Kabar Gembira, Untuk Kita Semua

Daun kelor, kini ada snack-nya


2
2 points

PENDAHULUAN

Sebagai salah satu komponen dalam bauran pemasaran, promosi memiliki fungsi yang sangat penting dalam menyampaikan value suatu produk kepada konsumen melalui cara yang menarik. Strategi promosi yang tepat dapat mengubah persepsi konsumen mengenai suatu produk sehingga memunculkan ketertarikan bagi konsumen untuk membeli produk tersebut. Selain itu, promosi juga penting sebagai cara untuk memperkenalkan produk baru kepada publik.

Kesalahan dalam melakukan promosi dapat menyebabkan produk yang bagus kurang dikenal publik. Sebagai akibatnya, produsen tidak dapat melakukan pertukaran value dengan konsumen (dengan kata lain, menjual produknya) secara efektif walaupun produk yang diproduksi memiliki value yang tinggi. Berikut adalah contoh produk UMKM yang memiliki value tinggi tetapi kurang dikenal publik.

1. Ar-Dhana Snack

Semua sumber tentang Ar-Dhana Snack adalah sumber primer dari pemilik, kecuali disebutkan dari sumber lain.

Ar-Dhana Snack adalah usaha UMKM catering yang berpusat di Kota Semarang. Ar-Dhana Snack menyediakan hampir semua jenis makanan dengan menggunakan model bisnis “hanya memproduksi jika ada pesanan” tanpa daftar menu yang baku. Didirikan oleh Ibu Neny dan Bapak Arif, Ar-Dhana Snack pada awalnya hanya memenuhi pesanan makanan ringan seperti roti, kue, dan camilan kering. Hingga sekarang, Ar-Dhana Snack terus berkembang dengan menambah variasi produknya seperti nasi kotak, kue tart, hantaran, dan lain-lain, serta mulai mengembangkan strategi pemasaran online.

Kumpulan foto produk Ar-Dhana Snack (2012)
1.1 Mengapa Kurang Dikenal?

Menurut pengamatan salah satu penulis yang merupakan anak dari pemilik Ar-Dhana Snack, merek Ar-Dhana Snack kurang dikenal (memiliki potensi untuk lebih dikenal) karena tidak melakukan komunikasi pemasaran yang terintegrasi. Berikut adalah contoh dari kesalahan dalam komunikasi pemasaran yang dilakukan pemilik Ar-Dhana Snack yang menyebabkan Ar-Dhana Snack kurang dikenal.

  • Menggunakan banyak media komunikasi online seperti Facebook, Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli, tetapi media komunikasi tersebut tidak terurus dan tidak menyampaikan value yang konsisten.

  • Tidak memiliki value kolektif yang ditonjolkan untuk Ar-Dhana Snack secara keseluruhan atau brand value (tiap produk menonjolkan value yang berbeda).

  • Informasi mengenai Ar-Dhana Snack yang ter-update hanya dapat diakses melalui Instagram pribadi Ibu Neny sebagai pemilik Ar-Dhana Snack yang tercampur dengan konten pribadi Ibu Neny.

  • Belum memiliki desain brand yang konsisten (dari segi logo, warna dasar, dan lain-lain).

Contoh kumpulan foto produk Ar-Dhana Snack yang terbaru dari akun Instagram Ibu Neny
Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah untuk mempromosikan salah satu produk Ar-Dhana Snack.

1.2 Cheese Stick Kelor

Cheese Stick Kelor merupakan salah satu produk makanan ringan Ar-Dhana Snack berupa cheese stick dengan campuran daun kelor atau moringa oleifera. Campuran daun kelor dinilai meningkatkan nilai gizi dari cheese stick dan meningkatkan manfaat cheese stick dari segi kesehatan. Cheese Stick Kelor merupakan salah satu dari jenis cheese stick yang diproduksi oleh Ar-Dhana Snack seperti Cheese Stick Wortel, Cheese Stick Ubi Ungu, dan lain-lain.

