Mendaki Gunung: The Managers Way

Belajar dari film 5cm, manajemen organisasi dapat digunakan untuk mengurangi risiko dalam proses pendakian gunung


1
1 point

5cm

gambar: Poster Film 5cm (IMDB.com)

5 cm adalah sebuah film adaptasi buku berjudul sama, bercerita tentang perjalanan cerita 5 orang sahabat dan selipan cinta di antaranya. Konflik terbesar muncul saat 5 orang sahabat tersebut (Genta, Zafran, Riani, Ian, dan Arian) memutuskan untuk bepergian bersama mendaki gunung Semeru. Selama ini ada rahasia yang sengaja dipendam lama oleh dua diantaranya, yaitu Genta dan Riani. Genta menyayangi Riani lebih dari sekedar teman dan Riani memiliki rasa kepada Zafran. Saat rahasia tersebut disampaikan, disitu konflik hati itu terjadi. Genta yang kemudian patah hati, Zafran yang sama sekali tidak tahu menahu tentang perasaan Riani kepadanya dan berbagai dampak lain yang bermunculan. Akar permasalahantersebut didasarkan pada dilema pertemanan. Jika Genta jujur kepada Riani atau Riani jujur kepada Zafran, ada dilema bahwa persahabatan mereka akan terkena dampaknya. 

Jika diidentifikasi dari konsep manajemen struktur organisasi dan budaya, akar permasalahan di atas kemungkinan besar terletak pada pola budayanya. Jika dijabarkan lebih lanjut,

  • Karakter: Baik Genta, Zafran, Riani, Ian, dan Arian memiliki karakter yang berbeda satu sama lain. Genta adalah sosok pemimpin, Zafran adalah sosok penghibur, Riani memiliki sifat keibuan, dan Ian yang penyabar serta Arian yang sangat fasilitatif. 
  • Hubungan: Hubungan antar 5 individu tersebut sebenarnya cukup baik. Jika dianalisa dari Job Characteristics Model, ada identitas tugas (task identity) yang tergambarkan dari film tersebut. Contohnya Riani yang sudah fasih memesankan pesanan teman-temannya. Dari signifikansi tugas (task significance) dan otonomi (autonomy) pun juga terdeskripsikan dengan jelas. Misalnya saat Genta yang memutuskan dan menyusun rencana perjalanan mereka mendaki Gunung Semeru. 
  • Struktur Organisasi: Pola pertemanan 5 sahabat ini menggunakan organizational architecture yang juga digunakan oleh Facebook. Terkait dengan cara pemisahan tugas grup menjadi tugas individu sesuai dengan fungsinya dan otoritasnya masing-masing, tim menggunakan struktur fungsional (functional structure).

Sumber: Organizational Charts by Manu Cornet[1]

  • Etika: Situasi lingkungan (Organizational environment) pertemanan yang sangat dekat dan terjalin lama selama bertahun-tahun membuat etika pertemanan sangat dipegang teguh masing-masing individu. 

Kesulitan komunikasi adalah salah satu dampak dari struktur fungsional (functional structure). Maka dari itu, sebenarnya cukup wajar jika Genta dan Riani lebih memilih menyimpan bentuk perasaan mereka sebagai rahasia ketimbang mengkomunikasikan kepada individu terkait. Risiko yang mungkin dapat terjadi pada pertemanan mereka dirasa lebih besar. Apakah kemudian mereka harus mengubah pola pertemanannya? Bisa jadi tidak. Struktur fungsional pada dasarnya juga memberikan ruang untuk manajemen melakukan perbaikan melalui monitoring dan evaluasi. Selain itu, manajemen juga dapat menciptakan rangkaian fungsi baru yang diperlukan terkait dengan hasil evaluasi yang sudah diterima guna memperbaiki kinerja tim dalam organisasi. Dalam kasus ini, saat Genta dan Riani akhirnya terbuka satu sama lain, akhirnya mereka dapat menerima keadaan dan beradaptasi untuk tujuan bersama yaitu menyelamatkan pertemanan mereka.

Sumber: Qaspire.com[2]

Pentingnya Koordinasi dalam Organisasi

Di dalam film diceritakan bahwa 5 sahabat ini mengalami kendala dalam proses pendakian Gunung Semeru. Sebagai sebuah kelompok sosial grup ini memiliki sinergi yang baik karena mereka sudah saling mengenal sejak lama, namun sebagai sebuah organisasi mereka belum memiliki sinergi yang baik. Hal ini disebabkan koordinasi mereka sebagai sebuah organisasi masih belum terbentuk. 

