Kamera Pocket dan Kamera Polaroid : sama-sama jadul tetapi mengapa yang satu lebih dinikmati ?


1
1 point

Teknologi merupakan hal yang sangat penting di era globalisasi sekarang ini. dengan adanya teknologi dapat memudahkan seluruh aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Salah satu produk teknologi hasil perkembangan zaman adalah kamera. Kamera merupakan alat yang populer untuk mengambil gambar dalam aktivitas fotografi. Dikatakan mengambil gambar dalam aktivitas fotografi karena dalam cara kerjanya, kamera menggunakan media cahaya dalam proses pengambilan gambar. Dengan adanya penemuan kamera ini, Bila zaman dulu untuk mengambil gambar orang hanya bisa melakukannya dengan melukis, yang mana hanya dapat dilakukan oleh orang yang mempunyai keahlian melukis. Dengan penemuan kamera orang dapat mengambil gambar dengan relatif mudah tanpa harus mempunyai keahlian fotografi yang tinggi.

Tentunnya, teknologi semakin terus berevolusi mengikuti perkembangan zaman. Begitu pula dengan kamera. Bila dulunya untuk mengambil gambar dengan kamera membutuhkan waktu yang cukup lama, sekarang orang dapat mengambil gambar hanya dengan sekali cekrek-an. Tentunya ini semakin memudahkan orang dalam proses pengambilan gambar. Beberapa jenis kamera yang cukup populer dikalangan masyarakat pada masanya adalah kamera instan atau biasa disebut kamera polaroid dan kamera digital atau lebih dikenal dengan sebutan kamera saku atau kamera pocket.

 

Dua jenis kamera ini dapat mengambil gambar dengan waktu yang relatif singkat dan mudah untuk digunakan. Walaupun sekarang kamera ini sudah ditinggalkan dengan adanya kehadiran smartphone yang semakin canggih, kamera polaroid rupanya mulai nge-trend lagi di kalangan millenial. Salah satu contohnya adalah Instax. Instax adalah kamera polaroid instan dari Fujifilm, kamera ini dulu bisnisnya sempat menurun di tahun 2002. Tetapi pada tahun 2016, Instax mengalami kenaikan penjualan sebesar 30 persen dengan unit terjual sebesar 5,5 juta unit. Pasar penjualan meliputi kawasan Asia, Eropa, dan Amerika Serikat.

Tidak seperti kamera polaroid, kamera pocket sepertinya tidak lagi diminati oleh masyarakat dan bisnisnya kian hari makin melesu. Seperti Olympus, perusahaan ini memutuskan untuk keluar dari bisnis kamera pocket dan akan memprioritaskan fokus ke kamera mirrorless yang pasarnya sedang berkembang di Jepang dikarenakan penjualan kamera pocket yang menjadi tulang punggung perusahaan itu terus mengalami penurunan. Sama halnya dengan Olympus, Canon juga merugi atas penurunan penjualan di pasar kamera pocket sebesar 21% per tahun. Beruntung, Canon masih mempunyai produk andalan yaitu kamera DSLSR Canon yang masih laris dan tumbuh untuk menutupi kerugiannya.

Kedua jenis kamera ini dulunya sangat digemari masyarakat pada masanya. Lantas mengapa kamera pocket yang sama-sama jadul dengan kamera polaroid  tidak diminati lagi seperti kamera polaroid ?

Value masing-masing produk

Setiap produk terdiri dari tiga tingkat yang masing-masing tingkat mempunyai nilai pelanggan. Tingkat pertama dan paling dasar yaitu core value. Core value berisikan inti nilai atau manfaat yang dicari konsumen. Kedua adalah adalah actual product seperti pengembangan fitur produk, desain, kualitas dan atribut lainnya. Terakhir, augmented product yang menawarkan manfaat konsumen tambahan. Ketiga tingkat produk ini sangat penting untuk perencanaan produk agar dapat bersaing di pasaran yang luas.

Kedua jenis kamera ini memiliki core value yang sama, yaitu untuk mengambil gambar dengan cepat dan mudah serta tidak memakan waktu yang cukup lama. Tetapi kamera ini memiliki keunggulan masing-masing.

Lalu dari actual product dalam segi fitur, kamera pocket memiliki fitur unggulan seperti ukuran sensor yang kecil. Ukuran sensor yang lebih kecil dapat membuat gambar yang diambil cenderung lebih tajam dari ujung ke ujung. Selain itu, kamera pocket juga mempunyai fitur mode otomatis. Adanya mode otomatis ini dapat memudahkan pengguna dalam pengambilan gambar. Untuk kamera polaroid, salah satu fitur paling andalan adalah dapat mencetak foto secara instan. Hal ini tentu saja menguntungkan karena tidak perlu untuk memindahkan foto ke dalam komputer untuk mencetaknya.

