#SambatkeSambak adalah Senjata Bertahan Hidup Semua Orang

nyok kita sambat sama-sama, nyok!


0

Dalam dunia pemasaran dikenal salah satu formula promosi yang dapat dikatakan sebagai salah satu formula jitu dalam melakukan promosi memasarkan suatu produk. Formula ini terdiri dari 4 tahapan yakni  Attention, Interest, Desire, dan Action  atau yang lebih dikenal dengan AIDA Model.

Sumber : smartinsights.com

Attention

Tahapan paling awal yang ada dalam AIDA Model ini. Dalam tahapan ini kita harus mampu membuat para pelanggan atau target market kita untuk menaruh perhatian terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan. Berbagai macam media seperti social media, website, maupu media elektronik lainnya dapat digunakan untuk promosi pada tahap attention ini.

Interest

Tahapan yang kedua ini menandakan bahwa para calon customer mulai tertarik dengan produk apa yang kita tawarkan. Bisa ditandai dengan mereka yang mulai bertanya lebih jauh lagi mengenai produk kita ini. Pada tahapan ini kita sebagai tim marketingnya hendaknya dapat memberikan informasi keunggulan produk, supaya semakin membuat calon customer tersebut menjadi semakin tertarik

Desire

Desire menjadi tahapan yang dapat menentukan apakah calon customer kita akan lanjut untuk membeli produk kita atau akan berhenti dan lebih memilih untuk membeli produk lain. Karena, pada tahapan ini calon customer sudah memiliki keinginan untuk membeli produk kita. Namun masih ada keraguan, akibat membandingkan harga maupun kualitas dengan produk pesaing. Disini kita harus dapat bertindak cakap untuk semakin membuat calon customer ini jadi semakin yakin untuk membeli produk kita.

Action

Pada tahapan terakhir ini, calon customer tadi sudah memutuskan untuk membeli produk kita. Dengan berhasilnya kita membujuk customer untuk membeli,bukan berarti tugas kita selesai sampai pada tahapan ini. Tetapi sebagai owner yang baik hendaknya kita selalu menjaga hubungan baik dengan customer. Dengan cara tetap menjaga kualitas dari produk kita tersebut.

 Kemampuan AIDA  Models ini sudah tidak diragukan lagi tak lupa  Desa Wisata Sambak juga menerapkannya sebagai salah satu strategi untuk memasarkan desa wisata ini. Dan untuk mengetahui bagaimana proses AIDA ini dilakukan, mari bersama-sama kita simak video dibawah ini :

SMS Promosi

Hampir semua orang menggunakan telepon genggam yang dibawa ke mana-mana. Maka dari itu, pesan singkat atau SMS merupakan media promosi yang jitu dan dapat menyasar kalangan luas. Selain singkat dan to the point, media ini juga mudah dipahami. Berikut merupakan SMS promosi salah satu wahana dari Desa Wisata Sambak yang dapat digunakan.

Pertama SMS ini akan digunakan untuk menarik awareness. Masyarakat belum mengetahui apa itu Desa Sambak. Dengan melihat SMS ini, mereka akan mendapat awareness tersebut. Namun, SMS promosi seperti ini sudah banyak dan sering diabaikan oleh penerimanya. Maka, akan disematkan diskon 50% untuk mendapatkan perhatian calon pembeli. Setelah itu, mereka akan mendapatkan knowledge lebih dengan mengklik tautan yang diberikan. Dengan demikian, SMS ini dapat membantu untuk melalui dua tahap buyer readiness stage.

Akan tidak efektif apabila SMS ini diberikan kepada subjek yang terlalu luas, seperti seluruh wilayah Indonesia. Saat ini, target pasar desa adalah masyarakat Magelang dan sekitarnya atau orang yang sedang berkunjung. Maka dari itu, kita dapat memanfaatkan teknologi yang sering kita jumpai di tempat keramaian. Apabila mengunjungi pusat perbelanjaan, ponsel kita sering berbunyi karena menerima SMS dari suatu tenant, seperti Dunkin Donuts dan Wendy’s. Untuk Desa Wisata Sambak, kita dapat menerapkannya dengan bekerjasama dengan pemerintah kabupaten dan operator seluler untuk mengirimkan SMS ini di wilayah Magelang dan sekitarnya saja.

