Pricing: Understanding and Capturing Customer Value

Hai! Kami dari kelompok Bounty Hunter mau menjelaskan tentang Pricing nih.. Ayo dibuka ya!


7
7 points

Dalam arti sempit, harga adalah jumlah uang yang dibebankan untuk suatu produk atau layanan. Lebih luas lagi, harga adalah jumlah dari semua nilai yang diberikan pelanggan untuk mendapatkan manfaat memiliki atau menggunakan suatu produk atau layanan. Kemudian secara historis, harga telah menjadi faktor utama yang memengaruhi pilihan pembeli. Pada saat yang sama, penetapan harga adalah masalah nomor satu yang dihadapi banyak eksekutif pemasaran, dan banyak perusahaan tidak menangani penetapan harga dengan baik. Pada konsep customer value based pricingpelanggan akan memutuskan apakah harga suatu produk tepat. Jadi keputusan penetapan harga harus dimulai dengan nilai pelanggan. Ketika pelanggan membeli suatu produk, mereka menukar sesuatu yang bernilai (harga) untuk mendapatkan sesuatu yang bernilai (manfaat memiliki atau menggunakan produk). Harga berbasis nilai pelanggan menggunakan persepsi nilai pembeli sebagai kunci penetapan harga. Kemudian pada konsep Good Value Pricing, melibatkan memperkenalkan versi yang lebih murah dari produk merek terkenal atau lini harga baru yang lebih rendah. Misalnya, Walmart meluncurkan merek toko bernilai ekstrem bernama Price First. Harga bahkan lebih rendah daripada merek pengecer besar yang sudah harga rendah, Price First menawarkan pelanggan lebih hemat, harga terendah pada bahan makanan pokok. Selanjutnya, Value Added Pricing, Penetapan harga berbasis nilai tidak hanya berarti menagih apa yang pelanggan ingin bayar atau menetapkan harga rendah untuk memenuhi persaingan. Sebagai gantinya, banyak perusahaan mengadopsi strategi penetapan nilai tambah. Alih-alih memotong harga agar sesuai dengan pesaing, mereka menambahkan fitur kualitas, layanan, dan nilai tambah untuk membedakan penawaran mereka dan dengan demikian mendukung harga mereka yang lebih tinggi. 

Cost-Based Pricing dapat diartikan sebagai menentukan suatu harga produk dengan mempertimbangkan biaya-biaya yang ada, seperti biaya produksi, biaya distribusi atau transportasi, dan biaya penjualan. Kemudian, biaya-biaya tersebut akan ditambahkan dengan fair rate of return perusahaan yang sesuai dengan effort dan risiko yang dikeluarkan perusahaan. Terdapat beberapa jenis cost yaitu fixed cost, variable cost, dan total cost.

Untuk menentukan harga secara tepat, kita perlu mengetahui perubahan-perubahan cost yang disebabkan perubahan-perubahan level produksinya.  Hal ini biasa dikenal dengan costs at different level of production. Dengan ini, kita bisa menganalisis seberapa banyak produksi yang paling meminimalkan cost (efisien).

Cost-Plus Pricing (atau penentuan harga markup) adalah salah satu metode penentuan harga. Apakah menggunakan markup standar untuk menetapkan harga masuk akal? Secara umum, tidak. Setiap metode penetapan harga yang mengabaikan permintaan dan harga pesaing tidak akan mengarah pada harga terbaik. 

Break Even Pricing adalah penetapan harga impas (atau variasi yang disebut penetapan target harga). Perusahaan menetapkan harga untuk mencapai titik impas atau membuat target pengembalian atas biaya pembuatan dan pemasaran suatu produk. Untuk harga paling murah, perusahaan harus menjual volume yang sangat tinggi untuk mencapai titik impas. Meskipun harga rendah menarik banyak pembeli, permintaan masih jatuh di bawah titik impas tinggi, dan produsen kehilangan uang. Untuk harga paling mahal, perusahaan harus menjual hanya lebih sedikit unit disbanding harga paling murah untuk mencapai titik impas. Tetapi pada harga tinggi ini, konsumen membeli terlalu sedikit pemanggang roti, dan keuntungannya negatif.

Competitor-Based Pricing adalah ketika suatu perusahaan mempertimbangkan penetapan harga berdasarkan strategi, cost, harga, penawaran pasar dari perusahaan pesiang. Hal ini dikarenakan pada umumnya customer membandingkan suatu produk berdasarkan harga yang ditawarkan oleh perusahaan pesaing dengan barang yang relatif sama. Ada dua pertimbangan yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam competitor-based pricing: 

  1. Bagaimana penawaran pasar suatu perusahaan jika dibandingkan dengan penawaran pasar perusahaan pesaing dalam konteks customer-value.
  2. Seberapa besar kekuatan perusahaan pesaing dan strateginya.

Dalam penetapan harga, ada dua faktor yang dapat mempengaruhi keputusan, yaitu:

  1. Faktor Internal: Strategi, Tujuan, dan Bauran Pemasaran secara keseluruhan
  2. Faktor Eksternal: Pasar dan Permintaan, Kondisi Ekonomi

Strategi, Tujuan, dan Bauran Pemasaran. sebelum menetapkan harga, perusahaan harus menetapkan terlebih dahulu strategi, tujuan, dan bauran pemasaran. Hal ini dikarenakan harga memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan, keputusan dalam menetapkan harga dapat berimbas pada:

  1. Menarik pelanggan baru. 
  2. Mempertahankan pelanggan lama yang sudah ada sebelumnya.

Mengapa bauran pemasaran perlu di tentukan terlebih dahulu? karena harga (price) yang merupakan satu dari empat komponen bauran pemasaran itu saling berpengaruh. Misalnya saja ketika suatu perusahaan memilih menentukan produk (product) yang memiliki kualitas tinggi maka cost yang dibebankan pada produk tersebut juga akan meningkat seiring dengan cost yang meningkat, sehingga harga (price) yang dibebankan pada produk tersebut juga akan meningkat.

The Market and Demand adalah ketika suatu perusahaan memperitmbangkan penetapan harga berdasarkan jenis pasar yang ditujunya. disini ada 4 jenis pasar yang teruirai : pasar persaingan sempurna, monopolistik, oligopolistik dan pasar monopoli. disetiap pasar ini memiliki karakterisitik yang berbeda sehingga perusahaan harus menyesuaikan produknya dengan jenis pasar dimana perusahaan berada. selanjutnya perusahaan harus mengetahui  permintaan dan elastisitas harga dari produk yang ia produksi. dimana elastisitas harga dibedakan menjadi 2 : elastis dan inelastis.

The Economy adalah ketika suatu perusahaan harus memerhatikan kondisi ekonomi yang sedang terjadi disekitar lingkungan perusahaan.



Like it? Share with your friends!

7
7 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
4
Genius
Love Love
5
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
5
Win
BountyHunter

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format