Strategi Conhiella Menempati Hati Pencinta Kopi


2
2 points

Masih menyambung cerita tentang Kopi Susu Dialetika aka. Conhiella, Rasanya tidak cukup jika kopi ini hanya melakukan pemasaran dalam bentuk pembuatan gambar (poster) dan video saja. Butuh action lain dalam rangka meningkatkan pemasaran produk ini. Sebelum itu, kami akan mengulas sedikit untuk menginat kembali mengenai produk, target market, dan consumer readiness stages

  • Produk 

EB Cafe merupakan cafe yang terletak di FEB UGM yang baru saja mengeluarkan varian kopi baru yang bernama Coffee Executive atau Conhiello. Produk ini yang terbilang baru karena diluncurkan pada 7 November 2019. Coffee Executive harus cukup puas dengan penjualan sebanyak 5-10 produk dalam sehari. Akun Instagram EB Cafe membantu pemasaran secara luas di media sosial.

  •  Target Market (Target Audience)

Fungsi dari komunikasi pemasaran social media ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk Conhiella. Target market produk Conhiella adalah masyarakat kampus FEB UGM dan kampus-kampus sekitarnya (Fisipol, Filsafat, Hukum dan Psikologi) terutama milenial. 

Mengapa mahasiswa? Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, Generasi milenial pada merupakan kalangan usia produktif. Mereka yang disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang menguras energi seperti kuliah, bekerja, dan kegiatan yang dapat mengasah kemampuan dan bakat. Kegiatan tersebut seringkali menuntut milenial untuk tetap terjaga dari pagi hingga tengah malam. Dalam hal ini, Kopi dianggap sebuah solusi yang sangat pas karena dapat membantu milenial untuk tetap terjaga dan fokus selama melakukan aktivitas tersebut. Oleh karena itu, kami akan mengolah komunikasi pemasaran semenarik dan sekreatif mungkin agar dilihat oleh kaum milenial.

  • Mengupas Kebutuhan Pemasaran Dilihat dari Consumer Readiness Stages

Dari tahapan-tahapan di atas, produk Conhiella sudah sampai pada tahap pembelian. Hal ini dibuktikan dari 5-10 konsumen yang telah membeli produk ini tiap minggu. Dengan begitu, konten pemasaran kali bertujuan meningkatkan jumlah pembelian Kopi Conhiella. Metode yang telah kami gunakan sebelumnya menggunakan Video dengan metode AIDA dan Poster Kopi Conhiella yang siap disebar di Akun Instagram.

  •  Pemilihan Media sebagai Pembawa Pesan

Metode yang telah kami gunakan sebelumnya menggunakan Video dengan metode AIDA dan Poster Kopi Conhiella yang siap disebar di Akun Instagram. Pada artikel kali ini kami akan menambahkan media digital sebagai membantu penyebaran pesan dan social media yaitu e-mail, SMS, twitter dan Website. 

Pemasaran Digital dan Media Sosial

Pemilihan media marketing ini didasari oleh penggunaan dari wahana digital yang semakin bertambah dan berkembang. Berbelanja secara online menjadi sebuah pilihan gaya hidup masyarakat. Digital and social media marketing terdapat tiga bagian :

  1. Online Marketing
  2. Social Media Marketing
  3. Mobile Marketing

Dengan pemasaran metode ini hadir sebagai solusi, pembelian conhiella diharapkan dapat bertambah sesuai dengan kebutuhan produk ini : Purchasing

Pemasaran Digital dan Media Sosial

Online Marketing 

Penjualan secara online diharapakan mampu membawa pesan secara cepat kepada kaum milenial. 

  • Media Sosial : Twitter

"Jangan biarkan ngantuk dan lapar mengacaukan aktivitasmu. Segera cek combo seru cohiella dan Pigula Banoffe sebelum kehabisan! Semangat beraktivitas… 

https://www.instagram.com/p/B4ymvh1lVO-/?igshid=m7wuu8n9qd01"

Tujuan dari konten ini adalah mengajak kaum milenial untuk mengecek akun instragram EB Cafe agar membeli  Conhiella (Purchasing). Dalam akun Instagram EB cafe terdapat postingan baru yang berisi penawaran pembelian combo Conhiella dan Pigula Banoffe dengan cukup membayar Rp22.000 menggunakan GoPay. Oleh karena itu, pada isi konten terdapat link Instagram yang mengarahkan langsung ke postingan Instagram berisi promo tersebut.  

