ZOOTOPIA POLICE DEPARTEMENT MELAWAN STEREOTYPING DAN DISKRIMINASI

"This is Zootopia, where anyone could be anything" -Judy Hopps-


2
2 points

Zootopia (atau Zootropolis dalam versi Eropa) adalah film animasi 3D Amerika Serikat tahun 2016 yang disutradarai oleh Byron Howard dan Rich Moore serta diproduseri oleh Clark Spencer. Naskah film ini ditulis oleh Jared Bush dan Phil Johnston, sementara cerita film ini ditulis oleh Byron Howard, Rich Moore, Jared Bush, Josie Trinidad, Jim Reardon, Phil Johnston dan Jennifer Lee. Film ini diisi oleh suara Ginnifer Goodwin, Jason Bateman, Idris Elba, Jenny Slate, Nate Torrence, Bonnie Hunt, Don Lake, Tommy Chong, J. K. Simmons, Octavia Spencer, Alan Tudyk dan Shakira.

Di dunia mamalia antropomorfik, Officer Judy Hopps (Ginnifer Goodwin), kelinci dari desa Bunnyburrow, memiliki impian masa kecilnya menjadi petugas kelinci pertama di departemen kepolisian di kawasan perkotaan Zootopia. 

Meskipun diterima di Departemen Kepolisian Zootopia (Zootopia Police Department atau ZPD), Judy dipindahtugaskan ke bagian parkir kendaraan oleh ChiefBogo (Idris Elba), yang meragukan potensi Judy.

Pada hari pertama, Judy bertemu dengan Nick Wilde (Jason Bateman) dan mitranya, Finnick (Tom Lister Jr.), di toko es krim. Nick dan Finnick diusir oleh pemilik toko es krim karena tidak mampu membeli es krim kesukaan Finnick. Judy, yang merasa iba terhadap mereka, membelikan es krim untuk mereka. Namun, Judy mengetahui bahwa mereka menipu Judy. Judy geram dan bertemu dengan Nick, sementara Finnick telah pergi. Karena kecerobohan Judy, Nick dapat melarikan diri.

Pada hari berikutnya, Judy meninggalkan tugas parkirnya untuk menangkap Duke Weaselton (Alan Tudyk), pencuri ubi-ubian di toko. Bogo mencercai Judy, tetapi berang-berang bernama Mrs. Otterton (Octavia Spencer) memasuki kantor Bogo, memohon untuk mencari suaminya, Emmitt Otterton, salah satu dari 14 predator yang hilang. Dengan sukarela, Judy bersedia membantu Mrs. Otterton mencari suaminya, menyebabkan Bogo geram karena Judy yang membangkang. 

Ketika asisten wali kota Dawn Bellwether (Jenny Slate) memuji Judy dan memberitahu Wali kota Leodore Lionheart (J. K. Simmons) bahwa Judy mengambil kasus ini, Bogo memberikan waktu dua hari kepada Judy untuk menemukan Emmitt Otterton, dengan syarat Judy harus mengundurkan diri jika ia gagal mengungkapkan kasus ini.

Setelah menemukan bahwa Nick adalah mamalia terakhir yang melihat Emmitt, Judy memeras Nick dan memaksanya mengaku telah menghindari pajak dengan rekaman Judy. Nick memohon dan bersedia membantu Judy dengan syarat rekaman pengakuan tersebut dihapus. Mereka melacak Emmitt ke mobil limusin milik mafia Mr. Big (Maurice LaMarche), yang mengungkapkan bahwa Emmitt, yang bekerja sebagai floris, menjadi “liar” (kembali ke keadaan liar) dan menyerang supirnya, Manchas (Jesse Corti).

Di rumah Manchas, ia memberitahukan bahwa Emmitt berteriak tentang “pelolong malam”, dan tiba-tiba, Manchas berubah menjadi buas dan mengejar Judy dan Nick. Judy menyelamatkan Nick dengan menjebak Manchas dan memanggil ZPD untuk bantuan. Ketika Bogo dan polisi lainnya tiba, bagaimanapun juga, Manchas telah lenyap. Bogo menuntut pengunduran diri Judy, tetapi ia diselamatkan oleh Nick, yang mengingatkan Bogo bahwa ia masih memiliki sepuluh jam untuk menyelesaikan kasus ini. Bogo mengizinkan Judy menyelesaikannya dan ketika mereka pergi, Nick memberitahukan kepada Judy bahwa ia diganggu di masa kecilnya karena ia adalah rubah. Merasa tak ada gunanya membela diri tentang perilaku rubah, ia menjadi penipu ulung.

