Honestbee: To Honest to Fall

Honestbee dikabarkan kesulitan keuangan dan terpaksa menutup bisnisnya di Indonesia


1
1 point

https://wethepvblic.com/wp-content/uploads/2019/04/honestbee.png

Honestbee merupakan layanan belanja dan pengantaran kebutuhan harian di Asia yang mempunyai visi dan misi berbeda dengan layanan belanja online yang sudah ada di Indonesia. Didirikan oleh tiga orang berkewarganegaraan Singapura, Honestbee beroperasi pada tahun 2015, dan secara resmi diluncurkan di pasar pertama Singapura pada bulan Juli 2015. Honestbee adalah salah satu perusahaan terbaru untuk menaklukkan Asia dengan keahlian dalam teknologi yang kompleks, dan salah satu pemain yang paling maju di sektor on-demand.

Honestbee bekerja dengan supermarket dan pengecer untuk mengirimkan barang ke pelanggan menggunakan shopper assistant, armada pengiriman, dan aplikasi seluler. Perusahaan ini berbasis di Singapura dan beroperasi di delapan pasar di Asia: Hong Kong, Singapura, Taiwan, Thailand, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Jepang. Di beberapa pasar, Honestbee telah berkembang ke pengiriman makanan, bahkan di Singapura mulai mengoperasikan toko online dan offline bergaya Alibaba bernama Habitat. Honestbee menghasilkan keuntungan dengan mengambil potongan transaksi dari transaksi konsumen dan juga menghasilkan uang dari layanan pengiriman secara terpisah.

Selain memberikan  layanan belanja online yang berbeda dari yang sudah ada, Honestbee juga bertekad untuk memberikan dampak sosial untuk masyarakat dengan cara menciptakan kesempatan kerja yang fleksibel dan pendapatan yang stabil. Honestbee bertujuan untuk memberdayakan pekerja dari setiap kelompok masyarakat untuk mengasah keterampilan dan memperoleh pelatihan. 

Honestbee sendiri percaya, layanannya dapat membuat hidup orang lain (terutama para Ibu) menjadi lebih mudah dengan menyediakan layanan kebutuhan harian yang cepat dan dapat dipercaya. Perbedaan Honestbee dari layanan berbelanja online lainnya, Honestbee menyediakan layanan asisten belanja (shopper assistant/shopperbee) terlatih untuk memilih produk yang dipesan, mencari tahu promosi yang ada di toko serta dapat menyarankan barang pengganti yang sesuai apabila produk yang diinginkan tidak tersedia. Setelah barang tersedia, pesanan diantar pada hari yang sama dalam jangka waktu 1 jam oleh para Delivery bee.

Untuk pembelian barang memanfaatkan layanan shopper assistant (shopperbee) honestbee akan dikenakan biaya Rp 10,000. Sementara untuk pembelian diatas Rp 250 ribu tidak akan dikenakan ongkos kirim dan biaya concierge atau Shopperbee.

Seperti layanan belanja online lainnya, cara pemesanan memakai Honestbee cukup mudah dan simple. Terutama bagi para Ibu yang sudah terbiasa belanja online, pasti sudah faham betul caranya. Berikut infografis bagaimana cara pemesanannya. [1]

https://3.bp.blogspot.com/-6CHacPx0-y4/WIl1s8IP7ZI/AAAAAAAAJPA/dIrdNkwbZP8LI0rZRAX3or-KPuBVNx4MgCLcB/s1600/Cara%2BMelakukan%2BPemesanan%2B%25281%2529.pnghttps://www.mykidneybean.com/2017/01/honestbee-layanan-belanja-pengantaran.html

