Sevel Bangkrut, Perusahan Panik Cari Jalan Keluar

Bisnis retail yang merajalela di bentala dunia seakan menjadi tren dunia perbisnisan. Yuk intip analisisnya!


1
1 point

Bisnis retail yang merajalela di bentala dunia seakan menjadi tren dunia perbisnisan. Tak tanggung-tanggung, bisnis retail kecil pun kini amat berkembang di jagat perbisnisan. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya masyarakat umum yang entah berani atau nekad untuk membuka bisnis retail kecil yang berlokasi hingga ke pelosok-pelosok daerah seperti di desa-desa. Indomaret, salah satu perusahaan bisnis retail kecil yang memiliki gerai di seluruh pelosok Indonesia. Dilansir dari Bursa Efek Indonesia, Indomaret memiliki pendapatan sebesar Rp70,4 triliun pada tahun 2018. Angka ini tumbuh sebesar 11% atau lebih besar dibandingkan pesaing bisnis retail kenamaan lainnya. Laba bersih Indomaret juga melesat pada 2018 dengan total Rp765 miliar setelah tahun sebelumnya hanya mencapai Rp437 miliar. 

Berdasarkan paparan grafik diatas, Alfamart sebagai pesaing Indomaret juga mampu mencatatkan pendapatan Rp66,8 triliun atau tumbuh 8,7% dibandingkan tahun sebelumnya senilai Rp61,4 triliun. Dari sisi laba, Alfamart juga masih mencetak untung sebesar Rp638 miliar pada 2018 atau dengan margin sebesar 1%. Angka ini naik cukup tinggi jika dibandingkan laba 2017 yang hanya Rp352 miliar. 

Ditengah berkembangnya bisnis retail kecil, 7 Eleven yang merupakan bisnis retail yang telah melalang buana di seluruh dunia, justru gulung tikar dari bisnis retail kecil di Indonesia. Pada Juni 2017, sejumlah 136 gerai 7 Eleven telah tutup pintu di Indonesia. Berdiri pada tahun 1927 di Dallas, Texas Amerika Serikat (AS), 7 Eleven (atau 711) memulai toko ritel convenience store dengan menjual telur, susu, dan roti pada hari Minggu. Sebelumnya, Southland Ice Company hanya menjual es batu dan lebih dikenal sebagai Tote’m Stores. Di tahun 1946, Tote’m Stores di-rebranding dengan nama 7 Eleven. Nama ini diambil dari jam bisnisnya: buka jam 7 pagi dan tutup jam 11 malam.

Sejak tahun 1960-an, 7 Eleven berekspansi ke seluruh AS, diawali dengan konsep convenience store 24 jam tanpa tutup sama sekali sepanjang tahun. Jadilah semua gerai 7 Eleven yang ada mengikuti jejak ini. Kanada merupakan titik ekspansi internasional pertama. Jumlah gerai internasional melebihi di AS, terhitung 1974. Pada tahun 2018, jumlah gerai 7 Eleven di dunia mencapai 64.319 toko. Ini membuktikan bahwa konsep convenience store yang bersih dan menyajikan makanan dan minuman ringan hangat sesuai dengan selera lokal merupakan konsep bisnis yang sangat diterima pasar. 7 Eleven memiliki target pasar anak muda kekinian.

Namun, ternyata kesuksesan 7 Eleven di dunia internasional tidak dapat digandakan di Indonesia. Faktor-faktor kegagalan 7 Eleven di Indonesia sudah cukup banyak dibahas. Yaitu kalahnya kompetisi dengan Indomaret dan Alfamart serta regulasi minuman beralkohol yang memukul omzet 7 Eleven. Fakta ini sebenarnya cukup menarik. Mengingat di negara asalnya, konsumen sangat menggemari minuman es Slurpee yang menjadi primadona pencetak omzet hingga 70% dari foot traffic.

Apabila memposisikan diri sebagai produsen yang “menaruh” produk pada usaha-usaha retail seperti ini, tentu kita perlu memikirkan konsekuensi terburuk bila retail tersebut mengalami gulung tikar, seperti 7 Eleven. Hal apa yang sebaiknya dilakukan? Menggunakan teori pemasaran dalam Marketing Channels kita bisa membandingkan value yang ditawarkan usaha-usaha retail tersebut bagi produk perusahaan kita.


