Deriji Handcraft: Tampilan Natural rasa Lokal

Ya mari semua beli produk kami yuk. Rasakan sensasi alam di baju kalian.


2
2 points

Untuk game kali ini kami memilih produk Deriji Handcraft dari UMKM di daerah Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman. Deriji Handcraft memiliki banyak sekali produk, mulai dari peralatan rumah tangga hingga aksesoris sehari-hari. Sebagai tim marketing dari Deriji, kami menyebut diri kami sendiri Derujars.

Kenapa Deriji Handcraft kurang populer di pasaran?

Deriji Handcraft tidak populer karena tidak melakukan pemasaran secara gencar. Tidak terdapat media sosial seperti Instagram yang dapat digunakan untuk memamerkan produk-produknya dalam skala lebih luas. Deriji hanya fokus pada pesanan yang datang via Whatsapp, SMS, atau telpon, serta dari pembeli yang langsung datang ke outletnya.

Steps in Developing Effective Marketing Communication 

Dalam merancang konten pemasaran untuk Deriji Handcraft, kami menggunakan konsep Developing Effective Marketing Communication yang dikemukakan oleh (Kotler dan Armstrong, 2017). Konsep tersebut terdiri dari beberapa langkah:

 1. Identify Target Audience

Kami memilih target audience dengan rentang generasi remaja hingga remaja dewasa. Hal ini karena sebenarnya beberapa barang kerajinan dari Deriji Handcraft cukup unik dan cocok dengan gaya anak muda masa kini. Dengan target audience demikian, kami merancang konten pemasaran yang bergaya 'kekinian'

2. Determine the Communication Objectives

Tujuan utama dari konten pemasaran ini tentu saja adalah lebih banyaknya jumlah konsumen yang tertarik untuk membeli Deriji Handcraft. 

3. Design the Message

Dalam menyusun konten pemasaran yang sesuai dengan target audience kami, kami akan mengacu pada konsep AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action).

4. Choose the Media to send the message

Media utama kami pilih adalah poster dan video. Media ini dipilih karena untuk menarik perhatian target audience kami, media visual kami anggap lebih efektif. Kami juga membuat artikel yang bersifat soft-selling untuk lebih menarik perhatian. Karena konten pemasaran yang bersifat hard-selling tidak lagi memikat bagi target audience kami.

5. Selecting Message Source and Collecting Feedback

Selain pesan dan media yang tepat, siapa yang menyampaikan pesan ini juga penting. Deriji dapat bekerjasama dengan beberapa model yang ada di Instagram untuk mempopulerkan fashion itemnya. Namun untuk konten pemasaran kali ini kami akan menggunakan model dari kelompok kami. 

Selain itu, Deriji juga perlu mengetahui feedback dari konsumen. Untuk hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan polling kepuasan melalui instagram atau platform sosial lain seperti Twitter dan Facebook. 

Konten Pemasaran

Karena sejak tadi fokus kami adalah Instagram, maka pilihan kami untuk konten pemasaran jatuh pada video dengan durasi 15 detik, supaya dapat dipublikasikan melalui Instagram Story. Konten tersebut sebagai berikut:

Video 15 detik

Selanjutnya kami juga membuatkan beberapa poster dengan konsep yang eye-catchy dan sesuai dengan selera anak muda masa kini:

Selanjutnya adalah video dengan konsep AIDA:

Video dengan teknik AIDA

Berikut penjabaran konsep AIDA dari video:

1. Awareness adalah ketika pelaku video secara sengaja tampak tidak siap sehingga menarik perhatian penonton untuk ingin mengetahui apa yang sebenarnya akan dibicarakan

2. Interest adalah ketika pelaku video tetap berbicara dengan tone bicara yang asik sehingga penonton tetap tertarik untuk memperhatikan

3. Desire adalah ketika pelaku video terus membujuk dan menekankan bahwa produk yang dijual memiliki nilai-nilai lebih dibanding produk sejenis

4. Action adalah ketika pelaku video mendeskripsikan bagaimana caranya memperoleh produk.

Selanjutnya adalah artikel yang tidak secara langsung menjual produk Deriji:

Hai Derujars!

