Gadung Ibu Sutrisni Khas Wukirsari, Penghilang Galau Peningkat Mood

Keripik Gadung. Tidak banyak yang mengenalnya sebagai jajanan khas. Namun, camilan ringan ini cukup nikmat dan gurih untuk dikonsumsi sebagai camilan sehari-hari.


1
1 point

Keripik Gadung. Tidak banyak yang mengenalnya sebagai jajanan khas. Namun, camilan ringan ini cukup nikmat dan gurih untuk dikonsumsi sebagai camilan sehari-hari. Di sebuah desa di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terdapat UMKM yang membuat keripik gadung. Desa tersebut ialah desa Wukirsari. Keripik gadung dapat menghasilkan cita rasa yang disukai banyak orang. Tidak mudah untuk menghasilkan keripik gadung yang higienis hingga layak untuk dikonsumsi masyarakat luas. Ketidakhigienisan dari pembuatan kripik gadung dapat membuat orang yang mengonsumsinya merasakan mual, pusing, muntah, bahkan kejang karena keberadaan gadung yang cenderung berada di alam liar. Efek tersebut tidak dirasakan oleh consumer keripik gadung bu sutrisni. Hal ini membuat kami, Urban Kings, yakin bahwa keberadaan produk tersebut berkualitas namun belum diketahui masyarakat secara luas. Dibutuhkan upaya komunikasi yang tepat untuk mempromosikan produk keripik gadung bu sutrisni.

Untuk membuat produk tersebut diketahui oleh masyarakat luas, perlu diketahui terlebih dahulu target audiens dari iklan atau upaya pemasaran yang sekiranya akan dilakukan. Dari jenis produk yang merupakan produk rumahan dan bentuk kemasan yang disajikan, audiens yang tepat untuk menawarkan keripik gadung bu sutrisni adalah ibu-ibu dan kalangan keluarga. Hal ini didukung oleh kemasan keripik gadung sendiri yang cukup besar per porsinya dengan harga yang relatif murah, dapat disebandingkan dengan jajanan kiloan yang umumnya digunakan stok oleh para ibu bagi keluarganya.

Setelah mengetahui target audiens yang tepat, perlu untuk mengetahui sejauh mana audiens tersebut paham mengenai keberadaan keripik gadung. Hal ini dapat diketahui dari buyer readiness stage. Dari keenam tahapan yang ada, audiens sasaran keripik gadung ini masih berada pada tahapan awareness, di mana audiens hanya mengetahui keberadaan keripik gadung secara umum, tidak tahu lebih lanjut mengenai manfaat atau penting maupun layaknya produk tersebut. Dalam pengaplikasian promosi nanti, perlu ditekankan untuk melanjutkan tahapan kesiapan konsumen menuju tahap knowledge, di mana konsumen dapat mengerti bahwa keripik gadung memiliki manfaat yang baik bagi konsumernya. Adapun setelah menyentuh tahap ini, barulah kita berbicara mengenai rasa. Rasa dari keripik gadung bu sutrisni tidak jauh berbeda dari keripik gadung pada umumnya, mengingat bahan dan proses yang digunakan cenderung sama. Namun, dengan meningkatkan pengetahuan tersebut, dapat muncul sugesti di lidah masyarakat bahwa keripik gadung terasa enak dan membuat orang akan mulai untuk menyukai produk tersebut (liking). Tidak banyak industri serupa yang bersaing ketat memperebutkan pasar keripik gadung, sehingga tidak banyak pula preferensi yang dimiliki oleh audiens. Hal tersebut tidak menjadi masalah signifikan bagi promosi produk ini. Dengan promosi yang tepat, audiens dapat langsung meyakini bahwa produk keripik gadung bu sutrisni adalah camilan yang tepat untuk dikonsumsi keluarganya (convincing) dan audiens akan membeli produk tersebut.

Mendesain pesan yang tepat agar sampai ke target audiens


Menyampaikan pesan yang tepat dalam berkomunikasi dengan audiens melalui media iklan menjadi salah satu hal penting yang harus tepat guna. Adapun model yang dapat digunakan adalah AIDA (Get attention, hold interest, arouse desire dan obtain action). Dalam pengaplikasiannya, model AIDA digunakan Urban Kings untuk membuat iklan berbentuk vlog dengan penjabaran sebagai berikut.

Get Attention. 

Adapun perhatian yang kami upayakan untuk didapat konsumen adalah keberadaan latar belakang kondisi Indonesia yang memiliki 25 juta penduduk miskin. Kebanyakan penduduk miskin tersebut berada di desa yang memakan waktu beberapa puluh menit untuk sampai dari kota terdekat. Dengan menunjang fakta bahwa kekayaan di Indonesia sangatlah banyak, tentunya fakta kecil ini akan membuat orang menjadi pensaran, sumber daya alam apa yang sekiranya menjadi perhatian khusus dalam iklan kali ini.

Hold Interest. 

Untuk mempertahankan ketertarikan audiens terhadap fakta mencengangkan tersebut, perlu untuk dijelaskan secara gamblang latar belakang desa yang melakukan proses UMKM produk yang dimaksud. Dengan kata-kata yang menarik hati, audiens dapat bertahan untuk melihat lebih lanjut keberadaan produk yang diiklankan.

Arrouse Desire

Untuk membangkitkan keinginan customer, perlu untuk memberi trigger akan produk yang akan dipromosikan. Jika dalam contoh kali ini Urban Kings menggunakan keripik gadung, suara gurih dari proses konsumsi keripik tersebut dapat menjadi salah satu cara yang tepat.

