The Twilight Saga : Organizational Management Theory

Let's forget the story and discuss Organizational Management Theory instead.


3
3 points

Sinopsis Twilight (2008)

Film Twilight menceritakan tentang kehidupan seorang manusia, vampire dan serigala. Bella Swan, seorang gadis berusia 17 tahun yang orang tuanya mengalami perceraian dan ia harus menerima untuk pindah ke Kota Forks dan tinggal bersama ayahnya yang seorang Kepala Polisi Daerah Forks karena ibunya, Renee menikah lagi dengan seorang atlit dan pindah ke Florida. Hubungan Bella dengan ayahnya tidak cukup dekat seperti ia dengan ibunya, karena sebenarnya Bella adalah gadis yang pendiam dan lebih suka menyendiri, sikap yang hampir sama seperti ayahnya, sehingga Bella dan ayahnya tidak terlalu sering bercerita satu sama lain meski sebenarnya mereka saling menyayangi. Hal itu juga membuat Bella kurang bergaul bahkan tidak memiliki pengalaman cinta sama sekali saat ia masih tinggal di Kota Phoenix. Kehidupannya berubah sejak Bella pindah ke Kota Forks dan memutuskan untuk bersekolah di Forks High School, di sekolah yang hanya memiliki 300-an siswa tersebut akhirnya Bella mulai berteman dengan beberapa orang dan disana ia bertemu seorang pria misterius yang sangat tampan, berkulit pucat, bermata indah, berkulit dingin namun tidak bergaul dengan siapapun kecuali keluarganya, keluarga Cullen. Keluarga Cullen dikenal sebagai keluarga yang aneh. Edward Cullen, merupakan salah satu dari 5 anak adopsi dari seorang dokter muda berbakat, Dr Carlisle Cullen dan istrinya Esme Cullen. Saudara angkat lainnya yakitu Emmett, Rosalie, Alice, dan Jasper. Keanehan keluarga Cullen terlihat jelas. Terlebih pada Edward, ketika Bella duduk satu meja dengan Edward di kelas Biologi pada kelas pertamanya, Edward tidak menyapa bahkan tidak mau memandang wajahnya, tentu saja hal tersebut cukup mengganggu pikiran Bella. Bahkan pada ada akhir kelas, Edward menemui bagian akademik untuk memindahkan dirinya dikelas lain yang ternyata hal tersebut diketahui oleh Bella. Ia pun mencoba mengejar Edward dan meminta penjelasannya, namun Edward segera menghilang dari pandangan Bella. Keeseokan harinya, Bella kembali mencari Edward, namun Edward tidak hadir bahkan sampai sepekan. 

Kejadian yang berbeda terjadi setelah akhirnya Edward kembali hadir ke sekolah, ia menjadi begitu ramah kepada Bella dan sejak saat itu Bella dan Edward menjadi lebih dekat meski Edward sudah berulang kali memperingati Bella bahwa ia bukan teman yang baik dan meminta Bella untuk berhati-hati terhadapnya, namun hal itu tidak menjadi masalah bagi Bella, bahkan Bella mulai akrab dengan keluarga Cullen. 

