkan melalui email.

  • Pada hari keberangkatan, penumpang diharuskan untuk datang ke terminal bus lalu melakukan pelaporan terhadap agen / pengurus bus bersangkutan  untuk menerima tiket bus dan kupon makan. 

  • Penumpang menaiki bus yang sudah tiba diterminal  

  • Penumpang diharuskan datang ke loket terminal untuk melakukan pembelian tiket. 

Untuk reservasi tiket masih dimungkinkan melalui telepon. 

  • Agen menyerahkan tiket dan kupon makan kepada penumpang setelah melakukan pembayaran.

  • Penumpang menaiki bus yang sudah tiba di terminal 

Kustomisasi layanan 

Kustomisasi terbatas. Setiap tiket yang dijual sudah ditetapkan sebelumnya untuk harga dan layanan yang akan diterima penumpang

Kustomisasi masih dapat dilakukan dimana Penumpang  dapat melakukan negosiasi terhadap Agen tiket terminal untuk potongan harga, nomor kursi  dan jumlah bagasi

Modular Desain 

OTA dapat menyediakan layanan yang bervariasi. Misalnya Paket tiket bus dan hotel menginap dengan harga yang lebih murah  

Tidak banyak variasi produk yang dapat disediakan. Agen tiket terminal hanya menjual tiket bus sesuai dengan ketentuan perusahaan bus AKAP. 

Standarisasi layanan 

Layanan ATO sudah terstandarisasi dengan baik. Terdapat regulasi yang jelas terhadap cara pembayaran, pengembalian uang, perubahan jadwal, ketentuan pemesanan dan sebagainya 

Agen tiket terminal masih membuka peluang untuk bernegosiasi. Contohnya, pembayaran tidak harus dilakukan pada hari yang sama ketika  panumpang melakukan reservasi. 

Dokumentasi 

Setiap data penumpang dan transaksi tersimpan didalam database perusahaan ATO sehingga data dapat dikelola dengan baik untuk menentukan strategi perusahaan. 

Data penumpang dan transaksi masih bersifat manual (tulis tangan). Kecil kemungkinan data tersebut digunakan untuk menentukan strategi bisnis 

 

Berdasarkan analisa dari segi marketing, Sumber daya Manusia dan Operasi perusahaan, OTA terlihat lebih unggul didalam 3 aspek tersebut apa bila dibandingkan dengan Agen tiket terminal. Modal. Dengan dukungan modal yang kuat dan system manajemen modern, OTA dapat dengan mudah mendapatkan pangsa pasar di industri bus AKAP.  Sejak meluncur pada 2012 lalu, Salah satu perusahaan OTA, Traveloka memiliki lebih dari 40 juta pengguna layanan dan lebih dari 14 ribu mitra hotel. Belum lagi pemian OTA lain, seperti Tiket. com dan TripAdvisory. Secara umum, 81% wisatawan nusantara sudah menggunakan saluran digital (search engine, situs destinasi wisata dan OTA) dalam merencanakan perjalanan mereka.(4)

Berikut beberapa alasan mengapa layanan ATO menarik minat penumpang 

  • ATO menawarkan layanan penjualan tiket yang memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi dibandingkan agen terminal. Penumpang dapat membeli tiket kapanpun, dimanapun dengan metode pembayaran yang beragam. Hal ini tentunya sulit disaingi oleh agen terminal yang masih beroperasi secara manual. 
  • ATO memberikan layanan call center atau keluhan penumpang dalam waktu 24 jam setiap hari. Dengan demikian, tingkat kepercayaan penumpang terhadap ATO tentunya akan meningkat. 
  • ATO merupakan perusahaan yang memiliki modal yang kuat sehingga mampu memberikan potongan harga tiket hingga 50 persen. Strategi ini tidak mungkin disaingi oleh agen terminal yang hanya memiliki modal terbatas. 
  • Terdapat oknum yang meresahkan penumpang di beberapa terminal bus seperti calo tiket dan anggota preman, yang sering menekan penumpang untuk membeli tiket bus tertentu. Akibatnya, penumpang enggan untuk membeli tiket di terminal.       

