Kejayaan Mini Cooper di Indonesia : “Kecil-Kecil Cabai Rawit”


3
3 points

Siapa yang tidak senang mendapatkan mobil dengan harga murah sekaligus ramah lingkungan? 

Sumber daya alam yang semakin menipis dan isu lingkungan semakin meruak, LCGC (Low Cost Green Car) dihadirkan sebagai pilihan untuk masyarakat. Beberapa perusahaan berlomba-lomba mengeluarkan mobil LCGC ini, tak terkecuali Suzuki yang mengeluarkan Karimun WagonR di tahun 2014. Harga yang dibanderol cukup murah yakni berkisar Rp115 juta hingga Rp140 juta.

Sayangnya, mobil suzuki yang ramah lingkungan dengan harga murah ini hanya menarik sedikit konsumen. Di tahun 2018, Karimun WagonR berada di posisi penjualan terbawah dibandingkan dengan sesama LCGC. Suzuki harus cukup puas dengan hanya meraih dua persen dari keseluruhan pangsa pasar. 

LCGC semester I/2018 (diolah dari data Gaikindo).

Sumber : Kompas.com

Bulan Januari hingga April 2018, grafik penjualan Karimun WagonR kian menurun. Angka distribusi bulan januari saja sebesar 535 unit terus menurun hingga bulan April yang hanya meraih penjualan 178 unit.

Sumber : Kumparan.com (data diolah)

Mundur setahun dari tahun 2018, penjualan total Karimun wagonR dengan periode yang sama (Januari-April) lebih banyak separuh yaitu 2.053 unit sedangkan di tahun 2018 hanya mampu meraih penjualan 1.581 unit.

Penjualan Mobil Gaikindo

Sumber : Inews.com

Padahal di tahun 2018, penjualan Suzuki tumbuh sebesar 7.8% dari tahun sebelumnya. 

Lain lagi kisah Mini Cooper Countryman, sesama mobil bertubuh kecil nasib keduanya berbanding terbalik. Dibanderol dengan harga yang cukup mahal yakni Rp660juta hingga Rp780juta, Mini Cooper justru laris manis di pasar indonesia. Bahkan BMW Group Indonesia, yang menaungi mobil merk Mini, mengklaim penjualan Mini di Indonesia merupakan yang terbesar di Mini Asia. Klaim ini diperkuat dengan pertumbuhan penjualan Mini Cooper sebesar 33% dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Mini Cooper seakan mampu menghindar dari kondisi pasar otomotif yang sedang menurun.

Mengapa mini cooper yang berharga mahal mengalami pertumbuhan penjualaan sedangkan Karimun WagoR yang dari segi harga lebih murah mengalami penuruanan?

Untuk mengetahui jawaban pertanyaan tersebut, kami akan menganalisis lebih lanjut dengan membandingan kedua mobil.

Compare product Mini Cooper vs Karimun Wagon R LCGC

Suzuki Karimun Wagon R

Mini Cooper Countryman

Product:

Product:

Fitures:

1. Mesin generasi terbaru K10B 998cc yang lebih efisien dan bertenaga

2. Auto gear transmission

3. Multi point injection

4. Gear shift indicator yang dapat memberi tahu saat yang tepat untuk mengganti persneling

5. Dual SRS Airbag yang dapat melindungi dari benturan

6. Child Proof Door Lock sebagai keamanan tambahan pada pintu belakang

7. Layanan after sales yang membantu pengguna 

Fitures:

1. Merupakan mobil mewah dengan mesin empat silinder MINI Twinpower Turbo Technology (Turbocharging, Direct injection, VALVETRONIC)

2. Kapasitas mesin 1.988cc

3. Airbag penumpang depan

4. Child Safety Lock

5. Kantong udara penumpang

6. Anti Lock Braking System

7. Brake Assist

8. Electronic Brake Distribution

9. Sabuk Pengaman Belakang

10. Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman

11. Spion Tengah Lipat

12. Pelindung benturan depan dan samping

Price:

Harga ekonomis, mulai dari Rp 115.500.000 untuk tipe GA Karimun Wagon R hingga Rp 146.000.000 untuk tipe GS AGS Karimun Wagon R)

Price:

Harga jauh lebih mahal, sekitar Rp 660 juta untuk Completely Built Up dan Rp 559 juta untuk rakitan lokal.

Penetapan Harga berdasarkan biaya (cost-based pricing)

Sebagai mobil MPV LCGC termurah milik Suzuki dan termurah dibanding mobil merk lain, Karimun Wagon R berusaha menekan biaya serendah mungkin lalu me-mark up harga untuk memperoleh keuntungan.

