Ngemil Sehat a la Irawan Chips

Buat kalian yang suka ngemil, jangan khawatir karena sekarang udah ada solusinya loh!


0

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat. Saat ini, mengonsumsi makanan sehat bukan lagi menjadi hal yang membosankan. Masyarakat sudah mulai banyak yang memanfaatkan pisang menjadi salah satu menu utama dalam industri kuliner, seperti halnya yang dilakukan oleh Irawan Chips. Irawan Chips merupakan merk salah satu UMKM yang terdapat di Yogyakarta. UMKM ini memproduksi kripik pisang kepok yang disediakan dalam berbagai varian rasa yaitu coklat, green tea, susu, sapi panggang, mocca, balado, keju, dan jagung bakar. 

Produk olahan rumah ini dipasarkan mulai dari harga 18 ribu hingga 30 ribu rupiah. Kripik pisang kepok yang diproduk oleh Irawan Chips menawarkan makanan sehat sekaligus varian rasa yang nikmat kepada konsumen. Tetapi, sayangnya produk ini masih diketahui oleh sedikit konsumen dan cakupan pasarnya belum banyak. Saat ini, produk ini hanya dijual secara online melalui Instagram dan belum terdaftar di aplikasi seperti Gofood atau pun Grabfood. Selain itu, kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi makanan sehat juga masih terbilang minim dan ini juga menjadi salah satu penyebab kurangnya pendistribusian produk ini di pasaran. 

Sebagai pemasar, bagaimana cara agar produk Irawan Chips ini bisa masuk kedalam pasar yang lebih luar? Adakah cara untuk mengembangkan komunikasi pasar yang efektif? Lalu, bagaimana pengimplementasian AIDA Model dan Buyer-readiness Stages dalam memasarkan produk ini?

Analisis

Developing Effective Marketing Communication



Identifikasi audiens target

Hal yang paling penting dalam melakukan analisis konsumen adalah mencari tahu tentang pendapat konsumen saat ini tentang perusahaan, produk-produknya, dan pesaing di pasar. Jika sebagian besar responden berpikiran negatif terhadap suatu produk, produsen harus mampu untuk mengubah anggapan negatif tersebut. Hal ini membutuhkan kesabaran dan waktu yang lama. Bahkan setelah mampu merubah anggapan negatif suatu produk menjadi postifi, anggapan negatif yang lama masih akan berbekas di ingatan konsumen.

Keripik pisang Irawanchips saat ini sudah cukup dikenal oleh sebagian konsumen, khususnya di lingkungan mahasiswa UGM. Respon positif pun hampir selalu ditunjukan oleh konsumen setelah mengonsumsi Irawanchips. Oleh karena itu, permasalahan mengenai anggapan konsumen belum menjadi masalah bagi Irawanchips.


Tentukan tujuan komunikasi

Produsen akan memutuskan apakah ingin berikan kelebihan tersendiri produk tersebut. Urutan alternatif, " do-feel-learn" relevan ketika konsumen merasa bahwa produk memiliki sedikit atau tidak ada perbedaan dalam pasar yang sejenis.

Irawanchips merupakan keripik pisang yang tidak memilik perbedaan yang signifikan dengan produk sejeni di dalam persaingan pasar. Pada umumnya, rasa keripik pisang yang berbumbu hampir sama setiap produknya. Yang bisa menjadi pembeda adalah harga produk. Mesk begitu, perbedaan harganya pun tidak terlalu signifikan. Perbedaan yang tidak terlalu signifikan ini membuat belum adanya keunggulan kompetitif yang dibangun.


Desain pesan yang ingin disampaikan

Dalam melakukan pemasaran suatu produk, pesan yang ingin haruslah efektif. Pesan harus dapat menarik perhatian ,minat, membangkitkan hasrat, dan menyebabkan sebuah tindakan. Tindakan tersebut adalah keputusan konsumen untuk mengonsumsi produk tersebut.

Irawanchips telah mampu menarik perhatian melalui desain produk dan desain media sosialnya. Minat konsumen juga lahir dari proses transaksi yang mudah dan komunikasi yang ramah dengan pelanggan.


Pilih media komunikasi pemasaran

Produsen harus mampu memilih saluran komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesannya. Irawanchips saat ini sudah memesarkan produknya melalui media sosial Instagram, hingga melalui broadcast Line dan WA.

Pemilihan Instgram sebagai media pemasaran adalah keputusan yang tepat. Mayoritas konsumen mengaku mengetahui produk Irawanchips stelah melihat di Instagram. Sedangkan pemasaran melalui WA dan Line biasanya dilakukan oleh konsumen yang membantu menyebarkan broadcast Irawanchips.


Mendapatkan feedback dari konsumen

Irawanchips telah berhasil mendapatkan banyak feedback yang positif dari konsumennya, Berbagai testimoni konsumen yang di post di akun media sosial Irawanchips adalah di antaranya. Bahkan, tidak sedikit konsumen yang telah merasakan produk tersebut, membantu untuk merekomendasikan Irawanchips kepada orang lain.




Buyer-readiness Stages


Poster dari produk Irawan Chips menggambarkan tahapan liking dengan meluncurkan kampanye berbunyi "Good chips, good life".




Awareness:

Merupakan tahap dimana konsumen hanya memiliki gagasan samar tentang produk atau jasa tersebut. Jika kesadaran rendah, pekerjaan utama pemasar adalah meluncurkan kampanye untuk meningkatkan kesadaran konsumen.