Bellwether memberikan akses CCTV lalu lintas kota Zootopia kepada Judy dan Nick. Mereka menemukan Manchas, yang ditangkap oleh serigala, yang diduga sebagai “pelolong malam”. Mereka menemukan Emmett dan predator lainnya yang dipenjara di rumah pesakitan Cliffside ketika Wali kota Lionheart menyembunyikannya dari masyarakat dan Dr. Madge Honey Badger (Katie Lowes) berusaha mencari penyebab perilaku aneh mereka. Judy memanggil ZPD dan Wali kota Lionheart dan pihak lain yang terlibat ditangkap di rumah pesakitan tersebut, sementara Bellwether menjadi wali kota yang baru.

Judy, dipuji karena dapat memecahkan kasus ini dan berteman dengan Nick, meminta Nick untuk bergabung dengan ZPD dan menjadi mitranya. Ketika Judy mengecewakan Nick dengan memberikan pernyataan penyebab perilaku predator yang aneh oleh faktor biologis di sebuah konferensi pers, bagaimanapun, Nick meninggalkan Judy dengan rasa marah. Merasa bersalah, Judy mengundurkan diri dari pekerjaannya di tengah aksi protes terhadap predator.

Kembali ke desa Bunnyburrow, Judy belajar dari orang tuanya dan pengganggu di masa kecilnya, Gideon Grey si rubah (Phil Johnston), bahwa “pelolong malam” adalah bunga beracun, yang memiliki efek psikotropika parah pada semua mamalia. Setelah Judy kembali ke Zootopia dan berdamai Nick sambil menangis, mereka menangkap Duke Weaselton dan menemukan bahwa ubi-ubian yang dicuri oleh Weaselton adalah bahan untuk membuat “pelolong malam”, yang diberikan kepada biri-biri jantan bernama Doug (Rich Moore). Mereka menemukan Doug di laboratorium tersembunyi di terowongan kereta bawah tanah, membuat serum “pelolong malam” yang ditembakkan ke predator melalui senapan.

Sebelum mereka pergi ke ZPD, Bellwether mencuri senapan tersebut sebagai bukti dan mengungkapkan dirinya sebagai dalang di balik konspirasi tersebut. Judy dan Nick jatuh ke dalam lubang di museum oleh biri-biri jantan bodyguard Bellwether setelah Nick menolak meninggalkan Judy yang terluka. Bellwether menembak serum tersebut ke Nick, membuat Nick menjadi buas dan ingin membunuh Judy.

Lalu, Bellwether menyusun jebakan dengan memanggil ZPD bahwa Judy terluka parah oleh predator. Namun, Nick telah melucuti senapan tersebut dengan mengganti serumnya menjadi blueberry sebelum dicuri oleh Bellwether. Marah, Bellwether mengancam akan menjebak Judy dan Nick, seperti yang dilakukan Bellwether kepada Wali kota Lionheart, tetapi Judy telah merekam pengakuan Bellwether ini. Bogo dan petugas ZPD lain tiba dan menangkap Bellwether dan bodyguard-nya. Lionheart tidak mengetahui tentang keterlibatan Bellwether, tetapi Lionheart menyatakan bahwa ia memiliki alasan yang baik untuk memenjarakan predator tersebut. Akhirnya, predator disembuhkan dengan obat penawar, Judy bergabung kembali ke ZPD dan Nick menjadi petugas rubah pertama kota sekaligus rekan Judy, sementara Bellwether dan Lionheart tetap berada di penjara.

