Horrible Bosses: From Horrible to Beautiful Organization


2
2 points

Sinopsis 
http://www.fanpop.com/clubs/horrible-bosses/images/28096120/title/horrible-bosses-wallpaper-wallpaper

Horrible bosses merupakan film komedi Amerika Serikat tahun 2011 yang berdasarkan cerita karya Michael Markowitz. Alkisah terdapat tiga orang sahabat yaitu, Nick (Jason Bateman), Kurt (Jason Sudeikis) dan Dale (Charlie Day) yang memiliki pekerjaan yang berbeda-beda. Nick merupakan seorang kariawan di kantor financial, Kurt menjadi pekerja di perusahaan kimia, sedangkan Dale menjadi seorang asisten dokter gigi. Meski memiliki pekerjaan yang berbeda-beda, ketiga sahabat ini memiliki satu kesamaan. Mereka membenci atasan, atau bos mereka yang 

Nick adalah pekerja keras yang berjuang untuk mengejar karir lebih baiknya. Namun ternyata apa yang ia lakukan sia-sia. Bos Nick, Dave Harken (Kevin Spacey), selama ini hanya memanfaatkan dan memanipulasi semua usaha yang dilakukan oleh Nick. Sedangkan Kurt adalah pegawai teladan yang sangat disukai oleh atasannya. Sayangnya atasan Kurt sudah cukup tua, sehingga kemudian ia meninggal dan digantikan oleh putranya, Bobby Pellit (Colin Farrell). Bobby bekerja sewenang- wenang dan menjadikan Kurt sebagai kambing hitam di kantornya.

Berbeda dengan kedua rekannya, Dale justru memiliki seorang bos seorang dokter gigi perempuan, Dr. Julia Harris, D.D.S. (Jennifer Aniston).  Julia yang kerap kali menggoda dan mengganggu Dale. Hal itu yang kemudian dianggap Dale sebagai sebuah tindakan pelecehan seksual, serta mengganggu ketenangannya dengan sang tunangan.

ketiga sahabat tersebut akhirnya mencoba mencari solusi terbaik untuk menghadapi masalah tersebut. Pada akhirnya, mereka menemukan sebuah ide, yang menurut mereka jalan keluar terbaik, yaitu membunuh bos mereka (1)

Teori Struktur Organisasi, Budaya dan Sistem Kontrol Perusahaan 

Struktur organisasi merupakan sebuah gambaran mengenai bagaimana para manajer harus mendelegasikan otoritas dalam organisasi yang besar, dan hanya keputusan yang tidak biasa atau yang  yang merupakan kekecualian yang harus kembali ke hierarki atas untuk diputuskan. Struktur organisasi seharusnya mampu mendukung kinerja perusahaan yang efektif dan meminimalkan kompleksitas (2).  

Disamping itu, Struktur organisasi juga menggambarkan bagaimana alur komunikasi antar kariawan perusahaan seperti kepada siapakah kariawan harus melapor atau berkomunikasi didalam menjalankan operasi perusahaan sehari-hari 


Desain Organisasi Umum


Struktur sederhana

Struktur sederhana adalah sebuah struktur yang dicirikan dengan kadar departementalisasi yang rendah, rentang kendali yang luas, wewenang yang terpusat pada seseorang saja, dan sedikit formalisasi. Struktur sederhana paling banyak dipraktikkan dalam usaha-usaha kecil di mana manajer dan pemilik adalah orang yang satu dan sama.

Kekuatan dari struktur ini adalah kesederhanaannya yang tercermin dalam kecepatan, kefleksibelan, ketidakmahalan dalam pengelolaan, dan kejelasan akuntabilitas. Sebaliknya, kelemahan dari struktur sederhana adalah struktur ini sulit untuk dijalankan di mana pun selain di organisasi kecil. Selain itu,  tingkat formalisasi yang rendah dan sentralisasinya yang tinggi cenderung menciptakan beban yang berat bagi pimpinan perusahaan. 


