Frontier Airlines: Maskapai yang berbeda daripada maskapai lainnya

Bryan Bedford sebagai CEO Frontier Airlines menyamar sebagai seseorang yang akan melamar kerja di Frontier Airlines.


12
12 points

aa

Sumber: Website Frontier Airlines

Serial Undercover Boss adalah sebuah serial di Amerika Serikat yang menayangkan acara dimana para CEO perusahaan terkenal yang sedang melakukan penyamaran dan berinteraksi dengan para karyawannya secara rahasia. Undercover Boss pada season 2 episode 4, membahas tentang CEO Frontier Airlines Bryan Bedford untuk memajukan perusahaannya yang notabene terbilang kecil dan bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar di Amerika Serikat. Bryan Bedford menyamar sebagai seseorang yang akan bekerja di Frontier Airlines dan memberitahu para karyawannya bahwa dia sedang mengikuti sebuah acara realitas yang sedang memilih dia atau kandidat lainnya untuk mendapatkan satu posisi di Frontier Airlines.

Selama bekerja sebagai salah satu pegawai training, Bryan Bedford menemukan banyak hal yang menurutnya menjadi masalah di dalam perusahaannya salah satunya adalah semua karyawan menerima potongan gaji 10% untuk menutupi kebangkrutan Frontier Airlines sendiri sebelum dibeli oleh Bryan Bedford.

Sumber: indeed.com

Selain itu, dia juga ingin menemukan hal-hal yang baik tentang Frontier Airlines sendiri diantara karyawannya. Yang dimaksud dengan menemukan hal-hal yang baik adalah dimana dia ingin menemukan seseorang yang mengerti tentang motto yang dimiliki oleh Frontier Airlines yaitu, memberikan pengalaman terbang yang lebih baik dan berbeda bagi konsumen mereka. Itulah mengapa setiap pesawat yang dimiliki oleh Frontier Airlines memiliki gambar berbagai macam hewan-hewan karena tiap hewan memiliki representasi dan karakteristik yang berbeda-beda.

Permasalahan yang ada di Frontier Airlines sudah terjadi sebelum Bryan Bedford membeli atau menggabungkan (merger) dengan perusahaannya. Tetapi setelah Bedford membeli Frontier Airlines, ia melihat banyak permasalahan yang harus cepat diselesaikan dan memastikan bahwa setiap karyawan yang bekerja di perusahaan ini mengerti tentang apa yang ingin ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen yang menggunakan Frontier Airlines. Oleh karena itu Bedford menyamar menjadi seseorang yang ingin bekerja di Frontier Airlines.

Beberapa masalah yang terjadi disebabkan oleh perbedaan skala gaji, perbedaan senioritas, dan juga perbedaan prosedur operasi standar (SOP) di perusahaan tersebut yang berbeda dengan perusahaan yang Bedford tangani sebelumnya. Hal yang paling pertama adalah pemotongan gaji 10% untuk seluruh karyawan Frontier Airlines untuk menutupi kebangkrutan yang terjadi di Frontier Airlines, dimana hal ini berdampak sangat besar pada kehidupan sehari-hari karyawan Frontier Airlines. 

Di dalam video kita dapat melihat beberapa orang sangat terpukul dengan adanya pemotongan gaji 10% tersebut, jika kita merujuk pada teori yang ada hal tersebut akan menurunkan motivasi dari karyawan tersebut. Motivasi sendiri adalah dorongan psikologi seseorang seperti tingkat upaya atau ketekunan dalam menentukan tingkah laku seseorang dalam kehidupan organisasinya. Hal ini juga berkaitan dengan teori yang dikemukakan oleh Abraham Maslow yaitu, Hierarki Kebutuhan Maslow, dimana setiap orang harus memenuhi kebutuhan di tingkat yang paling rendah sebelum memenuhi tingkat yang paling atas.

