Dialekita Miliki Kopi Conhiello dengan Jutaan Potensi


4
4 points

Saat ini generasi milenial sangat menggemari kopi. Bahkan, pangsa pasar kopi terbesar di Indonesia didominasi oleh generasi milenial yang merupakan kelompok usia produktif dari masyarakat Indonesia. Ada beberapa alasan mengapa generasi milenial senang membelanjakan uang mereka untuk mengonsumsi kopi. Misalnya saja aktivitas yang padat membuat milenial mengonsumsi lebih banyak kopi. 

Kopi tidak hanya hadir sebagai teman tetapi juga solusi 

Generasi milenial pada pada umumnya merupakan kalangan usia produktif, banyak dari mereka yang disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang menguras energi seperti kuliah, bekerja, dan kegiatan yang dapat mengasah kemampuan dan bakat. Kegiatan tersebut seringkali menuntut milenial untuk tetap terjaga hingga tengah malam. 

Sebuah solusi yang sangat pas untuk mengkonsumsi kopi karena dapat membantu milenial untuk tetap terjaga dan fokus selama melakukan aktivitas di malam hari. Meski tidak dilanda kesibukan, milenial tetap mengonsumsi kopi di saat nongkrong bersama dengan teman sebaya. Terlebih saat ini telah banyak kedai kopi yang dirancang sebagai tempat yang cocok untuk nongkrong dan hangout bersama teman. Lebih dari itu, saat ini kopi juga menjadi sebuah tren di sosial media. Misalnya saja kopi merk Janji Jiwa yang sedang populer di Instagram atau seperti kawula muda yang mengabadikan momen nongkrong di kedai kopi elit Starbucks dan mengunggahnya ke Instastory

          https://lh3.googleusercontent.com/rkfQzr2Va-EAy64Vqhf2txR1fZTEAF_2IeSjS0Un1Z9R0_XFHSkfa9ixv3R1_UwGjnEHcr4e-KzvhUIH2-dgfZpO4l776vWZkJK612VtXAZA__vlGCdk6VIX5NyOD8VXwX9rRPtP(mengonsumsi kopi menjadi sebuah budaya yang tak terpisahkan dari kehidupan milenial)

          https://lh3.googleusercontent.com/VV-VlAray4d-PD8sfWbjvOUnJ3-rrn2OouPngZxKsoBdPoXXczg87ZG13_R70_139T0Gw0l0FZbOUPv3V3zrKHObfn0I9_TxkS4xzYbLhcpZmrRHO9Tr9EqRqtxqousQcg43soQE(Di Amerika Serikat sendiri, 27% dari generasi milenial mengkonsumsi kopi setiap hari. Meskipun tidak sedominan generasi X dan Baby Boomers, persentase tersebut terbanyak dari intensitas konsumsi kopi yang jarang atau tidak pernah)

Karena permintaan yang tinggi, mulai bermunculan banyak kedai kopi di berbagai titik kota. Hampir di sudut kota terdapat kedai kopi dengan berbagai macam nama dan harga, mulai dari kelas elit, menengah hingga yang merakyat. Bahkan, beberapa kampus menyediakan kedai kopi yang cukup ‘kekinian’ bagi anak muda. Salah satunya adalah EB Cafe. 

EB Cafe ?

EB Cafe merupakan kedai kopi yang berlokasi di fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Mahasiswa yang menggemari sajian kopi akan membeli kopi di EB Cafe sembari mengerjakan tugas kuliah ataupun menghabiskan waktu bersama teman kuliah. EB Cafe menyediakan berbagai varian makanan dan jenis minuman, salah satunya Coffee Executive atau Conhiello. Coffee Executive merupakan produk baru yang diluncurkan pada 7 November 2019. 

                       https://lh4.googleusercontent.com/5IL8Nn2pc6jc0bapOHNaC2ygZ_V7NHf_87grSOmW_v7OGy30wwn5yHC_RfbiAB5OmYrKEsudSMXYgc1zQv3HWzZqNeGFv7Jsv3MQXN8VNQv-fxRMF0iDc6WtCmM3BGb37Xab2l_C

Karena termasuk kategori produk yang mana baru saja diluncurkan, Coffee Executive laku sebanyak 5-10 produk dalam sehari. Dibandingkan dengan produk yang paling laris, Es Kopi Dialekita, Coffee Executive kalah laku karena Es Kopi Dialekita berhasil terjual sebanyak 20-25 cup. 

