Sedapur, Marketplace yang Kalah Bertempur

Marketplace Makanan dan Bahan Makanan yang sudah gulung tikar


1
1 point

Sedapur Diluncurkan

Online Shopping melalui internet sudah menjadi pilihan bagi sebagian orang yang sudah terhubung ke internet 24/7. Oleh karena itu, layanan gerai online menjadi menjamur dari yang umum hingga khusus kategori tertentu. Bagi para netizen yang suka berbelanja makanan dan minuman, pada September 2010 diluncurkan sebuat start – up bernama Sedapur.com. Layanan ini disediakan oleh PT Selaras Digital Sempurna yang menyediakan portal belanja kuliner untuk mempertemukan pemilik produk makanan /  bahan makanan dengan konsumen. 

Sedapur sendiri bisa digambarkan secara sederhana sebagai sebuah layanan e-commerce di mana pengguna bisa membeli berbagai makanan yang ditawarkan oleh para penjual lewat situs ini. Melalui Sedapur.com, setiap pedagang kuliner dapat dengan mudah memiliki TokoOnline mereka sendiri tanpa perlu direpotkan oleh berbagai urusan pengelolaan website, administrasi keuangan dan kerumitan pengiriman. “Fokus kami adalah menghubungkan pelaku industri rumah tangga di bidang makanan dan minuman dengan pembeli, melalui penyediaan jasa yang memberikan nilai tambah bagi produk penjual. Hal ini lahir dari fakta bahwa banyak ibu-ibu rumah tangga yang memiliki produk makanan yang memiliki potensi nilai jual namun terhadang oleh permasalahan pemasaran, pengelolaan pembayaran, dan pengantaran,” jelas Jacky Lokan, Co-Founder dari PT Selaras Digital Sempurna dalam rilis persnya.[1] 

Logo Sedapur

Sedapur.com akan mengelola setiap pesanan yang masuk, mulai dari pembuatan invoice, pembayaran, sampai dengan pengiriman. Pedagang kuliner cukup memonitor pesanan yang masuk di Sedapur.com, serta mengkonfirmasi pengiriman. Sistem yang terintegrasi dengan jasa pengiriman yang berpengalaman dalam menangani pengiriman kuliner memungkinkan baik pembeli maupun pedagang kuliner dapat memonitor pengiriman setiap saat. Untuk memiliki Toko Kuliner Online, pedagang kuliner hanya perlu mendaftarkan dirinya melalui website sedapur.com. Konsultan dari sedapur.com akan membantu dalam meningkatkan nilai tambah dari produk yang ditampilkan pada situs Sedapur.com melalui liputan, foto makanan (food photography), konsultasi pemasaran sehingga bisa menarik para pembeli untuk berbelanja. Hal ini bisa disebut sebagai menarasikan “rasa” dalam tulisan dan gambar. 

Tampilan Website sedapur.com

Setiap pedagang kuliner yang bergabung dalam Sedapur.com telah diverifikasi oleh konsultan sedapur.com, sehingga pembeli dapat berbelanja online dengan aman dan nyaman. Pembeli juga mendapatkan ulasan yang utuh mengenai produk yang ingin dia beli dari siapa pembuatannya, bahan yang digunakan, proses yang dilakukan. Selain itu, pembeli juga memperoleh kemudahan untuk memonitor jadwal pengiriman. 

Sedapur Ditutup

Layanan sedapur.com pada saat beroperasi terbatas mencakup area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Katalog produknya pun masih terbatas dan belum semua jenis makanan dan minuman tersedia. 

Bisnis perdagangan secara elektronik (e-commerce) di satu sisi begitu menjanjikan potensi bisnisnya, namun di sisi lain tidak semua jenis perdagangan mendapatkan kemajuan seperti diharapkan. Setelah Multiply.com atau multiply.co.id menyatakan menutup layanan, e-commerce yang bergerak di bidang makanan ini mengikuti langkah multiply.com, menutup layanan portal belanja makan online-nya.  

