WAR DOGS : Management Thought Dari Duo Amatiran Pedagang Senjata

Kisah Duo Amatiran Pedagang Senjata Yang Berujung Konflik Dan Kekacauan


-1
-1 points

War Dogs merupakan film action comedy Amerika Serikat yang diangkat dari kisah nyata dan dirilis di tahun 2016. Menceritakan tentang 2 orang sahabat lama dari Miami, Florida yaitu David Packouz dan Efraim Diveroli. Mereka adalah pedagang senapan amatiran yang mendadak namanya dikenal karena mendapatkan tender sebesar $300 juta dari pemerintah Amerika.

David adalah hidup bersama kekasihnya Iz dan bekerja sebagai seorang tukang pijat bersertifikat di Miami, Florida. Demi mencari penghasilan tambahan David menghabiskan uang tabungannya dengan membeli sprei Mesir kualitas tinggi untuk dijual ke panti jompo di wilayah Miami, namun usaha tersebut gagal. Suatu hari ia datang ke pemakaman Pete, salah satu teman SMP nya dahulu. Disana ia bertemu dengan Efraim. Terakhir kali pertemuan mereka adalah saat masih di bangku SMP, orangtua David melarang David berteman dengan Efraim karena dianggap memberi dampak buruk. 

Source : Youtube

Efraim yang baru saja keluar dari bisnis perdagangan senjata pamannya mengajak David bergabung bersamanya untuk membangun usahanya sendiri. Dalam waktu singkat AEY perusahaan mereka berhasil memenangkan beberapa kontrak dengan militer Amerika Serikat yang dapat merubah hidup David menjadi lebih baik. Namun Iz yang sedang hamil pada awalnya tidak tahu bahwa bisnis David merupakan bisnis senjata. Hingga suatu hari Iz kecewa saat mengetahui bahwa David harus terbang ke Yordania untuk mengurus pengiriman senjatanya demi transaksi Baretta. Dalam pengiriman tersebut membuat David dan Efraim harus berkendara menyelundupkan senjata dari Yordania menuju Baghdad melewati wilayah berbahaya di perbatasan demi menyelesaikan kontrak. 

Source : Youtube

Namun usaha mereka berdua tidak sia-sia, pengiriman senjata tersebut berhasil dan mereka sukses mendapatkan uang banyak, $2,8 juta dengan pembagian 30% untuk David dan 70% untuk Efraim. Kehidupan David mulai berubah, ia sekarang telah memiliki apartemen mewah di Miami dan mobil Porsche. Suatu hari David dan Efraim mendapatkan kabar bahwa militer Amerika Serikat membuka penawaran tender untuk pengadaan senjata militer Amerika Serikat di Afganistan. Keberuntungan berpihak pada AEY, mereka memenangkan tender tersebut yang mereka sebut sebagai “The Afgan Deal”. 

Source : Youtube

Kontrak tersebut bernilai $300 juta. Mereka harus dapat menyiapkan 360 ribu senapan, 1.084.000 granat, 45.000 rudal pesawat, dan 100 juta amunisi untuk AK-47. Semua itu  karena Pentagon akan mempersenjatai Afganistan untuk 30 tahun ke depan. Mereka berpikir keras bagaimana bisa mendapatkan semua itu dengan jumlah yang juga fantastis. Kemana lagi mereka akan pergi? Tidak lain dan tidak bukan mereka pergi ke Las Vegas, disana ada Vegas x tempat dimana militer dan produsen berkumpul untuk membahas situasi perang yang terakhir. Mereka bertemu dengan banyak pemasok amunisi dan senjata yang mengadakan pameran. Satu persatu mereka tanya namun tak ada satupun yang sanggup untuk memenuhi permintaan mereka kalau pun sanggup AEY harus menyediakan modal yang besar terlebih dahulu, namun hal tersebut mustahil untuk AEY yang masih tergolong perusahaan kecil.

Source : Youtube

Akhirnya secara tidak sengaja ketika sedang duduk di meja casino, David bertemu dengan seseorang yang bernama Henry Girard. Henry adalah seorang legenda di kalangan pedagang senjata. Mereka saling bercerita dan Henry menyanggupi untuk memasok semua senjata yang diminta di The Afghan Deal. Semua itu bisa didapatkan di Albania. Menurut Henry Albania seperti sebuah gudang besar, mereka sudah mempersiapkan semua senjata untuk invasi ke barat dan mereka dalam proses bergabung dengan NATO. Akhirnya AEY setuju untuk bermitra dengan Henry. Namun yang menjadi pertanyaan mengapa Henry tidak mengajukan tender itu atas namanya sendiri? Ternyata Henry diblacklist dan dianggap teroris oleh pemerintah Amerika. Tanpa menunggu lama pergilah David dan Efraim ke Albania untuk melihat langsung gudang senjata tersebut. Dan tidak beberapa lama mereka mendapatkan kabar bahwa mereka memenangkan tender The  Afghan Deal. 