Sebenarnya, ada banyak kejanggalan yang mengganggu pikiran Bella, salah satunya saat awal-awal pertemuan Bella dan Edward, ketika itu Bella hampir tertabrak oleh mobil milik temannya, Tyler, namun dalam sekejap Edward yang berjarak jauh dari Bella mampu dengan cepat menahan mobil tersebut hanya dengan satu tangannya dan ia berhasil menyelamatkan Bella. Bellapun memberanikan diri menceritakan keheranannya terhadap Edward dan bertanya pada Jacob, seorang teman kecilnya yang saat ini menjadi tetangganya di Forks, ia semakin penasaran ketika Jacob mulai menceritakan sebuah legenda Quillette. Hal tersebut yang membuat Bella mencari tahu akan lagenda Quillette dan memperjelas kejanggalan yang mengganggu pikirannya. Menjelaskan bahwasannya Keluaga Cullen merupakan bangsa vampire, terlebih ketika Bella telah meminta kejelasan pada Edward akan siapa sosok dirinya sebenarnya. Selain hal itu, Bella juga mengetahui akan sosok Edward yang telah berusia ratusan tahun tetapi nampak berusia 17 tahun dan ia juga memiliki kemampuan membaca pikiran orang lain, kecuali Bella. Tetapi, hal itu yang tidak membuat Bella takut pada bangsa vampir karena dia tahu suku Quillette telah membuat perjanjian dengan bangsa vampir untuk tidak memangsa manusia dan tidak menginjakkan kaki di tanah Quillette. Namun, masalahnya justru datang dari keluarga vampir lain, Keluarga James. James, Laurent, dan Victoria merupakan bangsa vampir yang berniat untuk memangsa Bella. Tetapi, Edward selalu mengawasi dan melindungi Bella dimanapun ia berada. Sampai akhirnya ketika James hendak memangsa Bella, Edward dan keluarganya datang melindungi dan menyelamatkan Bella, James tewas terbunuh oleh Edward.

Organizational Management Theory dalam Karakter Twilight

Di film Twilight ada 2 karakter yang memiliki sosok leadership yang bertolak belakang, karakter tersebut adalah Edward Cullen dan Charles Swan. Sifat mereka yang sangat berbeda ini dapat dilihat melalui perilaku mereka sehari-hari dan interaksi mereka dengan orang lain.

Edward Cullen

Foto:IMDB.com

Edward adalah tokoh protagonis didalam cerita twilight, edward  adalah seorang vampir yang membenci dirinya sendiri karena dia menganggap vampir adalah makhluk jahat. Sebagai vampir Edward memiliki kemampuan fisik yang melebihi manusia biasa. Namun Edward berusaha jarang menggunakan kemampuan ini karena kemampuan vampir digunakan untuk memangsa manusia. Edward dalam hidupnya selalu berusaha untuk menjadi manusia normal dan tidak memangsa manusia seperti vampir pada biasanya. Namun sejak bertemu Bella Swan dia mengalami konflik antara menjadi vampir atau manusia.

Four Tasks of Management

Planning: Tujuan dari Edward dan keluarganya adalah hidup normal sebagai manusia. Edward menganggap bahwa vampir adalah monster berbahaya. Ia dan keluarganya tinggal di kota terpencil untuk menyembunyikan fakta bahwa mereka adalah vampir.

Organizing: Edward dalam keluarganya berperilaku sebagai seorang anak remaja. Jadi dia harus pergi ke sekolah layaknya remaja biasa. Keluarganya pun memiliki perannya masing-masing di dalam keluarga maupun dalam masyarakat. Hal ini dilakukan agar mereka terlihat sebagai keluarga yang normal

Leading: Edward tidak terlalu memiliki leading task karena perannya sebagai seorang anak. Namun dia bisa mengambil keputusan dan berperilaku sebagai seorang pemimpin saat dia bersama Bella Swan. 

Controlling: Edward terlihat mampu untuk mengendalikan instingnya sebagai vampir. Dia berhasil untuk tidak memangsa manusia dalam waktu yang cukup lama. Namun dia mengalami kendala saat dia bertemu Bella. Jika bersama Bella dia terkadang kehilangan kontrol dalam menjaga emosinya sebagai vampire.

Managerial Roles

Dalam film ini ada duamanagerial roles yang tampak dari perilaku Edward yaitu peran decisional sebagai disturbance handler dan peran informational sebagai monitor. Peran Edward sebagai disturbance handler muncul saat Vampir jahat datang ke Kota Forks dan berusaha untuk memangsa Bella. Edward dan keluarganya berhasil untuk mengusir Vampir jahat tersebut dan berhasil juga untuk menyelamatkan Bella saat dia diculik. Edward karena sudah hidup ratusan tahun memiliki kemampuan monitor yang baik dia dapat membaca perubahan dalam environment eksternal dengan sangat baik. Bahkan dalam adegan film dia dapat membaca sifat manusia hanya dengan melihat orang tersebut. 