Daun kelor yang digunakan sebagai campuran bahan dalam cheese stick tersebut merupakan tanaman dengan nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan beberapa bahan makanan lainnya. Selain nilai gizi yang tinggi, tanaman yang berasal dari India tersebut juga mudah untuk ditanam dan memiliki masa panen yang cepat (sumber dari video di bawah ini).

Oleh karena itu, value yang kami tonjolkan dalam promosi Cheese Stick Kelor Ar-Dhana Snack adalah nilai gizi yang tinggi.

...

ANALISIS MATERI DAN SOLUSI

Dalam bagian ini, kami akan menjelaskan tahapan dalam mengembangkan komunikasi pemasaran yang efektif untuk produk Cheese Stick Kelor Ar-Dhana Snack (analisis materi) serta bentuk nyata dari kegiatan promosi yang sebaiknya dilakukan (solusi).

1. Memilih Target Audience

Target audience yang kami maksud bukan target konsumen Cheese Stick Kelor secara keseluruhan. Target audience yang kami maksud adalah salah satu kelompok konsumen yang menjadi target audience utama dan khusus untuk rangkaian kegiatan promosi yang akan kami usulkan.

Kami memutuskan untuk memilih mahasiswa perantau yang tidak tinggal di rumah bersama orang tua (melainkan tinggal di indekos, rumah kontrakan, atau asrama) sebagai target audience untuk rangkaian kegiatan promosi yang akan kami usulkan. Kami memilih kelompok konsumen tersebut karena cenderung mengincar makanan ringan dengan value “murah dan sehat” (mengingat pola makan anak kos yang sering kali tidak terjaga). Oleh karena itu, strategi komunikasi pemasaran yang akan kami usulkan akan menyesuaikan dengan target audience kami, mahasiswa perantau.

2. Menentukan Tujuan Komunikasi Pemasaran

Framework buyer readiness stageDalam menentukan tujuan komunikasi pemasaran, kami berasumsi bahwa target konsumen berada pada tahapan awareness dalam buyer readiness stage karena makanan ringan cheese stick sudah dikenal luas beserta berbagai variasi rasanya. Khusus untuk Cheese Stick Kelor, konsumen belum mencapai tahap knowledge karena manfaat dan nilai gizi daun kelor yang digunakan sebagai campuran Cheese Stick Kelor belum dipahami secara luas. Oleh karena itu, komunikasi pemasaran yang akan kami usulkan ditujukan untuk memberikan pemahaman mengenai value Cheese Stick Kelor berupa nilai gizi yang tinggi kepada target konsumen.

2.1 Solusi

Dalam tahapan ini, kami mengusulkan media komunikasi pemasaran berupa poster dan video pendek.

2.2 Poster

Dalam poster tersebut, kami menuliskan beberapa kelebihan nilai gizi daun kelor dibandingkan bahan pangan lainnya untuk menuntun target konsumen dari tahap awareness menuju tahap knowledge sehingga konsumen paham mengenai value Cheese Stick Kelor Ar-Dhana Snack. Selain itu, kami menggunakan tagline “stay healthy, my friend” untuk menekankan value kesehatan pada Cheese Stick Kelor Ar-Dhana Snack. Selain itu, pemilihan warna dominan hijau didasarkan pada penghubungan warna hijau dengan sayuran yang menyehatkan yang pada umumnya dilakukan oleh konsumen.

2.3 Video Pendek

Konsep video teresbut sama dengan konsep poster, yaitu menekankan nilai gizi daun kelor dibandingkan makanan lain sehingga konsumen paham mengenai value Cheese Stick Kelor Ar-Dhana Snack.

3. Merancang Pesan

Dalam tahapan ini, kami menggunakan prinsip AIDA (attention, interest, desire, action) dalam merancang pesan.