Source : Youtube

Petualangan di film semakin seru disini. Untuk memastikan keberhasilan pengiriman barang dari Albania, David harus turun tangan langsung ke lapangan dan ia diharuskan untuk berada di Albania selama 1 bulan atau lebih. Di masa-masa seperti ini pula, Iz, kekasihnya mengetahui bahwa David selama ini berbohong. Iz sangat marah dan pergi dengan membawa Ella anak mereka dan pulang ke rumah orangtuanya. Namun David tidak dapat berbuat apapun, ia memiliki tanggung jawab untuk pergi ke Albania untuk memenuhi tender yang telah ia dan Efraim berhasil dapatkan. 

Source : Youtube

Ternyata AEY ditipu oleh Henry, senjata yang dikirimkan adalah amunisi buatan Cina dan itu tertulis jelas di peti kayu kemasan tersebut. David seorang diri di Albania dan berusaha mencari pemasok senjata baru di Eropa Timur, namun nihil hasilnya. Akhirnya Efraim datang ke Albania menemui David dengan membawa ide baru. Ide Efraim adalah mengganti peti kayu pembungkus amunisi dengan plastik kemudian dimasukkan ke dalam kotak karton. Selain dapat menyamarkan bahwa amunisi tersebut adalah buatan Cina, dengan mengganti peti kayu menggunakan plastik terbungkus karton, dapat juga mempermurah biaya angkut dan mereka dapat menghemat biaya angkut sampai dengan $3 juta. Pendek cerita pengiriman amunisi tahap pertama ke Afganistan berjalan dengan lancar.

Source : Youtube

Namun di tengah-tengah proses ini, Efraim kembali menemukan kecurangan yang dilakukan oleh Henry. Efraim berniat untuk memutus kontrak dengan Henry. David tidak setuju dengan ide tersebut namun Efraim tetap menjalankan idenya. Karena ide Efraim itu, David sempat diculik dan hampir dibunuh oleh Henry. David sangat marah dan akhirnya ia memutuskan untuk kembali ke Miami dan ingin mengakhiri kerjasamanya dengan Efraim. Sebelum David pergi dari Albania, Enver, seseorang yang bermitra untuk proses pengemasan amunisi meminta bayaran ke David, karena ternyata selama ini Efraim tidak pernah mentransfer bayaran kepadanya. 

Source : Youtube 

Sesampainya David di Miami, ia langsung menemui Efraim dan meminta bayaran bagiannya sebesar 30%. Sesuai dengan kontrak yang telah mereka sepakati. Namun ternyata Efraim telah berbuat curang, surat kontrak yang telah ditandatangani telah dibuang oleh Efraim. Mulai saat itu David memutus hubungan dengan Efraim dan kembali bekerja sebagai pemijat profesional. Iz kekasihnya juga telah memaafkan dirinya dan kembali kepadanya. 

Source : Youtube

Tak berapa lama penipuan yang dilakukan AEY diketahui dan David dan Efraim ditangkap oleh FBI. Efraim sebagai otak utama penipuan dihukum selama 4 tahun penjara, sedangkan David hanya dikenakan tahanan rumah selama 7 bulan. Akhirnya David hidup sederhana kembali menjadi seorang pemijat. Meskipun sederhana namun hidupnya tenang dan tanpa disangka-sangka di suatu hari ia mendapatkan panggilan dari seorang klien. Dapatkah ditebak siapa klien tersebut? Ternyata dia adalah Henry Girard! Henry merasa berterima kasih kepada David karena selama pemeriksaan oleh pihak kepolisian David tidak membawa-bawa nama Henry sehingga Henry aman. Sebagai wujud rasa terima kasihnya, Henry memberi David uang sebesar 30% dari kesepakatan tender The Afghan Deal!


Four Tasks of Management

Dari film War Dogs dapat kita lihat four tasks of management, managerial roles, pilihan management thought. Akan dibahas satu-persatu disini. 

Four task of management terdiri atas:

  • Planning, menentukan tujuan dan tindakan yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan 

  • Organizing, membuat struktur pekerjaan dan hubungan antar pekerja agar dapat bekerja bersama untuk mencapai tujuan perusahaan

  • Leading, memotivasi, mengkoordinasi, dan menyemangati orang atau kelompok untuk bekerja bersama untuk mencapai tujuan perusahaan 

  • Controlling, membuat perhitungan yang akurat dan memonitor sistem untuk mengevaluasi seberapa jauh kinerja perusahaan 

Mari kita bandingkan dua karakter penting di dalam film berdasar four tasks of management ini. 