Penutupan layanan dilakukan per 1 Agustus 2013. Situs Sedapur tetap diaktifkan sampai akhir tahun 2013, namun sudah tidak melayani transaksi lagi. Situs ini tetap diaktifkan hingga akhir tahun supaya para penjual bisa mendapatkan waktu dan kesempatan untuk menampilkan nomor kontak penjual serta alamat penjual pada deskripsi barang atau gerai, sehingga pembeli bisa langsung menghubungi nomor kontak penjual.

Sedapur.com selama beroperasi telah memberikan layanan lebih kurang 3 Tahun, dengan ribuan transaksi yang sudah dihasilkannya. Start – up ini mendapatkan beberapa penghargaan seperti Nokia Enterpreneurship 2011, INAICTA 2011 pada kategori e-business service, dan Sparxup 2012. Keputusan untuk menutup layanan ini didapatkan dari hasil evaluasi para pemegang saham di Sedapur.[2]

Analisis SWOT

  • Strength : Marketplace khusus makanan & minuman pertama di Indonesia, memiliki konsultan khusus untuk melakukan review terhadap produk yang dijual
  • Weakness : cakupan wilayah pemasaran terbatas, produk yang dijual terbatas
  • Opportunites :Belum banyak marketplace yang fokus di bidang kuliner, industri kuliner merupakan industri yang sangat prospektif.
  • Threat : Marketplace sejenis yang sudah lebih dipercaya oleh konsumen, Layanan pesan kuliner secara online

Porter’s Five Forces

Grafik Porter’s Five Forces

  • Competitive Rivalry : Rivalitas dengan Marketplace sejenis dan Layanan pesan makan melaui ojek online
  • Threat of new Entry : Masuknya Marketplace baru yang juga fokus di bidang kuliner
  • Supplier Power : Terbatas nya Penjual Kuliner yang terdapat di website Sedapur 
  • Buyer Power : Konsumen berada di pasar bebas, dapat menentukan mau membeli makanan dari mana saja dan media apa saja
  • Threat of Substitution : Media lain yang dapat memungkinkan Penjual makanan untuk dapat mempromosikan produk makanan nya kepada konsumen seperti iklan, sosial media, dan media cetak.

Kenapa Perusahaan Start – Up Gagal ?

Start-up seolah menjadi primadona dalam dunia bisnis saat ini, tidak hanya di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. Popularitas itu ada karena sejumlah perusahaan start-up mampu berkembang menjadi sangat besar dan bahkan mampu mengubah dinamika dunia bisnis dalam proses pengembangannya. Uber adalah contoh yang paling mudah dalam kasus ini.

Suksesnya perusahaan semacam Uber maupun Google memberi anggapan bahwa mendirikan start-up adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Tapi kenyataannya tidak sesederhana yang ada di permukaan.

Seperti diwartakan Fortune, di Silicon Valley, pusat dan simbol kesuksesan perusahaan start-up di seluruh dunia, terdapat ungkapan umum bahwa 9 dari 10 perusahaan start-up mengalami kegagalan. Ungkapan ini adalah kristalisasi pengalaman para pendiri start-up yang menggambarkan betapa kerasnya perjuangan untuk membangun sebuah start-up.

Menurut laporan CBInsights, sebagian besar start-up gagal karena mereka tidak dapat melayani apa yang dibutuhkan oleh pasar. Sebanyak 42 persen dari 101 tulisan dari para founder perusahaan start-up menyatakan hal tersebut.

Sementara itu, 29 persen menyebutkan bahwa banyak dari perusahaan start-up kehabisan dana. Sisanya bervariasi, mulai dari tim yang tidak tepat, produk yang buruk, tersingkir oleh pesaing yang lain, hingga gagal melakukan pivot.[3]

Dalam kasus start-up di Indonesia, analisis dari laporan CBInsights itu terbukti. Banyak perusahaan start-up yang gagal di Indonesia memiliki konsep bisnis yang terfokus pada “menyelesaikan masalah yang menarik untuk diselesaikan,” bukan memfokuskan pada apa yang dibutuhkan oleh pasar.

