Christina lie, seorang emak-emak inspiratif yang berjiwa Sosialis


2
2 points

Berawal dari seorang pekerja kantoran yang senang bermainfacebook.Christina lie seseorang yang awalnya dikenal karena aktif dalam komunitas pecinta anjing merintis usahanya. Christina sendiri mulai mengenal duniasocial mediasejak tahun 2009, pada tahun itu ia membuat sebuahaccount facebookpribadi yang pada awalnya hanya untuk mengikuti trend pada saat itu. Akan tetapi dariFacebookia bertemu teman-teman baru yang pada awalnya tidak ia kenal sebelumnya. Tidak lama berselang ia bersama dengan teman-teman barunya yang mempunyai ketertarikan yang sama yaitu pecinta anjing membuat suatu komunitas pecinta anjing secara yang berbasis online. Perlahan-lahan anggota darikomunitas pecinta anjing yang ia dirikanbertambah banyak, yang pada awalnya hanya mencakup regional tempat ia tinggal berubah menjadi skala nasional.

Dari sebuah komunitas pecinta anjing yang ia dirikan bersama teman-teman social medianya itu, ia mulai di kenal di dunia maya tepatnya pada padafacebookChristina lie yang gemar berbagi ilmu berbagi ilmu mengenai bagaimana cara berjualan menggunakansocial media. Selain sebagai seorang pecinta anjing ia juga dikenal sebagai salah seorangdigital marketer.Dengan facebook pribadinya ia kerap kali membagikan tips-tips berjualan menggunakanfacebook. Pada saat itu belum banyak pesaing pada pemasaran digital tidak seperti saat ini yang sudah menjamur di mana-mana. Pada saat itu selain membagikan tips-tips dalam berjualan menggunakan facebook ia juga melakukan penawaran produk yang berbasispre-orderatau dapat diartikan sebagai seorang pembeli melakukan pemesanan dan pembayaran terlebih dahulu dan produk akan di terima pada waktu yang sudah di tentukan oleh penjual. Menggunakan model penjualan tersebut adalah langkah terbaik yang bisa di ambil oleh Christina pada saat itu dikarenakan ia tidak mempunyai cukup modal untuk mendatangkan langsung dalam jumlah yang besar. Produk yang di tawarkan oleh Christina lie pada saat itu adalah aksesoris fashion import dengan harga yang sangat murah.

Metode penjualan yang digunakan oleh Christina lie pada saat itu ia menggunakan metodesoft-selling.Ketika ia memberikan tips berjualan dengan facebook ia juga menawarkan produk-produk yang ia jual. Pada saat itu ia hanya menggunakan akun facebook pribadi dalam menawarkan suatu produk, hanya akan tetapi respons dari teman-teman ia sangat baik. Tidak puas sampai situ Christina berkeinginan untuk memperluas jaringan pemasaran ia tidak sebatas dari pengguna facebook yang menjadi teman nya ia berinsiatif menggunakanfitur pemasaran otomatis dan berbayar dari facebook yaitufacebook adsdengan menggunakan fitur tersebut terbukti ampuh dalam mendongkrak penjualan Christina lie, setelah menggunakanfacebook adspenjualan meningkat sampai dengan 40 kali lipat dari biasanya.

Dua tahun berselangpesaing mulai berdatangan. Semakin banyak orang mulai menggunakan fiturfacebook adsdan jugamarketplaceberbasis online berdiri sehingga membuat biaya iklan semakin mahal untuk mendapatkan hasil yang sama pada periode sebelumnya. Sehingga mau tidak mau Christina mencoba untuk menambahincome streamatau jalur pemasukan di pada bidang lain pada tahun 2013 ia menggunakan tabungan yang ada untuktradingpada saham option. Saham options adalah sebuah produk derivative dari pasar modal yang berbentuk hak untuk menjual atau membeli suatu saham pada harga tertentu dan jangka waktu tertentu.

Tepatnya pada tahun 2013 Christina lie memulai petualangan nya sebagai seorangdaily traderpada option saham. Awalnya langkah yang ia ambil itu berjalan dengan lancar. Awalnya ia mendapatkan profit yang lumayan untuk menambah pemasukan nya selain dari bisnis grosir aksesoris fashion online yang pada saat itu mengalami persaingan pasar yang hebat. Pada saat itu pula ia memberanikan diri untuk membeli sebuah rumah dengan cara dicicil. Akan tetapi tidak lama berselang dari options saham yang sebelum nya memberikan ia keuntungan yang lumayan dan dapat membantu ia dalam mencicil rumah mengalami kerugian yang cukup besar.

