Managerial Roles Dalam Keluarga the Incredibles: The Incredibles 2

Sebuah riset singkat peran pemimpin dalam menghadapi masalah internal dan external dalam lingkup keluarga dari kacamata business management


3
3 points
Sinopsis Incredibles 2

Film the Incredibles 2 menceritakan tentang kehidupan keluarga Parr (keluarga Mr. Incredibles) yang telah mengalahkan musuh pertama mereka Syndrome di film sebelumnya (The Incredibles). Tiga bulan setelah kemenangan yang sukses, keluarga hero ini dihadapkan dengan The Underminer, yang berusaha untuk merampok bank kota.

Alih -alih mengalahkannya seperti musuh di film sebelumnya, The Underminer berhasil lolos dan  Mr. Incredibles beserta keluarganya tidak sengaja menghancurkan kota saat beraksi. Setelah kejadian itu mereka dituntut oleh masyarakat agar tidak lagi campur tangan dalam hal keamanan kota dengan tidak melakukan aksi superhero lagi akibat kerusakan yang telah mereka perbuat. Akibat tuntutan ini keluarga The Incredibles kembali menutupi identitas mereka.

Keluarga Parr dihadapkan kenyataan yang pahit bahwa mereka tidak dapat menggunakan kekuatan masing-masing dan berusaha menjadi normal. Bob perlu mencari pekerjaan baru dan Helen perlu merawat anak-anaknya. Beberapa bulan setelah kejadian itu, keluarga the Incredibles mendapatkan panggilan dari Winston Deavor, yang merupakan CEO dari perusahaan telekomunikasi terkemuka Devtech yang ingin mengembalikan citra baik para superhero di kota dengan menyatakan dukungan kepada superhero dan ingin memenangkan hati masyarakat dengan cara menunjuk Elastigirl untuk menjadi “maskot” dari superhero. Helen yang sebenarnya sangat menginginkan peran itu akhirnya menyetujui, sementara Bob suaminya sedikit terpaksa mendukung keputusan yang diambil istrinya. Masalah pun akhirnya terjadi: Helen harus keluar rumah untuk bekerja sebagai superhero dan Bob harus mengurus ketiga anak mereka, khususnya Jack-jack yang baru saja mengembangkan kekuatan super.

Di New Urbem ada penjahat baru bernama Screenslaver, yang mana melakukan kejahatan dengan menghipnotis masyarakat di sana dan mencuci otak mereka. Misi Elastic girl adalah menghentikannya dan mengembalikan nama baik superhero. Di sisi lain, anak terakhir mereka Jack–Jack menjadi sangat aktif dan mengeluarkan berbagai kekuatan super yang baru dikembangkan olehnya secara tidak terkontrol. Ditambah dengan pekerjaan rumah lainnya seperti mengerjakan tugas sekolah Dash dan masalah cinta Violet membuat Bob merasa kewalahan dan lelah.

Kondisi ini membuat Bob harus mengambil keputusan sebagai kepala keluarga apa yang harusnya dia lakukan untuk bisa menghadapi masalah internal dan external keluarga superhero secara effektif dan efisien. Dalam film ini kita dapat belajar bagaimana pentingnya roles of manager dan management thoughts bahkan dalam ruang lingkup keluarga untuk bisa mengatasi masalah yang ada.

Fungsi Dasar Management

Fungsi dasar dari manajemen dibagi menjadi 4 yaitu Planning, Organizing, Leading, dan Controlling. Dalam tahap planning (perencanaan), seorang manajer/individu menentukan dan menetapkan tujuan dan bagaimana untuk meraih tujuan tersebut serta mengembangkan strategi bagaimana untuk mendapatkan performa yang diinginkan.

Untuk fungsi yang kedua yaitu organizing (pengorganisasian), seorang manajer/individu membuat struktur hubungan pekerjaan antara pegawai dengan pegawai maupun pegawai dengan atasan agar pegawai dan atasan dapat bekerja sama untuk meraih tujuan dari perusahaan.

Fungsi yang ketiga, yaitu leading (memimpin), seorang manajer/individu harus mampu untuk menjelaskan visi yang ingin dicapai oleh organisasi secara jelas kepada seluruh anggota perusahaan, manajer juga harus memberi semangat dan memungkinkan karyawan sehingga semua anggota perusahaan dapat memahami bagian yang harus dikerjakan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sedangkan untuk fungsi yang keempat, yaitu controlling (pengendalian), seorang manajer/individu harus dapat mengevaluasi seberapa baik tingkat pencapaian tujuan perusahaan dan mengambil tindakan yang dibutuhkan untuk mempertahankan atau meningkatkan kinerja perusahaan tersebut.