ORGANIZATIONAL STRUCTURE

Dalam buku Contemporary Management, Gareth R. Jones dan Jennifer M. George (2018), Organizational Architecture adalah struktur organisasi, sistem kontrol, budaya, dan sistem manajemen yang secara bersama-sama menentukan keefektifan dan keefisienan sebuah perusahaan dalam menggunakan sumber dayanya. Zootopia Police Departement ,yang terinspirasi oleh New York Police Department, menggunakan Divisional Structure: Product.


ORGANIZATIONAL CULTURE

Menurut Jones dan George dalam buku Contemporary Management, budaya organisasi dipengaruhi oleh 4 hal yaitu organizational structure , characteristics of organizational members, organizational ethics,the employment relationship.

1. Organizational Structure

ZPD merupakan organisasi formal yang memiliki struktur hierarkis seperti kepolisian pada umumnya. Namun dalam film ini tidak ditemukan adanya permasalahan yang mempengaruhi budaya organisasi.

2. Characteristic of Organizational Members

Karakter Officer Judy Hopps adalah pekerja keras yang optimis, memiliki kemauan kuat menjadi polisi, suka menolong, dan menentang segala bentuk diskriminasi.

Karakter Chief Bogo adalah seorang pemimpin yang keras dan tegas namun memiliki sifat diskriminatif terhadap Judy Hopps yang dianggap tidak mempu menjalankan tugas polisi karena fisiknya yang kecil dan dianggap lemah, selain itu Chief Bogo juga mendiskriminasi Nick Wilde karena dia seekor rubah yang dianggap licik dan suka berbohong. Karena Chief Bogo adalah pemimpin ZPD maka sifat diskriminatif ini terbawa ke seluruh jajaran kepolisian dan menjadi budaya yang mengakar di ZPD.

3. Organizational Ethics

Organisasi ZPD memiliki motto yaitu Trust, Integrity, dan Bravery. Ketiga hal tersebut tercermin dalam organisasi. Namun dalam organisasi juga tedapat stereotyping bahwa profesi polisi hanya layak disandang oleh sosok satwa kuat seperti harimau, badak, gajah, kerbau, dan beruang, dan diskriminasi bahwa hewan kecil seperti kelinci tidak akan bisa menjadi polisi karena dianggap lemah. Budaya diskriminasi yang sudah mengakar ini bahkan sampai terjadi di tingkat akademi kepolisian (Zootopia Police Academy) dimana instruktur yang melatih Judy Hopps merendahkan dan tidak mempercayainya bisa lulus dan menjadi polisi.

4. The Employment Relationship

Hubungan di antara anggota kepolisian ZPD secara umum terjalin dengan baik, namun sifat diskriminatif Chief Bogo membuat hubungannya dengan Judy Hopps manjadi kurang baik. Chief Bogo selalu berusaha mencari cara untuk membuat Judy Hopps menyerah dengan keinginannya menjadi seorang polisi, dimulai dari menempatkan Judy Hopps sebagai petugas parkir sampai memberikan tenggat waktu yang singkat untuk menyelesaikan kasus yang berat.


Budaya stereotyping dan diskriminatif yang hadir di dalam ZPD akan menjadi kontraproduktif terhadap tujuan utama organisasi yaitu menjaga ketertiban dan keamanan kota. Seperti yang terjadi pada karakter Judy Hopps yang merupakan seekor kelinci tidak mendapatkan kepercayaan dari instruktur ketika di akademi dan dari Kepala Kepolisian Chief Bogo untuk menjadi petugas polisi. Alih-alih menjadi petugas polisi, Judy Hopps malah menjadi petugas parkir kendati Judy Hopps merupakan lulusan terbaik akademi kepolisian.


ORGANIZATIONAL CONTROL

Dalam organisasi terdapat fungsi kontrol yang dilakukan oleh para manajer atau pemimpin untuk memantau dan mengatur sehingga tujuan organisasi dapat dicapai dengan kegiatan yang efisien dan efektif. Dalam hal ini ZPD yang dipimpin oleh Chief Bogo menjalankan fungsi concurrent control dengan menyelesaikan keributan yang ditimbulkan Judy Hopps di kota Little Rodentia dan menerima permintaan hewan hilang dari Ibu Otterton, dan feedback control dengan mengatasi permasalahan stereotyping dan prejudice yang telah mengakar di instansi yang dipimpinnya.