Birokrasi

Birokrasi adalah sebuah struktur dengan tugas-tugas operasi yang sangat rutin yang dicapai melalui spesialisasi, aturan dan ketentuan yang sangat formal, tugas-tugas yang dikelompokkan ke dalam berbagai departemen fungsional, wewenang terpusat, rentang kendali yang sempit, dan pengambilan keputusan yang mengikuti rantai komando.

Kekuatan utama birokrasi ada kemampuannya menjalankan kegiatan-kegiatan yang terstandar secara sangat efisien, sedangkan kelemahannya adalah dengan spesialisasi yang diciptakan bisa menimbulkan konflik-konflik antar unit, karena tujuan-tujuan unit fungsional dapat mengalahkan tujuan keseluruhan organisasi. Disamping itu, Pengambilan keputusan cenderung lamban akibat harus melalui berbagai prosedur perijinan yang bertingkat-tingkat.


Struktur Matriks

Struktur matriks adalah sebuah struktur yang menciptakan garis wewenang ganda dan menggabungkan departementalisasi fungsional dan produk. Contoh organisasi dengan struktur matriks dapat ditemukan di agen-agen periklanan, perusahaan pesawat terbang, lembaga-lembaga pemerintah, universitas dan perusahaan konsultan manajemen. Juga pada lingkungan yang luas dan ekstrim, biasanya dihadapi perusahaan multinasional (MNC), koordinasi keseluruhan dilakukan dengan menciptakan struktur matriks (Doz and Prahalad, 1984, 1991).

Karakteristik struktural paling nyata dari matriks adalah bahwa ia mematahkan konsep kesatuan komando sehingga karyawan dalam struktur matriks memiliki dua atasan -manajer departemen fungsional dan manajer produk. Karena itulah matriks memiliki rantai komando ganda (2)

Kelemahan dari struktur Matriks ialah terkadang terjadi internal konflik  antara manajer produk dan manajer fungsional. Konflik ini terkadang dapat berdampak negatif terhadap kinerja pada kariawan yang berada dibawah komando kedua manajer tersebut. 


https://www.ahlipengertian.com/struktur-organisasi/

Budaya Organisasi

budaya organisasi adalah norma perilaku dan nilai-nilai yang dipahami dan diterima oleh semua anggota organisasi dan digunakan sebagai dasar dalam aturan perilaku dalam organisasi tersebut. Fungsi budaya organisasi secara umum  meliputi:

  1. Menambahkan rasa kepemilikan dan menaikkan loyalitas karyawan dalam perusahaan
  2. Digunakan sebagai alat untuk mengorganisasikan anggota
  3. Memperkuat nilai organisasi
  4. Sebagai mekanisme untuk mengontrol perilaku di dalam lingkungan kerja
  5. Mendorong semua struktur untuk meningkatkan kinerja baik itu untuk jangka pendek atau jangka panjang
  6. Budaya organisasi juga berfungsi sebagai penentu arah, mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak.

Contoh Budaya Organisasi

Setelah mengetahui pengertian budaya organisasi dan fungsinya, maka kita juga harus mengetahui apa saja contoh budaya organisasi tersebut. Berikut penjelasannya:

1. Budaya Administrasi

Budaya administrasi dalam organisasi sangat dibutuhkan misalnya dalam hal surat menyurat, keluar masuk barang, pendapatan pegawai dan lainnya untuk memperlancar kinerja perusahaan.

2. Kedisiplinan

Budaya organisasi bisa berupa kedisiplinan. Misalnya dalam hal ketepatan menyelesaikan order yang di minta, budaya ramah kepada customer, tidak telat datang ke kantor dan masih banyak lagi.

3. Pembagian Wewenang yang Jelas

Kemampuang organisasi dalam membagi wewenang adalah budaya organiasi yang menjadi kunci keberhasilan sebuah perusahaan. Tanpa pembagian wewenang yang jelas maka kinerja para anggota dalam organisasi tersebut tidak akan optimal karena kebingungan.

