Fast & Furious, Hobbs & Shaw : “Fokus pada hati manusia, Kita boleh saja punya teknologi canggih”.

Hobbs merupakan agen keamanan Amerika Serikat (AS), sedangkan Shaw adalah mantan agen intelijen Inggris. Mereka bertemu untuk pertama kali pada Fast & Furious 7.


0

Hobbs merupakan agen keamanan Amerika Serikat (AS), sedangkan Shaw adalah mantan agen intelijen Inggris. Mereka bertemu untuk pertama kali pada Fast & Furious 7. 

Sejak pertemuan pertama, mereka selalu berkonflik karena perbedaan kepentingan. Dahulu Shaw memiliki rencana yang dianggap Hobbs melanggar hukum. Pertemuan Hobbs dan Shaw dalam spin-off kali ini agak berbeda. Hattie Shaw (Vanessa Kirby), saudara perempuan Shaw mencuri sebuah formula biologis dari Brixton (Idris Elba), pemimpin kelompok penjahat. Formula yang ada dalam tangan Hattie bisa membahayakan keselamatan manusia. Brixton tidak ingin membiarkan barang yang bisa membuatnya kuat jatuh di tangan orang lain. Brixton memburu Hattie bersama pasukannya. Mengetahui saudaranya sedang dalam masalah, Shaw berusaha membantu. Namun Hobbs juga ikut bekerja sama. Setidaknya saat ini mereka mempunyai tujuan yang sama, menghentikan rencana Brixton dan menangkapnya.

Four Task of Management

Four Task Of Management

Luke Hobbs

Brighton

Planning

Fungsi planning sangat menonjol dalam film ini. Hobbs bekerja sama dengan shawn untuk mengalahkan Brixton mengingat Brixton memiliki kekuatan yang tidak mungkin dikalahkan sendirian oleh Hobbs. Pada saat berperang, Hobbs mengatur strategi untuk melawan Brixton.

Karakter Brighton tidak memiliki strategi planning yang bagus. Brixton hanya mengandalkan kekuatan teknologi yang dimilikinya. 

Organizing

Terlihat pada saat Hobbs sebagai agen keamanan diminta bekerja sama dengan shawn (agen intelijen inggris) oleh Keamanan

Brighton mengorganisir pekerjaanya dengan bagus serta memiliki anak buah/pekerja yang sangat banyak utnuk menjada bisnisnya.

Leading

Kepemimpinan Hobbs terlihat jelas dalam film ini. Hobbs mengatur strategi dengan shawn pada waktu bertarung melawan Brighton setelah berkali kali kalah melawan Brighton. 

Brighton tidak terlalu banyak memegang fungsi leading di sini. 

Controlling

Fungsi controlling tidak terlalu terlalu terlihat di tokoh Hobbs. Mengingat posisi Hobbs sebagai agen keamanan Amerika yang berkerja sendiri/bertarung sendiri melawan Brighton.

Fungsi pengendalian terlihat di tokoh Brighton. Hal ini terlihat ketika Brighton mengetahui formula virus yang diproduksinya dicuri oleh Hattiew Shaw.

Managerial Roles

Menurut Mintzberg, peran manajer dalam organisasi dibagi menjadi 3 tipe, meliputi:

  1. Interpersonal Roles (Peran Antarpribadi)
    Sosok atau Figur (Figurehead)
    Seorang Manajer memiliki tanggung jawab terhadap legal, sosial, seremonial dan juga bertindak sebagai simbol perusahaan. Seorang Manajer diharapkan menjadi sumber inspirasi

    Pemimpin (Leader)
    Seorang Manajer bertugas sebagai pemimpin dalam Tim, departemen  ataupun organisasinya. Menyeleksi dan Melatih karyawanya serta mengelola kinerja dan memotivasi karyawannya.

    Penghubung (Liaison)
    Seorang Manajer harus membangun dan menjaga komunikasi dengan kontak Internal perusahaan maupun kontak eksternal perusahaan. 

  1. Informational Roles (Peran Informasional)
    Pemantau (Monitor)
    Dalam Peran Pemantau ini, seorang manajer berperan sebagai pencari informasi yang berkaitan dengan industri dan organisasinya. Seorang Manajer juga memantau tim yang dipimpinnya baik dari segi produktivitas, kinerja maupun kenyamanan kerja anggota timnya

    Penyebar Informasi (Disseminator)
    Setelah mendapatkan informasi, seorang manajer harus menyebarkan dan mengkomunikasikan informasi tersebut ke orang lain yang ada di dalam organisasinya atau mengkomunikasikan informasi tersebut ke anggota timnya ataupun karyawan yang berkaitan lainnya di dalam perusahaan.