Obtain Action

Mendapatkan tindakan yang tepat dapat dilakukan dengan memberi gambaran yang tepat tentang apa yang akan dilakukan konsumen pada iklan tersebut. Seperti tayangan keraguan akan membeli produk tersebut yang diikuti dengan penyesalan akan keterlambatan proses sadar bahwa produk tersebut cukup berkualitas untuk keluarga audiens. 

Konten pesan yang dapat digunakan dalam media promosi (mengingat target audiens adalah ibu-ibu dan kalangan keluarga) dapat mengombinasikan kemunculan rasionalitas dan aspek emosi yang dapat menggerakkan hati audiens. Rasionalitas didapat dari kemunculan argument yang menyatakan bahwa keripik tersebut memberi banyak manfaat kesehatan. Pertentangan argumen dapat disisipkan untuk menarik minat ibu-ibu cerdas di luar sana. Emosi yang dimunculkan dapat berupa skenario cerita bahwa produk tersebut cukup nikmat hingga menghadirkan kepuasan di wajah aktor.

Struktur pesan yang sekiranya dimunculkan dalam iklan untuk sasaran audiens yang sesuai keripik gadung bu sutrisni meliputi :

-          Memberi konklusi secara langsung pada audiens (menarik pandangan kalangan keluarga yang belum memiliki pengetahuan mengenai keripik gadung)

-          Memberi argumen satu arah (mengingat keberadaan ibu-ibu yang pada umumnya berada pada kalangan baby boomers dan gen X yang cenderung mempercayai kalimat-kalimat yang sekiranya terpercaya)

Untuk memutuskan format yang tepat, sudah menjadi hal umum jika format promosi diharapkan menggunakan warna dan kelengkapan informasi yang sesuai sasaran audiens inginkan. Untuk itu, Urban Kings juga berupaya untuk mengaplikasikan hasil teori yang disampaikan berdasar argument ilmiah Kotler dalam bentuk iklan 15 detik, poster, vlog kekinian, serta artikel mini berupa advertorial simple yang sering dibaca masyarakat pada umumnya.

Iklan 15 Detik

Poster Iklan Gadung

Vlog Gadung

Adapun vlog yang dibuat sebaiknya tidak memakan waktu lama, mengingat kecenderungan generasi ibu dan keluarga yang cenderung menginginkan hal yang to the point. Iklan yang bertele-tele akan menghilangkan kepercayaan terhadap produk yang akan ditawarkan.

SOFT SELLING APPROACH

Siapa sih yang nggak pengen kaya? Tentu semua orang ingin menjadi kaya, atau bahkan ingin sekali lahir di keluarga kaya. Ngomong-ngomong, Moms and fams, tau nggak sih keluarga terkaya se-Asia Tenggara?

Yap, mungkin moms sudah sering mendengar nama Budi Hartono, pemilik Bank Central Asia (BCA), dari Indonesia. Moms jangan menyerah. Tentunya, peran moms dalam mengatur keuangan keluarga bisa membantu impian fams menjadi kaya. Penasaran bagaimana caranya? Yuk intip tips dari Urban Kings di bawah ini.

  1. INVESTASI

Moms and Fams, coba, deh, buat investasi saham. Cara ini sudah dibuktikan oleh Warren Buffet, loh. Dengan kesabaran, return dari uang yang moms investasikan bisa jadi besar. 

  1. JANGAN BOROS

Boros adalah kata-kata haram untuk Anda semua yang ingin kaya melimpah sampai 7 turunan.

  1. KURANGI BERPERGIAN

Sering keluar ke Mall dan pusat perbelanjaan lainnya? Sebaiknya dikurangi, ya. Semakin sering pergi ke tempat perbelanjaan membuat kita makin tergoda untuk berbelanja dan batal berhemat. Kalau ada waktu luang, yuk lakukan hal produktif seperti membaca, memasak, dsb.

  1. SIMPAN UANG DI BAWAH BANTAL

Cara yang satu ini memang nampaknya bercanda, namun dibalik cara konvensional ini terdapat filosofi yang menarik. “Bawalah mimpimu ke alam nyata”  pepatah tersebut berarti apabila kita menyimpan uang di bawah bantal dan membawanya ke mimpi, di dalam mimpi nanti kita dapat menggandakan uang tersebut, dan uang gandaan tersebut dipercaya bisa muncul ke dunia nyata. Seringlah mengecek bawah bantal Moms and Fams, ya.

  1. MAKAN MINUM BILA BUTUH

Makan dan minum memang kebutuhan pokok manusia dimanapun mereka berada, namun yang dapat dilakukan apabila ingin menjadi kaya adalah makan dan minum sebutuhnya. Selain menyehatkan tubuhmu, makan secukupnya juga dapat memperkecil pengeluaranmu.

  1. JAJAN SEPERLUNYA

Urban Kings tau, kok, kalau makan secukupnya, butuh camilan juga buat menemani hari Fams, kan? Moms boleh, kok, menyediakan camilan sehat buat Fams. Tapi, camilan sehat kan mahal? Eits, jangan takut. Urban Kings mau menyarankan camilan sehat nan murah asal Jogja, nih. KERIPIK GADUNG. Cukup dengan Rp 20.000,- saja, fams sudah bisa mendapat 6 kemasan besar keripik gadung. Cocok untuk menemani Moms sekeluarga. Camilan ini juga sehat, loh. Pengolahannya sudah terjamin, juga.

So, tunggu apa lagi? Segera diterapkan, ya.

Author

  1. Haryo Tetuko Bimantoro
  2. Muhammad Paksi Assyafan
  3. Tabitha Gracia

Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win
Urban Kings

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format