Membangun Budaya Adaptif Melalui Film The Internship

• Dini Wulandari • Fedora Calista • Qoradenisa • Raden Bimo Pramuleksono


2
2 points

SINOPSIS THE INTERNSHIP
The Internship (2013), film genre komedi yang rilis pada bulan Juni 2013 sangat menghibur dan juga memberikan pengetahuan di dunia kerja. Adalah Shawn Levy, seorang produser dari film – film Real Steal, Date Night, Night at the Museum yang menjadi sosok dibalik film The Internship ini. Cerita film ini berawal 2 orang laki – laki paruh baya, yang mempunyai basic pekerjaan salesman ini ingin mencoba peruntungan diluar dunia sales/marketing. Billy Macmahon (Vince Vaughn) menemukan info tentang program internship, yaitu semacam program magang bagi mahasiswa yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan besar, Google. Billy mengajak sahabatnya Nick Campbell (Owen Wilson) untuk mengikuti audisi/interview internship secara online.
Billy dan Nick berhasil menyakinkan bagian penerimaan dan berhasil lolos untuk mengikuti program The Internship di Google.

Tapi lolosnya mereka menjadi awal perjalanan, karena mereka harus bersaing dengan sekumpulan mahasiswa pintar dan jenius teknologi untuk memperebutkan sejumlah posisi di Google yang sangat terbatas. Dalam perjalanan mengikuti program internship, mereka masuk dalam kelompok yang sebenarnya adalah kelompok buangan. Kelompok mereka terdiri dari anak – anak yang mempunyai karakter unik. Yaitu Yoyo, pria asia yang mempunyai kebiasaan mencabut alis mata setelah melakukan kesalahan, Neha, gadis yang mempunyai fantasi “nakal”, Stuart yang selalu asik dengan telepon genggamnya dan Lyle, manager team di Google yang banyak bicara untuk menutupi kegugupannya. Billy dan Nick bersama kelompok mereka berusaha bersaing dengan kelompok lain untuk mendapatkan posisi di Google. (1)

Ketika tim ditugaskan untuk mengembangkan sebuah aplikasi, Billy dan Nick meyakinkan tim untuk terlebih dahulu menikmati malam yang liar untuk melepas penat. Di sebuah klub, Neha mengakui kepada Billy bahwa, meski memiliki kehidupan fantasi yang kaya, dia tidak memiliki pengalaman dunia nyata dan merasa gugup. Yo-Yo melepaskan diri dari comfornt zone-nya dengan minum minuman keras. Didorong oleh Billy, Lyle mendekati salah satu penari, Marielena, yang juga seorang instruktur tari di Google yang membuatnya naksir. Dia terpesona olehnya, tapi pelanggan lain menantang Lyle untuk menanggapinya dan mengajaknya bertarung, membuat tim tersebut dikeluarkan oleh keamanan sekitar. Sebelum matahari terbit, Stuart belajar untuk menghargai lingkungannya sambil menghadap ke Jembatan Golden Gate, dan kejenakaan Lyle yang mabuk mengilhami tim untuk membuat sebuah aplikasi yang menjaga penggunaan telepon sembrono saat mabuk. Mereka memenangkan tugas dengan mendapatkan download paling banyak.

Tugas selanjutnya ,Tim mempersiapkan diri untuk melatih hotline dukungan teknis, hanya Billy yang merasa bingung. Seorang karyawan Google, “Headphone”, yang selalu memakai headphone dan tidak pernah bersosialisasi, mendekati Billy dan mengatakan kepadanya bahwa cara dia berinteraksi dengan orang sangat spesial. Dia membimbing Billy untuk mendapatkan informasi teknis. Selama tugas tersebut, Billy menyukai materi tersebut, namun timnya tidak mendapat nilai karena ia gagal mencatat panggilannya untuk ditinjau. Dengan sedih, karena kekecewaan dan rasa bersalahnya Billy meninggalkan Google dan Tim-nya untuk mengejar peluang penjualan baru dengan mantan bosnya.