4. Inovasi

Inovasi adalah budaya organisasi yang mendorong para anggota untuk menciptakan atau mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif demi kemajuan organisasi tersebut. (3) 


Sistem Pengendalian Manajemen

Sistem pengendalian manajemen adalah suatu sistem mengendalikan kegiatan dengan dominasi tinggi dan menyeluruh untuk memperoleh kepercayaan bahwa strategi dan kinerja perusahaan sudah dilakukan secara efektif dan efisien. Pelaksanaan pengendalian manajemen ini telah mencakup berbagai aspek seperti kegiatan perencanaan operasional perusahaan, koordinasi kegiatan, pengendalian kegiatan, pembinaan dan pelaksana kegiatan.


Karakteristik Sistem Pengendalian Manajemen

Suatu sistem pengendalian manajemen dalam suatu organisasi harus memenuhi beberapa karakteristik, seperti:

  • Sistem pengendalian perusahaan harus dapat mendukung strategi dan tujuan organisasi
  • Sistem kontrol manajemen harus dibuat sesuai dengan struktur organisasi dan bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan manajer individual
  • Sistem pengendalian manajemen harus efektif memotivasi seorang manajer dan karyawan untuk berusaha ke arah pencapaian tujuan organisasi dengan berbagai cara penghargaan berhubungan dengan pencapaian tujuan tersebut.


Adapun unsur unsur sistem pengendalian manajemen diantaranya:

  • Pelacak (Detector)atau Sensor

Ini merupakan suatu perangkat atau alat yang mengukur apa yang sesungguhnya terjadi dalam proses yang sedang dikendalikan.

  • Penilai (Assessor)

ini merupakan suatu perangkat yang menentukan signifikansi atau kesesuaian dari peristiwa aktual dengan cara membandingkannya dengan beberapa standard atau ekspektasi dari apa yang seharusnya terjadi.

  • Effector (umpan balik)

Ini merupakan suatu perangkat yang mengubah perilaku jika Assessor mengindikasikan kebutuhan untuk melakukan hal tersebut.

  • Jaringan Komunikasi

Ini merupakan suatu perangkat yang meneruskan informasi antara detector dengan assessor maupun assessor dengan effector. (4)


Analisa Film Berdasarkan Struktur Organisasi, Budaya Organisasi dan Sistem Pengendalian Perusahaan 

Analisa film Horribe Bosses berdasarkan struktur Organisasi, Budaya Organisasi dan Sistem pengendalian perusahaan akan dilakukan berdasarkan tiga tempat organisasi tempat Nick, Kurt dan Dale bekerja

Analisa Struktur Organisasi 

Tempat kerja Nick 

Tempat Kerja Kurt

Tempat kerja Dale 

Kondisi Tempat Kerja 

Nick bekerja pada perusahaan keuangan Comnidyne. Perusahaan ini digambarkan sebagai perusahaan berbentuk korporasi yang memiliki jajaran manajemen yang terstruktur dimana terdapat posisi Direktur, wakil direktur, Manager dan kariawan.

Kurt Bekerja sebagai akuntan pada  sebuah kimia dan perusahaan ini merupakan perusahaan Keluarga. 

Perusahaan tersebut sudah berbentuk korporasi yang memiliki jajaran manajemen yang terstrukturdimana terdapat posisi Direktur, wakil direktur, Manager dan kariawan.

Dale bekerja pada sebuah klinik kesehatan gigi dimana ia bekerja  sebagai asisten seorang dokter gigi. 

Jenis Struktur Organisasi 

Perusahaan Comnidyne mengadopsi jenis struktur Birokrasi dimana kariawan diwajibkan mengikuti instruksi manajer atau direktur. 

Perusahaan digambarkan mengadopsi jenis struktur Birokrasi dimana kariawan diwajibkan mengikuti instruksi manajer atau direktur. 

Kurt dalam film ini digambarkan memiliki posisi yang penting dimana ia bertanggung jawab langsung kepada direktur perusahaan.

Struktur organisasi tempat Dale bekerja mengadopsi sistem struktur organisasi yang sederhana dimana hanya terdapat sedikit kariawan yang bekerja. Dale bekerja bekerja berdasarkan instruksi dokter gigi. 

Kelebihan dan kekurangan  Struktur Organisasi 


Sistem seperti ini sangat efektif untuk menciptakan operasi perusahaan yang terstandarisasi dan baku. Namun , Perusahaan mungkin kurang fleksibel didalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis sekaligus memiliki resiko terciptanya konflik antara kariawan dan pimpinan perusahaan. 

