Super Yogurt, Yogurt untuk Semua!


1
1 point

Yogurt merupakan produk olahan dari susu yang difermentasi dengan bantuan bakteri baik. Yogurt biasanya memiliki rasa yang asam. Kandungan nutrisi dan mineral dalam yogurt sangat bermanfaat bagi tubuh. Saat ini sudah banyak jenis yogurt yang dapat dinikmati masyarakat. Dari survey yang dilakukan oleh BPS tahun 2011 menunjukkan bahwa tingkat konsumsi yoghurt dari tahun ke tahun mengalami peningkatan selama kurun waktu 2002-2008.

sumber: yogurtinnutrition.com
Super Yogurt merupakan salah satu produk olahan susu berbentuk yogurt. Super Yogurt digunakan sebagai brand untuk salah satu produk yogurt yang dijual di Plaza Agro UGM. Tempat produksi Super Yogurt berada di Jalan Damai Sumberan, Sleman, Yogyakarta. Produk ini dikemas dalam kemasan botol yang diberikan stiker label sebagai identitas produk. Super Yogurt menyediakan berbagai pilihan rasa yang dapat dipilih konsumen sesuai dengan selera.

Penjualan Super Yogurt hanya dilakukan di Plaza Agro UGM. Hal ini dibuktikan dengan penelusuran ke beberapa toko sejenis di sekitar kampus UGM dan UNY, tidak ditemui adanya produk Super Yogurt. Penjualan yang terbatas ini sangat disayangkan karena Super Yogurt merupakan produk olahan susu yang baik untuk dikonsumsi mengingat nutrisi yang terkandung dalam yogurt memang bermanfaat bagi tubuh manusia. Super Yogurt juga memiliki kualitas rasa yang enak dan memiliki beberapa varian rasa. Namun selain produk yang hanya dijual melalui Plaza Agro UGM, produsen tidak memanfaatkan strategi promosi yang baik. Super Yogurt tidak banyak melakukan advertising, personal selling, direct, maupun digital marketing. Saat melakukan pencarian di Google tidak ditemukan website maupun media sosial produk, tidak pula ditemukan iklan produk. Kekurangan ini menyebabkan kurangnya perhatian masyarakat pada produk Super Yogurt sehingga produk kurang dikenal dan diminati.

Tampilan Profil Instagram Super Yogurt yang Diupdate Tahun Lalu

Super Yogurt dapat dipromosikan secara lebih baik dan lebih intens dengan menggunakan strategi promosi yang ada. Salah satunya adalah dengan mengembangkan komunikasi pemasaran yang terintegrasi. Komunikasi pemasaran ini kana menggabungkan strategi promosi yang ada dan disesuaikan dengan produk untuk menciptakan komunikasi yang konsisten, jelas, dan mampu benar-benar menyampaikan pesan dari produsen maupun perusahaan dan merek. Buyer-readiness untuk Super Yogurt adalah awareness. Konsumen yogurt pada umumnya aware dan memahami bahwa terdapat berbagai merek yogurt dan salah satunya adalah Super Yogurt.

Super Yogurt saat ini dipasarkan melalui Plaza Agro UGM. Plaza Agro UGM merupakan swalayan yang dikelola oleh Fakultas Peternakan UGM. Letaknya berada di area Fakultas Peternakan UGM dan berdekatan dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Lokasi Plaza Agro UGM yang berada di sekitar mahasiswa dapat dimanfaatkan. Mahasiswa dapat dijadikan sebagai target audiens yang paling utama untuk dapat dikenalkan pada produk Super Yogurt.

Komunikasi dengan audiens utama bertujuan untuk meningkatkan buyer-readiness produk. Saat ini buyer-readiness produk berada pada tahap awareness dan perlu ditingkatkan menjadi knowledge. Tahapan ini perlu dilalui produsen untuk dapat berlanjut pada tahap berikutnya hingga muncul respon berupa purchase atau pembelian atas komunikasi yang telah dilakukan.