Meski demikian, penjualan dari produk kopi EB Cafe masih belum maksimal. Pemasaran yang dilakukan hanya menggunakan media sosial seperti Instagram dan promosi di hari senin dan kamis. EB Cafe dirasa kurang memaksimalkan bauran promosi (promotion mix) untuk memaksimalkan penjualan. Bauran promosi yang dimaksud adalah advertising, sales promotion, personal selling, public relations, direct and digital marketing. 

Di dalam ilmu pemasaran ada sebuah teori yang disebut integrated marketing communications (IMC). Komunikasi pemasaran terintegrasi merupakan upaya untuk memanfaatkan media dan konten di dalam melakukan pemasaran dengan tujuan untuk menyampaikan pesan dari suatu produk atau brand tertentu (clear brand messages). Untuk melakukan komunikasi pemasaran terintegrasi diperlukan kombinasi dari alat-alat promosi campuran seperti periklanan (advertising), penjualan secara personal (personal selling), hubungan publik (public relations), pemasaran langsung dan pemasaran digital (direct and digital marketing), dan promosi penjualan (sales promotion). Kelima alat promosi tersebut dikombinasikan untuk memudahkan komunikasi agar bisa menyampaikan pesan yang diinginkan oleh pemasar. 

                                  https://lh3.googleusercontent.com/zs3_z5tRRSvO4jnt6i1FzbrUBQfESygzYQIl1WgXbOHBndbLFh27viLG68umLoFSwXSGJ2H3aSFsSfolVjQ9_Gm47Q0lB7245_UvnDllUIZk_48nXj24n6nUecZCnFbIWK0kO7-l

Fungsi dari komunikasi pemasaran terintegrasi adalah untuk memberikan edukasi kepada pelanggan terhadap produk perusahaan. Setelah pelanggan mengetahui produk tersebut, mengetahui value yang ada di dalam produk tersebut, barulah terjadi pembelian. Jika pelanggan menyukai produk tersebut, akan terjadi repeat order yang tentunya menaikkan sales produk tersebut. Karena itu, pembelian dapat terjadi dari tahapan-tahapan yang panjang.

 Langkah- langkah Buyer-Readliness Stages

Tahapan-tahapan tersebut di dalam ilmu pemasaran disebut sebagai buyer-readiness stages. Tahapannya ada enam langkah, awareness atau kesadaran terhadap adanya produk tersebut, knowledge atau pengetahuan terhadap nilai produk, merek, dan manfaatnya, liking atau menyukai produk tersebut, preference atau pilihan yang akan dia ambil, conviction atau keyakinan untuk memilih produk tersebut, dan yang terakhir purchase atau pembelian. 

           https://lh3.googleusercontent.com/dMqvGHRTcmAHJnpWVSzVk19JoCdF9uGcD4U3cLA5vj46LRqL5mZxgmzAMSVooRUGnClWKIDNVNxKSxjo37NLfegRSsv9XzH7q79_luD5R4X3tHuwllf843zcpepXF0qDYrr439pz

Cara meningkatkan penjualan produk, khususnya produk Executive Coffee

Sebagai produk yang baru diluncurkan, varian kopi jenis ini lebih jarang laku. Lalu cara apa agar penjualan kopi ini lebih meningkat? Jika menerapkan teori komunikasi pemasaran terintegrasi, cara-cara yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Advertising atau periklanan.

 Untuk meningkatkan penjualan, tentunya memerlukan pemasangan iklan yang gencar.  Pemasangan iklan diperlukan untuk meningkatkan awareness dan knowledge dari calon pembeli. Jenis iklan bisa bermacam-macam, bisa menggunakan poster, video, klip, brosur, dan lain sebagainya. Iklan yang baik adalah iklan yang pesannya dapat disampaikan kepada calon konsumen. Karena, iklan hanyalah media untuk menyampaikan pesan tertentu, citra merek atau brand, dan lain sebagainya. 

                                                     https://lh6.googleusercontent.com/RtMdUJzzQ4FAPvpjKOzvoEw1p64D9fAxczXd3GEsDkWAR22rikklTRuzSJHtKT3geSOJyE9Sh5Yadx9XoJ6-EguJjC04h0DAYF9WGD6dYFDmSBAydS4-jyHqHhv4DuDhrWksANtW(iklan diatas merupakan contoh iklan yang baik karena cukup sederhana dan pesan yang disampaikan dapat diterima oleh calon konsumen)

2. Sales Promotion atau Promosi Penjualan

Promosi penjualan berarti memberikan insentif atau dorongan jangka pendek yang dapat meningkatkan penjualan secara cepat. Contoh dari promosi penjualan adalah promo dan diskon tertentu yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan barang atau jasa. Dengan meningkatnya penjualan maka akan semakin banyak pelanggan yang merasakan benefit dari barang dan jasa tersebut. Hal tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap kesukaan terhadap barang tersebut sehingga memunculkan repeat order yang keberapa kalinya. 

