Manajemen Organisasi NYPD dalam Film The Other Guys

- Dinda Dwicahyarini - Galih Adzanimurti - Tri Setiadji - Windhi Pranata -


0

The Other Guys merupakan film action comedy Amerika yang dirilis pada tahun 2010. Film besutan sutradara Adam McKay ini menceritakan tentang dua orang detektif di NYPD yang tidak saling akur yakni, Allen “Gator” Gamble (Will Ferrel) dan Terry “Yankee Clipper” Hoitz (Mark Wahlberg).

Sepeninggal badass couple, detektif Danson dan Highsmith, NYPD tidak lagi mempunyai detektif yang dapat diandalkan. Kasus perampokan Castien Jewelry yang awalnya ditangani oleh Danson dan Highsmith tidak lagi dilanjutkan. Tidak ada satupun detektif yang berniat untuk melanjutkan investigasi kasus ini karena kasus ini dianggap hanya kasus perampokan biasa, namun tidak bagi Terry.

Bagi Terry apabila ia berhasil menyelesaikan kasus ini maka akan menjadi sebuah kesempatan baginya untuk dapat berkembang di NYPD, mengingat kredibilitasnya sebagai detektif di NYPD tidak diperhitungkan oleh atasannya, Capt. Gene Mauch dikarenakan ia sempat membuat kesalahan karena menembak Derek Jeter (pemain baseball tenar di Amerika) pada saat laga pertandingan baseball seri dunia. 

Terry mengajak Allen untuk menyelesaikan kasus ini. Allen sendiri di NYPD selama ini sebagai detektif yang diberi tugas hanya untuk mengaudit dokumen hukum. Baik Terry maupun Allen selama ini seringkali diremehkan oleh rekan kerja mereka yang lain khususnya oleh detektif Martin dan Fosse.

Allen dan Terry saat itu sedang menjalankan investigasi kasus pelanggaran izin penggunaan scaffolding oleh milyuner Sir David Ershon. Namun sesungguhnya itu semua hanyalah kedok Ershon untuk menutupi kasus yang lebih besar yaitu kerugian atas kliennya, Lendl Global. CEO Lendl, Pamela, telah menyewa tentara bayaran yang dipimpin oleh Roger Wesley untuk memastikan Ershon mengembalikan uangnya.

Siapa menyangka bahwa kasus perampokan Castien Jewelry merupakan kedok dari sebuah kasus kejahatan besar di kota New York yang membahayakan nyawa Allen dan Terry di saat mereka berusaha untuk menyelesaikan kasus tersebut. 



Gambar 1. New York Police Department


Menelaah Organisasi Dalam Film The Other Guys

Dalam film The Other Guys organisasi yang ada di dalam film ini yang akan ditelaah adalah pada instansi NYPD. NYPD merupakan badan pemerintah di US atau lebih tepatnya adalah kepolisian di kota New York, USA. 

Mengingat NYPD sendiri adalah kepolisian, maka lingkup pekerjaannya lebih bersifat rahasia maka dari itu penerapan control behavior harus dapat dilakukan mulai dari level karyawan yang paling bawah. 

Duo detektif Allen dan Terry sangat berhati-hati pada saat melakukan investigasi terkait kasus milyuner Sir David Ershon jangan sampai investigasi mereka diketahui oleh umum karena apabila diketahui dapat mengancam keselamatan jiwa mereka. 

NYPD menggunakan direct supervision, terlihat dari Capt. Gene Mauch sebagai atasan duo detektif Allen dan Terry yang memberikan pengawasan langsung kepada mereka. Pada saat Allen melakukan kesalahan yaitu menembakan pistolnya ke langit-langit kantor, Capt. Mauch langsung menyita pistol milik Allen.

Gambar 2. Pistol Kayu Untuk Allen



Selanjutnya mari dibahas lebih detail mengenai struktur organisasi, budaya organisasi, dan sistem kontrol organisasi yang ada di film The Other Guys. 


  • Struktur Organisasi

Struktur organisasi merupakan susunan dan hubungan antar tiap divisi dalam suatu organisasi yang mengkoordinasi dan memotivasi anggotanya sehingga mereka bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan organisasi. 

Permasalahan struktur organisasi yang terjadi di dalam film The Other Guys adalah atasan mereka Capt. Mauch hanya memberikan tugas kepada duo detektif primadona nya saja. Detektif yang lain tidak diberikan kesempatan untuk berkembang dan memegang kasus-kasus. Dikarenakan atasannya hanya percaya pada orang-orang tertentu saja sehingga menimbulkan rasa iri dan demotivasi terhadap pekerja yang lainnya. Dan karena hal ini juga antar pekerja menjadi saling tidak akur.

Gambar 3. Allen dan Terry Saling Tidak Akur


  • Budaya Organisasi

Budaya organisasi adalah gabungan dari keyakinan, ekspektasi, nilai, dan norma yang mempengaruhi bagaimana anggota organisasi saling berhubungan dan bekerjasama untuk mencapai tujuan perusahaan.