Penetapan Harga dengan Nilai Tambah (Value Added-Pricing)

Daripada memotong harga menjadi lebih murah, vendor mobil MINI memilih untuk menambahkan fitur-fitur dan layanan nilai tambah yang membedakan mobil Mini Cooper Countryman dengan mobil lain dan mendukung harga yang lebih tinggi.

Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R merupakan salah satu mobil kota yang sudah diproduksi oleh Suzuki sejak tahun 2013. Huruf R dalam nama Karimun Wagon R menandakan Rekreasi. Mobil ini merupakan lanjutan dari Suzuki Karimun pertama yang diluncurkan pada tahun 1999 dan dipasarkan hingga tahun 2006. 

(Karimun Wagon R merupakan produk lanjutan dari Suzuki Karimun yang dirilis pada tahun 1999)

Mobil ini mengikuti lima elemen kebijakan LCGC yang dijuluki “S.U.P.E.R”, akronim dari Spacious, Useful, Practical, Efficient, and Reasonable. LCGC merupakan sebutan untuk kendaraan Low Cost Green Car dimana mobil yang terkategori sebagai LCGC biasanya berada di harga yang murah dan lebih ramah kepada lingkungan dibandingkan dengan mobil yang berada di rentang harga lebih tinggi. 

Untuk lebih jelasnya mengenai fitur yang ditawarkan pada Karimun Wagon R, di atas dilampirkan video review Mobil Suzuki Karimun Wagon R oleh channel AutonetMagz.

     (Karimun mengikuti lima elemen LGCC yaitu S.U.P.E.R)

Karimun Wagon R bermain di pasar Mobil ekonomis dimana mobil ini dibanderol di harga 115 juta untuk tipe GA Karimun Wagon dan 146 juta untuk GS Karimun Wagon. Walaupun Karimun Wagon R bisa dibilang murah, namun fasilitas yang akan didapatkan oleh konsumen bisa diyakini akan sangat memuaskan.   


(Fitur dari Suzuki Karimun Wagon R)

Membahas mengenai layanan aftersales yang ditawarkan oleh Suzuki kepada konsumen produknya yaitu Suzuki Karimun Wagon R dimana para konsumen mendapatkan layanan servis gratis bertahap yang dapat digunakan apabila kilometer dari mobil sudah mencapai batas.


(Layanan servis gratis bagi pengguna mobil Suzuki Karimun Wagon R)

Layanan ini berlaku sama bagi pengguna mobil Suzuki Karimun Wagon R manual maupun automatic. Dengan ini Suzuki memastikan bahwa para konsumen dimanjakan dengan layanan after sales yang baik dan mumpuni sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen lain dan meningkatkan kesempatan untuk menguasai pasar mobil murah di Indonesia. 



Diatas merupakan beberapa review yang ditemukan terhadap Suzuki Karimun Wagon R. Mayoritas konsumen merasa puas dan sangat menyukai layanan dan kenyamanan dari mobil ini. Beberapa review juga menyatakan bahwa mobil ini termasuk irit dan memiliki design yang bagus. 

Bahkan, terdapat komunitas atau perkumpulan para pemungguna Wagon R di Indonesia. 


(https://wagonrindonesia.com/category/testimoni/ website komunitas Wagon R Indonesia)

Mini Cooper Countryman

Mini Cooper merupakan mobil kecil yang diproduksi oleh British Motor Corporation (BMC) dan penerusnya dari tahun 1959 sampai 2000. Model asli ini dianggap sebagai ikon mobil inggris pada masanya. Mungkin bagi yang masih awam mini merupakan mobil yang digunakan oleh karakter komedi legendaris asal Inggris yaitu Mr. Bean.


(salah satu produk mini cooper yang dipopulerkan oleh Mr. Bean)

Kali ini produk Mini Cooper yang kita akan bahas ialah yang seri Countryman. Mini menghadirkan Countryman rakitan dalam negeri yang menawarkan versi baru dan berbeda dengan yang versi impor. Jodie O’Tania, Vice President BMW Group Indonesia mengatakan bahwa ada fitur baru pada Mini Cooper Countryman rakitan Indonesia, salah satunya ialah picnic bench.

Untuk lebih jelasnya mengenai fitur fitur yang ditawarkan oleh Mini Cooper Countryman bisa melihat review dari channel Oto Driver diatas.

