Apakah GAP Banana Sudah Tamat di Indonesia?

Runtuhnya perusahaan GAP Banana di Indonesia dengan ditutupnya gerai mereka di beberapa mall memicu pertanyaan apakah tidak ada kesempatan untuk berkembang lagi?


1
1 point

GAP Banana

Gap Banana adalah sebuah ritel yang menjual berbagai jenis pakaian mewah. Banana republic didirikan oleh Mel dan Patricia Ziegler pada tahun 1978 dan resmi diambil alih oleh Gap Incorporated pada tahun 1983. Untuk produk dari Gap ini sendiri selain dari pada pakaian mewah terdapat aksesoris sebagai pelengkap outfit. Ada beberapa hal yang unik dan menarik dari Gap Banana ini. Hal tersebut adalah sebuah konsep yang ditawarkan pada toko yang memiliki dekorasi yang sering menampilkan dedaunan yang dilengkapi dengan elemen atmosfer seperti kabut dan asap buatan sebagai bentuk dan upaya menarik calon pelanggan yang melewati tokonya. Gap Banana memiliki jumlah karyawan sekitar 152.000 orang di seluruh dunia dan memiliki pendapatan sebesar $ 2,4 miliar AS. Dalam mendistribusikan dan menyampaikan  produk kepada para calon konsumen ada beberapa hal yang diterapkan pada Gap Banana dan nilai tersebut adalah:


                                     Nilai

                       Gap Banana

Assortments Wanted by Consumers

Gap Banana memiliki berbagai macam produk. Pakaian yang cukup terkenal dari Gap yaitu produk jin dan T-shirtnya bukan sampai di situ. Gap Banana juga mencoba menyediakan pakaian dan aksesoris yang lebih stylish. Gap juga meluncurkan merk Old Navy bagi konsumen yang lebih mengutamakan value dari suatu produk. Dapat diambil kesimpulan bahwasanya Gap bukan hanya memberikan dan menghasilkan produk dalam bentuk pakaian dan aksesoris bahkan lebih dari itu seperti ada nilai tambah yang ditawarkan.

Time

Untuk waktu dalam menciptakan sebuah value Gap menyajikan barang-barang kelas atas dan unik dengan cerita-cerita fiksi dari lokasi-lokasi eksotis.

Place

Gap Banana memiliki 230 gerai di dunia untuk Indonesia sendiri memiliki toko terbesar yang berada di Jakarta dan Surabaya.

Possessions Gaps

Gap mereduksi possessions gaps dengan cara memberikan pelayanan online melalui website resmi Gap. Yang membantu mengantarkan konsumen untuk mendapatkan barang yang dicarinya dan merekomendasikan ke toko yang memiliki ketersediaan stok.

Selain dari strategi pemasaran Gap Banana juga menerapkan Key Function untuk memudahkan dan memanjakan konsumen dalam melakukan transaksi:

                       Key Function

                       Gap Banana

Information

Untuk informasi Gap Banana memberikan fasilitas informasi produknya melalui web. 

Promotion

Promosi yang dilakukan Gap Banana bukan hanya melalui sosial media. Melainkan melakukan direct marketing berinteraksi langsung dengan calon konsumen.

Contact

Untuk memudahkan konsumen dalam menanyakan ketersedian produk. Gap Banana memberikan pelayanan melalui sosial media dan websitenya

Matching

Karena Gap tergolong ke dalam pakaian yang mewah. Gap fokus menargetkan dan hadir di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya

Negotiation

Perihal harga Gap menetapkan dan memberikan informasi di websitenya untuk memberikan standar harga.

Physical distribution

Untuk distribusi produk Gap Banana sendiri belum begitu merata menyebar di Indonesia

Financing

Dalam pengelolaan terdapat perbedaan dari satu negara dengan negara lainnya

Risk taking

Untuk pengambilan resiko sendiri sepenuhnya ditanggung oleh Brand Manager setiap negara masing-masing

Pull&Bear

Pull&Bear adalah sebuah merek asal Spanyol yang mana merupakan anak usaha dari Inditex yang menjual berbagai pakaian dan aksesoris. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1986 dengan nama New Wear, S.A. dan resmi menggunakan nama Pull&Bear pada tahun 1991. Pull&Bear mulai menjual produknya secara daring pada bulan September 2011. Di Indonesia sendiri Pull&Bear masuk tahun 2008 dan dikelola oleh PT Mitra Adiperkasa Tbk. Bukan berasal dari Indonesia, Pull&Bear berupaya untuk menyalurkan produknya sesuai dengan kebutuhan dan pasar konsumennya di Indonesia. Dalam menyalurkan produk kepada konsumen ada beberapa nilai yang coba dibangun oleh produsen dalam hal ini Pull&Bear, nilai-nilai tersebut antara lain:

Nilai

Pull&Bear

Assortments wanted by consumers

Pull&Bear memiliki bermacam-macam variasi pakaian yang diinginkan oleh konsumennya terutama generasi muda.TIdak hanya terbagi kedalam golongan pria, wanita lebih jauh Pull&Bear menyediakan berbagai kebutuhan seperti baju, celana, pakaian dalam, jaket, tas, sepatu, aksesoris dan berbagai item lainnya. Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa Pull&Bear menyediakan kebutuhan from head to toe.

