Manajer: Sang Perencana dan Ahli Strategi

Dipundak Manajer, penetapan tujuan, rencana, strategi dan pelaksanaan menjadi tulang punggung organisasi


5
5 points

Manajer adalah tulang punggung organsasi. Dalam persaingan yang kompetitif manajer harus terus mengevaluasi seberapa bagus produk mereka dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, dan melakukan perencanaan, strategi dan implementasi yang sistematis untuk memuaskan kebutuhan pelanggan.

Perencanaan itu sendiri adalah proses yang mendefinisikan tujuan dari organisasi, membuat strategi digunakan untuk mencapai tujuan dari organisasi, serta mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. sedangkan menurut Harold Koontz dan O’Donnell : Perencanaan adalah tugas seorang manajer untuk menentukan pilihan dari berbagai alternatif, kebijaksanaan, prosedur dan program.

Dalam perencanaan, manajer harus jeli dalam menentukan:

1. Tindakan apa yang harus dikerjakan

2. Apa sebabnya tindakan tersebut harus dilakukan

3. Dimana tindakan tersebut dilakukan

4. Kapan tindakan tersebut dilakukan

5. Siapa yang akan melakukan tindakan tersebut

6. Bagaimana cara melaksanakan tindakan tersebut.

Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.

Mengapa perencanaan strategis bagi perusahaan sangat penting, karena tanpa strategi dalam mengelola perusahaan, seorang manajer seolah-olah melangkah dalam ketidakpastian. Perencanaan Strategi merupakan faktor internal yang penting untuk dipertimbangkan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan. Manajemen dengan segala keahliannya dituntut untuk menyusun strategi yang cocok untuk perusahaan yang dipimpinnya.

Tingkat dan Jenis Perencanaan

Rencana pada tingkat Corporate terkait keputusan manajemen mengenai misi dan visi organisasi. Strategi tingkat Corporate menentukan di mana industri dan pasar yang akan dituju. Pada tingkat bisnis, para manajer membuat rencana bisnis yang merinci tujuan jangka panjang. Sedangkan pada Level Fungsional, manager membuat strategi yang dapat memperkuat bisnis guna mencapai tujuan perusahaan.

Pembagian Perencanaan Berdasarkan Waktu

  1. Rencana jangka panjang: Rencana untuk jangka waktu lima tahun atau lebih.
  2. Rencana jangka menengah: Rencana untuk jangka waktu satu sampai dengan lima tahun.
  3. Rencana jangka pendek: Rencana untuk jangka waktu satu tahun atau kurang dari satu tahun.

Jenis Perencanaan

  1. Standing Plans. Di kembangkan untuk aktivitas yang berulang secara teratur selama satu periode waktu tertentu. Manajer mengembangkan kebijakan, aturan, dan prosedur operasi standar (SOP). 
  2. Single-Use Plans. Rencana sekali pakai dikembangkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu dan tidak digunakan kembali bila tujuan telah tercapai.
  3. Scenario Planning. Perencanaan Skenario yaitu penentuan serangkaian tindakan alternatif jika suatu rencana/tindakan yang tidak diharapkan dapat terjadi sehingga membutuhkan aksi yang cepat.


Langkah-langkah Perencanaan


Untuk mendefinisikan bisnis, manajer harus fokus pada tiga pertanyaan, yaitu: 

  1. Siapa pelanggan kami?
  2. Apa kebutuhan pelanggan puas? 
  3. Bagaimana kami memuaskan kebutuhan pelanggan?

Pertanyaan tersebut untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, dan bagaimana organisasi memenuhi dan memuaskan kebutuhan tersebut. Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini membantu manajer mengidentifikasi tidak hanya kebutuhan pelanggan yang memuaskan mereka sekarang tetapi juga kebutuhan yang harus mereka coba puaskan di masa depan dan siapa pesaing mereka. Semua informasi ini membantu manajer merencanakan dan menetapkan sasaran yang tepat.


Menetapkan Tujuan Utama

Penetapan tujuan pada organisasi haruslah menantang dan harus realistis. Tujuan Penetapan yaitu untuk :

  1. Memberi arah dan panduan bagi para manajer pelaksana untuk meminimalkan terjadinya kesalahan.
  2. Alokasi sumber daya diutamakan untuk pengadaan sarana dan prasarana yang mendukung tercapainya sasaran perusahaan.
  3. Membangun budaya perusahaan untuk menjadi yang terbaik melalui pemberian penghargaan atas suatu keberhasilan.


Perumusan Strategi

Perumusan strategi adalah membangun kumpulan dari Strategi-strategi Korporat, Bisnis dan Fungsional yang bertujuan memenuhi visi dan misi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Perumusan strategi dimulai dengan melakukan analisa secara sistematis faktor-faktor yang berada dari dalam dan luar lingkungan organisasi yang dapat mempengaruhi jalannya organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Perumusan Strategi yang bisa diterapkan:

  1. SWOT Analysis
  2. Five Forces Model


SWOT Analysis

Melakukan identifikasi dan analisa faktor-faktor yang berasal dari dalam (Strengths dan Weaknesses) dan luar Perusahaan (Opportunities dan Threat).

Setelah melakukan analisa faktor-faktor dalam SWOT tersebut, hal berikutnya yang dilakukan adalah dengan merencanakan proses dan menentukan langkah-langkah untuk memenuhi misi dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


Five Force Model

Model analisa yang digunakan untuk membantu Manajer untuk dapat fokus pada 5 ancaman yang paling beperngaruh karena hal-hal tersebut dapat mempengaruhi seberapa besar organisasi berkompetisi dalam industi yang sama yang mungkin dapat terjadi.