Bahasa yang digunakan bersifat interaktif dan real-time. Mahasiswa banyak beraktivitas ,sehingga kata-kata yang dipilih agar mahasiswa tertarik membeli dengan harapan setelah membeli produk dapat menghindari rasa mengantuk dan lapar. 

  • E-mail

  1. Attract

Dalam surel tersebut, bagian attract dimulai dari greeting sampai ke penjelasan event Blind Test Es Kopi Soshum. Bagian ini dimaksudkan untuk memberikan awareness dari target audience. Greeting (i.e. Hai Bambang) dibuat personal untuk menarik emosi audience. Bagian ini dilanjutkan dengan memberikan informasi mengenai tanggal dan tempat event Blind Test Es Kopi Soshum.

     2. Interest

Bagian interest dari surel ini terletak pada penjelasan kegiatan event Blind Test Es Kopi Soshum itu sendiri. Bagian ini mencoba untuk melakukan provokasi terhadap audience dengan memberikan informasi terkait insentif dalam keikutsertaan dalam acara tersebut: peserta event dapat mencoba empat es kopi susu dari empat kafe yang berbeda dalam sekali waktu.

     3. Desire

Surel ini memuat konten desire untuk semakin meningkatkan minat audience dalam mengikuti event Blind Test Es Kopi Soshum. Pada surel ini, konten desire terletak pada informasi insentif tambahan yang berkaitan dengan penyelenggaran bundling promotion selama kegiatan berlangsung.

    4.  Action

Surel ini ditutup dengan call to action. Audience dapat mendaftar untuk mengikuti event Blind Test Es Kopi Soshum dengan menekan tombol “DAFTAR SEKARANG.”


  1. Attention

Tampilan paling atas ketika membuka laman website, pengunjung disuguhkan salah satu gambar produk kopi yang ada di EB Cafe dengan tampilan yang cukup besar untuk menarik perhatian dan penasaran untuk membuka lebih dalam laman website ini.

    2. Interest

Setelah berhasil memikat perhatian dan menimbulkan rasa penasaran pada pengunjung laman website, kita mengajak mereka untuk mengenali secara singkat EB Cafe dan apa saja yang ditawarkan oleh EB Cafe kepada para pelanggannya misalnya kopi dengan konsep ready and fresh. Maka dengan itu pelanggan akan memberikan interest yang lebih kepada EB Cafe.

3. Desire

Calon pengunjung yang telah mengetahui value dan kelebihan dari EB Café kemudian akan semakin berminat untuk membeli produk tersebut. Seperti dengan kutipan Coffee is the best medicine akan membuat calon pembeli semakin teringat dengan tagline tersebut dan mengingat kedai kopi EB Café. Selain itu produk unggulan berupa signature coffee pertama dari EB Cafe yaitu Ice Conhiello Speciale dan minuman special yaitu Special Milk langsung dipampang di slides sehingga calon pembeli bisa memilih preferensi produk mana yang akan dibeli nantinya.

4. Action

Pada bagian paling bawah laman website pengunjung ditunjukkan cara untuk mendapatkan produk yang ditawarkan oleh EB Café dengan cara mengunjungi secara langsung gerai di Pertamina Tower Lt. 1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada.

Digital Marketing 

  • SMS
"Bingung mau pilih es kopi susu mana? Yuk rasakan langsung di ajang Es Kopi Susu Battle @EB Cafe Pertamina Tower 17 November 2019. Rasakan bedanya!"

Tujuan dari konten ini adalah mengajak kaum milenial untuk datag langsung ke EB Cafe mencoba merasakan produk Conhiella. Pesan bersifat personal ditandai dengan sebuah pertanyaan di awal pesan. Terdapat informasi mengenai letak EB ditujukan agar mempermudah akses calon pembeli untuk mencoba hingga membeli produk.

Sumber :

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.


Author :

Amalia Wikandari

Rahmat Hidayat

Indra Bagus

Fahrian Ghiffari

Hario Wicaksono


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win
OVERACHIEVERS

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format