Cool!, begini cara Andy Wiederhorn menghadapi masalah dalam Undercover Boss

Penasaran?? Mari simak ceritanya!!!


0

Source : Youtube

Berpusat di California, Fatburger adalah salah satu restoran cepat saji yang menyajikan hamburger sebagai produk unggulannya. Fatburger adalah salah satu restoran terbesar di amerika yang memiliki 1060 cabang di 27 negara di seluruh dunia. Andy Wiederhorn hidup di Oregon dan pernah memiliki sebuah perusahaan finansial dan bangkrut pada saat krisis ekonomi. Andy pernah dipenjara 14 bulan karena dianggap melakukan praktek fraud pada perusahaan nya. Saat ini Andy menjabat sebagai CEO dari Fatburger.

Gambar 1 : Kelezatan Fatburger

Source : https://www.newsleader.com/story/news/local/2019/01/15/los-angeles-fatburger-chain-coming-staunton/2578774002/



Dalam Undercover Boss Andy Menyamar sebagai "Myron Leeds," mantan agen real estate yang muncul di reality show “peluang kedua" yang ingin memenangkan sebuah restoran. Wiederhorn mengunjungi restoran Fatburger dan mendapati bahwa waralaba itu berantakan. Restoran pertama yang dikunjungi oleh Andy adalah salah satu restoran fatburger di Los Angeles California. Andy bertemu dengan Val yang merupakan store manager, andy ditugaskan membuat hamburger untuk disajikan ke pelanggan. Saat menyajikan hamburger Andy mengalami kesulitan dalam menyajikan nya. Namun penyamaran Andy diketahui oleh Val, Andy menanyakan apa pendapat Val mengenai restoran itu. Val menyarankan mengenai sistem maintenance yang seharusnya lebih terpusat dan terlalu banyaknya manager director yang membuat sistem tidak efektif serta untuk lebih memperhatikan karyawan yang sudah cukup lama bekerja disana.

Gambar 2 : Andy Wiederhorn, CEO Fatburger

Source : https://www.flickr.com/photos/111702394@N07/11411123146


Berikutnya Andy mengunjungi salah satu restoran nya yang berada di Reno, Nevada. Disini Andy bertugas sebagai Kasir dan bertemu dengan Lisa, salah satu kasir yang mengajarkan nya. Pada saat menjalankan tugasnya Andy terlihat nervous, dan mengalami kesulitan dengan proses penyampaian order ke dapur dikarenakan disampaikan dengan manual melalui teriakan. Disini Andy banyak bercerita dengan Lisa mengenai masalah personal Lisa mengenai suami nya yang telah meninggal dan kesulitan nya hidup dengan 3 anak nya dan harus kehilangan rumahnya untuk membayar biaya pengobatan suami nya.


Selanjutnya Andy mengunjungi pabrik roti yang memproduksi roti yang digunakan oleh Fatburger. Disini Andy bertemu dengan Carson, salah satu Teknisi Bakery dan bertugas bersama nya dalam mengawasi mesin penyusun roti. Andy ditugaskan untuk memindahkan roti dari konveyor ke rak, di sini Andy mengalami kesulitan karena banyaknya roti yang tertumpah. Andy sempat berdiskusi dengan Carson mengenai masalah keluarga Carson, Istri Carson harus tertahan di Meksiko karena adanya permasalahan dengan imigrasi. Andy merasa tersentuh dengan apa yang dialami Carson.


Gambar 3 : Puritan Bakery Factory

Source : https://www.ocregister.com/2011/03/24/the-secret-behind-socals-best-burgers/


Terakhir, Andy mengunjungi salah satu gerai nya yang memiliki performa buruk di Mesa Arizona. Disini dia bertemu dengan salah satu asisten manajer disana yang bernama Angelica. Andi melihat banyak kondisi yang tidak sesuai disana, banyak alat yang rusak dan belum diperbaiki. Andi juga mendengarkan cerita dari Angelica mengenai cita citanya untuk masuk sekolah suster,dan mengenai saran dari angelica tentang kurangnya apresiasi terhadap karyawan oleh franchise owner serta bekerja dengan peralatan rusak yang merepotkan. Hal ini mempengaruhi kinerja karyawan dan menyebabkan kurangnya motivasi pada karyawan untuk bekerja lebih baik.


Di akhir acara Andy akhirnya memanggil orang-orang tersebut ke kantor pusat untuk bertemu denganya. Andy memberikan hadiah berupa uang kepada seluruh karyawan tersebut agar hidup mereka lebih baik, serta menjadikan Val sebagai trainer bagi manajer-manajer baru, meng hire lawyer untuk menyelesaikan masalah istri Carson, memberikan beasiswa pada Angelica untuk melanjutkan sekolah suster. Selain itu Andy juga menegur franchise owner gerai Mesa agar memperbaiki sistem nya.