Honestbee sendiri pada awalnya mulai melakukan uji coba di Indonesia di akhir tahun 2016, pada saat itu mereka memilih untuk bekerjasama dengan Transmart Carrefour sebagai partner awal mereka. Namun sayangnya di Indonesia Honestbee sudah layu sebelum berkembang, belum menikmati keuntungan, Honestbee dikabarkan mengalami kesulitan keuangan dan terkendala modal usaha, sehingga mereka terpaksa menutup bisnisnya di Indonesia.Seperti yang dilaporkan Techcrunch, saat ini Honestbee dikabarkan bersiap menjual perusahaan dan sedang melakukan penjajakan dengan beberapa calon pembeli– termasuk dengan Grab dan Gojek. Saat ini perusahaan telah menghentikan operasional lini pengantaran makanan di Hong Kong dan Thailand. Honestbee pun sudah mulai melakukan PHK terhadap 10% karyawannya secara global, termasuk di Indonesia. Honestbee juga disebutkan mulai melakukan pengurangan pegawai di delapan negara tempat ia beroperasi, termasuk di Indonesia. [2]


Analisa SWOT

Kekuatan (Strength)

  1. Memiliki platform yang dapat diakses oleh masyarakat luas melalui smartphone 
  2. Aplikasi user friendly dan mudah digunakan
  3. Memiliki “brand” yang telah dikenal baik, khususnya di negara South East Asia

Kelemahan (Weakness)

  1. Keterbatasan jumlah toko  yang bekerja sama dengan Honestbee yang hanya berada di kota-kota besar
  2. Keterbatasan variasi produk yang tersedia di platform Honestbee, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara maksimal
  3. Service Honestbee yang belum dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia 
  4. Harga yang tergolong lebih mahal dibandingkan belanja langsung di wet market untuk barang-barang groceries dan e-commerce (banyak promo tersedia)
  5. Tidak tersedianya cross-category selling dalam platform Honestbee
  6. Keterbatasan pelanggan untuk dapat memilih produk secara langsung, terutama produk fresh, membuat pelanggan enggan membeli produk-produk pada kategori tertentu

Berikut merupakan partner kerjasama Honestbee di Indonesia:

https://2.bp.blogspot.com/-8xvhUR9MIYg/WIl3-q_YilI/AAAAAAAAJPY/X_GNDQ6XCL0BPTJczd1v4Fi_9fOuoe6iwCLcB/s1600/Pilihan%2Btoko%2Byang%2Bbekerjasama%2Bdengan%2Bhonestbee.pnghttps://www.mykidneybean.com/2017/01/honestbee-layanan-belanja-pengantaran.html

Peluang (Opportunity)

  1. Potensi market yang sangat besar di Indonesia
  2. Perkembangan teknologi internet di Indonesia, yang membuka akses untuk peningkatan bisnis e-commerce secara pesat. Pada 2016, riset dari eMarketer memperkirakan akan mencapai 8,6 juta orang yang berbelanja melalui internet. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 7,9 juta orang. Dengan bertambahnya jumlah penduduk yang mengenal internet seiring lahirnya generasi Z (Gen Z) yang lahir di era digital membuat kebiasaan belanja barang dan jasa yang sebelumnya secara konvensional akan beralih menjadi online [3]
  3. Ketersediaan smartphone dengan harga terjangkau
  4. Perkembangan pola hidup masyarakat Indonesia, menyesuaikan dengan akses yang terbuka dari platform lifestyle
  5. Kerjasama dengan brand-brand yang mempergunakan penjualan online sebagai salah satu channel penjualan
  6. Kolaborasi dengan E-commerce lain untuk penggunaan data dengan re-marketing dan re-targeting strategy

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/11/15/2016-sebanyak-86-juta-orang-melakukan-transaksi-online

Ancaman (Threat)

  1. Banyaknya pemain sejenis di Indonesia, yang didukung dengan modal yang kuat, contoh: Alfacart, HappyFresh, Klik Indomaret, Go Mart - Go Shop dan layanan dari enabler e-commerce lainnya.
  2. Kompetitor melakukan kerja sama dengan pemain start up besar untuk mendapatkan akses ke pengguna platform tersebut. Contoh: kolaborasi HappyFresh dengan Grab.
  3. Aksesibilitas tinggi ke model bisnis konvensional (warung, pasar dan pedagang keliling), yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, dimana masyarakat Indonesia menilai dengan belanja secara konvensional, secara langsung dapat membantu para pedagang. 
  4. Banyaknya promo dan gimmick yang disediakan baik oleh brand-brand untuk penjualan di modern trade, e-commerce, wet market dan juga channel penjualan lainnya.
  5. Penetapan harga yang cukup bersaing dari kompetitor sejenis dan juga channel penjualan lainnya