Dalam waktu singkat tidak lebih dari 3 hari ia mengalami kerugian sampai dengan 3 Milyar rupiah. Peristiwa tersebut berasal dari ambisi seorang Christina yang begitu besar untuk mendapatkan profit terus menerus, dimana pada suatu waktu dalam satu hari ia menderita kerugian sebesar 1 milyar kemudian dengan ambisi yang kepercayaan diri yang berlebih ia menginvestasikan sisa tabungan yang ia miliki untuk trading ulang padaoptionsaham tersebut. Dengan harapan ia dapat menggandakan keuntungan dan dapat menutupi kerugian dalamtradingtersebut akan tetapi yang terjadi adalah hal diluar harapan dari Christina, bukan nya untung yang ia dapat tetapi kerugian berlipat yang ia dapat. Tabungan yangia kumpulkan bertahun tahun ada hangus sudah dalam waktu 2 hari saja.

Pada saat itu lah Christina merasa ia berada di titik terendah dalam hidup nya. Pada titik itulah Christina merasastress,sampai-sampai kebutuhan sehari-hari tidak dapat ia bayar bahkan untuk membayar cicilan rumah, menggaji karyawan, dan juga untuk membeli susu anaknya ia harus berhutang kepada kerabatnya. Dari situ karyawan yang semula ikut dengan Christina Lie tahu bahwa keadaan perkonomian atasan nya sedang tidak baik.Kemudian karyawan yang pada awalnya terdapat 16 orang perlahanresignsatu-persatu. pada Hal itu disebabkan pula karena pada saat itu Christina mengalami bias cognitive berupaIllusion controldanescalating commitmentdalam pengambilan keputusan.

Illusion control adalah dari kecenderungan untuk melebih-lebihkan kemampuan seseorang untuk dapat mengendalikan segala aktivitas dan acara.Pada saat itu Christina terlalu percaya diribahwa ia dapatmengerjakan tugas sebagai importer dan juga sebagai trader. Karena pada saat itu ia berkeinginan untuk menambahincome streamkarena pada saat itu ia sedang membangun rumah untuk keluarganya . tapi apa yang ia lakukan ternyata sebuah kesalahan terbesar dalam hidupnya. Karena terlalu focus dalam trading di option perusahaan yang ia rintis pada tahun 2011 tidak terurus dengan baik yangmengakibatkan perusahaan tersebut tidak dalam kondisi sehat. Sehingga pada saat Christina lie mengalokasikan seluruh tabungan yang ia miliki dan mengalami kerugian total tidak punya pemasukan cadangan dan pemasukan lain sehingga ia hanya bergantung pada hutang untuk mencukupi biaya hidupnya.

Selain Illusion control, Christina lie juga mengalamibias cognitiveberupaescalating commitment. Escalating commitment sendiri berarti ,bias kognitif yang memiliki kecenderungan untuk menambahkan sumber daya untuk suatu proyek yang dimana hasil menunjukan proyek tersebut telah gagal. Hal tersebut terbukti ketika ia mengalami kerugian pada hari pertama ia mengalami kerugian yang besar, ia malah menguras tabungan yang tersisa untuk berinvestasi di bidang yang sama pada saat itu adalah saham option dengan harapan ia akan mendapatkan profit di hari berikutnya, akan tetapi kenyataan berkata sebaliknya.

Christina Lie merupakan seseorang yang taat beribadah sehingga pada saat terpuruk tersebut ia ber inisiatif untuk menemui pemuka agama yang ia percaya. Pemuka agama tersebut memberikan nasihat untuk Christina supaya bangkit dan terus bergerak untuk mengejar peluang yang tersisa pada saat itulah Christina berubah dalam kehidupan berbisnis. Ia mempunyai prinsip bahwa siapapun yang terus bergerak untuk mencari rezeki maka peluang akan datang dengan sendirinya.

Pada saat itulah titik kebangkitan Christina lie, ia tumbuh menjadi seseorang yang berani, cerdas dalam membaca situasi dan penuh pertimbangan ketika akan melangkah. Pelan pelan ia membangkitkan bisnisnya yang mati segan hidup tak mamputersebut. Pelan pelan ia mulai ulang, ia benahi kesalahan-kesalahan masa lampau, ia sering melakukansharingpengalaman terhadap siapapun yang menurut ia dapat mempengaruhi ia dalam hal positif. Dan itu ia lakukan hingga detik ini ia melakukan wawancara dengan pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia lalu di upload di youtube.