Dunia Twitter

Belakangan ini, twitter sedang digemari oleh pengguna lamanya. Twitter seolah hidup kembali. Respon positif diterima oleh aplikasi yang sudah lama berdiri ini, bahkan beberapa kalangan membandingkan tingkat kenyamanan dan kepuasan penggunaan twitter dan instagram. Jagat twitter memang sedang ramai seiring jumlah akun yang mulai aktif lagi menggunakan twitter maupun akun-akun baru yang baru saja bergabung. Kebanyakan postingan berisi tentang cerita keseharian, informasi baru, berita terkini, tips-tips, postingan yang menggelitik, serta keluh kesah. Perilaku pengguna twitter sangat mudah terbaca. 

Melakukan iklan melalui twitter merupakan salah satu cara mudah dan praktis untuk dikenal khalayak umum. Fitur twitter hashtag (#) mempermudah penggunanya mencari topik yang ingin mereka ketahui hingga topik yang sedang trending. Fitur like, retweet, dan reply secara otomatis mampu menyebarkan postingan dengan cepat dan mencakup target pasar yang sangat luas karena sesuai dengan mutual connection yang tercipta di twitter dan saling berhubungan. Terdapat beberapa taktik untuk menyampaikan iklan secara lugas dan cepat tanpa perlu repot. Pertama, angkat topik yang relatable dengan masyarakat sehingga banyak yang memiliki kesamaan dalam ide dan perasaan. Kedua, mencari hashtag yang tepat sasaran dan umum. Dalam konteks ini, Desa Sambak menggunakan dua hashtag, yang pertama adalah #sambat karena secara umum sering dicari oleh masyarakat, yang kedua adalah slogan iklan Desa Sambak, yaitu #SambatkeSambak, yang artinya “kalau mengeluh, ke Sambak saja”. Ketiga, mention akun yang viral dan tidak asing di telinga masyarakat untuk membantu boosting iklan, contohnya @nksthi (Nanti Kita Sambat Tentang Hari Ini). Empat, inisiasi kolaborasi untuk membuat sesuatu yang lebih besar.

Website Desa Sambak

Link : https://desa-sambak.business.site/ 

Tampilan Landing Page

Anatomi Website

  1. Context (Konteks)

Merupakan tata letak dan rancangan situs. Tata letak dan rancangan web ini tidak berbeda dari website-website wisata lainnya. Di dalam website ini terdapat cerita asal-muasal awal terbentuknya desa ini. Lalu, di website ini ada daftar-daftar objek wisata yang terdapat di desa ini.

Sepenggal cerita asal-muasal awal terbentuknya desa ini

Beberapa daftar-daftar objek wisata yang terdapat di desa ini

  1. Content (Isi)

Merupakan teks, gambar, suara, dan video yang menjadi isi situs web. Dalam web ini terdapat banyak sekali gambar-gambar yang berkaitan dengan objek wisata dan pemandangan sekitar mengenai Desa Sambak ini. lalu , terdapat pula gambar dari google maps yang akan menunjukkan lokasi desa ini.

Galeri yang berisi gambar-gambar dari Desa Sambak

Gambar peta yang menunjukkan lokasi Desa Sambak

  1. Community (Komunitas)

Merupakan cara situs untuk menyesuaikan komunikasi antar pengguna. Dalam web ini belum terdapat fitur yang dapat membuat para pengguna berkomunikasi secara langsung. Tetapi, dalam situs ini terdapat testimoni yang dapat membuat para pengguna dapat melihat review dari pengguna lainnya.

Testimoni yang ada di web ini.