Dari segi desain, kamera pocket terkenal akan ukurannya yang kecil dan beratnya yang relatif ringan sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana daripada kamera polaroid yang ukurannya lebih besar dan lebih berat untuk menyimpan film polaroid-nya. Tetapi kamera polaroid memiliki bentuk yang lebih beragam dan unik dibandingkan dengan kamera pocket.

Terakhir kamera polaroid memiliki keunggulan augmented product dalam segi customer experience. Keunggulan itu adalah gambar yang dihasilkan kamera polaroid lebih berkesan dibandingkan dengan kamera digital. Hal ini dikarenanakan dalam pengambilan gambar kamera polaroid tidak memiliki memori sehingga hasil gambar yang didapat hanya satu-satunya dan tidak dapat diduplikasi. Maka dari itu, hasil dari kamera polaroid ini lebih dihargai dan mempunyai kesan memorabilia.

Analisis-analisis diatas dapat dirangkum dalam satu tabel sebagai berikut :

 

Kamera saku/pocket

Kamera polaroid

Core value

  1. Alat penyimpan dan pengambil gambar dengan format digital.
  1. Alat pengambil gambar yang dapat mencetak gambar dengan instan.

Actual product

 

 

Fitur produk

  1. Memiliki ukuran sensor lebih kecil.
  2. Mempunyai mode otomatis
  1. Dapat mencetak gambar langsung

Desain produk

  1. Kecil, dapat dimasukkan ke dalam saku
  1. Relatif lebih besar daripada kamera saku.
  2. Bentuk yang beragam dan unik

Augmented product

 

 

Customer Experience

  1. Tidak ada kesan dalam pengambilan gambar.
  1. Gambar yang dihasilkan lebih berkesan.

Kehadiran smartphone membuat kamera pocket tidak laku dan munculnya budaya mencuci dan mencetak foto kembali

Salah satu faktor mengapa kamera pocket semakin tidak dinikmati adalah kehadiran smartphone. Perkembangan teknologi membuat fitur dan peningkatan kualitas kamera yang tertanam dalam smartphone kian membaik. Fitur-fitur yang dulunya hanya ada di kamera pocket sekarang menjadi suatu fitur yang biasa ada di kamera manapun. Kualitas gambar yang dihasilakan oleh smartphone juga tidak kalah bagus dibandingkan dengan pengambilan gambar menggunakan kamera pocket.

Lalu, smartphone memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak ada di kamera pocket. Pertama, smartphone selalu ada di dalam genggaman tangan sehingga memungkinkan seseorang untuk dapat mengambil gambar secara langsung dan dimana saja dan kapan saja. Kedua, kebanyakan kamera pocket yang di produksi merupakan perangkat stand alone yang tidak memiliki konektivitas internet. Ketiadaan konektivitas internet di kamera pocket ini mengakibatkan semakin banyak orang yang memilih untuk mengambil gambar dengan menggunakan smartphone dibandingkan kamera digital.

Smartphone dengan adanya koneksi internet juga membuat berbagi gambar dalam bersosial media menjadi mudah yang seakan-akan sudah menjadi budaya di era ini. dengan mengambil gambar menggunakan smartphone, gambar akan tersimpan di dalam memori smartphone yang terkoneksi dengan koneksi internet yang membuat orang hanya perlu mengetuk beberapa tombol di layar untuk mengunggahnya di media sosial seperti instagram, facebook, snapchat, pinterest, tumblr dan lain-lain.

Namun belakangan ini orang mulai menyadari bahwa walaupun lebih mudah mengambil gambar di smartphone secara digital, hal ini mempunyai resiko hilangnya hasil pengambilan gambar itu yang dapat disebabkan oleh adanya virus. Adanya kesadaran ini membuat beberapa orang mulai mencoba untuk mencetak hasil pengambilan gambar mereka. Adanya kesadaran ini membuat budaya mencuci cetak foto kembali diminati di era digital ini.

Munculnya budaya ini tentunya membuat kamera polaroid mulai diminati lagi oleh masyarakat. Kamera polaroid yang dapat mencetak gambar dengan instan memudahkan orang sehingga tidak perlu lagi ke studio foto untuk mencetaknya. Hasil jepretan gambarnya pun yang dinilai original, real, dan berefek vintage ini membuat banyak orang menyukainya dengan kesan lebih berseni sehingga hasil jepretan gambar tersebut cocok untuk di-share di sosial media.