PORTER’s 5 FORCES

Level of Rivalry in an Industry

Ada beberapa pesaing Honestbee di Indonesia seperti Alfacart, HappyFresh, Klik Indomaret, Go Mart - Go Shop. Go - Mart dari Gojek dan HappyFresh yang bekerjasama dengan Grab menjadi pesaing terberat Honestbee karena mereka memiliki layanan yang lebih terintegrasi seperti layanan berbasis  transportasi online. Selain itu, Gojek dan Grab memiliki akses ke konsumen yang ada yang cukup besar jumlahnya, dan kedua startup ini juga dapat melakukan targeting secara tepat kepada konsumen yang berpotensial. Sebenarnya GoMart sempat menutup layanannya pada tahun 2016, tetapi, membuka kembali layanan tersebut pada tahun 2019 setelah dilakukan pengembangan dari pihak Gojek. Hal ini menunjukkan bahwa potensi belanja online di Indonesia yang besar.

Potensial for New Entrants 

Perusahaan startup seperti Honestbee memiliki potensi new entrants yang sangat besar. Meskipun banyak hambatan untuk masuk ke industri ini terutama modal kapital awal yang sangat besar, para pelaku industri minimarket besar justru berbondong-bondong membuat layanan online untuk menyesuaikan bisnisnya dengan kemajuan teknologi, misalkan saja Klik Indomaret dan Alfacart yang pada awalnya memfokuskan bisnisnya pada penjualan channel modern trade di residential, kantor, kampus dan lainnya. Tidak hanya mendekatkan secara jarak, tapi dengan adanya Klik Indomaret dan Alfacart, pemain besar ini juga berusaha untuk meraih penjualan di channel online.

Power of Large Suppliers 

Sebagai partner kerjasama, Honestbee memilih untuk bekerjasama dengan toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari masyarakat, salah satunya yang terbesar adalah Transmart Carrefour. Sebenarnya masih banyak toko modern beserta jaringannya yang dapat dimanfaatkan oleh Honestbee untuk meningkatkan bisnisnya. Tidak hanya itu, bahkan sebenarnya Honestbee bisa bekerjasama dengan toko ritel lokal yang berada di area-area non big city untuk memperluas jaringan kerjasama yang bisa menjangkau baik area urban maupun rural. Misalkan saja, Honestbee bisa bekerjasama dengan toko-toko modern trade lokal seperti: Mirota dan Pamela di Yogya, SM Brastagi di Medan, ADA di Semarang yang sebenarnya mereka sendiri sudah memiliki harga yang cukup bersaing di mata konsumen lokal.

Toko modern di Indonesia mendominasi sebanyak 7,06% tempat perdagangan publik setelah pasar tradisional (88,52%). Hal ini menjadi fokus perhatian pemerintah karena ekspansi toko modern dapat menyudutkan eksistensi toko kecil, seperti toko kelontong dan warung.  Dalam Permendagri Nomor 68 Tahun 2012 tentang Waralaba untuk Jenis Usaha Toko Modern memberikan batasan apabila terdapat gerai yang dimiliki dan dikelola sendiri paling banyak 150 gerai maka harus diwaralabakan paling sedikit 40% dari jumlah yang ditambahkan. Selain itu di beberapa daerah juga melakukan pembatasan melalui perda/pergub. [4]

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/03/27/2018-terdapat-1131-toko-modern-di-indonesia

Threat of Substitute Products 

Produk substitusi Honestbee adalah sistem belanja online yang dibuat oleh masing-masing retailer. Namun sistem belanja online tersebut juga masih minim peminta/transaksi, sehingga masih terdapat potensi bisnis yang besar bagi honestbee untuk berkembang.