Dari episode ini dapat kita lihat bahwa kinerja karyawan sangat bergantung dengan bagaimana perusahaan menghargai mereka, serta efektifitas dari peralatan yang digunakan. Jika perusahaan memenuhi hak karyawan dan sistem pelayanan terhadap komplain mengenai peralatan yang digunakan karyawan lebih responsif dan efektif maka karyawan akan puas dan akan mendedikasikan diri lebih baik terhadap perusahaan. Sistem Order dapur yang masih buruk dengan metode manual harus diganti dengan sistem komputer, dimana order dari pelanggan akan langsung muncul di layar yang ada di dapur sehingga tidak perlu terjadi kesalahan order. Pada pabrik roti, harus ditambahkan sistem otomasi pada proses tahapan paling akhir untuk menghindari adanya roti yang jatuh dan membuat roti tersebut rusak. Perusahaan sebagai induk dari seluruh gerai dan partner dari para pemilik owner harus membuat sistem pemeliharaan peralatan yang  terpusat agar segala alat dapat terjamin serviceability nya.


Dari episode Undercover Boss Fatburger ini, terlihat bahwa motivasi karyawan Fatburger adalah expectancy theory yaitu, teori bahwa motivasi akan tinggi ketika pekerja percaya bahwa upaya tingkat tinggi mengarah pada kinerja tinggi dan kinerja tinggi mengarah pada pencapaian hasil yang diinginkan. 



Gambar 4 : Effort, Performance, and Outcomes



Namun pada kenyataannya hal ini tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan, kurangnya perhatian pemilik franchise kepada para karyawannya, sehingga karyawan tidak mendapatkan apa yang sesuai dengan ekspektasinya seperti pada kasus Angelica di Mesa Arizona, kurangnya positive reinforcement (yaitu memberi orang/karyawan hasil yang mereka inginkan ketika mereka melakukan perilaku fungsional organisasi) dari atasannya dalam hal ini pemilik franchise Fatburger dimana Angelica bekerja,. Hal ini disadari Andy dan pada akhir episode Andy mempertemukan Angelica dengan pemilik franchise, sehingga Angelica dapat menyampaikan keluhan/saran kepada bossnya tersebut, dan bossnya memahami situasi tersebut dan akan mempertimbangkan saran dari Angelica.



Dari episode Undercover Boss Fatburger ini, dapat disimpulkan banyak leader/pemimpin dalam hal ini adalah pemilik franchise Fatburger tidak menerapkan perilaku-perilaku seorang Leadership/Pemimpin. Banyaknya permasalahan di lapangan yang tidak direspon atau ditangani secara benar, hingga permasalahan pribadi karyawan yang cukup mengganggu performa karyawan yang diabaikan oleh pemilik franchise. Padahal para karyawan telah bekerja di Fatburger tersebut cukup lama, mereka telah bekerja dengan sepenuh hati namun tidak ada apresiasi dari atasan. Bahkan terkait dengan masalah gaji yang notabene adalah hak para karyawan, pembayarannya menjadi tertunda. Menurut Jones, Gareth dan Jennifer M. George di dalam bukunya Contemporary Management menyebutkan bahwa power adalah kunci sebuah kepemimpinan, agaknya dalam episode ini manajemen Fatburger sedikit salah dalam penerapan power tersebut.


Gambar 5 : Source Of managerial Power


Untuk kedepannya ada baiknya Fatburger dapat menerapkan behaviour model of leadership yaitu (a) consideration, dimana para pemimpin yang terlibat dalam pertimbangan ketika mereka menunjukkan bawahan mereka bahwa mereka percaya, menghormati, dan peduli pada mereka. Manajer yang benar-benar memperhatikan kesejahteraan bawahan mereka, dan melakukan apa yang mereka bisa untuk membantu bawahan merasa baik dan menikmati pekerjaan mereka. Dan (b) initiating structure, dimana pemimpin terlibat dalam memprakarsai struktur ketika mereka mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa pekerjaan selesai, bawahan melakukan pekerjaan mereka dengan dapat diterima, dan organisasi itu efisien dan efektif. Menugaskan tugas kepada individu atau kelompok kerja, membiarkan bawahan tahu apa yang diharapkan dari mereka, memutuskan bagaimana pekerjaan harus dilakukan, membuat jadwal, mendorong kepatuhan pada peraturan dan regulasi, dan memotivasi bawahan untuk melakukan pekerjaan dengan baik adalah contoh dari struktur awal.


Penulis:

Dinda Dwicahyarini

Galih Adzanimurti

Tri Setiadji

Windhi Pranata


Daftar Pustaka:

1.https://www.youtube.com/watch?v=K-BdLuLDzAY

2Jones R Gareth - George M Jennifer, Contemporary Management




Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
atomicblonde

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format