Setelah dirasa mempunyai ilmu yang ia dapat cukuppada tahun 2015 Christina merombak perusahaan grosr aksesoris nya menjadi sebuah perusahaan yang sama sekali baru bernama red101. Christina Lie menyebut red101 merupakan perusahaandistribution channel.memanfaatkan situasi pada saat itu yaitue-commercemulai masuk dan diketnal oleh masyarakat. Dengan dikenalnyae-commercedalam masyarakat, dropshipper pun mulai menjamur. Pada saat itu banyak orang ingin mengikuti tren untuk berdagang die-commercetetapi tidak mempunyai modal berupa uang dan kemampuan. Dari situlah muncul ide dari Christina lie untuk mendirikan sebuah perusahaan yang dapat menjawab kebutuhan dari masyarakat. Dari situ ia membuat sebuah program loyalty member dimana program tersebut memberikan penawaran harga terendah untuk member setelah ia melakukan transaksi dengan nominal tertentu

Dengan menggunakan programloyalty membertersebut, bertumbuhan member-member loyal pada perusahaan yang ia dirikan. Sebelum itu ia melakukan edukasi pasar secara perlahan perlahan ia melakukan edukasi kepada member di dalamnya sama seperti yang ia lakukan 4 tahun sebelumnya difacebook. Setiap member di dalam nya sudah disiapkan foto,copywritingdan materi-materi untuk berjualan. Sehingga sangat memudahkan para membernya untuk berjualan di manapun dengan strategi-strategi yang sudah ia berikan kepada membernya.

Selain dengan programloyalty memberia juga memberlakukanmember get memberuntuk memperluas jaringan pemasaran ia. Setiap member yang membawa member baru untuk perusahaan nya akan mendapatkan benefit-benefit tertentu. Dari situ reseller dari perusahaan dia mulai bertumbuh. Banyaknya reseller yang ia miliki tidak terlepas dari program-program strategis dan juga harga yang ditawarkan yang memeberikan keuntungan yang sangat tinggi untuk para reseller nya. Sampai ada salah satu reseller nya mendapatkan keuntungan sampai dengan 200 juta dalam waktu dua minggu saja.

Selain menawarkan produk aksesoris fashion,Red101juga memiliki ribuan produk lainnya. Wanita dan ibu rumah tangga merupakan segmentasi pasar yang ia incar maka red101 juga menjual berbagai macam kebutuhan wanita sepertilipstic, skin caredan lain-lain. Salah satu produk yang ia pasarkan akhir-akhir ini bernamalumecolorslipstick ia dapat menjual sebesar160.000 pcs hanya dalam waktu 1 minggu.selain itu ia juga mempunya 40.000 produk pre order dan 5000 jenis produk yang ready stock. Dari penjualan yang ia dapat sebagian besar di dapat dari reseller yang sudah ia bentuk sebelumnya.

Konsep bisnis yang ia bangun tersebut ternyata sangat berkembanghingga saat ini. Reseller-reseller yang ia bentuk sangat aktif dalam memasarkan produk dan memberikan feedbackuntuk kemajuan bersama. Sehingga dalam memasarkan produk hampir tidak mempunyai kendala dalam pemasaran produk. Bersama-sama dengan resellernya Christina lie membesarkan nama Red101. Ia bekerja dengan keras untuk tidak terjadi perang harga antar reseller dengan berbagai cara. Ia juga memberikan rangsangan-rangsangan kepada reseller nya untuk terus aktif dalam pemasaran produk.

Selain aktif dalam mengembangkan red101, Christina juga aktif dalam dunia youtube dan juga sebagai praktisidigital marketing. Di youtube ia membuat konten berupa konten-konten mengenai bisnis. Antara lain adalah langkah-langkah dalam membangun suatu bisnis,cara-cara untuk bertahan dalam dunia bisnis. Dalam membuat konten tersebut ia melakukan wawancara dengan para praktisi di bidangnya. Konten yang ia buat berisi tentang kisah praktisi bisnis dalam merintis dan membesarkan bisnisnya. Melalui channel youtube Christina Lie Para praktisi tersebut memberikan informasi nya dengan gaya santai seperti obrolan-obrolan ringan dengan bahasa yang membumi.

Dengan seperti itu Christina berharap dapat memberikaninsightbaru untuk para pemula dalam bisnis untuk merintis usahanya. Dengan membagikan konten youtube tersebut secara tidak langsung Christina juga mendapatkan ilmu dan juga dapat menambahincome streambaru untuk ia. Sehingga dalam membuat konten youtube ia sangat serius dan berhati-hati dalam memilik narasumber. Dengan harapan dapat memberikan pengaruh positif kepada para subscribernya dan juga dirinya. Karena ia berfikir bahwa dalam bisnis kita harus terus belajar dan berkembang untuk bisasurvive.


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format