Sistem seperti ini sangat efektif untuk menciptakan operasi perusahaan yang terstandarisasi dan baku. Namun , Perusahaan mungkin kurang fleksibel didalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis sekaligus memiliki resiko terciptanya konflik antara kariawan dan pimpinan perusahaan.



Klinik tempat Dale bekerja menggunakan sistem birokrasi pada umumnya. Namun, karena organisasi ini masih tergolong  kecil, maka komunikasi dan pengambilan keputusan dapat dilakukan secara cepat 

Operasi organisasi belum memiliki standar yang baku seperti halnya sebuah  korporasi . 


Budaya Organisasi 

Tempat kerja Nick 

Tempat Kerja Kurt

Tempat kerja Dale 

Tempat kerja Nick terlihat memiliki budaya  persaingan yang tinggi antar kariawan untuk mengejar promosi jabatan. 

Nick digambarkan bahwa ia tidak menyukai manajernya, Harken , yang selalu memamfaatkan dan memanipulasi setiap usaha yang dilakukan Nick untuk memperoleh promosi jabatan. 

Tempat kerja Kurt memiliki budaya kekeluargaan dimana manajer dan kariawan memiliki hubungan kerja yang baik dan saling mendukung satu sama lain.

Namun , keadaan ini berubah setelah direktur  baru hadir menggantikan direktur yang lama.  manajer tersebut bekerja secara sewenang-wenang didalam memimpin perusahaan. 

Direktur yang baru tidak peduli terhadap jasa yang telah diberikan kariawannya terhadap perusahaan. 

Tempat kerja dale memiliki budaya kerja yang tidak mempedulikan aturan dan norma sosial. Atasan Dale sering melakukan tindakan yang tidak pantas terhadap Dale. 

Atasan Dale juga memberikan ancaman apabila ia melakukan sesuatu yang merugikan atasannya tersebut. 


Sistem Kontrol 

Sistem control organisasi pada tempat kerja Nick dan Kurt sudah mengikuti prosedur yang baik seperti halnya sebuah korporasi yang memiliki target yang ingin dicapai. Terdapat beberapa adegan di film Horrible Bosses yang menunjukkan sistem pengendalian perusahaan :

  • Adegan dimana Atasan Nick menggunakan CCTV untuk memantau kinerja kariawannya. Nick ditegur karena ia datang terlambat ke kantor berdasarkan foto dari CCTV
  • Adegan dimana Atasan Kurt mengecek laporan pengeluaran perusahaan dan menemukan ada beberapa pengeluaran perusahaan untuk membiayai biaya rumah sakit kariawan yang sudah tidak bekerja lagi diperusahaan tersebut. Kurt di instruksikan untuk menghentikan pembiayaan tersebut.    

Sayangnya, baik atasan Nick maupun Kurt menggunakan sistem kontrol perusahaan secara tidak bijaksana dan sewenang-wenang sehingga menimbulkan konflik internal perusahaan. 

Tempat kerja Dale, Klinik gigi, tidak terlihat memiliki sistem pengendalian yang menjamin keamanan kariawannya. Dokter Gigi Julia bekerja hanya untuk mencapai keinginannya tampa mempedulikan kondisi Dale. Terdapat beberapa adegan dimana Julia memperlakukan Dale dengan tindakan asusila dan memberikan ancaman apabila Dale tidak mengikuti perintah Julia. 



Kontributor :

Andrea Rio Iskandar

Felicia Stefanie

Giri Mulyadi

Rohmat Agung Jaya Kumara


Daftar Pustaka

  1. https://www.ikurniawan.com/film-horrible-bosses-saat-bos-terlalu-mengganggu
  2. http://perilakuorganisasi.com/struktur-organisasi.html
  3. https://www.maxmanroe.com/vid/organisasi/pengertian-budaya-organisasi.html
  4. https://www.pelajaran.co.id/2017/28/pengertian-unsur-proses-dan-faktor-yang-mempengaruhi-sistem-pengendalian-manajemen.html

Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
I AM BATMAN

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format