Beberapa fitur lain yang ditawarkan oleh mini cooper antara lain ialah: 

Pintu bagasi elektrik

Pintu bagasi belakang elektrik tersedia sebagai standar pada kedua varian new Mini Countryman rakitan dalam negeri. Opsi ini memungkinkan pintu bagasi dibuka dan ditutup tanpa disentuh sehingga menunjang kemudahan akses.

Kursi belakang dan bagasi

Kursi belakang dapat digeser secara hingga 13 cm. Sandaran kursi belakang juga bisa dilipat dengan pembagian 40:20:40. Kursi ini juga menyediakan sudut kemiringan yang bervariasi sehingga selain dapat meningkatkan kenyamanan penumpang, juga berikan tambahan volume bagasi. Volume kompartemen bagasi adalah 450 liter dan bila diperlukan dapat diperluas sampai 1.390 liter. Ini merupakan penambahan maksimum sebanyak 220 liter jika dibandingkan dengan model pendahulunya.

Picnic Bench

Fitur unik lainnya adalah Picnic Bench, kursi berpermukaan fleksibel yang dapat dilipat dan ditarik keluar dari kompartemen bagasi bagian bawah yang menyediakan tempat duduk bagi dua orang.

Mesin generasi terbaru

New Mini Countryman rakitan lokal diperkenalkan dengan dua varian mesin generasi terbaru. Cooper Countryman dilengkapi mesin 1,5 liter Mini TwinPower Turbo 3-silinder yang menghasilkan tenaga 136 hp dan torsi hingga 220 Nm, output tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 6-percepatan. New Cooper S Countryman Sports, terdapat mesin 2,0 liter Mini TwinPower Turbo 4-silinder yang menghasilkan tenaga hingga 192 hp dan torsi 280 Nm, dengan transmisi sports otomatis 8-percepatan.

Head-Up Display

Keseruan mengemudi Mini Countryman tidak hanya pada fleksibilitas tetapi juga pada keamanan dan kenyamanan. Adanya Park Distance Control, kamera pandangan belakang, Parking Assistant dan Head-Up Display terbaru yang akan membantu pengemudi. Khusus pada New Mini Cooper S Countryman Sports, hadir dengan tampilan sentuh layar 8,8 inci dan wireless charging pada bagian konsol tengah yang akan memudahkan pengemudi dalam menghubungkan perangkatnya serta mengisi ulang baterai smartphone terbaru andalan mereka.

Mobil MINI Cooper Countryman jauh lebih memikat pelanggan

Berbeda dengan Suzuki Karimun Wagon R, mobil MINI Cooper Countryman mengalami peningkatan. Pada tahun 2019, MINI seri Countryman berhasil terjual sebesar 190 unit dan ratusan unit untuk tipe MINI yang lain. Peningkatan ini didukung oleh locally assembled dimana sekarang mobil MINI besutan Inggris bisa dirakit di Indonesia sehingga dapat menekan biaya produksi menjadi lebih murah. 

Berbeda dengan Karimun Wagon R, segmentasi MINI Cooper Countryman memiliki target penjualan yang menyasar kelas premium. Hal inilah yang membuat pengguna MINI tidak akan berkurang meskipun memiliki harga yang jauh lebih mahal. Ada value yang ditawarkan oleh MINI yang membuat pelanggannya menjadi loyal. Fans mobil MINI biasanya lebih loyal, bahkan jika orangtua memiliki mobil MINI kemungkinan anaknya juga menggunakan mobil MINI. Hal ini dikarenakan brand MINI sangat melekat pada penggunanya. Karena product value yang begitu kuat dan berbeda dengan produk mobil lain, MINI bisa menetapkan harga yang tinggi. Berdasarkan hal tersebut, MINI Cooper Countryman menggunakan penetapan harga value-added pricing

Berbeda dengan MINI Cooper Countryman, Karimun Wagon R menggunakan strategi cost-based pricing untuk menetapkan harga. Karena merupakan tipe mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car), Karimun Wagon R memilih untuk menekan biaya produksi hingga serendah mungkin lalu menetapkan harga dengan melakukan mark-up tertentu untuk memperoleh keuntungan. Meski harganya murah, penjualan mobil jenis LCGC merosot saat ini. Hanya dengan menurunkan harga bukan berarti bisa meningkatkan penjualan jenis mobil ini. Hal ini disebabkan daya beli mobil di Indonesia sedang melemah dan berdampak langsung terhadap jenis LCGC ini. Berbeda dengan MINI Cooper Countryman yang tidak terpengaruh dengan harga karena produk tersebut memiliki value yang kuat dan tidak tergantikan dengan produk yang lebih murah. 