../Screen%20Shot%202019-10-17%20at%209.54.04%20AM.png

Di saat Helen Parr sedang bertugas memberantas kejahatan,  Bob Parr yang sedang berusaha menjadi ayah yang baik dengan menghadapi anak-anaknya. Bob Parr mulai jenuh menghadapi kesulitan di rumah, saat Violet sedang mengalami masa pubertas, Dash yang mengerjakan tugas sekolah, dan Jack-jack mempunyai kekuatan yang sulit dikendalikan. Jika dilihat di Tabel 1.1 menunjukkan karakter Bob dan Helen  berbeda yang dapat menciptakan konflik. Bob dan Helen berdebat di acara makan malam tentang masa depan keluarga Parr dalam menjadi superhero.

Deskripsi

Bob Parr (Mr. Incredible)

Helen Parr (Elastigirl)

Kekuatan

Seorang bapak memiliki tenaga super kuat dan tahan terhadap hampir semua serangan.

Seorang Ibu yang memiliki kekuatan super berupa tubuh yang lentur bagai karet.

Kepribadian

Sosok pemimpin yang baik, peduli, ingin menjadi Pahlawan untuk menyelamatkan nyawa. 

Sosok seorang ibu yang protektif terhadap keluarganya. Berkemauan keras, tegas, dan cerdas.

Perbedaan Pendapat

Bob ingin membuat superhero ilegal kembali legal

Helen ingin membuat keluarga aman dan tidak melanggar aturan menjadi superhero ilegal

Helen ingin melindungi keluarganya agar aman dan tidak kena hukuman karena status superhero ilegal, sedangkan Bob bersikeras untuk membuat superhero menjadi legal. Melihat kesuksesan istrinya membuat Bob muncul rasa iri, Bob mulai merasa tertekan menangani anak-anak di rumah. Peran masing-masing cukup kesulitan untuk menangani sendiri. Padahal Keluarga “The Incredibles” harus kembali bersatu untuk mencapai tujuan bersama.

Peraturan bahwa superhero dilarang kembali untuk beraksi melawan kejahatan menyebabkan dilema karena berpotensi meningkatkan angka kejahatan dan disfungsi terhadap superhero. Menanggapi hal tersebut keluarga Incredibles mendiskusikan langkah yang perlu mereka ambil. Helen, ibu dalam keluarga Incredibles berpandangan untuk menghargai hukum yang berlaku sehingga mereka harus beradaptasi dengan hukum yang baru. Ia kemudian bernegosiasi dengan Bob, suaminya, agar salah satu dari mereka mencari pekerjaan kantor yang normal. Namun kemudian muncul penawaran dari Devtech, sebuah perusahaan teknologi komunikasi, yang ingin peraturan pelarangan terhadap superhero dibatalkan. Devtech memberikan tugas kepada Hellen untuk tidak hanya menyelamatkan banyak orang tapi juga menyelamatkan masa depan superhero lainnya dengan meliput dan menyiarkan setiap aksi yang dilakukannya.

Potongan adegan tersebut meliputi peran manajerial yaitu perencanaan, pengorganisasian, pemimpin dan pengendalian. Akibat dilema yang dihadapi keluarga Incridibles harus memutuskan tujuan bersama dan strategi yang perlu dilakukan. Hellen dalam hal ini melaksanakan peran perencanaan dan pengendalian sedangkan Bob melaksanakan peran memimpin dan pengorganisasian. Peran perencanaan digambarkan oleh Hellen ketika ia mengutarakan tujuan utamanya yaitu untuk melindungi keluarganya dari penjara, Ia juga mengoreksi langkah keluarganya untuk menghargai hukum yang sedang berlaku. Sedangkan Bob melaksanakan peran pemimpin dan pengorganisasian. Bob memimpin dengan memotivasi Hellen untuk menerima tawaran kerjasama dengan Devtech agar peraturan pelarangan superhero dapat dibatalkan. Disamping itu Bob juga melakukan pengorganisasian atas implikasi dari keputusan tersebut dengan mengambil tanggung jawab Hellen sebelumnya yaitu  melakukan pekerjaan rumah dan merawat ketiga anaknya.

Bagi Hellen dan Bob, Devtech merupakan resource yang dapat membantu karena keduanya memiliki tujuan yang sama. Resource yang lain adalah rekan superhero yang lain dan Edna Mode, perancang kostum yang dapat menyesuaikan kebutuhan para incridibles. Resource lainnya yaitu berupa peralatan teknologi dan rumah tinggal yang diberikan Devtech. Dengan segala resource yang ada Hellen mampu menyelamatkan warga kota dan duta besar dari insiden sabotase.