Tugas akhir diumumkan sebagai tantangan penjualan. Tim harus menandatangani perusahaan terbesar untuk mulai beriklan dengan Google. Tim tertegun saat Nick mengatakan kepada mereka bahwa Billy telah pergi, dan mereka mengatakan bahwa mereka tidak ingin melakukan tugas tanpanya. Nick meyakinkan Billy untuk kembali, dan Billy memimpin tim tersebut untuk menunjukkan pemilik restoran pizzeria setempat bagaimana Google dapat membantunya berinteraksi dengan calon pelanggan dan dengan demikian mengembangkan usahanya, sambil tetap setia pada nilai profesionalnya.

Saat tim HR akan mengumumkan bahwa tim Graham yang terdiri dari anak-anak ambisius lulusan kampus terbaik seperti harvard yang menjadi pemenang, saat itu Billy, Nick, dan tim mereka tiba untuk memberikan presentasi dinamis tentang klien baru mereka. HR mengakui bahwa meskipun pizzeria bukan bisnis besar, potensinya tidak terbatas karena berkembang melalui teknologi. Graham protes dan dijawab oleh “Headphone”, yang ternyata adalah kepala Google Search. Tim Nick dan Billy memenangkan tantangan dan mendapatkan pekerjaan sebagai karyawan (2)

STRUKTUR ORGANISASI, BUDAYA DAN KONTROL

Seperti yang diketahui oleh banyak orang , Google adalah salah satu sumber informasi yang sangat dibutuhkan oleh hampir semua kalangan saat ini, menjadi bagian dari perusahaan tersebut bukanlah hal mudah untuk bisa dilakukan. Struktur hingga budaya organisasi yang berorientasi terhadap teknologi dan kecerdasan manusia yang ada didalamnya menjadi tantangan awal bagi Billy dan Nick saat memulai internship.  Program Internship yang mereka ikuti tersebut pada akhirnya hanya akan menyisakan satu kelompok untuk dapat bergabung menjadi karyawan google.

Permasalahan pertama yang muncul adalah saat pihak rekrutment meminta pada semua peserta untuk membentuk kelompok yang nantinya akan menjadi partner kerjasama dalam menyelesaikan setiap ujian yang diberikan oleh pihak google sampai akhir masa internship, penilaian yang diberlakukan  adalah penilaian kelompok sehingga setiap anggota kelompok harus benar-benar bekerjasama untuk mendapatkan nilai yang terbaik.

Perbedaan umur yang cukup jauh membuat Billy dan Nick kesulitan untuk mendapatkan anggota kelompok hingga pada akhirnya seorang anak bernama Lyle yang juga seorang manager di google menyatukan mereka dengan tiga orang anak lainnya, yaitu Yoyo, Stuart dan Neha

Pada awalnya kesulitan demi kesulitan menghampiri kelompok tersebut, beberapa diantaranya yaitu:

• Adanya perbedaan usia yaang cukup jauh antara Billy Nick dan anak anak tersebut pada awalnya membuat mereka beranggapan bahwa Billy dan Nick hanya akan menjadi beban

• Sulitnya membangun komunikasi yang baik antar anggota team khususnya dengan anak-anak jenius tersebut yang cenderung berkutang dengan kepala mereka sendiri dibandingkan berinteraksi dengan sekitar, seperti halnya Stuart yang selalu memainkan ponselnya dalam keadaan apapun, atau Neha yang suka hilang fokus dengan fantasi yang ada dikepalanya dan membicarakan hal-hal aneh.

• Rasa pesimis yang muncul didalam diri anak – anak tersebut karena tim mereka sudah beberapa kali kalah dalam tantangan yang diberikan tim HR

KONSEP STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi adalah suatu susunan komponen-komponen atau unit-unit kerja dalam sebuah organisasi. Struktur organisasi menunjukan bahwa adanya pembagian kerja dan bagaimana fungsi atau kegiatan-kegiatan berbeda yang dikoordinasikan. Dan selain itu struktur organisasi juga menunjukkan mengenai spesialisasi-spesialisasi dari pekerjaan, saluran perintah maupun penyampaian laporan. (3) Dalam pembentukan struktur suatu organisasi manager melakukan organizational design untuk dapat memilih jenis struktur organisasi yang sesuai dengan keadaan perusahaan yang dirasa paling efektif dan efisien.
Dalam film The Internship , setelah melalui kekalahan demi kekalahan tim buangan tersebut akhirnya bisa menaklukan satu persatu tantangan dengan melakukan koordinasi dan pembagian tugas dalam kelompok mereka, contohnya seperti mempercayakan ujian Bug untuk dikerjakan Neha karena kehandalannya dibidang itu,  Lyle yang bertindak sebagai manager lebih banyak mengambil porsi merancang strategi yang sesuai seperti halnya Billy untuk dapat memenangkan tantangan, dan anggota-anggota tim lain yang saling bersinergi satu sama lain. Langkah – langkah yang mereka ambil untuk dapat menempatkan orang-orang tertentu berdasarkan keahliannya masing-masing sesuai dengan pembentukan Job Design dalam Organizational Design.