  1. Customization (Penyesuaian)

Merupakan kemampuan situs untuk menyesuaikan dirinya sendiri kepada pengguna berbeda atau memungkinkan pengguna mempersonalisasikan situs. Dalam web ini belum ada fitur yang dapat membuat pengguna mempersonalisasikan situs berdasarkan preferensinya masing-masing.

  1. Communication (Komunikasi)

Merupakan cara situs memungkinkan komunikasi situs dengan pengguna, pengguna dengan situs, atau komunikasi dua arah. Dalam web ini terdapat fitur yang mengarahkan secara langsung kontak yang dapat dihubungi oleh para pengguna.

Fitur kontak yang terdapat di website ini

  1. Connection (Hubungan)

Merupakan tingkat hubungan situs dengan situs lain. Dalam web ini, belum terdapat fitur yang memungkinkan pengguna situs ini berhubungan dengan pengguna situs lain.

  1. Commerce (Perdagangan)

Merupakan kapabilitas situs untuk memungkinkan transaksi perdagangan. Dalam situs ini terdapat button yang bertuliskan “beli” yang akan langsung mengarah kepada G-form untuk membeli tiket masuk.

Button yang bertuiskan “beli”

Halaman Google Form

Keunggulan 

Landing Page dari Desa Wisata Sambak ini langsung menyajikan panorama dari desa sambak sendiri yang mana sudah memanjakan mata dan membuat keinginan berkunjung semakin bertambah. Di tengah-tengahnya juga terdapat kontak yang dapat dihubungi dari pihak Desa Wisata Sambak sehingga setelah melihat panorama yang sudah terpampang jelas, membuat semakin tergoda untuk menghubungi pihak dari Desa Wisata Sambak untuk tanya-tanya lebih lanjut maupun melakukan reservasi. 

Landing page juga menyediakan fitur lokasi sehingga apabila ingin mengunjungi Desa Wisata Sambak dapat langsung meng-klik tombol yang tersedia tanpa harus mencarinya secara manual di peta maupun di google maps. Selain itu, juga terdapat testimoni sehingga dapat menjadi pertimbangan untuk mengunjungi tempat ini atau juga dapat berbagi pengalaman dari mengunjungin destinasi wisata ini.

Kelemahan

Landing page dari Desa Wisata Sambak ini tidak menyediakan paket-paket wisata yang ditawarkan ataupun promo yang disediakan. Akan menambah daya tarik apabila di landing page sudah terdapat promo-promo kunjungan wisata yang ditawarkan dan menambah yakin para calon pengunjung.

EMAIL PROMOSI 

 

Salah satu direct marketing yang masih banyak digunakan ialah melalui email. Selain digunakan untuk urusan bisnis, email juga dapat digunakan sebagai media pemasaran. Dan dibawah ini terdapat contoh email yang digunakan Desa Wisata Sambak untuk memasarkan konsep baru yang diusungnya yakni education trip.  Berikut contoh email tersebut.

Email marketing ini dibuat guna mengajakak target pasar Kita untuk segera mengunjungi Desa Wisata Sambak. Di dalam email tersebut digunakan panggilan khusus (“Sobat Trip”)  untuk membuat adanya ikatan keakraban antara kita dengan si target pasar tersebut. Email itu dibuat sangat singkat dan langsung kepada inti pointnya karena guna memberikan kemudahan bagi si penerima email untuk mengetahui isi pesan utamanya. Dan isi email tersebut hanyalah terfokus pada satu hal utama yakni pengenalan kepada target pasar bahwa kini Desa Wisata Sambak juga melayani Education Trip. Penjelasan Education Trip juga dibuat sangat singkat untuk membuat pembaca langsung tahu akan intinya. Dan diakhir kita sematkan kata-kata ajakan, serta ditambahkan pula slogan marketing dari Desa Wisata Sambak ini.

Penulis : M. Hafidz Ramadhan, Rendy Okta Vieri, Aditya Prasetya, Nurul Chasanah C, Vika Amanda

  1. 1


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
wehunthead

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format