Dari 3 Sistem Kontrol Organisasi, Manajemen ZPD menjalankan behavior control. ZPD melakukan behavior control dengan mempersiapkan kader polisi melalui akademi kepolisian dan supervisi langsung investigasi yang dilakukan Judy Hopps. Sistem control ini memberikan control langsung agar para petugas dapat menjalankan tugas dengan baik dan tetap pada aturan. Permasalahan yang timbul dari pola system ini adalah biaya yang mahal karena rutin melakukan control dan dapat menurunkan motivasi petugas karena petugas merasa tidak menentukan keputusannya sendiri.

ZOOTOPIA POLICE DEPARTMENT CHANGE PROCESS

Atas paparan data diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pada organisasi Zootopia Police Departement terdapat permasalahan besar yang memiliki dampak buruk pada organisasi. ZPD dapat melakukan pembenahan organisasi dengan four steps in the organizational change process.

1. Assess the need for change

Tahap awal pembenahan organisasi dilakukan ZPD menemukan dan  mengidentifikasi permasalahan., dalam hal ini permasalahan terjadi pada budaya organisasi. Pada ZPD terdapat permasalahan stereotyping dan diskriminasi pada karakter anggota organisasi (Pemimpin organisasi), hubungan antar anggota organisasi, dan etika organisasi.

2. Decide on the change to make

Setelah masalah dapat diidentifikasi, selanjutnya ZPD menentukan strategi untuk perubahan yaitu dengan memperbaiki budaya organisasi melalui karakter anggota organisasi, hubungan antar anggota organisasi, dan etika organisasi dengan menanamkan nilai-nilai moral, kepercayaan, dan aturan yang lebih baik dengan cara yang tepat untuk ZPD dan anggotanya. 

Seperti yang tercermin dalam film adalah keterbukaan pemikiran semua anggota ZPD sehingga dapat mengeliminasi stereotyping dan prejudices tersebut. Anggota ZPD saling belajar menerima adanya perbedaan dan nilai masing-masing anggota sehingga tercipta lingkungan kerja yang kondusif. 

3. Implement the change

Implementasi perubahan ZPD dilakukan baik secara bottom-up maupun top-down, berawal dari inisiatif Judy Hopps (perubahan bottom-up) untuk membuktikan bahwa dirinya sebagai seekor kelinci mampu menjalankan tugas sebagai polisi, sehingga hal ini mempengaruhi pandangan Pemimpin ZPD, Chief Bogo, yang sebelumnya mendiskriminasi Judy Hopps dan hewan-hewan kecil yang ingin menjadi polisi. Setelah pandangan Chief Bogo berubah, Chief Bogo menerima Judy Hopps yang merupakan hewan kecil (kelinci) bahkan Nick Wilde yang merupakan hewan yang dianggap penipu (rubah). Perubahan Chief Bogo yang merupakan Pemimppin ZPD secara top-down mempengaruhi budaya organisasi ZPD sehingga pada akhirnya menerima hewan-hewan selain predator dan mamalia besar.

4. Evaluate the change

Impelementasi perubahan yang dilakukan harus dievaluasi oleh ZPD untuk mengetahui dampaknya terhadap hasil/kinerja organisasi. ZPD dapat membandingkan kondisi organisasi sebelum dan sesudah kebijakan baru diterapkan di ZPD, dalam hal ini menerima hewan selain predator dan mamalia besar di jajaran kepolisian. Evaluasi juga dapat dilakukan melalui survey oleh penduduk Zootopia maupun penilaian independen dari Pemerintah Zootopia.


Sumber :

Jones, Gareth R, Jennifer M George. 2018. Contemporary Management. New York: McGraw-Hill Education 

https://id.wikipedia.org/wiki/Zootopia

https://id.bookmyshow.com/blog-hiburan/17-karakter-hewan-lucu-di-zootopia/

https://disney.fandom.com/wiki/Zootopia_Police_Department

 

Artikel ini ditulis oleh : 

  • Dewi Amelia

  • Mirza Zulkarnain

  • Rieza Sidrafil Febianti

  • Unggul Satriya Anugrah


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
4
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
5
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
6
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format