Knowledge:

Konsumen mengetahui produk tetapi tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang apa yang sebenarnya ditawarkan. Jika kelompok sasaran terletak pada tahap ini maka pekerjaan utama adalah menyebarkan pengetahuan yang lebih besar mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.


Liking:

Konsumen mulai merasakan ketertarikan dengan produk atau jasa. Tugas pemasar adalah memahami apa yang dirasakan konsumen tentang produknya sesuai dengan rancangan kampanye atau komunikasinya.


Preference:

Untuk melihat apakah konsumen lebih memilih produk daripada penawaran pesaing. Pemasar bertanya tentang posisi relatif dari produk pemasar dalam daftar pembelian konsumen dan mencoba untuk membawanya ke atas.


Conviction:

Fase di mana konsumen perlu diberi alasan kuat untuk percaya agar mau membeli produk dibandingkan produk yang ditawarkan oleh pesaing. Tahapan ini mencakup bagaimana pemasar dapat membangun keyakinan tentang produk.


Purchase:

Fase ini mengikuti tahap keyakinan di mana setelah membangun kepercayaan tentang produk, pemasar harus mengarahkan konsumen untuk membelinya. Pada tahap ini, pihak pemasar menawarkan diskon, memberikan hadiah, serta membuat produk tersedia di toko terdekat agar konsumen dapat dengan mudah membeli.


Diasumsikan poster dari produk Irawan Chips di atas menggambarkan tahap liking dalam buyer-readiness stages. Pada tahap liking, konsumen merasa seneng dengan produk yang ditawarkan oleh Irawan Chips. Pihak pemasar Irawan Chips menggunakan cara ini untuk menciptakan perasaan dan keyakinan positif konsumen yang akan berujung pada keputusan konsumen untuk membeli produk (purchase). Cara yang digunakan pemasar untuk memasarkan produk yaitu menggunakan iklan berupa poster dan video singkat yang disebarkan melalui media sosial seperti Instagram. Iklan tersebut membantu membangun antisipasi dan koneksi merek emosional dengan cara menyajikan bentuk visual berupa gambar, teks, dan video. 





Designing a Message



Awareness:

Pada tahap ini, produsen harus menyadarkan konsumen mengenai keberadaan produk. Irawanchips menyelasaikan tahapan ini dengan cara melalui iklan di berbagai media sosial.


Interest:

Konsumen memiliki minat pada produk dan layanan, serta merasakan manfaat yang diterima dari produk. dan minat yang cukup untuk mendorong pembeli untuk mulai ke tahap yang lebih lanjut. Irawanchips membuat konsumen merasakan manfaat produk melalui rasa yang enak, harga yang terjangkau, dan pelayanan yang ramah.


Desire:

Pada tahap ini produsen harus mampu membuat konsumen merasa bahwa produk yang dihasilkan memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri. Dari yang awalnya konsumen hanya 'menyukai', menjadi 'menginginkannya'. Irawanchips, menurut kami, belum mampu memberikan citra positif terhadap produknya. Dibanding produk pisang lainnya yang sejenis, belum ada keunggulan yang signifikan Irawanchips.


Action:

Pembeli mulai memutuskan untuk mengambil tindakan awal untuk membeli produk, misalnya berinteraksi dengan perusahaan Anda dan mengambil langkah selanjutnya yaitu. mengunduh brosur, menelepon, bergabung dengan buletin Anda, atau melakukan obrolan langsung, dll. Irawanchips sudah berkali-kali dikonsumsi oleh konsumennya. Artinya produsen telah mampu membuat konsumen untuk membeli produknya.


Video AIDA Model


Wanna eat healthy in a fun way?

Memasarkan suatu dapat dilakukan dengan berbagai cara baik secara eksplisit maupun implisit. Teknik pemasaran eksplisit seperti yang dijelaskan pada analisis di atas – dengan menggunakan media visual seperti poster atau video. Tidak hanya itu, pemasaran juga dapat dilakukan secara implisit seperti halnya mencantumkan produk pada artikel tertentu, sebagai contoh:

...Mau tau tips-tips hidup sehat yang menyenangkan? Yuk, simak pembahasan HealthyLovers kali ini! 

  1. 1 Perbanyak minum air putih


    Buat kalian yang suka minuman manis, lebih baik dikurangin yuk mulai dari sekarang dan jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan perbanyak minum air putih.

  2. 2 Istirahat yang cukup


    Jangan sering-sering begadang ya HealthyLovers! Istirahat yang baik itu sekitar 6-7 jam loh dalam sehari.

  3. 3 Olahraga


    Supaya lebih menyenangkan, kalian bisa banget melakukan aktivitas yang satu ini dengan keluarga atau pun teman. Juga, jangan lupa membaya earphone kalian supaya bisa sambil menikmati musik!

  4. 4 Menjaga pola makan


    Eiits! kata siapa makan makanan sehat itu membosankan? Jangan khawatir, buat kalian yang suka ngemil tapi ingin tetap sehat, sekarang sudah ada loh solusinya. Salah satunya kripik pisang kepok Irawan Chips. Snack ini pas banget buat kalian ingin ngemil makanan sehat!

Referensi

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.


Kelompok Shark Tank: 

Keysha Arum Perdana (393236)

Bagaskara Galois S. (397002)

Sirajuddin Ahyar (426657)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format