Pivot Sedapur

Sama Halnya dengan yang dialami oleh Sedapur, Start – up ini terpaksa gulung tikar dikarenakan oleh 2 penyebab utama yaitu :

  1. Kalah bersaing dengan marketplace sejenis dan Penyedia Makanan melalui Ojek Online
  2. Tidak memiliki wilayah pemasaran yang cukup luas dan produk yang terbatas

Untuk menyikapi  masalah yang dihadapi oleh Sedapur, seharusnya start – up tersebut melakukan pivot untuk dapat menyelamatkan bisnis yang mereka jalankan. Hal – hal yang seharusnya dilakukan adalah :

A. Corporate – Level Plan

Top Manajemen Sedapur harus memastikan bahwa visi Perusahaan untuk menjadikan Sedapur sebagai marketplace yang fokus bidang kuliner dapat berjalan dengan konsisten

B. Business – Level Plan

  1. Memastikan Setiap Divisi yang mengelola perusahaan memiliki tugas dan target – target yang jelas.
  2. Fungsi utama dapat dibagi dengan Fungsi Marketing, Keuangan dan Operasional.

C. Functional – Level Plan

  1. Fungsi Marketing memperluas marketplace yang dimiliki tidak terbatas pada wilayah tertentu.
  2. Fungsi Bisnis Menambah perbendaharaan produk yang dijual dengan melakukan ekspansi ke produk – produk lain tidak terbatas hanya bidang kuliner.
  3. Fungsi Keuangan melakukan kerjasama dengan Perbankan untuk pembayaran dari customer maupun permodalan bagi perusahaan.
  4. Fungsi Bisnis Partnership Melakukan kerjasama dengan Ojek Online ataupun marketplace yang sudah lebih dipercaya oleh masyarakat. “If you can’t beat them, Join Them” – Queen, 1978

Konklusi

Salah satu problem mendasar dari layanan pesan-antar makanan di Indonesia adalah kecilnya jumlah pesanan yang dilakukan oleh para pengguna layanan. Karena masyarakat Indonesia cenderung memesan makanan dalam jumlah kecil, maka untuk menutup biaya operasional perusahaan harus bisa meningkatkan jumlah pemesanan. Hal itu gagal dipenuhi oleh Sedapur, sebab mereka mengharuskan minimum nilai pemesanan dalam layanannya.

Bidang-bidang pasar startup Indonesia kini telah dikuasai segelintir pemain, seperti Gojek dan Grab pada bidang ride-sharing, Tokopedia dan Bukalapak di bidang e-commerce, hingga Traveloka dan Tiket.com di kategori online travel agent (OTA), dan lainnya. Dengan kedigdayaan startup besar itu, akan sukar melihat startup baru bisa hidup dan bertahan.

Perusahaan Start – up harus dapat membaca perubahan situasi bisnis dengan cepat, dan segera melakukan penyesuaian atau perubahan (pivot) terhadap bisnis yang dijalankan sehingga tidak membuat perusahaan tersebut kalah bersaing.

Daftar Pustaka :

  1. https://nasional.kompas.com/read/2011/05/11/16161496/sedapur.com.portal.jual.beli.makanan
  2. https://www.majalahict.com/layanan-e-commerce-makanan-sedapur-com-tutup-per-1-agustus/
  3. https://tirto.id/mengapa-foodpanda-dan-beberapa-start-up-lain-gagal-bRbrtirto.id
  4. Jones, G.R., dan George, J.M. (2020). Contemporary Management, Ch. 8 The Manager as a Planner and Strategist

CONTRIBUTOR

Arina Marldiyah, Beni Maolana, Beta Andriawan, Ramadhani Sutrisno


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win
GIJOE

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format