Perilaku konsumen terhadap kebangkitan kamera polaroid

Konsumen membuat banyak keputusan pembelian setiap waktunya. Keputusan ini sangat dipengaruhi oleh empat faktor penting. Empat faktor tersebut adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor psikologi, dan faktor pribadi.

Dari faktor budaya, seperti yang sudah dijelaskan di atas, budaya mencuci cetak foto ini membuat orang ingin mencetak foto lagi tentunya dengan cara yang lebih mudah dan cepat daripada sebelumnya. Adanya kehadiran kamera polaroid ini dapat menjawab kebutuhan konsumen.

Dari faktor sosial, kemunculan media sosial juga berperan besar dalam aktivitas bersosial masyarakat di era ini. Hasil jepretan kamera polaroid yang mempunyai ciri khas yang unik dapat di-upload ke media sosial sehingga feed di media sosial terlihat lebih bagus untuk kebutuhan akan aktualisasi diri.

Dari faktor psikologi, menurut theory of influence, orang cenderung mengikuti apa yang ada di sekelilingnnya agar terlihat sama dan tidak dianggap berbeda dari yang lain. Kemunculan trend mengambil gambar dengan kamera polaroid ini tentunya membuat membuat banyak orang ingin membeli kamera itu agar tidak dianggap ketinggalan zaman dan berbeda dari yang lain.

Terakhir dari faktor pribadi, beberapa orang menganggap bahwa kamera polaroid menghasilkan gambar yang berbeda dari kamera-kamera lain. Hasil pengambilan gambar dari kamera polaroid dianggap lebih berkesan karena karakteristiknya yang real, original, dan terkesan vintage. Maka dari itu hasil gambar kamera polaroid mempunyai kesan nostalgic bagi sebagian orang.

Paragraf-paragraf diatas dapat dirangkum secara komprehensif dalam bentuk tabel sebagai berikut :

Faktor Budaya

Munculnya budaya mencuci dan mencetak foto sendiri.

Faktor Sosial

Adanya media sosial untuk beraktivitas sosial dan aktualisasi diri.

Faktor Psikologi

Sedang nge-trend-nya penggunaan kamera polaroid.

Faktor Pribadi

Terdapat karakterisitik-karakteristik unik yang menarik bagi sebagian orang.

 

Apa yang harus dilakukan agar kamera pocket bangkit kembali ?

Dari analisis-analisis diatas, agar dapat bersaing dengan dunia luar para produsen kamera pocket harus dapat beradaptasi dengan pasar dunia. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari tahu apa yang diinginkan oleh pasar di era digital ini. dengan mengantongi informasi-informasi yang berkaitan dengan preferensi pasar, diharpakan produsen dapat melakukan inovasi-inovasi atau pembaharuan teknologi juga peningkatan kualitas dari kamera pocket yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan yang dimiliki oleh pasar.

Selain itu, Diferensiasi juga penting untuk dilakukan. Diferensiasi artinya mendiferensiasi penawaran pasar untuk menciptakan nilai pelanggan yang unggul di pasaran. Dengan kata lain, diferensiasi adalah apa yang membedakan produk yang satu dengan yang lainnya. Produk yang unik dan berbeda dari yang lain cenderung dapat lebih menarik perhatian konsumen daripada produk-produk yang serupa. Para produsen kamera pocket dapat melakukan diferensiasi-diferensiasi produk seperti dalam segi manfaat, desain, harga, kualtas dan sebagainya.

Konsep yang dipakai :

Diambil dari buku :

Kotler, P. and Amstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.

  1. Analyzing the Marketing Environtment (Chapter 3)
  2. Consumer Markets and Buyer Behavior (Chapter 5)
  3. Product, Services and Brands (Chapter 8)

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2013/08/01/0925424/Selamat.Tinggal.Kamera.Saku

http://www.infofotografi.com/blog/2013/06/bisnis-kamera-digital-melesu-perusahaan-pembuat-kamera-keteteran/

http://www.infofotografi.com/blog/2009/11/kamera-saku-siapa-takut/

https://teknorus.com/mengapa-kamera-pocket-saku-semakin-tidak-laku/

http://www.koran-jakarta.com/ketika-budaya-cuci-cetak-foto-kembali-diminati/

https://review.bukalapak.com/gadget/5-keunggulan-kamera-polaroid-yang-harus-kamu-tahu-34627

https://www.blibli.com/friends/blog/kamera-instan-instax-fujifilm/

https://tirto.id/selamat-datang-kembali-polaroid-cCu9

 


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format