Kedua aksi tersebut dan penyiarannya membuat persepsi publik kembali mendukung superhero. Digambarkan dalam cerita tersebut aksi penyelamatan Hellen dirayakan oleh warga kota. Tapi Hellen melakukan evaluasi dengan menyadari bahwa tujuan yang sesungguhnya belum ia capai. Meski warga telah mendukung penolakan terhadap anti super-law, musuh yang menyebabkan kekacauan tersebut, screenslaver, masih bergerak bebas. Hellen melakukan peran pengendalian terhadap dirinya sendiri.

Dalam sesi terakhir melawan screenslaver, kesemua superhero dewasa telah berada dibawah pengaruh kacamata pengendali screenslaver. Superhero yang tersisa hanyalah Violet, Dash, dan Jack-jack, ketiga anak tersebut hanya memiliki resource peralatan berupa mobil super milik Bob dan alat monitor kekuatan Jack-Jack. Violet dan Dash melakukan peran managerial dengan tujuan untuk menyelamatkan ibu dan ayahnya yang berada di kapal pesiar Devtech. Mereka menggunakan mobil Bob untuk menyusul kapal tersebut dan menggunakan pelontar kursi untuk melompat masuk ke deck kapal pesiar. Peran organisasi tidak terdapat di Violet maupun Dash, meski violet telah memberi instruksi kepada Dash yaitu menjaga Jack-Jack Dash tidak dapat melaksanakan tugas tersebut dengan baik. Akibat dari kejadian ini tujuan Violet dan Dash berubah dari menyelamatkan Hellen dan Bob, tapi mencari Jack-Jack. Jack-jack yang kekuatannya belum sempurna bergerak sesuai kehendaknya sendiri untuk menemui Hellen. Berkat Jack-Jack pula, kacamata yang mengendalikan Hellen dapat dihancurkan sehingga Hellen dapat menyelamatkan Bob dan superhero lainnya. Tidak terbentuknya peran managerial dapat membahayakan Violet, Dash, dan Jack-Jack, dalam adegan ini digambarkan suatu perubahan tujuan akibat kegagalan pelaksanaan tugas. Di sisi lain digambarkan pula one man show yang berhasil dari Jack-Jack, keberhasilan Jack-jack disebabkan oleh motivasi diri yang kuat dan resource kekuatan yang beragam.

Meninjau kinerja Incridibles dalam setiap aksinya dapat dilihat terdapat beberapa instrumen untuk mengukur keberhasilannya. Yang pertama adalah jumlah korban jiwa. Dalam aksinya melawan underminer, Incridibles dan Frozone berusaha mencegah terjadinya kecelakaan kereta, timbulnya korban saat kendaraan underminer membelah flyover, disamping misi utamanya untuk mencegah perampokan Maraville Bank. Tidak hanya korban jiwa dari warga sipil, Incridibles juga mencegah adanya korban jiwa dari pihak musuhnya. Di puncak aksinya melenyapkan screenslaver, Hellen sekuat tenaga menyelamatkan nyawa Evelyn Deavor (orang dibalik screenslaver) ketika menjatuhkan diri dari pesawat yang dikemudikannya.

Tolak ukur lainnya adalah disiplin terhadap tugas yang diberikan saat proses pengorganisasian. Ketika melaksanakan aksinya, Hellen memberikan instruksi yang kurang tegas dengan mengatakan “salah satu menjaga keamanan warga, yang lainnya menjaga Jack-jack”. Dash kemudian menitipkan Jack-Jack kepada Violet meski Violet menginginkan peran untuk menjaga keamanan warga. Akibat instruksi yang demikian Jack-Jack di jaga bergantian mulai dari Violet, Dash bahkan Bob. Di sesi terakhir untuk menghentikan larinya Evelyn Deavor, terdapat adegan dimana Hellen tidak kembali memberikan instruksi namun bertanya kepada keluarganya “Siapa yang akan menjaga Jack-Jack”, Violet yang tadinya selalu menolak meyakinkan Hellen bahwa ia, Dash dan Bob akan melakukannya; dan saat kapal hilang kendali mendekati kota, Violet berinisiatif untuk melaksanakan tugas tersebut. Kesadaran Violet ini membantu efektifitas tim dalam melaksanakan tugasnya masing-masing sehingga Evelyn Deavor dapat ditangkap dan kapal tidak menghantam daratan kota.