Four Tasks of Management

Efraim 

David

Planning

Terlihat jelas selama di film karakter Efraim memegang peranan dalam planning. Tujuan AEY adalah menjadi perusahaan besar yang terkenal sebagai pemasok senjata yang dikenal di Amerika. Salah satu contoh konkritnya adalah dengan ia menggandeng David menjadi partnernya dan merekrut pegawai untuk bekerja di AEY. 

Fungsi planning pada karakter David kurang menonjol disini. Ia lebih banyak mengikuti apa yang sudah Efraim tentukan. 

Organizing

Terlihat di saat bekerja sama dan memilih pekerja untuk mengganti peti kayu dengan plastik. Mengorganisir pekerja di bawah pengawasan Enver. Dan menentukan bagaimana cara pengiriman amunisi ke Afganistan.

Sama halnya dengan Efraim, selama di Albania, David mengorganisir pekerja di bawah pengawasan Enver dan juga menentukan cara pengiriman amunisi ke Afganistan.

Leading

Fungsi leading Efraim terlihat jelas di film. Saat menentukan akan bermitra dengan Henry, Efraim yang memutuskannya dan berusaha meyakinkan David bahwa AEY pasti akan menang tender.

David tidak terlalu banyak memegang fungsi leading disini. 

Controlling

Fungsi controlling Efraim kurang.

David lebih sering turun langsung ke lapangan. Salah satunya adalah di saat ia harus tinggal beberapa bulan di Albania untuk memastikan amunisi yang datang sesuai dengan pesanan dan proses pengirimannya sesuai dengan target. Karena David melakukan controlling maka diketahui bahwa amunisi yang datang adalah amunisi buatan Cina. 


Managerial Roles

Identifikasi peran manajerial menurut Mintzburg terdiri atas decisional, interpersonal, dan informational. 

Pada tipe peran decisional terbagi atas entrepreneur, disturbance handler, resource allocator, dan negotiator. Peran spesifik Efraim lebih kepada entrepreneur. Dia mendirikan AEY dan melihat peluang-peluang yang ada sehingga bisa mengembangkan perusahaannya. Sedangkan David peran spesifik lebih kepada negotiator. David lebih sering turun ke lapangan dan berhadapan langsung dengan pekerja yang disewa oleh perusahaan. 

Peran interpersonal terbagi atas 3 peran spesifik, yakni figurehead, leader, dan liaison. Peran figurehead dan leader dipegang oleh Efraim. Efraim yang menentukan akan bekerjasama dengan siapa, akan ikut tender apa, dan bekerjasama dengan siapa. Contoh lainnya adalah ide untuk mengganti peti kayu pembungkus amunisi adalah ide dari Efraim, walaupun ide tersebut ilegal. Sedangkan David memegang peranan liaison karena David seringkali berkoordinasi dengan rekan kerja dan bertukar pikiran dengan pekerja dan mitra bisnis. Saat di Vegas dan David bertemu dengan Henry, David bertukar pikiran dan membuka peluang kerja sama dengan Henry. 

Peran manajerial yang ketiga yaitu informational. Terbagi atas 3 peran spesifik yaitu monitor, disseminator, dan spokesperson. Peran spesifik monitor ada di karakter Efraim. Di The Afghan Deal, Efraim memonitor pekerjaan dari Miami sedangkan David turun langsung ke lapangan dan tinggal beberapa bulan di Albania. Sedangkan spokesperson ada di karakter David. Di saat berhubungan dengan Kapten Santos di Irak, David sebagai juru bicara AEY selalu berhubungan dengan Kapten Santos dan memberitahukan perkembangan terakhir mengenai pengiriman senjata ke Irak.  


Management Thought

Management Thought yang terlihat di dalam karakter Efraim dan David di film War Dogs adalah: 

Scientific Management Theory

Teori scientific management merupakan studi sistematik mengenai hubungan antara orang dan tugas-tugas dengan tujuan mendesain ulang proses kerja dan untuk meningkatkan efisiensi. Karakter Efraim dan David bekerjasama dalam memikirkan bagaimana cara yang paling efisien dalam mengirimkan senjata ke Irak. Akhirnya diputuskan mengirimkan melalui jalan darat dari Yordania ke Irak melalui wilayah perbatasan. Walaupun beresiko namun cara yang mereka pilih tepat dan berhasil. 