Liburan adalah saat yang paling ditunggu-tunggu. Masa untuk melepas penat dari segala kesibukan sehari-hari. Liburan adalah saatnya kita untuk mencoba hal baru dan tentunya keluar dari zona nyaman!

Tak hanya liburan lho yang harus direncanakan, outfit kita juga harus direncanakan agar tidak salah kostum dan merusak kenyamanan dan keseruan liburan mu. Nah, tenang Derujars, kita akan membantu Derujars untuk tetap tampil stylish dan juga nyaman saat liburan. 

1. Jangan sampai goosong!

Derujars, liburan boleh melakukan apapun yang kalian suka. Tapi jangan lupa untuk tetap melindungi diri kalian ya, salah satunya dari teriknya sinar matahari. Jadi jangan lupa untuk selalu menggunakan sunblock ataupun sunscreen agar kulit kalian tetap terjaga. Eits, siapa sangka, melindungi diri juga bisa jadi peluang untuk jadi lebih stylish. Betul sekali, untuk melindungi kulit dan rambut saat liburan di tempat terik, Derujars bisa juga mengenakan topi pantai. Jadi, tubuh Derujars bisa tetap terjaga dan bisa tetap tampil stylish serta nyaman. 3 in 1!

2. Pakaian yang nyaman

 Saat-saat liburan adalah saat dimana kita menikmati suasana dan me-rileks-kan badan kita. Jadi, jangan sampai pakaianmu mengganggu waktu nyaman mu. Kenakanlah baju yang simple agar Derujas bisa menikmati liburan dengan nyaman. Selain nyaman, kembali lagi, tampil stylish juga tetap harus dijaga agar foto-foto yang diambil dapat terlihat lebih bagus. Salah satu contoh pakaian yang nyaman dikenakan untuk berjalan-jalan dan tetap bisa tampil stylish adalah jumpsuit. Selain nyaman, style jumpsuit juga membawa kesan lucu dan ceria. Jika takut gosong, Derujars bisa padukan jumpsuit dengan kaos atau luaran yang sepadan. 

3. Pemanis

Outfit liburan kurang lengkap jika tidak mengenakan aksesoris. Sekali lagi, jangan sampai untuk tampil stylish Derujars menjadi tidak nyaman saat berjalan-jalan. Pilihlah aksesoris yang sederhana dan juga sesuai dengan tema outfit Derujars. Contohnya, gelang hitam dengan liontin tembaga buatan tangan ini bisa menjadi pelengkap outfit Derujars. Mudah dikenakan, mudah disimpan, dan yang terpenting mampu menambah kesan manis pada outfit Derujars. 

Untuk menambah gaya pada outfit Derujars, jangan lupa juga untuk mengenakan dompet kecil karya kerajinan tangan warga.. yang bisa dibeli di toko Deriji terdekat. Selain mampu menambah suasana ramah lingkungan, dompet yang terbuat dari bambu ini juga mampu menambah kesan lokal dengan pilihan warna yang sesuai dengan tema outfit Derujars. 

4. Alas kaki

Salah satu yang terpenting saat bertamsya adalah alas kaki yang nyaman agar kaki Derujars terlindungi dan tidak mudah pegal. Sendal dari anyaman bambu Deriji ini bisa menjadi solusi utama saat Derujars ingin tampil stylish dan juga nyaman bertamsya. Sendal anti air yang mudah dikenakan dan mudah dilepas. Jika dipadukan dengan warna yang sesuai, sandal ini akan menambah kesan ‘nyentrik lokal’ yang mengundang perhatian pengunjung lainnya, lho.

Nah, itu dia Derujars rekomendasi tim Deriji untuk outfit liburan yang nyaman dan stylish. Cek terus laman kami untuk menemukan informasi-informasi lainnya yang tidak kalah seru dan pastinya bermanfaat untuk menemani liburan kalian.


Batu akik batu keras

Selamat liburan Derujars!


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format