Management Thought

Di dalam keluarga Edward terlihat Behavioral Management Theory di mana fungsi keluarga Edward adalah mengontrol perilaku mereka di dalam masyarakat. Edward juga tampak menggunakan teori X dan teori Y Douglas McGregor[1]. Edward menggunakan teori X di mana dia berasumsi negatif terhadap vampir yang dia anggap sebagai makhluk buas dan berbahaya. Edward dan keluarganya mengontrol asumsi negatif tersebut dengan tidak memangsa manusia dan tidak menggunakan kemampuan yang dimiliki oleh Vampir.

Charlie Swan

Foto: IMDB.com

Charlie adalah ayah kandung dari Bella Swan. Ia adalah seorang anggota Kepolisian Kota Forks. Dia bercerai dengan istrinya sejak lama dan hidup sendirian di Kota Forks. Sejak anaknya Bella memutuskan untuk pindah ke Kota Forks ia berusaha untuk menjadi sosok pemimpin di dalam keluarga. Sebagai seorang ayah dia selalu berusaha untuk melindungi anaknya.

Four Tasks of Management

Planning: Kami menemukan bahwa tujuan utama Charlie adalah meyakinkan Bella (putrinya) bahwa ia akan betah untuk tinggal bersamanya di kota Forks. Ini menjadi tujuan yang menantang baginya karena Bella telah lama tinggal bersama ibunya dan Bella sendiri sangat skeptis untuk dapat tinggal nyaman bersama Charlie, ayahnya. 

Organizing: Untuk meraih tujuan tersebut, Charlie mulai memperbaiki cara berinteraksi dengan Bella. Pertama, Charlie membelikan Bella mobil truk untuk Bella pergi ke sekolah. Charlie juga sangat sigap dan siaga ketika pihak sekolah menghubunginya saat insiden kecelakaan kecil yang menimpa Bella. Ia pun terbuka dengan obrolan mengenai siapa teman-teman Bella dan dengan siapa Bella berkencan. Meskipun tampak protektif, namun Charlie telah mengorganisir interaksi yang lebih baik dengan putrinya. 

Leading: Charlie tegas menunjukkan siapa yang memimpin di keluarga kecilnya. Bella pun menyadari dan menerima itu. Pernyataan tersebut jelas saat Bella mengenalkan calon kekasihnya, Edward, terlebih dahulu kepada Charlie dan meminta restu sebelum mereka mulai melanjutkan hubungan tersebut ke jenjang yang lebih serius. Dapat dimengerti bahwa adanya pengakuan terhadap Charlie sebagai pemimpin atau alfa di keluarga kecil Charlie dan Bella. 

Controlling: Charlie selalu memberikan ruang untuk Bella menjadi remaja yang aktif seusianya. Namun, dari beberapa adegan film ini, jelas sekali bahwa Charlie sangat protektif dan memantau semua gerak gerik Bella. Saat menghadapi konflik dengan Bella pun, Charlie cenderung mengontrol emosi dan menginisiasi proses komunikasi dengan Bella. 

Managerial Roles

''Move quickly to take corrective action to deal with unexpected problems facing the organization from the external environment such as a crisis…''[2]

Pernyataan di atas sangat merepresentasikan Charlie di dalam aspek managerial roles.Charlie Swan adalah seorang decisional dengan spesifikasi disturbancehandler. Mengapa? Charlie mampu mengendalikan emosi dan rasional di dalam melakukan pekerjaannya sebagai seorang aparat keamanan di kota tersebut. Ia dengan jeli mengorek ulang bukti-bukti kasus yang ia sedang tangani. Dalam menghadapi permasalahan keluarga pun, Charlie mampu dengan tenang membicarakan dan memikirkan langkah-langkah apa yang ia harus ambil ke depannya. 