Administrative Management Theory

Teori administrative management merupakan instruksi tertulis yang menspesifikan tindakan yang akan diambil di saat kondisi yang berbeda untuk mencapai tujuan perusahaan. Efraim dan David sudah menuliskan pembagian keuntungan yakni 70% Efraim dan 30% David. Sehingga keduanya bekerja sesuai porsinya masing-masing karena sudah jelas pembagiannya. 

Organizational Environment Theory

Teori organizational environment adalah teori yang menjelaskan bahwa tekanan dan kondisi yang terjadi adalah diluar kapasitas perusahaan namun memberikan efek bagi seorang manajer untuk memperoleh dan memanfaatkan sumber daya. Saat mendapati bahwa amunisi yang dikirimkan oleh Henry adalah buatan Cina, Efraim langsung memutar otak dan beride untuk menyamarkannya dengan cara merubah kemasan dari peti kayu menjadi plastik yang kemudian dibungkus dengan karton. Untuk pengerjaannya AEY membayar sejumlah pekerja di Albania. Dan karena hal tersebut pula AEY dapat menambah keuntungan sebesar $3 juta karena biaya angkut jadi berkurang karena bobot amunisi menjadi lebih ringan. 


Solusi

Four Tasks of Management

Favorite character : Efraim 

Solution

Planning

Dalam hal Planning karakter Efraim sering melakukan hal tanpa ada perencanaan yang matang


Seperti dalam adegan ketika Efraim dan David harus mengirim senjata ke Irak. Mereka tidak mengetahui adanya peraturan baru bahwa tidak boleh mengirim senjata buatan Italia ke Irak. Mereka mengirim senjata tersebut lewat jalan darat tanpa mengetahui medan yang akan dilalui.


Dalam setiap pengambilan keputusan sudah sewajarnya berdasarkan perencanaan yang matang.


Meskipun pengiriman senjata ke Irak tersebut berhasil, namun  Efraim dan David tidak mengetahui telah melewati “triangle of death”, dan juga adanya peraturan baru senjata buatan Italia tidak boleh dikirim ke Irak. semua karena tidak adanya perencanaan.

Organizing

Dalam hal Organizing karakter Efraim banyak menceritakan kebohongan demi mendapatkan atau mempertahankan tender.


Salah satu adegan adalah ketika Efraim berbohong menjadi Yahudi yang taat atau berbohong kepada Kapten Santos perihal anaknya yang sedang sakit agar kontrak tidak diputuskan secara sepihak.

Dalam hal berbisnis salah satu tujuannya adalah mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan. Untuk mendapatkan kepercayaan tersebut ada baiknya tidak dimulai dengan sebuah kebohongan.



Leading

Dalam hal Leading karakter Efraim sering melakukan hal yang dia inginkan saja, tanpa mempertimbangkan masukan atau saran dari orang-orang sekitarnya.


Seperti dalam adegan ketika salah seorang pegawai menanyakan kepanjangan dari AEY, dan memberitahu Efraim bahwa IBM adalah  merupakan kepanjangan dari International Business Machine. Kemudian tanpa alasan Efraim mengeluarkan pegawai tersebut.


Sebagai seorang pemimpin, sikap Efraim seharusnya lebih bijaksana, salah satunya dengan mendengar dan juga mempertimbangkan masukan dari orang sekitar.


Dalam adegan pegawai yang menanyakan kepanjangan AEY tersebut sebenarnya cukup bermanfaat untuk Perusahaan, yaitu sebagai branding agar lebih dikenal oleh para pelanggan.

Controlling

Dalam hal fungsi Controlling, karakter Efraim kurang melakukan fungsi tersebut, hal ini terlihat dari seringnya David turun ke lapangan untuk melakukan pekerjaan.


Seperti ketika David lebih dahulu mengetahui amunisi AK-47 adalah buatan Cina, padahal Efraim ikut dalam uji coba senjata tersebut di Albania 

Terkadang fungsi controlling ini sering dilupakan, padahal fungsi ini tidak kalah penting dibanding dengan fungsi - fungsi yang lainnya. 



Dalam film War Dogs, fungsi inilah yang menemukan bahwa kualitas barang tidak sesuai dengan pesanan pelanggan, yaitu amunisi AK-47 adalah buatan Cina.

Penulis:

Dinda Dwicahyarini

Galih Adzanimurti

Tri Setiadji

Windhi Pranata



Daftar Pustaka:

  1. https://idxx1.cam/movie/war-dogs-2016-6luy/play 

  2. www.notrecinema.com 

  3. Managers and Managing, JG Chapter 1, Class Presentation, 25 October 2019

  4. The Evolution of Management Thought, JG Chapter 2, Class Presentation, 26 October 2019

  5. www.youtube.com


Like it? Share with your friends!

-1
-1 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
atomicblonde

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format