 Image result for maslows hierarchy of needs

Sumber: Psychologytoday.com

Bisa dilihat di gambar diatas bahwa hal yang paling harus dipenuhi adalah physical atau kebutuhan fisik seperti udara (oksigen), air, makanan, kesehatan, dan yang dapat ditambahkan dalam Hierarki Piramida Maslow adalah pendidikan. Pendidikan sendiri adalah hal yang paling mendasar untuk diperoleh setiap manusia. Dalam serial yang ditayangkan oleh Undercover Boss kita dapat melihat dimana salah satu pegawai Frontier Airlines (Pramugara) berjuang untuk menyekolahkan anaknya hingga selesai kuliah.

Masalah kedua yang dapat ditemukan di dalam serial Undercover Boss ini adalah dimana Bedford menemukan beberapa pesawat yang tidak bersih. Disini ia dipaksa untuk membersihkan pesawat tersebut secara cepat dengan rentang waktu lima hingga tujuh menit untuk membersihkan salah satu pesawat secara menyeluruh. Problematika yang kedua ini berkaitan dengan Teori Dua Faktor (Motivator dan Hygiene) yang dikemukakan oleh Frederick Herzberg. Pada teori ini ia percaya bahwa, pada dasarnya setiap orang mempunyai dua kebutuhan mendasar. Faktor yang pertama adalah faktor Motivator berhubungan dengan sifat pekerjaan itu sendiri dan juga seberapa menantang pekerjaan tersebut. Hasil dari faktor motivator sendiri adalah seperti pekerjaan yang menarik, kebebasan dalam pekerjaan, tanggung jawab, kemampuan untuk maju dan mengembangkan pekerjaan, dan yang tidak kalah penting adalah  prestasi dan pencapaian yang diraih untuk memuaskan faktor Motivator. Dan faktor yang kedua adalah faktor Hygiene yaitu berkaitan dengan fisik dan psikologis seseorang saat pekerjaan tersebut dilakukan. Faktor Hygiene sendiri dapat terpuaskan dengan faktor-faktor lingkungan pekerjaan seperti tempat kerja yang menyenangkan dan nyaman, gaji yang cukup, stabilitas kerja atau keamanan posisi dalam pekerjaan, hubungan yang baik dengan rekan kerja, dan juga pengawasan yang efektif dari atasan.  Pada video kita dapat melihat dimana beberapa pegawai dari Frontier Airlines sangat mementingkan tanggung jawab pada pekerjaan mereka yang dapat kita lihat dalam ketekunan pegawai yang bernama Sue (Supervisor pertama) dan juga Tui (Pramugara) yang sangat mementingkan ketepatan waktu dalam bekerja, dimana jika mereka terlambat satu atau dua menit saja maka pesawat akan mengalami keterlambatan keberangkatan dimana dalam hal ini mereka sudah memenuhi faktor Motivator mereka. Yang kedua adalah Hector (Pembersih “limbah” pesawat) dimana dia menyebutkan tidak banyak orang yang menginginkan pekerjaan yang dia lakukan sekarang, oleh sebab itu dia merasa aman dengan pekerjaan yang ia lakukan sekarang. Hector sendiri sudah memenuhi faktor Hygiene dalam hal pekerjaan ini.