Klasifikasi

Seven Eleven

Circle K

Indomaret

Nilai

Assortments Wanted by Consumers

Minuman dan makanan cepat saji

Minuman dan makanan ringan

Minuman dan makanan ringan

Time

24 jam

24 jam

Beberapa ada yang 24 jam

Place

Seluruh Indonesia (mayoritas Jakarta)

Seluruh Indonesia

Seluruh Indonesia

Possession Gaps

produk -produk yang dijual di 7 Eleven lebih banyak serta bervariasi karena memiliki produk impor dari luar negeri, seperti dari Korea.

Produk-produk yang dijual beragam namun tetap didominasi produk dalam negeri.

Produk-produk yang dijual beragam namun tetap didominasi produk dalam negeri.

Fungsi Utama 

Information

Pelanggan dapat memperoleh informasi mengenai produk dan sale melalui website seven eleven, iklan-iklan yang tersebar di internet, serta iklan yang dipasang di toko tersebut.

Pelanggan dapat memperoleh informasi mengenai produk dan sale melalui website Circle K, iklan-iklan yang tersebar di internet, serta iklan yang dipasang di toko tersebut.

Informasi mengenai produk-produk Indomaret terpasang di website klik indomaret. Pelanggan dapat mudah mengakses informasi karena di dalam website terbagi ke beberapa kategori seperti produk segar, ibu & anak, makanan, minuman dan lainnya. Indomaret juga memberikan selebaran yang berisi informasi terkait harga produk-produknya. 

Promotion

Dalam segi promosi, 7 Eleven dapat dikatakan kurang gencar dikarenakan hanya menyasar pasar di Jakarta, terutama di daerah kalangan menengah ke atas. Masih banyak kalangan menengah ke bawah yang tidak mengetahui 7 Eleven. 

Dalam segi promosi, Circle K dapat dikatakan kurang gencar. Dapat dilihat dari jumlah toko Cirle K sejumlah 500 gerai di 7 kota besar yaitu Jakarta, Bali, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar dan Batam.Namun, penyebaran Circle K yang menjangkau semua tempat di Indonesia membuat Circle K lebih banyak diketahui masyarakat.

Di tahun 2019 PT Indomarco Prismatama akan menambah 800 - 1000 toko di sejumlah wilayah di Indonesia dan saat ini Indomaret total terdapat 16.000 toko. Indomaret sudah tersebar mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Tenggara hingga Kalimantan Barat.Indomaret sangat mudah dijumpai oleh seluruh masyarakat karena lokasinya mudah dijangkau dan hampir di seluruh jalan dapat ditemukan toko Indomaret.

Contact

Dari segi contact, 7 Eleven sudah berhasil mendapatkan dan mengikat pelanggan setia. Namun dengan jumlah yang masih di bawah retail lainnya.

Dari segi contact, Circle K sudah berhasil mendapatkan dan mengikat pelanggan setia. Namun dengan jumlah yang masih di bawah retail lainnya.

Dari segi contact, Indomaret sudah berhasil mendapatkan dan mengikat pelanggan setianya dalam jumlah yang cukup besar serta berasal dari seluruh kalangan.

Matching

7 Eleven dirasa mampu matching dengan pelanggan setianya. Hal ini dikarenakan apa yang ditawarkan oleh 7 Eleven sesuai dengan apa yang dibutuhkan anak muda yaitu tempat nongkrong yang menyediakan wifi. 

Circle K dirasa mampu matching dengan pelanggan setianya. Hal ini dikarenakan apa yang ditawarkan oleh Circle K, buka 24 jam, sesuai dengan apa yang dibutuhkan anak muda ketika perlu membeli makan atau cemilan malam hari.

Indomaret dirasa mampu matching dengan pelanggan setianya. Hal ini dikarenakan apa yang ditawarkan oleh Indomaret sesuai dengan apa yang dibutuhkan seluruh lapisan masyarakat, yaitu keperluan sehari-hari dan tidak hanya cemilan atau makanan. 