3.1 Solusi

Dalam tahapan ini, kami mengusulkan komunikasi pemasaran berupa vlog yang mempromosikan produk Cheese Stick Kelor Ar-Dhana Snack. Selain menggunakan prinsip AIDA dalam perancangan vlog berikut, kami juga tetap konsisten mengenai target audience utama (mahasiswa perantau) dan tujuan komunikasi pemasaran (menekankan value nilai gizi daun kelor).

3.2 Vlog

Berikut adalah penjabaran prinsip AIDA untuk vlog tersebut.

  • Attention

Sebagai usaha untuk menarik perhatian target audience, kami menampilkan latar kehidupan mahasiswa rantau yang sering mengerjakan tugas sambil memakan makanan ringan yang kurang sehat. Dengan demikian, target audience akan menganggap vlog tersebut relatable dengan kehidupan mereka sehingga mereka akan tertarik untuk tetap menonton vlog tersebut.

  • Interest

Sebagai usaha untuk menjaga ketertarikan target audience terhadap vlog tersebut, kami melanjutkan dengan menampilkan masalah yang sering dihadapi mahasiswa perantau, yaitu makanan ringan yang kurang sehat. Oleh karena itu, kami berharap target audience kami akan terjaga "interest"-nya hingga kami menampilkan solusi untuk masalah tersebut.

  • Desire

Pemunculan desire atau keinginan terhadap Cheese Stick Kelor Ar-Dhana Snack dimulai pada adegan perkenalan akun Instagram pribadi Ibu Neny selaku pemilik Ar-Dhana Snack hingga perkenalan terhadap Cheese Stick Kelor Ar-Dhana Snack. Karena kami telah menampilkan permasalahan umum mahasiswa perantau pada adegan sebelumnya, tahapan ini diharapkan dapat memunculkan desire dari target audience untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cara membeli Cheese Stick Kelor Ar-Dhana Snack.

  • Action

Untuk mendorong pembelian yang sesungguhnya, kami menampilkan cara untuk membeli Cheese Stick Kelor Ar-Dhana Snack sehingga target audience kami akan lebih tertarik untuk memuaskan desire merekan dengan action yang nyata.

4. Memilih Media Komunikasi Pemasaran

Dalam tahapan ini, kami memilih cara untuk menyampaikan konten yang telah dibuat. Selain Instagram, YouTube, dan media sosial lainnya untuk tiga konten yang telah dibuat, kami juga memilih strategi soft selling dengan cara memasarkan Cheese Stick Kelor Ar-Dhana Snack melalui artikel yang tidak langsung mendorong konsumen untuk membeli produk tersebut.

4.1 Solusi

Sesuai dengan tahapan sebelumnya, artikel yang kami usulkan ditujukan kepada mahasiswa perantau dan menjelaskan tentang tips mengatur pola makan yang sehat agar dapat mengurangi berat badan. Dalam artikel berikut, kami memberikan solusi kepada mahasiswa prantau yang memiliki pola makan yang tidak sehat untuk melakukan diet sehat sehingga mereka terbiasa untuk memakan makanan yang mengandung gizi tinggi.  Dengan demikian, target audience akan tertarik untuk mencari makanan ringan yang memiliki value "kesehatan" yang salah satunya adalah Cheese Stick Ar-Dhana Snack

4.2 Artikel

Tips Diet Sehat

By Sovia Ramadani

Diet kerap kali diartikan sebagai upaya untuk menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan dan membatasi jenis makanan tertentu. Padahal, tujuan diet bukan hanya untuk mengurangi berat badan. Kata “diet” berasal dari bahasa yunani yang berarti “gaya hidup”. Dengan demikian, kata “diet” dapat diartikan sebagai kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup. Seseorang yang memiliki kebiasaan memakan makanan manis dapat dikatakan bahwa mereka sedang menjalani diet tinggi gula.