Sue (Supervisor Pertama) Sumber: Youtube.com

Tui (Pramugara) Sumber: Youtube.com

Hector (Pembersih “limbah” pesawat) Sumber: Youtube.com

Permasalahan ketiga yang dapat diperoleh dari mengikuti Undercover Boss untuk Bryan Bedford adalah bagaimana caranya untuk memastikan bahwa setiap karyawan yang bekerja di Frontier Airlines memahami nilai-nilai yang mereka berikan kepada para konsumen, yaitu memberikan  pengalaman yang lebih baik dan berbeda bagi konsumen mereka. Hal ini berkaitan dengan teori Goal-Setting yaitu teori yang berfokus pada pengidentifikasian jenis-jenis tujuan yang paling efektif dalam menghasilkan motivasi dan kinerja yang tinggi dan juga menjelaskan mengapa membuat sebuah tujuan menghasilkan efek-efek ini. Teori ini berkaitan dengan teori yang telah dipelajari sebelumnya yaitu Organizational Goals dan juga Human Resource Management System. Dalam hal ini Bedford menginginkan setiap karyawannya mengerti tentang nilai-nilai dari Frontier Airlines oleh karena itu di video kita dapat melihat pada saat Bedford menanyakan nilai-nilai perusahaan kepada Tui (Pramugara), ia dapat menjelaskan nilai-nilai perusahaan secara terperinci, yaitu memberikan pengalaman yang lebih baik dan berbeda bagi pada setiap konsumen mereka di setiap penerbangan.

Setiap permasalahan yang ditemui oleh Bryan Bedford adalah permasalahan – permasalahan yang tidak dapat ditemukan jika ia hanya bertahan di dalam kantornya saja. Bisa kita lihat dari video di atas bahwa gaya kepemimpinan Bedford adalah Servant Leadership. Servant Leadership sendiri adalah gaya kepemimpinan dimana seorang pemimpin tersebut memiliki keinginan yang kuat untuk melayani dan bekerja untuk kepentingan orang lain (karyawan). Hal ini didasari oleh video di atas dimana Bedford rela untuk bekerja pada tingkatan yang cukup rendah di perusahaannya untuk mengetahui permasalahan yang ia tidak ketahui dan menanyakan beberapa hal yang menurutnya adalah hal-hal yang penting untuk perusahaan, sebagai contoh ia menanyakan nilai-nilai perusahaan kepada karyawannya dan juga ia peduli dengan kesehatan pegawainya.

Sebagai penutup saran saya kepada Bryan Bedford adalah tetap menjalankan gaya kepemimpinan yang ia jalankan sekarang. Karena berdasarkan teori yang ada Servant Leadership adalah gaya kepemimpinan yang unik dikarenakan cara pendekatannya kepada setiap karyawannya, selain itu orang yang menjalankan gaya kepemimpinan ini melihat dirinya sendiri sebagai pendengar dan juga sebagai motivator dalam sebuah perusahaan. Hal ini sangat cocok dengan Bedford yang jika dilihat dari video sangat memperhatikan keberlangsungan pekerjaan dari setiap karyawannya. Selain itu Bedford adalah seorang pemimpin yang karismatik (Charismatic Leader) yaitu Seorang pemimpin yang antusias dan juga percaya diri dimana dia dapat dengan jelas menginformasikan visinya akan hal-hal yang baik bisa terjadi. Di akhir video kita dapat melihat bahwa ia berjanji akan mengembalikan potongan gaji 10% selama 3 tahun kedepan setelah video tersebut berakhir. Hal ini juga berkaitan dengan teori reward power yaitu kemampuan seorang manajer untuk memberi atau menahan hadiah yang berwujud dan juga tidak berwujud kepada setiap karyawan. Pada hal ini Bedford memberikan insentif berupa liburan kepada beberapa karyawannya dan juga mempromosikan seorang karyawannya untuk menjadi ketua komite branding.

Sumber:

Jones, Gareth R, Jennifer M George. 2018. Contemporary Management. New York: McGraw-Hill Education

Laman indeed.com. https://www.indeed.com/cmp/Frontier-Airlines/salaries. Diakses pada 11 November 2019

Laman psychologytoday.com. https://www.psychologytoday.com/us/blog/hide-and-seek/201205/our-hierarchy-needs. Diakses pada 11 November 2019

Kontributor: Gone With The Win

Briyan Reynaldo D. Iddo, Hafiz Syahreva A., Ivana Elysia Sinarso, Kartika Natasha DH, Maulana Riski N, Muhammad Ali Rois, Richard Chandra)

Undercover Boss - Frontier Airlines S2 EP4 (U.S. TV Series)

Credit

Like it? Share with your friends!

12
12 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
2
Fun
Genius Genius
7
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
3
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format