Time

Dalam membuat nilai dengan konsumennya Pull&Bear juga mempertimbangkan waktu dan memanfaatkan momen. Setiap produk yang mereka sediakan menyesuaikan dengan kondisi saat itu, misalnya disaat musim panas maka produk mereka kebanyakan busana musim panas, disaat natal produk yang ditawarkan bernuansa dan identik dengan warna-warna natal. Strategy tersebut bagi Pull&Bear mempermudah untuk bertransaksi dengan pasar.

Place

Dari segi tempat Pull&Bear sedikit lebih susah untuk ditemui, biasanya Pull&Bear hanya ada di kota-kota besar seperti Jakarta,Surabaya dan Yogyakarta dan itu pun tidak semua pusat perbelanjaan memiliki gerai Pull&Bear. Hanya beberapa pusat perbelanjaan besar saja, di Yogyakarta Pull&Bear dapat dijumpai di Ambarukmo Plaza.

Possession gaps

Berkaitan dengan possession gaps, Pull&Bear menghilangkan halangan tersebut dengan membuka layanan untuk bertransaksi secara online. Layanan online store ini memudahkan konsumen yang memiliki keterbatasan akses pada gerai untuk membeli barang yang mereka inginkan. Pada halaman website disediakan pilihan produk yang ditawarkan kemudian store dimana produk tersebut masih tersedia, kemudian di sertakan juga kontak yang dapat dihubungi oleh konsumen.

Selanjutnya dalam memasarkan produk, pihak-pihak yang terlibat memiliki beberapa key functions yang harus mereka jalankan, termasuk divisi pemasaran Pull&Bear. Fungsi kunci tersebut membantu dalam transaksi bersama konsumen, fungsi kunci tersebut antara lain:

Key Functions

Pull&Bear

Information

Bagian marketing memiliki peran untuk mengumpulkan dan mendistribusikan informasi yang berkaitan dengan konsumen, distributor dan apapun yang berkaitan pemasaran. Bagi Pull&Bear sendiri mereka menyediakan Shopping Guide yang dapat diakses oleh konsumen melalui website mereka.

Promotions

Untuk promosi Pull&Bear aktif menawarkan promosi yang sedang mereka adakan melalui store yang mereka miliki maupun sosial media  yang mereka miliki.

Contact

Fungsi kontak berkaitan dengan mencari dan berhubungan dengan calon pembeli. Salah satu yang digunakan oleh Pull&Bear melalui website ataupun sosial media.

Matching

Berkaitan dengan upaya untuk menyamakan produk yang ditawarkan dengan kebutuhan konsumen. Untuk memenuhi fungsi ini Pull&Bear memiliki strategi dengan hadir di kota-kota besar karena target pasarnya adalah anak muda  kalangan menengah ke atas. 

Negotiation

Untuk harga sendiri di Pull&Bear Indonesia, pengelola memiliki kebebasan tersendiri. Pernyataan tersebut bisa dijelaskan pada website Pull&Bear. “The furnishing and real estate investment, administration, finances, personnel, legal aspects, etc. will be managed by the franchisee itself.”

Physical distribution

Pull&Bear sudah memiliki sejumlah toko di berbagai kota besar di Indonesia. 

Financing

Terkait financing setiap negara yang memegang franchise memiliki pengelolaan yang berbeda, dikutip dari website Pull&Bear sebagai berikut “The furnishing and real estate investment, administration, finances, personnel, legal aspects, etc. will be managed by the franchisee itself.”

Risk taking

Begitupun dengan keputusan mengambil risiko tergantung pada pihak yang memegang franchise.

H&M

Hennes & Mauritz (H&M) merupakan sebuah perusahaan fashion dunia yang menyasar semua kalangan sebagai konsumennya. H&M didirikan pada tahun 1947 oleh Erling Persson di Vasteras, Swedia. Saat ini, H&M bermarkas di Stockholm, Swedia. Di Indonesia sendiri H&M masuk pada tahun 2013 dan dikelola oleh PT Hindo. Saat ini H&M memiliki 31 outlet yang tersebar di Indonesia. Dalam perjalanannya, H&M memiliki nilai-nilai yang ingin dibangun, antara lain: 

                                     Nilai

H&M

Assortments Wanted by Consumers

H&M memiliki berbagai macam produk yang digolongkan menjadi pakaian pria, wanita, dan anak-anak. Tidak hanya terbatas disitu, H&M juga menyediakan aksesoris, tas, dan berbagai perlengkapan fashion lainnya. 