Negotiation




Physical Distribution


PT Circleka Indonesia utama merupakan perusahaan yang mendistribusi barang ke outlet-outlet Circle K.


Indomaret mempunyai Pusat Distribusi Indomaret yaitu sebuah sistem distribusi yang menggunakan Digital Packaging System untuk menyalurkan distribusi dengan canggih dan efisien. Indomaret mempunyai 33 pusat distribusi di kota-kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Bandung dan kota-kota lainnya sehingga memudahkan mereka untuk menyalurkan distribusi ke 16.000 tokonya.

Financing 

Akibat dari kenaikan beban biaya, Modern Internasional pada kuartal pertama tahun 2017 mengalami kerugian sebesar Rp 477 miliar. Kerugian tersebut mencapai lebih dari separuh kerugian perseroan pada sepanjang tahun lalu yang mencapai Rp 663 miliar.


Indomaret memiliki pendapatan pada 2018 sebesar Rp 70,4 triliun. Angka ini tumbuh sebesar 11% atau lebih besar dibandingkan pesaing lainnya. Laba bersih Indomaret juga melesat pada 2018 dengan total Rp 765 miliar setelah tahun sebelumnya hanya mencapai Rp 437 miliar. 


Taking Risk

Model bisnis dan risiko yang dilakukan 7 Eleven adalah pada gerai-gerainya menawarkan makanan dan minuman ready-to-eat lengkap dengan area untuk duduk serta jaringan internet gratis.

Model bisnis dan risiko yang dilakukan dari memilih Circle K adalah pada bentuk usaha dari retail itu sendiri yang dapat membahayakan perusahaan kita, apabila sewaktu-waktu Circle K mengalami gulung tikar.

Model bisnis dan risiko yang dilakukan dari memilih Indomaret adalah pada bentuk usaha dari retail itu sendiri yang dapat membahayakan perusahaan kita, apabila sewaktu-waktu Indomaret mengalami gulung tikar.

Analisis teori pemasaran Marketing Channels di atas yang membandingkan 7 Eleven dengan retail kenamaan lainnya seperti Circle K dan juga Indomaret. Dari analisis tersebut diketahui bahwa terdapat beberapa keunggulan dari 7 Eleven jika dibandingkan dengan kedua bisnis retail tersebut, seperti pada cara 7 Eleven melakukan promosi dan melakukan segmentasi konsumen. 

7-Eleven mencoba membidik youth sebagai target mereka. Toko yang semula hanya diposisikan sebagai tempat yang nyaman untuk berbelanja dan makan siang, kini diposisikan sebagai tempat yang nyaman untuk hangout. Anak muda dapat nongkrong dengan nyaman di 7-Eleven manapun, dan jam berapa pun. Tempat duduk dan payung disediakan untuk kenyamanan kawula muda dalam menghabiskan waktu bersama dengan teman-teman. 7-Eleven kini tidak lagi dicitrakan sebagai convenience store, tetapi lebih mirip seperti kombinasi antara restoran, minimarket, dan tempat hangout. Kualitas produk yang ditawarkan pun dapat dibilang bagus, dan yang paling penting, dengan harga yang cukup terjangkau untuk kantong anak muda. Di Jakarta, gerai 7-Eleven tersebar di mana-mana, mulai dari Jakarta Timur, Barat, Pusat, hingga Selatan. Untuk urusan promosi, 7-Eleven sudah mulai beriklan menggunakan billboard. Paket sarapan pagi sudah terlihat terpampang menghiasi beberapa billboard di kawasan Jakarta Selatan. 7-Eleven juga mulai memanfaatkan beberapa social media, seperti Twitter dan Foursquare. Strategi ini sejalan dengan salah satu generic strategies yang diformulasikan oleh MarkPlus untuk menggarap segmen youth, yaitu media excitement, pemanfaatan social media untuk menimbulkan ketertarikan youth dalam membentuk kelompok  dan melakukan conversation.