Memformulasikan Strategi pada tingkat Bisnis


Memformulasikan Strategi pada tingkat Corporate

Memformulasikan Strategi pada  tingkat Corporate

Prinsip dari formulating level strategies adalah untuk membantu corporate tumbuh berkembang serta menjaga sebuah corporate tersebut agar tetap berada dipuncak dari industri dan mencegah perusahaan mengalami penurunan, serta siap bersaing dengan industri lain. 

1. Konsentrasi Pada Satu Industri

Adalah konsentrasi pada satu industry dan kemudian menginvestasikan kembali keuntungan perusahaan untuk menguatkan posisi perusahaan didalam industri saat ini.

2. Integrasi Vertikal

Penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi suatu perusahaan yang aktivitasnya berhubungan secara vertikal. Hubungan vertikal meliputi pengadaan barang baku dan sumber daya lainnya serta memperluas operasi perusahaan baik itu mundur keindustri yang memproduksi input untuk suatu produk atau meneruskan keindustri yang menggunakan, mendistribusikan atau menjual produk tersebut.


3. Diversifikasi

  • Related Diversification : Strategi ekspansi bisnis perusahaan kedalam lini bisnis baru namun dalam industry yang sama dengan tujuan untuk menciptakan keunggulan kompetitif pada existing divisi atau lini bisnis perusahaan.
  • Unrelated Diversification : Strategi ekspansi bisnis perusahaan kedalam lini bisnis baru yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan lini bisnis perusahaan yang ada.

4. International Expansion

Global Strategies

  • Menjual produk atau jasa yang terstandarisasi secara worldwide, seperti TV, kulkas, HP dan lain-lain. 
  • Keuntungannya: biaya rendah karena barangnya diproduksinya cukup sekali tanpa perlu ada modifikasi.
  • Kelemahannya: Sulit masuk kedalam pasar baru terutama jika sudah ada kompetitor lokal yang produknya memang sudah disesuaikan dengan selera masyarakat lokal.

Multidomestic Strategies

  • Menjual produk atau jasa yang berbeda-beda, menyesuaikan dengan selera local.
  • Keuntungan: Sesuai dengan selera lokal, sehingga bisa diterima masyarakat lokal sehingga mendapatkan market share pada bisnis tersebut.
  • Kelemahan: Biaya yang tinggi.


4 cara dalam melakukan ekspansi ke dunia internasional



Ada 4 cara dalam melakukan ekspansi ke dunia internasional, yaitu:

Importing & exporting memiliki cara paling mudah, memiliki resiko paling kecil dan membutuhkan tingkat investasi paling kecil. Resiko dan tingkat investasi paling besar adalah ketika perusahaan memutuskan untuk mendirikan atau memiliki anak usaha baru di negara yang akan di ekspansi. Namun secara profitabilitas, hal ini yang men-generate income terbesar.

1. Importing & Exporting

Importing adalah cara mendatangkan produk yang diproduksi diluar negeri untuk dijual didalam negeri. Sedangkan Exporting adalah membuat produk di dalam negeri dan menjual produk tersebut di luar negeri.

2. Licensing &  Franchising

Licensing adalah memberikan izin kepada perusahaan asing untuk memproduksi, mendistribusikan atau menjual produk kita di luar negeri atau dunia dengan imbalan berupa sejumlah fee yang telah disepakati. 

Franchising. Mirip dengan licensing namun dalam hal ini memperbolehkan perusahaan asing untuk menggunakan brand dan men-share cara membuat produk kita dengan imbalan sejumlah pembayaran diawal dan pembagian keuntungan setiap tahunnya

3. Strategic Alliances & Joint Venture

Strategic Alliances adalah sebuah perjanjian antara perusahaan asing dengan lokal untuk untuk berbagi pengetahuan dan resources untuk mencapai sebuah tujuan dengan pembagian keuntungan dan resiko untuk memulai sebuah usaha baru. Joint Venture adalah sebuah langkah strategis yang dilakukan oleh 2 atau lebih perusahaan yang sepakat untuk bersama-sama mendirikan dan membagi kepemilikan atas usaha baru yang dibangun.

4. Wholly Owned Foreign Subsidiary

Adalah memiliki atau mendirikan anak perusahaan di negara asing tanpa keterlibatan perusahaan asing lainnya.


Implementasi Strategi



Langkah – langkah dalam merencanakan dan meng-implementasikan strategi:

  1. Mengalokasikan tanggung jawab untuk mengimplementasikan strategi kepada grup/individu
  2. Menyusun rencana action plan yang detail yang menjelaskan bagaimana mengaplikasikan strategi tersebut
  3. Membuat timetable implementasi yang memuat kapan project tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan action plan
  4. Mengalokasikan sumber daya yang sesuai untuk individu atau kelompok yang sudah disusun berdasarkan tanggungjawab nya
  5. Memonitoring dan memastikan grup/kelompok2 tersebut bertanggungjawab atas pencapaian tujuan-tujuan tersebut.


Sumber:

Jones, Gareth R, Jennifer M. George: Contemporary Management Tenth Edition, Mc Graw Hill Educaton International Editions, New York, 2018.


Disusun Oleh:

Dewi Amelia, Mirza Zulkarnain, Rieza Sidrafil Febianti, Unggul Satriya Anugrah


Like it? Share with your friends!

5
5 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
8
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
8
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format