Untuk masalah EB Cafe ini, promosi penjualan dapat dilakukan di fakultas FEB (tempat EB cafe berada) dan di fakultas di sekitar FEB (Fisipol, Psikologi, dan Filsafat). Promosi dapat berupa pembelian dua produk kopi mendapatkan potongan harga pada pembelian ketiga. Selain itu promo diberikan di hari-hari tertentu atau diberlakukan untuk produk yang kurang laku agar persediaan di inventory tidak menumpuk sehingga aliran penjualan menjadi lebih lancar. 

                               https://lh6.googleusercontent.com/3E7fHDyrPUn1z6uScFWS7b-_p759RaPIz6aREU9_v04o1sWhM_209vO-ra-KCW9o6-sfmRfQbCGnyphI1TnBOLnGOL76nqYcP-_G3AucSE966FVXDi1Xn-F_Hzbjz7G77IDcM1jt(contoh dari promosi penjualan jasa dari aplikasi Grab. Grab salah satu perusahaan yang melakukan promosi penjualan yang gencar untuk meningkatkan penjualan dan memberikan pengalaman kemudahan transportasi melalui gawai )

3. Personal selling atau penjualan perorangan

Penjualan perorangan berarti komunikasi langsung tatap muka antara penyedia barang dan jasa dengan calon konsumen. Untuk saat ini penjualan secara personal cukup jarang ditemui tetapi cara ini masih tetap efektif dilakukan. 

                                                https://lh6.googleusercontent.com/C0hhl71v2NoMG_l8p6yNHj3BZkDIhIWQZJgA982d7mIV0_-goKwYjzXTpR7oSmMQWuuxK-M9-n-ULapORkvp-BM-PLo8Tit4szz007A20PozyW-RsZ5CGWlfkDcajVKCnAQB72de(salah satu contoh dari penjualan secara personal adalah marketing oleh beberapa badut dan pegawai toko elektronik yang menyebarkan pamflet produk)

Untuk metode pemasaran perorangan sendiri untuk EB Cafe kurang cocok. Hal ini karena EB Cafe sendiri memiliki value yang berbeda dan menyasar anak muda tertentu. Dengan melakukan personal selling, hal tersebut akan menurunkan value EB Cafe. Terlebih lagi EB Cafe masih berada di lingkungan kampus sehingga promosi tersebut tidak bisa seleluasa itu.

4. Public relation atau hubungan masyarakat

Poin penting di dalam pemasaran adalah bagaimana caranya untuk menjaga hubungan yang baik dengan publik, termasuk menjaga brand atau value baik di mata konsumen. Contoh yang dapat ditemukan dari public relation adalah bagaimana perusahaan menanggapi keluhan, scam, penipuan, dan hal-hal tidak menyenangkan lainnya. 

                             

                              (salah satu dari public relation di dalam pemasaran sebuah produk)

Untuk EB Cafe, public relation juga tidak berpengaruh terlalu signifikan karena produk yang ditawarkan merupakan produk makanan. Pada umumnya public relation sangat vital untuk jenis jasa dan produk yang memiliki harga yang mahal sehingga tidak terlalu terasa urgensinya.

5. Direct and digital marketing atau pemasaran langsung dan digital

Akhir-akhir ini pemasaran melalui digital sangat populer, terlebih lagi penggunaan sosial media sebagai media pemasaran. Pada umumnya pemasaran digital banyak digunakan karena harganya yang relatif lebih murah, mudah untuk dilakukan, dan lebih praktis. EB Cafe sendiri memasarkan produknya melalui sosial media yakni Instagram. Akan tetapi, alangkah baiknya jika EB Cafe memaksimalkan pemasarannya di Instagram. Upayanya bisa berupa rutin menyediakan konten-konten segar, Instastory yang menarik, quotes, dan lain sebagainya.

                                 

                                                                     (akun instagram milik EB Cafe)

                                 

              (akun instagram kopi janji jiwa. Sebaiknya EB Cafe mulai memikirkan untuk memaksimalkan    pemasaran melalui sosial media khususnya instagram)

Dari saran-saran di atas, kami berusaha membuat poster dan video sebagai media komunikasi untuk meningkatkan penjualan.