Dibandingkan dengan mobil jenis LCGC lainnya yang dijual di pasar Indonesia, Karimun Wagon R adalah yang paling unggul. Seperti dilansir Oto.com, dari segi mesin, fitur, dan tingkat kehematan bensin, mobil ini lebih unggul dibandingkan dengan para pesaingnya (e.g. Daihatsu Ayla, Datsun GO). Namun, mobil ini kurang dapat diterima oleh masyarakat karena desainnya yang tidak biasa. Selain itu, berdasarkan Oto.detik.com, rendahnya tingkat penjualan tahunan Karimun Wagon R disebabkan karena presepsi masyarakat yang memandang mobil tersebut kurang prestige. Akan tetapi, mobil ini laris manis di pasar internasional. Subroto, Presiden Komisaris Indomobil Grouap, menyatakan bahwa perusahaan berhasil mengekspor 3.000 mobil setiap bulannya ke Pakistan.



Opportunity

Threat

Pasar internasional

Kompetitor mobil LCGC

Strength

Strength-Opportunity

Strength-Threat

Produk (mesin, tingkat penggunaan bensin) lebih unggul

Melakukan ekspansi ke pasar internasional

-

Weakness

Weakness-Opportunity

Weakness-Threat

Desainnya tidak mudah diterima

Melakukan ekspansi ke pasar internasional

Melakukan redesign produk

Brand Karimun dianggap tidak prestige

Melakukan rebranding produk

Berdasarkan analisis faktor eksternal (opportunity, threat) dan internal (strength, weakness), menggunakan framework SWOT, di atas, terdapat tiga strategi yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan penjualan mobil Karimun Wagon R ini.


1. Melakukan ekspansi ke pasar internasional

Berdasarkan data yang tersedia, Karimun Wagon R ternyata diminati oleh pasar asing, yaitu Pakistan. Hal ini memberikan sinyal positif kepada perusahaan. Tingkat ekspor yang tinggi menunjukkan bahwa produk diminati di pasaran internasional. Ekspansi ke pasar internasional merupakan sebuah opsi. Brand Karimun dan desain produk Karimun Wagon R bukan menjadi kendala dalam hal ini. Tentunya perlu dilakukan riset lebih jauh mengenai Segmenting, Targeting, Positioning (STP) mobil ini, agar dengan tepat mampu meningkatkan penjualan perusahaan.

2. Melakukan redesign produk

Seperti dilansir Oto.com, desain dari Karimun Wagon R susah untuk diterima masyarakat Indonesia. Bentuknya yang kotak dan bersudut terkesan kaku dan tidak moderen. Untuk menghadapi kondisi ini, Karimun sebaiknya melakukan riset terhadap desain mobil LCGC yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Setelah itu, perusahaan dapat melakukan redesign terhadap Karimun Wagon R. Solusi ini diharapkan ampuh untuk mendobrak penjualan mobil ini.

3. Melakukan rebranding produk

Subroto dalam Oto.detik.com secara tersirat juga menyatakan bahwa terdapat stigma bahwa brand Karimun kurang prestige. Hal ini merupakan tantangan terbesar untuk Karimun. Shifting dalam aspek brand-awareness menjadi peer terberat bagi perusahaan. Apabila tidak segera diselesaikan, masalah ini akan mengganggu kesehatan finansial perusahaan. Tidak hanya penjualan produk Karimun Wagon R, produk Karimun lainnya pun akan tenggelam apabila perusahaan gagal menghilangkan pandangan ini.

Sumber:

https://www.suzuki.co.id/automobile/karimun-wagon-r-gs

https://www.suzuki.co.id/services/automobile/perawatan-berkala

https://www.oto.com/mobil-baru/suzuki/karimun-wagon-r/review-pengguna

https://oto.detik.com/mobil/d-4759252/pasar-otomotif-ri-lagi-turun-jualan-mini-malah-naik

https://www.oto.com/berita-mobil/suzuki-karimun-wagon-r-vs-daihatsu-ayla-1-0-vs-datsun-go-21166473

https://oto.detik.com/mobil/d-4270058/sepi-di-tanah-air-karimun-wagon-r-laku-di-negara-ini

https://bestcar.id/features/j-d-power-baru-22-pembeli-lcgc-yang-peroleh-layanan-standar-penjualan-dari-dealer/

https://m.detik.com/oto/mobil/d-4759252/pasar-otomotif-ri-lagi-turun-jualan-mini-malah-naik


Author:

Amalia Wikandari

Rahmat Hidayat

Indra Bagus K

Fahrian Ghiffari

Hario Wicaksono


Like it? Share with your friends!

3
3 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win
OVERACHIEVERS

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format