Mahasiswa perantau yang jauh dari rumah biasanya memiliki kebiasaan makan yang tidak teratur, seperti seringnya terlambat makan atau seringnya memakan makanan instan. Kebiasaan buruk seperti inilah yang mengakibatkan banyaknya mahasiswa menderita penyakit maag, asam lambung, atau bahkan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. 

Oleh karena itu, kami ingin membagikan beberapa tips diet sehat agar anda dapat memiliki kebiasaan makan sehat dan berat badan anda turun. Berikut adalah tips-tipsnya:

1. Pilih makanan yang tepat

Jika anda terbiasa memakan makanan berlemak, berminyak, asin atau manis, sebaiknya anda mulai mengurangi dan menukar menu makanan tersebut dengan makanan yang lebih sehat. Anda bisa mulai dengan membiasakan makan buah segar, sayur-sayuran, atau makanan yang rendah lemak dan kalori.

2. Mengatur Porsi Makan

Diet yang sehat bukan berarti tidak makan sama sekali. Anda hanya harus mengatur porsi dan memperhitungkan kalori dari setiap makanan yang anda makan. Apabila anda ingin menurunkan berat badan, idealnya anda harus mengurangi 500 kalori setiap harinya. Dengan pengurangan ini, anda dapat menurunkan berat badan 0,5-1 kg berat badan per minggu.

3. Biasakan Untuk Minum Air Putih

Rutin minum air putih dapat memperlancar metabolisme tubuh. Cukup minum air putih dapat memberikan manfaat seperti lancarnya kinerja ginjal dalam mengeluarkan limbah dan racun berbahaya dari tubuh, membantu kerja sistem pencernaan agar lebih efisien. Minum air putih sebanyak 8 gelas (± 2 liter) dapat membakar 100 kalori per hari. Memperbanyak minum air putih dapat memangkas berat air, sehingga anda dapat menurunkan berat badan ekstra.

4. Membuat Jadwal Makan Teratur

Setiap waktu makan sangat penting bagi tubuh. Melewatkan waktu makan akan membuat anda kelaparan dan gula darah anda naik. Memperhatikan pola makan teratur sangat penting bagi tubuh kita. Biasakan untuk tetap sarapan, makan siang, dan makan malam, tetapi anda harus tetap memperhatikan porsi makan anda. 

5. Kurangi Gula dan Garam

Selain mengatur porsi makan, anda juga harus bijak dalam membatasi gula, garam, lemak dan minyak. Makanan yang mengandung gula, garam, lemak dan minyak memiliki kalori yang tinggi sehingga buruk bagi tubuh. Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan kita untuk membatasi porsi gula, garam, dan lemak dengan prinsip G4G1L5 agar lebih mudah diingat. Panduannya yaitu, gula 4 sdm per hari, garam 1 sendok teh per hari, dan lemak sebanyak 5 sendok makan/hari. 

6. Mengurangi Camilan Tinggi Kalori

Bagi anda yang suka ngemil, anda tidak perlu meninggalkan kebiasaan tersebut selama diet. Anda hanya perlu mengganti cemilan yang tinggi kalori dengan cemilan rendah kalori. Saat ini, telah banyak cemilan yang dijual di pasaran sebagai makanan diet sehat. Akan tetapi, anda harus tetap memastikan bahwa cemilan tersebut rendah kalori dan kadar gulanya tidak tinggi. Oleh karena itu, selalu periksa label nilai gizi yang tertera dalam kemasan makanan yang anda beli. Perhatikan dengan cermat kandungan gula, lemak serta kalori dalam cemilan tersebut

Nah, itulah tips diet yang menyehatkan. Semoga diet anda lancar ya. Good luck!

...

REFERENSI

https://hellosehat.com/hidup-sehat/panduan-diet-sehat/

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/cara-diet-air-putih-aman/

Buku Acuan

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.

Kontributor

  • Ardhana Nendya P

  • Anargha N.

  • Sovia Ramadani

  • Galeh Hutama Sulardi

  • Giri Trisno Putra S


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format