POSTER

VIDEO (15 DETIK)

AIDA MODEL

Beriikut kami mendesain pesan dalam bentuk video dengan model AIDA :

1.  Get Attention 

    Di dalam video tedapat dua laki-laki yang sedang melakukan review pada produk kopi. Tersedia tiga cup kopi yang masing-masing berasal dari merk yang berbeda. Tiap pcup tersebut tidak diperlihatkan merk tiap kopi. Hal ini dapat menarik perhatian lantaran pelaku yang mecicipi jenis kopi tidak mengetahui kopi merk apa yang ia minum. Review ini bersifat real.

2. Hold Interest

Laki-laki yang diminta mencicipi ketiga cup kopi dengan merk berbeda diminta untuk mengurutkan dari rasa yang paling enak sampai dengan rasa yang biasa dari ketiga kopi yang sudah ia rasakan. Penonton dibuat penasaran dengan urutan kopi yang  ia pilih.

3. Arouse Desire 

Di dalam video, ternyata pencicip kopi yang tidak mengetahui merk kopi yang minum memilih kopi conhiella di uratan nomor satu. Artinya, dari dua kopi lain yang tersedia, kopi ini terbukti memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan dengan yang lain.

4. Obtain Action

Pada akhir video, pemasar mengajak penonton utnuk hadir melakukan battle es kopi susu soshum pada tanggal 17 November 2019 untuk merasakan langsung perbedaan antar masing-masing kopi. Selain itu, pemasar memberikan informasi kepada penonton mengenai tempat untuk memperoleh produk ini yaitu di Pertamina Tower lantai satu.



Pemula Dalam Dunia Kopi Wajib Cek Dua Tips Ini

Café identik menyediakan minuman kopi. Bagi pecinta kopi, minuman ini menjadi teman di setiap hari baik itu sebagai teman penyemangat pagi hari ataupun teman begadang di malam hari. Apalagi, kopi mulai hadir dengan berbagai varian rasa.

Kopi tidak lagi disuguhkan dengan segelas cangkir di atas meja, tetapi dapat dengan mudah dibawa kemana saja dengan desain cup yang modern dan kekinian.Beragam varian rasa ini pada minuman kopi memuncukan penikmat-penikmat kopi baru. Nah, bagi kamu yang asing dalam dunia kopi tetapi ingin mencoba merasakan nikmatnya ngopi, berikut dua tips agar kamu tidak salah pilih :

  1. Kenali betul jenis kopi yang kamu pilih

Jenis kopi ada berbagai macam. Di Indonesia, jenis kopi yang paling populer adalah Arabica dan Robusta. Walaupun sama-sama biji kopi, keduanya memiliki rasa yang berbeda. Jenis kopi Arabica menghasilkan minuman kopi dengan cita rasa pahit sedikit asam, sehingga tidak terlalu pahit sedangkan Kopi Robusta memiliki cita rasa yang lebih pahit. Jika kamu menyukai kopi rasa segar dan sedikit manis, pilihlah kopi dengan jenis Arabica agar cocok dengan lidahmu.

      2. Jangan malu bertanya kepada barista 

Minuman kopi memiliki banyak nama. Nama-nama ini dipisahkan bedasarkan campuran di dalam minuman kopi tersebut misalnya saja ada Espresso dan Americano yang disajikan tanpa campuran susu, Latte dan Cappuccino yang memiliki campuran susu. Ada lagi Frappe, kopi yang disajikan dingin dan masih banyak nama lagi.  Oleh karena itu, penting bagi kamu menyesuaikan kopi sesuai dengan keinginanmu. Jika kamu ingin minuman kopi yang manis serta dingin tetapi ragu dengan nama kopi yang begitu banyak, jangan maalu untuk tanya kepada barista.

Sumber :

https://nationalcoffee.blog/2017/05/16/infographic-the-millennial-coffee-market-is-totes-lit-tbh/

https://www.instagram.com/ebcafe/?hl=en

https://civicscience.com/millennials-shaking-coffee-industry/

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.

Author :

Amalia Wikandari

Rahmat Hidayat

Indra Bagus

Fahrian Ghiffari

Hario Wicaksono


Like it? Share with your friends!

4
4 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
2
Genius
Love Love
2
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
2
Win
OVERACHIEVERS

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format