Last Project – Aplikasi Ilmu Manajemen untuk Anak Kos?! Bisa Gak Ya??!


0

Vela, seorang anak kos yang barusaja merantau mengalami kebingungan akan kehidupan sehari-hari yang berbeda dengan kehidupannya saat masih menjadi anak rumahan. 

          Permasalahan pertama : Vela kebingungan, apa yang harus ia lakukan untuk mengisi hari-harinya yang cenderung tidak terarah? Apalagi sebentar lagi akan memasuki musim liburan, pasti akan makin sering bengong dikosan alias gabut. 

          Nah, menjawab pertanyaan Vela, sebaiknya vela melakukan perencanaan terlebih dahulu agar hari-harinya lebih terarah dan menjadi produktif. Terdapat 3 langkah dalam perencanaan, yaitu : 

1. Menentukan Visi dan Misi 

2. Merumuskan Strategi 

3. Mengimplementasikan Strategi 

          

          Permasalahan kedua : Vela sebagai anak kos, seringkali kehabisan uang. Bagaimana caranya agar Vela bisa menghasilkan uang namun tetap melaksanakan kewajibannya untuk kuliah? 

          Solusinya adalah, Vela dapat mencoba berbisnis yakni dengan menjadi Enterpreneur. Enterpreneur sendiri adalah individu yang mampu melihat peluang dan memobilitasi sumber daya yang tersedia untuk menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan. Namun, sebelum menjadi seourang Enterpreneur, Vela harus memiliki karakteristik sebagai berikut : 

  1. Berani mengambil resiko 
  2. Bertanggung Jawab
  3. Kompeten
  4. Menetapkan tujuan tinggi

          Permasalahan terakhir datang dari Gilda yang merupakan teman sekelas Vela yang telah lebih dahulu menjadi seorang Enterpreneur. Selama ini, Gilda hanya berbisnis dengan kekasihnya dan memegang semua peranan tugas mulai dari Corporate Level hingga Bisnis Level. Apa yang harus dilakukan Gilda untuk menunjang perkembangan bisnisnya? 

          Solusi untuk permasalahan Gilda adalah karena saat ini Gilda dan kekasihnya masih memegang kendali atas semua Job Desk, maka Gilda membutuhkan paling tidak satu orang untuk membantu dalam Struktur Organisasinya agar semua pekerjaan tidak dipegang oleh Level Korporat. Karyawan pada Level Fungsional dapat direkrut oleh Gilda seperti bidang Markering atau R&D untuk membantu ekspansi bisnis ataupun pemantauan bisnis yang sedang dijalani oleh Gilda.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Goaldigger

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format