Rekomendasi 

Fenomena turunnya pendapatan agen terminal perlu diresponi dengan regulasi tertentu yang menjamin jalannya persaingan bisnis yang sehat. Dengan demikian, industry transportasi bus AKAP dapat berkembang dengan baik dan menguntungkan bagi para pelakunya. Regulasi dapat dikeluarkan dari pemerintah maupun perusahaan bus AKAP

Pemerintah 

  • Pemerintah perlu mengeluarkan regulasi yang mendukung persaingan yang sehat dan melindungi setiap pelaku usaha  setiap agen penjualan tiket. baik Misalnya,Pemerintah dapat menetapkan kuota perjalanan atau pengaturan titik keberangkatan penumpang harus dipeta-petakan sesuai dengan kemampuan agen 
  • Pemerintah dapat memberikan dukungan kepada agen terminal dengan cara memperbaiki dan merenovasi area loket terminal sehingga nyaman untuk menjadi tempat singgah penumpang.

Perusahaan bus AKAP

  • Perusahaan dapat menerapkan kebijakan yang dapat mendukung persaingan penjualan tiket yang sehat. Misalnya Perusahaan sebaiknya memberi tambahan kompensasi terhadap agen terminal apabila ada penumpang yang memiliki tiket dari OTA. Dengan demikian, Penumpang yang memiliki tiket dari OTA, akan dilayani dengan baik oleh agen terminal sampai penumpang tersebut menaiki bus. Kompensasi tambahan ini juga berguna untuk menghindari resiko agen terminal membiarkan atau menelantarkan penumpang dengan tiket OTA ketika sampai di terminal.
  • Perusahaan bus AKAP perlu menetapkan kuota tiket penumpang sehingga setiap agen dapat memiliki jatah tiket. Hal ini berguna untuk menghindari perebutan jatah tiket dari agen terminal dan OTA. 
  • Perlunya ada perbedaan fasilitas yang diterima penumpang antara tiket yang dijual di OTA dan yang berasal dari Agen terminal. misalnya penumpang mendapat fasilitas memilih nomor kursi apabila membeli tiket di agen terminal. Dengan demikian, penumpang masih mempertimbangkan untuk membeli tiket di terminal.

Suasana Terminal Purabaya Surabaya (H)

Daftar pustaka 

  1. https://nasional.okezone.com/read/2019/05/24/337/2060094/data-dan-fakta-seputar-mudik-lebaran-periode-2013-2018
  2. https://www.beritasatu.com/fokus/mudik-lancar-dan-nyaman
  3. https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/30/090932426/ini-alasan-harga-tiket-pesawat-rute-domestik-lebih-mahal-dari-internasional?page=all
  4. https://www.wartaekonomi.co.id/read187696/ketika-ota-mendisrupsi-travel-agent.html
  5. http://binus.ac.id/malang/2017/10/online-travel-agent-sebagai-faktor-pendukung-dan-penghambat-strategi-komunikasi-pemasaran-public-relations-hotel/
  6. https://www.medcom.id/ramadan/info-mudik-ramadan/Obzd4J0K-pendapatan-agen-tiket-bus-terminal-menurun-karena-sistem-online
  7. Wawancara bu Sukrami, Agen loket terminal bus AKAP Kramat Djati. Terminal Pulo Gebang.
  8. Ferrell,O.C ; Hirt,G.A ; Ferrell,L (2020) Business Foundation a changing World book 12ed. Mcgraw Hill Education.  USA

Lampiran Foto

A)https://liputanpos.com/2019/06/puncak-arus-balik-usai-terminal-pulo-gebang-mulai-sepi-pemudik/

B)https://metro.tempo.co/read/593359/masa-mudik-terminal-kalideres-siagakan-180-bus

C)http://foto.inilah.com/read/detail/82008/po-bus-tempati-loket-terminal-pulogebang

D)https://www.viva.co.id/arsip/1009681-setahun-pengguna-internet-ri-hanya-naik-10-juta

E)Traveloka.com

F) https://www.welcometothejungle.co/fr/companies/flixbus

G) https://techcrunch.com/2019/03/04/flixbus-the-german-uber-like-bus-service-is-buying-rival-eurolines-from-transdev/

H) https://maskomuter.wordpress.com/tag/bungurasih/


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
rioiskandar

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format