Management Thought

Sebagai seorang aparat keamanan, Charlie adalah sebuah potret nyata bagaimana administrative management theory teraplikasikan ke dalam proses manajemen seseorang. Pertama, Charlie percaya bahwa efisiensi dan efektivitas dapat diraih jika ada struktur dan sistem kontrol yang jelas. Hal ini tampak dari cara Charlie menunjukkan dominasi saat Bella mempertemukannya dengan Edward (kekasih Bella). Kedua, pembawaan Charlie yang sigap, siap, dan sedikit canggung adalah cerminan bagaimana orang-orang di birokrasi formal bekerja. Di mana senantiasa terdapat berbagai SOP (Standard Operating Prodecude), instruksi, dan semacamnya. Ketiga, cara Charlie menunjukkan otoritasnya di dalam keluarga. Selalu ada aturan dan norma yang paling tidak harus Bella untuk mengetahui.

Yang Dapat Diperbaiki Oleh Kedua Karakter Tersebut Untuk Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi.

Edward Cullen

Edward Cullen dalam menjalankan four tasks of management sudah cukup baik namun dia masih memiliki kekurangan pada bagian controlling. Jika bersama Bella Swan Edward terlihat tidak bisa menjaga emosinya dan kesulitan untuk menjaga tujuannya untuk hidup sebagai manusia. Solusinya, di dalam managerial roles Edward perlu meningkatkan fungsi interpersonal-nya agar dapat berinteraksi dengan Bella atau manusia lainnya. Khususnya fungsi Liaison di mana Edward harus dapat berinteraksi dengan orang lain yang bukan berasal dari keluarga atau organisasinya. 

Charlie Swan

Membahas Charlie dalam konteks four tasks of management,langkah organizing menjadi paling krusial karena meskipun Charlie sudah menunjukkan adanya perkembangan komunikasi yang lebih baik dengan Bella, Charlie masih harus banyak mencoba untuk meningkatkan interaksi yang berkualitas dengan Bella. Jika ingin membuat Bella betah untuk tinggal bersamanya di kota Fork, maka ia harus mengerti siapa dan bagaimana putrinya. Salah satu cara paling efektif dan efisien untuk meraih tujuan tersebut adalah dengan tidak hanya mengobservasi dan berbicara dengan Bella tapi juga membuka diri kepada Bella sehingga Charlie dapat meningkatkan kualitas hubungan ayah dan anak dengan Bella. 

Berhubungan dengan konteks managerial roles, Charlie ada di level manajemen departemen, dimana ia cenderung bekerja dan berinteraksi dengan sekelompok manajer dan karyawan yang memiliki kompetensi yang serupa. Sehingga sebenarnya dapat dimengerti ketika ia memiliki sedikit kesulitan untuk menerima kehadiran Edward di sisi Bella. Agar mampu mencapai kinerja tertinggi (efektif dan efisien) agar Bella nyaman tinggal bersamanya, maka tidak hanya Charlie harus memperbaiki kualitas hubungan dengan Bella, namun Charlie juga paling tidak dapat berkomunikasi lebih baik dengan Edward sebagai sosok yang Bella sukai. Charlie dapat memulainya dengan tampil lebih bersahabat kepada Edward dan menginisiasi percakapan. 

Akan cukup menantang bagi Charlie untuk dapat menginisiasi percakapan dengan Bella maupun Edward. Apalagi untuk sisi management thought, Charlie adalah seorang otoritas birokrasi. Kinerja, aturan, kewajiban dan tanggung jawab menjadi prinsip penting bagi orang-orang yang ide pemikirannya kuat akan administrative management theory. Untuk itu, agar dapat menunjang efektifitas dan efisiensi Charlie dalam meraih tujuan yang sudah dikemukakan di awal tadi, Charlie harus lebih lunak atau toleran terhadap standar dan norma yang dia jadikan sebagai acuan. 

Ferdiansyah

Joseph Suryo Baskoro

Kapitania Widya Imaniar

Khalifah Nurjannah

Mutiara Cahyaningrum

Sucha Dina Amalia

Umar Abdul Aziz

[1] O.C. Ferrell, G. A. Hirt, and L. Ferrell, Business Foundations: A Changing World Twelfth Edition(New York: McGraw Hill Education, 2019), 279-280

[2]Managers and Managing- JG Chapter 1, Business and Management Class of Presentation, 14 October 2019, p. 11. 


Like it? Share with your friends!

3
3 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
2
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format