KONSEP BUDAYA ORGANISASI
Dari film The Intership juga dapat dipelajari mengenai budaya perusahaan. Budaya perusahaan adalah  suatu pola asumsi dasar yang dimiliki oleh anggota perusahaan yang berisi nilai-nilai, norma-norma dan kebiasaan yang mempengaruhi pemikiran, pembicaraan, tingkah laku, dan cara kerja karyawan sehari-hari, sehingga akan bermuara pada kualitas kinerja perusahaan. Dengan demikian, budaya perusahaan merupakan solusi yang secara konsisten dapat berjalan dengan baik, bagi sebuah kelompok dalam menghadapi persoalan-persoalan di dalam dan di luar kelompoknya (4). Budaya organisasi dibentuk melalui 4 faktor seperti gambar dibawah ini.


1. Karakteristik dari masing-masing anggota organisasi (Characteristics of Organizational Members)

Dalam konsep budaya organisasi, karakteristik anggota organisasi menjadi salah satu faktor krusial, karena berhasil atau tidaknya seorang manager untuk dapat menyelaraskan diversity yang ada akan sangat berpengaruh pada sukses nya pencapaian tujuan organisasi. Pada film ini terdapat enam anggota dalam satu kelompok yaitu Billy, Nick, Lyle, Yoyo dan Neha yang hadir dengan karakter dan kebiasaannya masing masing. Berbagai konflik yang terjadi diawal cerita adalah dampak dari keberagaman karakteristik yang mungkin ditemui pada suatu organisasi yang belum berhasil diselaraskan

•Billy dan Nick yang mantan seorang salesman yang terbiasa banyak bicara dan membual tapi kurang bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi atau terlalu oldschool

•Lyle, manager google yang selalu gugup setiap kali berbicara dan untuk menutupi kegugupannya ia justru menjadi banyak bicara meski terkesan tergesa-gesa

•Yoyo, Si anak mami yang tidak pernah berinteraksi dengan dunia luar karena menjalani homeschooling sedari kecil, Yoyo selalu mencabut alis matanya saat dia merasa tidak puas dengan apa yang diusahakannya

•Stuart yang tidak pernah lepas dari ponsel ditangannya , dan

•Neha , satu satunya perempuan dalam kelompok tersebut yang selalu memilki fantasi ajaib tentang hal hal “dewasa”

Perbedaan – perbedaan yang pada akhirnya dapat mereka atasi untuk mencapai hasil terbaik dari internship tersebut yaitu berhasil diterima sebagai pegawai google

2. Etika organisasi (Organizational Ethics)
Etika berkaitan dengan baik dan buruk, benar dan salah, betul dan tidak, bohong dan jujur. Dalam berinteraksi dengan lingkungannya orang-orang dapat menunjukkan perilaku yang dinilai baik atau buruk,benar atau salah ketika melakukan suatu tindakan. (5)

Contoh etika organisasi pada film The Internship antara lain:
• Bersikap proaktif lebih dari sekedar mengambil inisiatif. Bersikap proaktif berarti bertanggung jawab atas perilaku kita sendiri, baik di masa lalu, masa kini, maupun masa mendatang. Bersikap proaktif juga berarti mampu membuat pilihan-pilihan berdasarkan prinsip-prinsip serta nilai-nilai yang berlaku.
seperti halnya Billy yang dengan sugguh-sungguh berusaha saat akan menghadapi ujian Google Hotlines, merasa ini adalah peluang baginya karena sebelumnya ia merupakan seorang sales yang ahli dalam hal berbicara, Billy menyadari ia masih belum memiliki cukup ilmu tentang hal-hal yang berkaitan dengan Google, Billy akhirnya melakukan research dengan bantuan Mr.HeadPhone mengenai segala permasalahan teknis yang sering menjadi kendala pengguna google.