Power of Large Customers 

Jumlah populasi yang mencapai 250 juta penduduk, membuat potensi perkembangan perdagangan online Indonesia sangat besar. Hal itu didukung dengan penetrasi pengguna internet yang terus tumbuh, harga sambungan internet dan smartphone yang semakin terjangkau,  serta antusiasme masyarakat dalam menggunakan internet untuk mendukung kehidupan sehari-hari, hal ini tentunya menjadi potensi bisnis bagi honestbee.

Transaksi perdagangan digital Indonesia tumbuh pesat. Data eMarketer menunjukkan bahwa transaksi e-commerce Indonesia mencapai Rp 25,1 triliun pada 2014 dan akan naik menjadi Rp 69,8 triliun pada 2016, dengan kurs rupiah Rp 13.200 per dolar Amerika. Demikian pula pada 2018, nilai perdagangan digital Indonesia akan terus naik menjadi Rp 144,1 triliun [5]

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/11/16/transaksi-e-commerce-indonesia-naik-500-dalam-5-tahun

Multi Domestic Strategy

Membuat strategi dengan menyeusaikan dengan kondisi domestic dapat menjadi solusi bagi bisnis model honestbee di Indonesia.  Salah satu kelemahan dari honestbee adalah jumlah mitra yang tidak terlalu banyak, sehingga konsumen memiliki keterbatasan terhadap produk yang dibutuhkan. Warung dapat menjadi solusi bagi honestbee untuk meningkatkan bisnisnya di indonesia. Warung sudah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Sebab, bagi sebagian orang, warung tak hanya sekedar tempat jual beli, tetapi sudah jadi tempat aktivitas sosial; mulai dari rumpi ibu-ibu hingga sekedar berkeluh kesah. Bahkan bagi sebagian masyarakat lainnya, warung juga kerap menjadi tempat meminjam uang. Kini saat dunia sudah serba online pun, kehadiran warung tetap tak tergantikan. Apa iya saat ingin makan mie, kita beli mie instan secara online? Tentu saja cara paling mudah adalah ke warung. Berdasarkan data BPS pada tahun 2014 jumlah warung/toko kelonting di DKI Jakarta >50.000, Honestbee dapat menjadikan warung tersebut menjadi mitra, selain memperkaya variasi produk tentunya menambah jaringan bisnis honestbee hingga pelosok-pelosok.

https://marketeers.com/wp-content/uploads/2018/11/warung_xl-a.jpghttps://marketeers.com/perusahaan-ritel-besar-perlu-menggali-potensi-warung-tradisional/

Warung tradisional memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh perusahaan ritel besar. Mereka lebih mengerti tentang konsumen mereka dan lebih mudah untuk dijangkau. Ini adalah alasan kenapa banyak masyarakat yang masih memilih berbelanja di warung tradisional.

perilaku konsumen seperti ini bisa menjadi alternatif terbaik bagi perusahaan ritel besar agar dapat menjadi pusat komunitas. Salah satu contoh adalah ketika Bukalapak menjalin kemitraan dengan 300.000 warung atau dikenal sebagai mitra Bukalapak yang tersebar di seluruh Indonesia. Kemitraan ini memberikan kemudahan bagi konsumen dalam  melakukan transaksi di platform Bukalapak melalui warung yang sering mereka datangi. Konsumen dapat lebih mudah untuk mengirim dan menerima paket melalui berbagai warung yang berada di komunitas mereka.



Kontributor :

Andrea Rio Iskandar

Felicia Stefanie

Giri Mulyadi

Rohmat Agung Jaya Kumara


Daftar Pustaka

  1. https://www.mykidneybean.com/2017/01/honestbee-layanan-belanja-pengantaran.html
  2. https://dailysocial.id/post/honestbee-kesulitan-keuangan/
  3. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/11/15/2016-sebanyak-86-juta-orang-melakukan-transaksi-online
  4. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/03/27/2018-terdapat-1131-toko-modern-di-indonesia
  5. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/11/16/transaksi-e-commerce-indonesia-naik-500-dalam-5-tahun

Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
1
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win
I AM BATMAN

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format