Roles of Manager

Identifikasi peran manajerial dibagi menjadi tiga yaitu interpersonal, informational, dan decisional menurut teori Mintzberg. Pada tipe peran interpersonal terdapat pembagian peran yang spesifik yaitu figur head, leader dan liaison. Dalam keluarga Incredibles terdapat peran figur head dari Hellen yaitu yang menentukan standar etis, dan nilai-nilai yang diterapkan. Standar etis yang diterapkan Hellen yaitu menghargai hukum meski dianggap tidak adil bagi keluarganya dan superhero lainnya. Peran leader dilakukan oleh Bob dengan memberikan contoh bagaimana menyelesaikan tugas dan bekerjasama membantu superhero lainnya. Peran liaison dilakukan oleh Frozone dari sisi superhero dan Winston Deaver dari sisi Devtech. Kedua orang tersebut mewakili pihak masing-masing untuk dapat saling bekerjasama menggagalkan undang-undang anti superhero.

Untuk tipe peran informational, spoke person dilakukan oleh Winston Deaver melalui Devtech. Melalui upaya penyiarannya mengenai aktifitas Hellen, Winston Deaver mampu menggiring opini publik untuk mendukung aksi superhero hingga menarik perhatian duta besar dan dunia internasional. Peran disseminator atau yang menjeslakan perubahan haluan keluarga incridibles adalah Bob. Ia menjelaskan kepada Violet dan Jack bahwa meski tetap melaksanakan tugas superhero Hellen tidak sedang melawan hukum; “Hellen pendukung superhero, itu pekerjaan baru” kata Bob pada anak-anaknya. Secara informational, Hellen juga menjalankan peran monitor, ia kerap kali memeriksa dan mengkoreksi aksi yang ia lakukan.

Tipe manager yang ketiga menurut Mintzberg adalah peran decisional. Dari peran pengambil keputusan sendiri terdapat fungsi spesifik yaitu entrepreneur, disturbance handler, resource allocator, dan negotiator. Manager entrepreneur bertugas untuk berkomitmen menglola sumberdaya untuk mengembangkan inovasi. Peran ini dijalankan oleh Hellen dengan dorongan negotiator (dalam hal ini Bob) yang menyarankan Hellen untuk mengambil penawaran kerjasama dari Devtech. Implikasi keputusan ini menyebabkan Hellen harus mengerjakan tugas dari Devtech dan menggunakan semua resource Devtech dengan efisien. Pemegang keputusan untuk resiko teknis (disturbance handler) diperankan oleh Bob saat ia harus menyesuaikan diri dengan kondisi yang baru. Karena Hellen harus melaksanakan misi bersama Devtech, Bob harus melakukan aksi koreksi dengan mengambil tanggungjawab Hellen di rumah.

Management Thought

Berdasarkan dua karakter, Bob dan Hellen yang diambil dari film Incredibles 2 ini, terdapat tiga macam management thoughts yang diterapkan dalam dua karakter, yakni:

  • Scientific Management

Dengan adanya karakter Bob dan Helen yang setiap individunya memiliki kompetensi membuat setiap peran memiliki tugas agar rencana berjalan dengan baik. Bisa dilihat dari kesepakatan yang sudah dibuat oleh Bob dan Helen, bahwa Bob akan menjaga ketiga anak mereka, dan Hellen yang akan menghadapi dunia luar, dengan adanya pembagian tugas membuat Bob, dan Hellen bisa bekerja sesuai tugas mereka untuk mencapai sebuah tujuan.

  • Administrative Management

Manajemen ini akan membawa ke arah dimana keluarga superhero dengan masing-masing kekuatan memperoleh bagian apa yang harus dikerjakan. Dengan kesepakatan ini, Bob dan Helen akan bekerja lebih efektif dan efisien.

  • Behavioral Management

Pemimpin Keluarga, Bob walau harus menurunkan ego untuk menyelamatkan dunia, dan memberikan kepercayaan kepada sang istri, Hellen untuk pergi dan menyelamatkan dunia. Bob mampu menjaga ketiga anak mereka, melihat kompetensi yang dipunya dari anak-anak terutama kepada anak yang terakhir, Bob tidak menutup kemungkinan sang anak-anak akan menjadi superhero, tidak membatasi, ia melatih keluarga ini dan juga ia meningkatkan kemampuan diri sendiri agar dapat memotivasi, mendorong anak-anak untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada.

Kesimpulan dari tiga macam management ini, setiap karakter memperoleh tugas masing-masing sesuai dengan kemampuan walaupun dalam proses pembagian tugas terdapat beberapa masalah tetapi masing-masing karakter mampu untuk mengatasi ego masing-masing dan menghadapi masalah. Dengan masalah yang ada, masing-masing karakter juga dapat meningkatkan kemampuan masing-masing, dan mencapai sebuah tujuan secara efektif dan efisien.


Like it? Share with your friends!

3
3 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
2
Genius
Love Love
3
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format