• Mendengarkan dengan seksama untuk memahami orang lain, ketimbang menanggapinya, akan membuat terjalinnya komunikasi dan hubungan yang baik. Saat orang lain merasa dipahami, mereka akan merasa dihargai dan mau membuka diri, sehingga peluang untuk berbicara secara terbuka serta dipahami terjadi lebih alami dan mudah.

Pendekatan yang dilakukan Billy dengan mendengarkan berbagai keadaan dan sejarah bisnis si pemilik toko Pizzeria berhasil membuat terjalinnya komunikasi yang baik dengan pemilik toko sehingga Tim bisa meyakinkannya bahwa Google dapat membantunya berinteraksi dengan calon pelanggan dan dengan demikian mengembangkan usahanya, sambil tetap setia pada nilai profesionalnya.

• Sinergi adalah soal menghasilkan alternatif ketiga – bukan caraku, bukan caramu, melainkan cara ketiga yang lebih baik ketimbang cara kita masing-masing. Memanfaatkan perbedaan-perbedaan yang ada dalam mengatasi masalah dan memanfaatkan peluang.
Hal ini tercermin dalam adegan bagaimana anak-anak jenius dalam Tim tersebut mulai menerima Billy dan Nick. Dan sebaliknya Billy dan Nick berusaha untuk menyeimbangkan dan tidak hanya terpaku dengan pemikiran dan kebiasaan mereka sebelumnya.

3. Hubungan antar pegawai (The Employment relationship)
Salah satu kunci keberhasilan dari perusahaan adalah hubungan kerja sama yang baik antara pemilik dan para karyawan maupun antar karyawannya karena berdampak positif terhadap produktivitas. Beberapa contoh hubungan yang terjadi pada film The Internship antara lain:

• Saling memberikan contoh sehingga setiap orang saling termotivasi.
Chetty yang merupakan manager HR menceritakan kepada Billy bahwa ia termasuk kaum minoritas yang tidak secerdas pegawai lain, namun buah dari sungguh-sungguh dan kerja kerasnya lah yang berhasil mengantarkan ia di posisinya saat ini.

• Saling mendengarkan masukan/pendapat yang membangun dan dapat diterapkan.
Billy yang kecewa dan memutuskan untuk pergi akhirnya kembali ke Timnya dan bahkan bisa menunjukkan kemampuannya sebagai negosiator ulung untuk tantangan “marketing” yang merupakan tantangan terakhir yang diberikan tim HR setelah sebelumnya mendengarkan masukan dari Nick untuk kembali dan menyelesaikan apa yang telah mereka mulai

• Konfrontasi langsung potensi masalah sebelum konflik itu menyebar dan memburuk.
Nick yang langsung menemui Billy dan membujuknya untuk kembali setelah mendengar anak-anak ingin mereka melakukan semua bersama sama dan melupakan kekalahan yang terjadi sebelumnya


4.Struktur organisasi (Organizational Structure)
Struktur organisasi ialah suatu susunan dari berbagai macam komponen atau unit kerja dalam sebuah organisasi. Dalam struktur organisasi terdapat pembagian kerja dan bagaimana fungsi atau kegiatan-kegiatan berbeda yang telah dikoordinasikan dan juga terdapat adanya berbagai spesialisasi dari sebuah pekerjaan, saluran perintah ataupun penyampaian laporan. (6) Contoh adegan pada film The Internship adalah pembagian tugas pada anggota Tim berdasarkan keahliannya. Anak – anak jenius yang jago dalam IT dan Nick dan Billy yang mempunyai kemampuan presentasi dan komunikasi yang baik yang bermanfaat saat ujian Google Hotlines dan Marketing.

