Misteri Norton Vs Benelli: I Whole New Mind

Benelli dan Norton sebuah fenomena perusahaan otomotif yang pernah hampir hilang di telan bumi karena PD II (Perang Dunia II)


4
4 points

Norton

Pada tahun 1898 James Lansdowne Norton mengawali karirnya dengan membangun Norton Manufacturing Co, perusahaan tersebut adalah perusahaan yang membuat barang-barang seperti rantai dan aksesoris sepeda lainnya. 

Tidak berhenti disitu, seorang insinyur handal tersebut mencoba mengaplikasikan sesuatu yang telah di konsepnya serta merubahnya untuk menghasilkan karya nyata. Dan pada tahun 1902 usahanya membuahkan hasil, lahirlah kuda besi bernama Norton yang muncul dengan mesin Clement Belgia. Pada tahun 1907 Norton mengikuti lomba balap yang diselengarakan oleh Isle of Man Tourist Thropy yang di tunggangi oleh Rembrandt Fowler. Pada putaran terakhir kuda besi yang di tunggangi oleh Fowler mengalami masalah yang berakibat kehilangan kesempatan untuk mendapatkan juara, akan tetapi sejarah Race TT mencatat Norton mendapat predikat kuda besi tercepat pertama kali dalam perlombaan tersebut.

Perusahaan Norton melakukan evaluasi dan melakukan riset secara komprehensif. Pada tahun 1911 akhirnya Norton menemukan formula dan menghasilkan type TT 490cc dengan rangka baru lebih rendah.

Model TT 490cc

Sampai berakhirnya Perang Dunia ke II menjadi catatan sejarah umat manusia sebagai catatan kelam. Bahwasannya Norton diproduksi untuk keperluan perang. SetelahPDII (Perang Dunia II) berakhir Norton berupaya untuk kemudian memproduksi dan memasarkan ke pasar domestik, akan tetapi Norton mengalami ketimpangan dalam penjualan di karenakan produk mobil-mobil yang dijual oleh perusahaan otomotif pada waktu itu menjual dengan harga yang relatif murah. Meskipun Norton sudah mencoba mengupgrade suspensi untuk meningkatkan kenyamanan pengendara dengan harapan dapan meningkatkan penjualan usaha itu terlihat sia-sia karena masyarakat lebih memilih mobil-mobil yang murah pada saat itu.

Barisan Norton WD 16H dipakai tentara patroli

Sejarah Norton

Benelli

Pada tahun 1911 seorang single parents Teresa Benelli memutuskan untuk menginvestasikan seluruh sisa kekayaanya untuk mendirikan bengkel. Yang bertujuan untuk menghidupi ke 6 buah hatinya Giuseppe, Giovanni, Filippo, Domenico, Antonio “Tonino” Benelli. 

Berawal dari penyedia spare part mobil dan motor kemudian ke 6 saudara tersebut memutuskan untuk membuat sebuah karya baru. Setelah delapan tahun kemudian lebih tepatnya pada tahun 1919 wacana ke 6 saudara tersebut dapat terealisasi dan lahirlah kuda besi bertenaga dua stroke 75cc dan pada tahun 1921 tepatnya di bula desember Benelli muncul dengan nama “Velomotore” atau motor ringan dua-stroke yang hadir dengan model Touring dan Sport 125cc.

Pada tahun 1926 Giuseppe Benelli mencoba melakukan inovasi terhadap kuda besinya tersebut, dengan merancang motor baru bermesin 4-tak 175cc dan berhasil membawa pulang penghargaan berturut-turut pada tahun 1927, 1928, 1930 dan 1931. Pada tahun 1932 Benelli mencoba melakukan ekspansi karena Benelli percaya bahwasanya peningkatan penjualan selaras dengan produk yang di hasilkan di terima dengan baik di masyarakat dan berupaya untuk melakukan meningkatkan produksi di ‘Viale Principe Amedeo’. Sikap optimisme dalam mengambil keputusan 2 tahun yang lalu membuahkan hasil, Benelli release pada tahun 1934 dengan kapasitas mesin 250cc dan 500cc 4-silinder.

Pada tahun 1940~1950 Benelli berada dipuncak. Semua sikap optimisme harus di uji dengan sebuah goncangan besar sebagai pertanda seberapa serius Benelli untuk tetap bertahan di pasar. Perang Dunia II pemboman oleh sekutu dan spoliasi Nazi di mana-mana yang menghancurkan pabrik Benelli. Kenyataan pahit yang harus di hadapi oleh Benelli, untuk mempertahankan eksistensinya Benelli mencoba untuk kemudian tetap bertahan dan membangun narasi kepada publik dengan memanfaatkan pembalap motor Dario Ambrosini untuk meyakinkan bahwasanya Benelli tetap memproduksi kuda besinya. 

Aktivitas manufaktur berlanjut ketika Benelli memenangkan ‘Motogiri d`Italia’ pada tahun 1953 seiring berjalannya waktu dan menepati hari jadi ke 50 tahun Benelli mencoba menggabungkan kedua merek antara Benelli dan Motobi untuk menghadapi krisis industri sepeda motor.

Karya kreasi murni terakhir Benelli pada tahun 1972 karena setelah itu perusahaan di akuisisi oleh pengusaha asal Argentina, Alejandro De Tomaso.