Setelah menentukan tujuan yang ingin dicapai dari jalannya komunikasi dengan target audiens, perlu dilakukan perancangan pesan yang akan dikomunikasikan. Model AIDA dapat digunakan pada proses perancangan pesan ini. Mula-mula calon konsumen perlu ditarik perhatiannya, dapat dengan memperbaiki pengemasan produk maupun melakukan advertising. Kemudian harus dapat dipastikan bahwa ketertarikan konsumen dipertahankan, dengan memberikan tagline yang sesuai dan informasi lebih mendalam mengenai produk baik melalui kemasan maupun iklan. Menumbuhkan keinginan konsumen untuk membeli dapat dilakukan dengan memberikan informasi harga produk yang sesuai dengan keinginan konsumen untuk produk sejenis. Super Yogurt dapat mewujudkan pembelian oleh konsumen juga salah satunya dengan memperluas cakupan pasar dan mempermudah akses konsumen pada produk.

sumber: dcloudhost.com

Perancangan pesan juga perlu memperhatikan konten dan struktur. Konten yang disampaikan kepada konsumen harus sesuai dengan tujuan komunikasi dan sesuai dengan keinginan konsumen. Konten diharapkan mampu menarik konsumen secara rasional, emosional, dan bahkan moral. Struktur pesan juga perlu diperhatikan mengingat pesan mungkin saja sampai pada konsumen dengan persepsi yang berbeda. Sehingga perlu disusun pesan yang terstruktur sehingga dapat dipahami dengan benar oleh konsumen.

Super Yogurt dapat menggunakan poster maupun video pendek sebagai media penyampaian pesan yang telah disusun dan sesuai dengan kebutuhan target audiens. Penggunaan media sosial juga akan sangat membantu mengingat target audiens Super Yogurt yang merupakan mahasiswa merupakan kelompok masyarakat yang paling banyak dan aktif menggunakan media sosial. Super Yogurt juga dapat memanfaatkan acara-acara mahasiswa untuk menjadi media penyampaian pesan. Kemudahan mengakses informasi ini akan meningkatkan tahap buyer-readiness Super Yogurt.

Selanjutnya Super Yogurt dapat melakukan pemilihan sumber informasi mengenai produknya bagi konsumen. Super Yogurt dapat bekerja sama dengan tokoh yang terkenal di kalangan mahasiswa untuk membantu penyampaian pesan mengenai produknya. Setelah itu perlu dikumpulkan feedback yang diterima Super Yogurt dari penyampaian pesan. Hal ini berguna untuk meningkatkan kualitas penyampaian pesan serta perbaikan konten untuk mewujudkan tujuan utama komunikasi dengan konsumen, yakni peningkatan pembelian produk.

Berikut adalah contoh poster yang dapat digunakan untuk mengomunikasikan pesan pada konsumen:

ataupun video pendek yang lebih mudah dibagikan melalui media sosial seperti berikut:

Beberapa diskusi dapat pula dijadikan bahan untuk menambah insight mengenai kebutuhan pengembangan komunikasi pemasaran yang terintegrasi, misalnya AIDA Model yang coba didiskusikan oleh kelompok berikut:

Super Yogurt dapat melakukan soft selling sebagai selingan dan strategi untuk meningkatkan search engine optimization dan consumer engagementnya. Berikut adalah contohnya:

Gaya Hidup Sehat untuk Mahasiswa, Tidak Sulit, kok!

Di zaman di mana segala hal berkembang dan bergerak cepat seperti saat ini mau tidak mau mendorong manusia untuk terus beradaptasi dan bekerja keras untuk memenuhi tuntutan pekerjaan maupun kebutuhan hidup. Hal ini berlaku juga bagi mahasiswa. Hal yang umum sekali bahwa mahasiswa merupakan kelompok masyarakat yang sibuk dengan tumpukan tugas kuliah, perlombaan, dan urusan di luar perkuliahan mulai dari yang berhubungan dengan mahasiswa itu sendiri, masyarakat, bahkan negara. Berat sekali, kan?

Nah, untuk mampu menjalankan aktivitas yang luar biasa banyak itu tentu diperlukan stamina yang prima. Tubuh dengan stamina yang selalu on-point tentu tidak lepas dari gaya hidup sehat. Jadi sebagai mahasiswa yang punya banyak peran, perlu sekali menerapkan gaya hidup sehat. Tidak sulit, kok! Yuk, simak bagaimana, sih, gaya hidup sehat itu.

  1. Mengelola aktivitas

sumber: gettingsmart.com
Aktivitas sebagai mahasiswa yang memiliki banyak peran perlu dikelola dan diatur. Pengaturan ini akan mempermudah alokasi waktu untuk mengerjakan masing-masing tugas dengan begitu aktivitas dapat dijalankan dengan efektif dan efisien. Aktivitas dapat dikelola dengan mengurutkan urgensinya lalu merencanakan hal-hal yang diperlukan. Pengelolaan aktivitas juga akan membantu diri untuk mengalokasikan waktu untuk beristirahat dan refreshing. Ingat, me time juga penting, ya!