PERUBAHAN ORGANISASI
Perubahan organisasi adalah suatu proses dimana organisasi tersebut berpindah dari keadaannya yang sekarang menuju ke masa depan yang diinginkan untuk meningkatkan efektifitas organisasinya. Tujuannya adalah untuk mencari cara baru atau memperbaiki dalam menggunakan resources dan capabilities dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan organisasi dalam menciptakan nilai dan meningkatkan hasil yang diinginkan kepada stakeholders. (7)
Sama halnya dalam film The Internship, penerapan organizational change dapat dilihat dengan bagaimana tim tersebut mampu bangkit dari keadaan yang tertinggal jauh dari Tim lain namun justru bisa berbalik menjadi pemenang dari proses seleksi tersebut.
Dalam prosesnya terdapat empat tahapan dalam proses perubahan suatu organisasi seperti yang digambarkan pada gambar dibawah ini :

Tahap 1,  yang merupakan tahap identifikasi perubahan, diharapkan seseorang dapat mengenal perubahan apa yang akan dilakukan /terjadi.  Dalam tahap ini seseorang atau kelompok dapat mengenal kebutuhan perubahan dan mengidentifikasi tipe perubahan.
Tahap 2,  adalah tahap perencanaan perubahan. Pada tahap ini harus dianalisis mengenai diagnostik situasional tehnik, pemilihan strategi umum, dan pemilihan. Dalam proses ini perlu dipertimbangkan adanya factor pendukung sehingga perubahan dapat terjadi dengan baik. .
Tahap 3, merupakan tahap implementasi perubahan dimana terjadi proses pencairan, perubahan dan pembekuan yang diharapkan. Apabila suatu perubahan sedang terjadi kemungkinan timbul masalah. Untuk itu perlu dilakukan monitoring perubahan.
Tahap 4, adalah tahap evaluasi dan umpan balik. Untuk melakukan evaluaasi diperlukan data, oleh karena itu dalam tahap ini dilakukan pengumpulan data dan evaluasi data tersebut.  Hasil evaluasi ini dapat di umpan balik kepada tahap 1 sehingga memberi dampak pada perubahan yang diinginkan berikutnya. (8)

Berikut contoh penerapan empat tahap proses perubahan organisasi (four steps in the organizational change process) dalam film The Internship :

Tahapan perubahan

Contoh implementasi

tahap identifikasi perubahan

(Assess the need for change)

Tahap ini adalah proses dimana Tim Billy dan Nick mulai menyadari bahwa mereka tidak bisa hanya saling menyalahkan akan perbedaan yang ada namun harus bisa bekerjasama untuk mencapai tujuan.

Jika proses ini dapat dimulai lebih dulu dengan lebih cepat membaca perbedaan yang ada mungkin Tim tersebut dapat memimpin lebih awal


tahap perencanaan perubahan

(Decide on the change to make)

Tahap ini adalah proses dimana perlu dilakukan pembagian tanggung jawab anggota tim berdasarkan keahlian yang dimiliki masing-masing individu di tiap-tiap tantangan yang Tim HR berikan

tahap implementasi perubahan 

(implement the change)

Jenis perubahan yang dapat diterapkan adalah Bottom-Up Change yaitu 
pendekatan bertahap atau evolusi untuk perubahan di mana  semua anggota Tim bekerja sama untuk mengembangkan rencana perubahan yang terperinci


tahap evaluasi dan umpan balik

(evaluate the change)

Tim menjadikan kekalahan – kekalahan mereka dibeberapa tantangan sebelumnya sebagai bentuk evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi inilah mereka bisa mengidentifikasikan masalah yang ada menuju proses perubahan yang lebih baik

Dalam  hal menghadapi perubahan organisasi diperlukan budaya adaptif dari organisasi. Budaya adaptif adalah budaya organisasi di mana karyawan menerima perubahan, termasuk organisasi penyelamatan yang memelihara lingkungan dan perbaikan proses internal yang berkelanjutan.  Dengan menerapkan budaya adaptif maka akan diperoleh efektivitas dan efisiensi pekerjaan yang tinggi akan menghasilkan kinerja yang tinggi pula.


DAFTAR PUSTAKA
1. http://rekastkipar.blogspot.com/2019/01/sinopsis-internship.html
2. https://id.wikipedia.org/wiki/The_Internship
3. http://www.pengertianku.net/2015/06/pengertian-struktur-organisasi-dan-fungsinya.html
4. http://www.sarjanaku.com/2012/11/pengertian-budaya-perusahaan-menurut.html
5. http://sandipondaag14.blogspot.com/
6. https://sinau.info/struktur-organisasi/
7. https://www.dictio.id/t/apakah-yang-dimaksud-perubahan-organisasi/6277
8. http://mgt-sdm.blogspot.com/2010/11/manajemen-perubahan-change-management.html















Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format