    Juru Bicara (Spokesperson)
    Seorang Manajer juga berperan sebagai Juru Bicara yang meneruskan informasi tentang organisasinya dan tujuan organisasinya ke pihak luar.

  1. Decisional Roles (Peran Pengambilan Keputusan)

    Wirausahawan (Entrepreneur)
    Seorang Manajer harus mampu membuat suatu perubahaan dan mengendalikannya untuk kemajuan organisasinya. Peran Manajer disini adalah memecahkan masalah dan menghasilkan ide-ide baru serta menerapkannya dalam organisasi. Manajer harus merencanakan masa depan organisasinya, membuat proyek-proyek perbaikan dan peningkatan kualitas dan produktivitas.

    Pemecah masalah (Disturbance Handler)
    Setiap organisasi pasti menemukan masalah dan hambatan dalam operasionalnya. Ketika suatu permasalahan atau hambatan terjadi, manajer harus  bertanggung jawab untuk menyelesaikannya. Dan jika terjadi konflik diantara anggota timnya, manajer harus menjadi penengah dan mencarikan alternatif strategis untuk menyelesaikan konflik tersebut.

    Pembagi Sumber Daya (Resource Allocator)
    Seorang Manajer juga berperan sebagai pembagi sumber daya yaitu menentukan dimana sumber daya tersebut harus dialokasikan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Sumber daya yang dimaksud disini dapat berupa dana, tenaga kerja, material, mesin dan sumber daya lainnya.

    Negosiator (Negotiator)
    Seorang Manajer adalah juga seorang Negosiator, berpartisipasi atau mengambil bagian dalam melakukan negosiasi dengan pihak luar untuk memperjuangkan kepentingan bisnis perusahaannya.

Dalam film Hobbs and Shaws, tokoh Luke Hobbs memiliki tipe seorang pemimpin (leader), pemantau (Monitor), dan pemecah masalah (Disturbance Handler). Hal ini terlihat ketika berdebat dengan Shaws terkait keterlibatan saudara Shaws. Hobbs mengatakan jika masalah bisnis Shaws merugikan masarakat banyak maka itu juga termasuk masalah Hobbs.
Sedangkan tokoh Brigton memiliki tipe Wirausahawan (Entrepreneur), dan pembagi Sumber Daya (Resource Allocator). Hal ini terlihat dari Brighton dalam film tersebut memerankan seorang pengusaha/wirausaha yang memproduksi virus serta memiliki anak buah/staff yang memiliki tugas masing-masing. 

Evolution of Management Thought

  1. Scientic Management Teory
    Studi sistematis tentang hubungan antara orang-orang dan tugas-tugas untuk tujuan mendesain ulang proses kerja untuk meningkatkan efisiensi.
    Terdapat 4 prinsip teori manajemen ilmiah
    – Pelajari cara pekerja melakukan tugasnya, kumpulkan semua pengetahuan pekerjaan informal yang dimiliki dan bereksperimen dengan pekerja untuk meningkatkan cara tugas dilakukan
    – Kodifikasi metode baru dalam melakukan tugas ke dalam aturan tertulis dan prosedur operasi standar
    – Pilih pekerja dengan cermat yang memiliki keterampilan dan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan tugas, dan latih mereka untuk melakukan tugas sesuai dengan aturan dan prosedur yang ditetapkan
    – Menetapkan tingkat kinerja yang adil atau dapat diterima untuk suatu tugas, dan kemudian mengembangkan sistem remunerasi yang memberikan penghargaan atas kinerja melebihi levelnya
  2. Administrative Management Theory
    Manajemen administrasi yaitu Studi tentang cara membuat struktur organisasi dan sistem kontrol yang mengarah pada efisiensi dan efektivitas tinggi
  3. Behaviorial Maanagement Theory
    Studi tentang bagaimana manajer harus berperilaku secara pribadi untuk memotivasi karyawan dan mendorong mereka untuk perform di tingkat lebih tinggi dan berkomitmen untuk pencapaian tujuan organisasi
  4. Management Science Theory
    Pendekatan kontemporer terhadap manajemen yang berfokus pada penggunaan teknik kuantitatif yang ketat untuk membantu manajer memanfaatkan sumber daya organisasi secara maksimal untuk menghasilkan barang dan jasa
  5. Organizational Environment Theory
    Serangkaian kekuatan dan kondisi yang beroperasi di luar batas organisasi tetapi mempengaruhi kemampuan manajer untuk memperoleh dan memanfaatkan sumber daya

Kelompok 7:
•Andree Carnegie Lee
•Teguh Pamuji
•Indria Wardhani
•Verra Zumrotus Sholihah


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
2
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
2
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
2
Win
im-possible

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format