Dalam pembentukan struktur organisasi diperlukan adanya job design[3], dimana sebuah pekerjaan akan dibuat dengan struktur tugas yang jelas. Di dalam film ini pendakian tidak disertai dengan job design yang jelas. Pendakian ini digagas oleh 1 orang saja tanpa sepengetahuan anggota kelompok yang lainnya. Keputusan ini dapat membahayakan anggota kelompok karena tidak ada diskusi antar anggota dalam pendakian. Proses pendakian ini juga dilakukan tanpa persiapan yang cukup dan pembagian tugas yang tidak jelas. Dari segi manajemen organisasi ini adalah kesalahan besar. 

Pendakian juga mengalami kendala karena struktur organisasi di kelompok ini. Di atas dijelaskan bahwa kelompok ini menggunakan struktur fungsional yang mirip dengan struktur organisasi Facebook. Setiap anggota memiliki fungsinya masing-masing dan setiap anggota memiliki independensidalam kelompok. Kelemahan dari struktur organisasi ini adalah kurangnya hierarchy of authority. Padahal di dalam pendakian hierarchy of authority perlu dibentuk karena adanya resiko-resiko yang dapat membahayakan nyawa pendaki. Di dalam pendakian biasanya ada seorang leader atau guide yang membuat keputusan untuk kelompok pendaki. Jika hierarchy of authority tidak dibentuk dari awal maka bisa dipastikan akan adanya konflik di dalam pendakian.

Mendaki Gunung Dengan Menggunakan Organizational Management

Pada saat akan mendaki gunung seharusnya ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh 5 sekawan di dalam film 5cm. Yang paling utama adalah dengan menentukan struktur organisasi atau kelompok saat akan mendaki. Penentuan struktur dimulai dengan menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin lalu membagi tugas bagi setiap individu akan peran dan tanggung jawabnya di pendakian. Jika menggunakan job design dapat ditentukan tugas di pendakian seperti pemandu rute, manajer peralatan, konsumsi, dan pemberi pertolongan pertama. 

Setelah pemimpin dan pembagian tugas ditentukan, kelompok tersebut dapat melakukan controlling untuk memastikan performa setiap individu berjalan sesuai dengan harapan. Jones dan George menyebutkan ada 3 Organizational control systems, pertama adalah output control, kedua behavior control, ketiga clan control[4]. Untuk kasus di film 5cm system yang perlu digunakan adalah kontrol perilaku. Di dalam behavior control ada sebuah metode yang dinamakan Management by Objectives (MBO). MBO memiliki 3 langkah yaitu[5]:

  1. Menentukan tujuan dan capaian di setiap level organisasi
  2. Manajer dan bawahannya menentukan tujuan yang harus dicapai
  3. Manajer dan bawahannya harus secara teratur menganalisa kinerja dalam pencapaian tujuan.

Tabel: Contoh matriks struktur organisasi dalam pendakian

Tabel di atas adalah contoh struktur organisasi yang bisa dibuat oleh kelima pendaki di film 5cm. Sesuai dengan teori manajemen organisasi terlihat struktur organisasi yang jelas dan juga ada pembagian tugas bagi setiap anggota kelompok. Struktur matriks tersebut juga menunjukkan kewenangan individu. Hal ini juga sesuai dengan budaya organisasi di mana setiap anggota kelompok memiliki independensi atau otonomi sendiri. Dengan dibentuknya struktur ini setiap individu tetap memiliki individualisme sendiri namun mereka tetap terikat dengan kewajiban yang harus mereka kerjakan dalam pendakian.

Konklusi

Dengan belajar dari film 5cm dapat dikatakan bahwa ilmu manajemen organisasi dapat digunakan untuk semua hal. Dalam kasus ini adalah manajemen tim pendakian gunung. Mengingat bahwa mendaki gunung adalah aktivitas yang berbahaya maka perlu adanya persiapan yang matang sebelum pendakian. Manajemen organisasi dapat digunakan untuk mengurangi risiko pendakian dan kejadian-kejadian berbahaya yang diceritakan dalam film 5cm bisa dihindari dengan ilmu ini.

[1] M. Cornet, Organizational Charts, Bonkers World, viewed on 8 November 2019,.

[2]T. Vora, ‘Leadership: Assessing Organizational Health’, Qaspire.com, 3 May 2016, viewed on 8 September 2019, .

[3]Jones, G.R., and George, J.M. Contemporary Management (New York: Mcgraw-Hill, 2020)

[4]Jones, G.R., and George, J.M. Contemporary Management (New York: Mcgraw-Hill, 2020). p352.

[5]Ibid.


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
1
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format