Terkait budaya organisasi di dalam film The Other Guys, terlihat masih ada diskriminasi dari pekerja yang satu kepada pekerja lainnya yang dianggap tidak kompeten. Terlihat di scene pada saat detektif Martin dan Fosse menjebak Allen untuk menembakkan pistolnya ke plafond ruangan kerja. Karena perbuatannya itu maka pistol Allen disita oleh Capt. Mauch.

 

Gambar 4. Allen Menembak Plafond

Terlihat juga pada scene di awal film yaitu duo detektif Danson dan Highsmith mengejek Allen dan Terry.

Gambar 5. Danson dan Highsmith mengejek Allen dan Terry


  • Sistem Kontrol Organisasi

Di suatu organisasi atau perusahaan, seorang manajer harus memonitor dan dan membuat regulasi seberapa efisien dan efektif organisasi dan anggotanya bekerja demi mencapai tujuan organisasi.

Capt. Gene Mauch sebagai pemimpin di NYPD kurang memonitor subordinatnya, terbukti setiap kali duo detektif Daston dan Highsmith disaat menyelesaikan kasus yang menyebabkan kerugian besar secara material terhadap kota New York, padahal kasus yang diselesaikan hanya kasus-kasus kecil. 

Gambar 6. Kerusakan yang Disebabkan Oleh Danson dan Highsmith

Namun Capt. Mauch juga terlihat memiliki regulasi apabila subordinatnya melakukan kesalahan. Di saat Allen menembak plafon di kantor, ia langsung menyita pistol Allen agar Allen tidak seenaknya menggunakan pistol.



Solusi dan Saran Mengenai Organisasi Dalam Film The Other Guys

  • Struktur Organisasi

Sruktur Organisasi di sebuah institusi/perusahaan akan berbeda-beda sesuai dengan tujuan Organisasi tersebut. Dalam film ini digambarkan organisasi Institusi Kepolisian Kota New York (NYPD) khususnya di Divisi Reserse Kriminal yang mempunyai tujuan untuk mengungkap kejahatan yang terjadi di Kota New York. Organisasi ini berisi para detektif ini dipimpin oleh Capt. Mauch. 

Struktur Organisasi terlihat tidak berjalan efektif karena tidak terlihat batasan yang jelas penugasan detektif terhadap kasus tertentu, otorisasi dan kewenangan penunjukan penanganan kasus terpusat pada Capt.Mauch tanpa mempertimbangkan kompetensi dan keahlian yang dimiliki anak buahnya. Penunjukan hanya berdasarkan unsur “like and dislike” pimpinan organisasi.

Untuk memperbaiki hal tersebut disarankan dibentuk kelompok detektif berdasarkan kompetensi dan keahlian tertentu sehingga penunjukan detektif tidak berdasarkan pada hal-hal yang subyektif akan tetapi berdasarkan jenis kasus yang ditanganinya.


  • Budaya Organisasi

Budaya suatu Organisasi dipengaruhi oleh sumber daya manusia, lingkungan, teknologi dan strategi untuk mencapai tujuan Organisasinya. Budaya bersumber dari nilai/norma etika, karakteristik dan hubungan diantara anggotanya serta struktur organisasi yang didirikan. Budaya di dalam organisasi Kepolisian Kota New York terlihat sangat tidak kondusif, dengan adanya perilaku “bullying”, tidak adanya mekanisme penilaian secara obyektif dan program peningkatan kompetensi dan pengelompokan keahlian detektif.

Untuk itu Manajemen Kepolisian Kota New York harus mengubah budaya yang kurang baik tersebut melalui serangkaian aksi seperti merubah struktur organisasi, membuat kesepakatan batasan nilai-nilai etika mana yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan, sistem rotasi dan pembauran yang memungkinkan tiap detektif mampu bekerja sama dengan detektif lainnya. 


  • Sistem Kontrol Organisasi

Efektifitas suatu Organisasi perlu ditinjau dari waktu ke waktu, perlu ditelaah apakah tujuan didirikannya dari suatu organisasi telah tercapai. Apabila terdapat kendala terhadap pencapaian tujuan, harus dicari akar masalah dari penyebab utamanya. Sistem kontrol organisasi harus berfungsi baik, sehingga dapat menginformasikan apabila terdapat hal yang tidak berjalan sesuai tujuan organisasi.

Di akhir scene digambarkan situasi dimana Derek Jeter memberikan data kejahatan/skandal finansial kepada Detektif Terry dan Allen untuk ditindaklanjuti karena dianggap Detektif yang “bersih” dan dapat dipercaya. Institusi Kepolisian Kota New York harus memiliki mekanisme pengaduan masyarakat yang dapat dipercaya sehingga dapat melibatkan masyarakat dalam memerangi kejahatan/turn back crime.



Penulis :

Dinda Dwicahyarini

Galih Adzanimurti

Tri Setiadji

Windhi Pranata



Daftar Pustaka

  1. https://idxx1.cam/movie/the-other-guys-2010-la5/play

  2. Jones, Gareth R, Jennifer M. George: Contemporary Management Tenth Edition, Mc Graw Hill Education International Editions, New York, 2018

  3. http://pinterest.com 

  4. http://vanityfair.com

  5. https://youtube.com


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
atomicblonde

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format