Time

Produk-produk H&M menyesuaikan dengan musim-musim yang ada seperti musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Hal tersebut mempermudah H&M dalam menyasar konsumen yang menginginkan produk yang sesuai dengan musim saat itu. Selain dari produk yang sesuai dengan musim, H&M juga mengeluarkan produk-produk basic.

Place

H&M memiliki banyak outlet di Indonesia, tersebar di kota-kota besar seperti Bali, Balikpapan, Bandung, Bekasi, Bogor, Depok, Jakarta, Medan, Pekanbaru, Solo, Tangerang, Cirebon, Yogyakarta. 

Possessions Gaps

Selain dari toko offline, produk H&M bisa dibeli melalui online store. Dengan adanya online store konsumen yang berada diluar jangkauan offline store H&M dapat dengan mudah mengakses produk yang ingin dibeli melalui website yang disediakan oleh H&M. H&M juga menyediakan kontak yang dapat dihubungi oleh konsumen

Selanjutnya, H&M memiliki beberapa key functions yang dijalankan oleh divisi pemasaran dalam memasarkan produknya. Hal ini dapat membantu konsumen dalam bertransaksi dengan H&M. Key functions tersebut antara lain:

                       Key Function

H&M

Information

Untuk penyebaran informasi, H&M menyediakan informasi yang berkaitan dengan produk-produknya yang dapat diakses melalui website mereka. 

Promotion

Untuk promosi, H&M gencar melakukan promosi melalui outlet, website, dan sosial media yang mereka miliki.

Contact

H&M menyediakan kontak untuk customer service melalui website dan sosial media yang mereka miliki. 

Matching

Untuk menyesuaikan produk yang ditawarkan dengan kebutuhan konsumen. H&M menyediakan produk-produk yang sesuai dengan musim saat itu, sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Negotiation

H&M tidak menyediakan informasi penentuan harga dari outlet mereka.

Physical distribution

H&M memiliki jalur distribusi fisik melalui outlet-outlet mereka yang tersebar di Indonesia.

Financing

Untuk financing, H&M menggabungkan keseluruhan financial report outlet mereka. Dilansir dari website H&M yang mengatakan bahwa “H&M publishes sales development per quarter, interim reports and Annual Reports in both Swedish and English”

Risk taking

H&M menggunakan pendekatan COSO framework untuk risk taking mereka.

Setelah membandingkan Fashion Retail GAP Banana dengan dua ritel alternatif yang sejenis, yaitu Pull&Bear dan H&M, maka terdapat beberapa poin yang dapat dijadikan benchmark oleh GAP Banana dalam rangka memperbaiki sistem distribusinya. Poin-poin tersebut antara lain:

  1. Perusahaan perlu memperhatikan aspek time dan matching, kedua perusahaan alternatif menekankan pengadaan pakaian berdasarkan momen-momen tertentu, baik itu musim ataupun perayaan hari raya. Hal ini dimaksudkan agar customer selalu tertarik untuk datang ke store untuk mencari apa yang mereka butuhkan pada momen tersebut. Selain itu, penataan pakaian berdasarkan momen dan tema juga akan membuat visualisasi dari store terlihat lebih menarik.

  2. Terkait aspek place dan physical distribution, GAP Banana perlu memperbanyak persebaran store mereka. Hal ini dimaksudkan agar selain untuk mempromosikan produk ke orang-orang yang belum mengetahui brand mereka, juga untuk mempermudah customer ketika hendak membeli produk GAP. Belajar dari Pull&Bear dan H&M yang sukses di Indonesia, mereka memiliki banyak outlet di Indonesia, meskipun ketersediaan mereka juga hanya di kota-kota besar. Hal ini dikarenakan adanya penyesuaian pada segmentasi pasar mereka yang menargetkan kelas menengah ke atas.

  3. Untuk aspek financing dan risk taking, GAP Banana hampir sama dengan Pull&Bear, walaupun segmentasinya berbeda. Jika GAP menyerahkan keputusan ke tiap brand manager tiap negara, Pull&Bear melakukan desentralisasi pengambilan keputusan ke tiap-tiap franchisee. Cara Pull&Bear memiliki dampak positif yaitu mempercepat pengambilan keputusan terkait keuangan dan risiko di tiap franchisee. Hal ini dapat diterapkan oleh GAP Banana, namun perlu mempertimbangkan apakah tidak ada masalah yang berarti jika strategi ini diterapkan.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Banana_Republic

https://www.pullandbear.com/gb/page/company.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Pull%26Bear

https://www.map.co.id/id/


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format