Pada tahun 1988 menuju ke 2019 lagi-lagi Benelli mendapati sebuah goncangan dan bahkan demi mempertahankan eksistensinya dalam pasar. Pada tahun 1988 harus bertekuk lutut dengan industri Mr. Giancarlo Selci asal taipan dan resmi di akuisisi pada 23 Oktober 1989. Dan perusahaan melakukan serta menargetkan segmen doktrin pasar sekuter dengan model Devil and Scooty akan tetapi upaya tersebut belum dapat mencapai progres yang telah di tetapkan. Pada 2005 Benelli merger menjadi bagian dari Q.J atau Qianjiang. Qianjiang adalah perusahaan yang memproduksi lebih dari 1.200.000 kendaraan dan 2.000.000 mesin pertahun. Dan pada tahun 2019 Benelli Q.J hadir dengan desain yang lebih tangguh dengan harga yang jauh lebih ekonomis.


Sejarah Benelli

Upaya revival perusahaan otomotif atau kebangkitan kembali sedang menerpa dunia permotoran. Kebangkitan itu dialami oleh perusahaan Benelli dan Nortonyang kemabali muncul dengan konsep yang lebih kekinian. 

Pada kesempatan kali ini dalam melakukan pembandingan saya menggunakan konsep Marketing Mix 

Benelli Vs Norton

1. Product 

Jika di lihat secara sekilas memang keduanya sama-sama memiliki konsep yang mirip. Akan tetapi jika kita melihat pada presisi kedua produk tersebut Norton jauh lebih unggul di bandingkan dengan Benelli. Akan tetapi jika melihat pada fasilitas dan aksesoris yang digunakan tidak jauh berbeda.

Norton



Spesifikasi Benelli TNT 1130 Cafe Racer

  • Tipe Mesin 4 stroke, 3 cylinders in line, tilted forwards 15°, fitted with anti-vibration countershaft
  • Kapasitas Mesin 1130 cc
  • Tenaga Maksimum 101 kW at 9250 rpm
  • Torsi Maksimum 117 Nm at 6750 rpm
  • Transmisi 6-speed extractable
  • Suspensi Depan Marzocchi Upside Down Fork 50 mm
  • Suspensi Belakang ASD steel tube trellis swingarm
  • Suspensi Belakang ASD steel tube trellis swingarm
  • Ban Belakang 190/50 x 17”
  • Rem Depan Dual Floating disk, 320 mm
  • Rem Belakang Single disk

Norton:

Spesifikasi Norton Comando 961 Cafe Racer

  • Single seat
  • Head lamp halogen
  • Lampu belakang bulb
  • Keselamatan: ABS, Dimmer Switch Engine Check Warning, reflektor samping dan memiliki mode berkendara Enduro
  • Fitur yang membedakan (Dual Seat Optional)
  • Rem depan Cakram Ganda 
  • Rem belakang Disc

2. Price

Untuk harga Benelli jauh lebih ekonomis di bandingkan dengan Norton yang mematok harga tipe terendah di kisaran 799-859 jt rupiah

3. Promotion

Untuk promosi PT Benelli Motor Indonesia (BMI) memilih untuk tidak berhadapan langsung oleh kompetitor raksasa yang telah mendahuluinya. Benelli melakukan diskon 

4. Place

Apa yang menarik dari Norton dan Benelli?


1. Mencari tahu perbedaan substantif 


2. Menganalisis teknik pemasaran 


3. Mencari solusi untuk meningkatkan jumlah pembeli



Benelli

Norton



















Kenapa Benelli lebih ramai peminatnya di pasar Indonesia ?


Generasi Y

Generasi X

Cultural



Budaya



Social



Kelompok & Jaringan Sosial



Keluarga



Peran dan Status



Personal



Usia dan Siklus Kehidupan



Pekerjaan 



Situasi Ekonomi



Gaya Hidup 



Kepribadian dan Konsep Diri



Psychological



Motivasi



Persepsi



Kepercayaan dan Sikap



Jika melihat dari teori pemasaran dalam pengambilan keputusan proses pembelian dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor ada beberapa referensi yang kemudian dilibatkan sebelum mengambil keputusan untuk menggunakan atau mengkonsumsi sesuatu

Oleh karena itu ada beberapa tahapan atau proses yang sangat berpengaruh 

Dari rangkaian proses tersebut, tahapan yang menurut saya paling mungkin untuk dipengaruhi berada pada tahapan awal yaitu tahapan need recognition dan information search. Karena , evaluation of alternatives, purchase decision, dan postpurchase behaviour dalam dunia otomituf adalah tahap yang unik . Penikmat otomotif bisa memiliki berbagai macam alasan dan judgement-nya sendiri terhadap kuda besinya tersebut. Hal ini saya rasa tidak mungkin karena kepuasan seseorang dalam menonton film juga melibatkan selera, dan selera adalah ranah yang absolut. Oleh karena itu, saya berfokus hanya pada tahap need recognition dan information search.

Kesimpulan:




Saran


Referensi Buku

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Person Education Ltd.

Sumber:

http://yogidavianpratama.blogspot.com/2015/05/sejarah-pabrikan-motor-norton.html

https://benelli.co.id/history/

https://marketing.co.id/benelli-motor-indonesia-siap-adu-balap-di-segmen-motor-matik-dan-sport/

https://www.suara.com/otomotif/2019/04/13/132353/ini-strategi-benelli-untuk-tetap-eksis



Like it? Share with your friends!

4
4 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
wiwitsubagio

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format