Akan tetapi tidak dapat dipungkiri juga bahwa terdapat kekurangan bagi 7 Eleven jika dibandingkan dengan kedua Retail tersebut. Maka dari itu sebagai seorang produsen perlu mengetahui bagaimana seluk beluk dari retail yang dipilih guna menentukan apakah channel atau distributor tersebut efektif dan efisien atau tidak untuk menyalurkan produknya. Dari sini, jika sebuah perusahaan atau produsen telah terlanjur menggunakan 7 Eleven sebagai channel distribusinya dan  kemudian 7 Eleven gulung tikar, lalu bagaimana alternatif terbaik yang harus dilakukan perusahaan tersebut?

Berdasarkan analisis perbandingan antara alternatif satu (Circle K) dan alternatif dua (Indomaret) maka kami memilih Indomaret sebagai contoh bagi 7 Eleven apabila ingin membuka kembali bisnis retailnya. Beberapa solusi yang perlu dipertimbangkan antara lain:

  1. Mempertimbangkan biaya sewa tempat dan efisiensi luas sewa bangunan

Seperti yang kita tau, model bisnis yang dilakukan 7 Eleven adalah pada gerai-gerainya menawarkan makanan dan minuman ready-to-eat lengkap dengan area untuk duduk serta jaringan internet gratis. Sebenarnya hal ini sudah sama dengan apa yang dilakukan Indomaret maupun Circle K, tetapi bedanya mereka tidak menitik beratkan fasilitas tersebut terhadap seluruh gerai-gerainya. Daripada membuat fasilitas yang terkesan berlebihan, modal usaha dapat dialih fungsikan untuk membuka gerai baru yang tidak hanya ditempat-tempat ramai saja.

  1. Memperkuat jaringan distributor

Ekspansi besar-besar an yang dilakukan 7 Eleven dulu tidak disertai dengan memperkuan jaringan distributor yang dimiliki. Nantinya apabila sudah akan membuka gerai-gerai yang tidak hanya berfokus di Jakarta saja, jaringan distributor juga perlu diperhatikan guna menekan kos distribusi. Seperti apa yang dilakukan Indomaret, Untuk mencapai kemudahaan distribusi maka di tiap region di buat Distribution Center (DC) guna memenuhi dan mensupplai semua logistik toko di region tersebut. Dengan adanya DC dapat mengefesienkan waktu pengiriman jadi tidak terpaku lagi pada satu tempat seperti harus menunggu supplai barang dari jawa atau daerah lainya. Selain itu bagaimana penyaluran dan penyimpanan serta pengolahan hasil produk secara menyeluruh di butuhkan penaganan khusus manajemen logistic terpadu, dinamika lingkungan dimana rantai pasokan berkembang dan tuntutan untuk memperpendek masa siklus distribusi logistic beberapa masalah harus di perhatikan seperti waktu (estimasi) pengiriman, lokasi gerai dan permasalahan permasalahan yang tidak diinginkan yang dapat terjadi sewaktu waktu.

  1. Menjadikan 7 Eleven sebagai usaha waralaba 

Mini market Indomaret adalah salah satu bisnis waralaba yang terbesar di Indonesia. Agar dapat menjalin kerjasama dengan waralaba Indomaret, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi. Salah satu persyaratan wajib menjadi franchisee dari waralaba Indomaret adalah haruslah Warga Negara Indonesia atau WNI. Tentunya, juga harus menyiapkan lokasi atau bangunan yang mana nantinya akan dijadikan sebagai tempat gerai Indomaret akan dibangun. Dengan membuka usaha waralaba dapat menekan kos biaya sewa tempat, dimana hal ini menjadi salah satu permasalahan merugi 7 Eleven. 


Penulis

Kevin Mannuel

Nastiti Nugraheni

Zufar Hilmy P.

Zyan Hasna N.


Referensi Buku

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.


Referensi

https://www.beritasatu.com/ekonomi/557024/indomaret-ekspansi-1000-toko-di-2019 


https://www.cermati.com/artikel/indomaret-bisnis-mini-market-raksasa-di-indonesia


https://indomaret.co.id/korporat/seputar-indomaret/peduli-dan-berbagi/2014/01/16/pusat-distribusi-indomaret/


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win
BountyHunter

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format