  1. Tidur dengan cukup

sumber: asset-a.grid.id
Kebanyakan mahasiswa akan bekerja lembur untuk mengejar target. Entah itu target penyelesaian tugas maupun belajar sebelum ujian. Hal inilah yang perlu diperhatikan sehingga perlu adanya pengelolaan aktivitas. Kebutuhan tidur manusia adalah sekitar enam hingga delapan jam sehari. Bila kebutuhan ini tidak terpenuhi akan terjadi kemungkinan penurunan fokus saat bekerja, lelah yang berkepanjangan, maupun obesitas atau justru penurunan berat badan. Yuk, hilangkan kebiasaan begadang supaya tetap bisa beraktivitas dengan produktif!

  1. Berolahraga

sumber: stationhouseapts.com
Olahraga merupakan hal penting yang sering kali dilupakan. Dengan alasan tidak ada waktu, banyak yang sering sekali meninggalkan olahraga. Olahraga penting untuk dilakukan karena dengan berolahraga agar tubuh tidak mudah lelah serta dapat melancarkan peredaran darah. Olahraga dapat dilakukan dengan sederhana, misalnya berjalan kaki menuju kampus maupun tempat-tempat yang tidak terlalu jauh untuk ditempuh dengan berjalan kaki. 

  1. Menjaga kebersihan

sumber: s4.bukalapak.com
Kebersihan harus selalu terjaga sebagai upaya menghindarkan diri dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh paparan kuman maupun bakteri. Menjaga kebersihan meliputi kebersihan tubuh, ruang tidur dan belajar, serta lingkungan sekitar. Ingat untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, mengganti sarung bantal dan sprei secara teratur, dan menggunakan pakaian bersih juga membuang sampah pada tempatnya.

  1. Makan dengan teratur

sumber: bravaradio.com
Pola makan teratur akan menjaga metabolisme tubuh. Dengan terjaganya metabolisme, maka akan terjaga pula kesehatan tubuh. Pola makan perlu dijaga dan dilakukan secara teratur serta tidak berlebihan. Jangan sampai melewatkan waktu makan karena tumpukan kesibukan, ya! 

  1. Makan makanan sehat dan bergizi

sumber: asset.kompas.com
Makanan bergizi sangat banyak jenisnya dan mudah didapatkan sehingga sebisa mungkin memilih makanan yang lebih sehat sebagai pemenuh kebutuhan nutrisi tubuh. Air mineral juga diperlukan dalam jumlah yang banyak untuk membantu proses metabolisme yang lebih lancar serta peredaran oksigen yang lebih baik dalam tubuh. Selalu usahakan untuk mengonsumsi buah dan sayur agar kebutuhan gizi terpenuhi. Bila perlu, kebutuhan nutrisi dapat dipenuhi dengan mengonsumsi vitamin maupun produk makanan tambahan seperti yogurt.

Nah, mudah untuk menerapkannya, bukan? Maka dari itu, mari kita mulai mengubah kebiasaan dan menjadi mahasiswa dengan pola hidup sehat!


Referensi:

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.

Alfitasari, L.D., 2015, Uji Organoleptik Dan Kadar Vitamin C Yogurt Buah Blingo (Benincasa hispida) Dengan Penambahan Konsentrasi Starter Bakteri dan Ekstrak Buah Nangka (Artthicapus heterophyllus) Yang Berbeda, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta

Putri, Gustia Martha . Jenis-Jenis Yogurt Favorit Orang Indonesia dan Manfaatnya. Agustus 29, 2018. https://food.detik.com/berita-boga/d-4188495/jenis-jenis-yogurt-favorit-orang-indonesia-dan-manfaatnya (accessed November 11, 2019).

Selipan.com. 10 Tips Gaya Hidup Ini Wajib Dilakukan Mahasiswa biar Bisa Terus Sehat meski Punya Jadwal Padat. n.d. https://www.selipan.com/tips/health-beauty/10-tips-gaya-hidup-ini-wajib-dilakukan-mahasiswa-biar-bisa-terus-sehat-meski-punya-jadwal-padat/ (accessed November 11, 2019).

Yogurt in Nutrition. What is Yogurt? Process, history and frequently asked questions. n.d. https://www.yogurtinnutrition.com/what-yogurt/ (accessed November 11, 2019).


Kontributor: Ega Yudhadibroto, Firdausya Aghnia Ch., Farras Hidayatullah, Mahestya Tasya R A, dan Panji Saputro Hadi.


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format