Undercoverboss Forman Mills

Memberi Lebih Untuk Mendapatkan Yang Lebih Baik


0

Perusahaan yang sukses tentu tidak lepas dari campur tangan serta usaha yang keras dan gigih dari pemilik /pemimpin dan  karyawannya. Di era 4.0 saat ini, semakin sering kita temui anak-anak muda yang memiliki talent dalam mengembangkan usahanya, sehingga menjadi perusahaan yang cukup dikenal masyarakat luas dan menjadi bos di usaha yang didirikannya tersebut. 

Banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan tersebut, salah satunya adalah sikap kepemimpinan (leadership) yang dimiliki dalam menjalankan usaha/kerjanya.

Kepemimpinan merupakan sebuah bidang riset dan suatu keterampilan praktis yang mencakup kemampuan seseorang atau sebuah organisai untuk “memimpin
atau membimbing orang lain, tim, atau seluruh organisasi.1 

Rick Forman, Founder and CEO of Forman Mills, terlibat dalam episode Undercoverboss untuk mengetahui apa yang dia perlukan sebelum melakukan ekspansi yang lebih besar dengan cara terlibat langsung dengan proses kerja karyawannya di setiap cabang dan di divisi yang berbeda beda. dengan menyamar sebagai karyawan biasa. 

Dari diagram di atas dapat kita lihat bahwa di setiap divisi terdapat leader yang membawahi leader leader yang lain. Oleh karena itu, sikap leadership dari masing masing pemimpin akan sangat berpengaruh terhadap bawahannya. 

“Leadership is the process by which a person exerts influence over other people and inspires, and directs their activities to help achieve group or organizational goals”2

Courtesy of https://www.ibmadison.com/

Gambar di atas adalah salah satu contoh kualitas yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik. Apalagi di era 4.0 saat ini, kriteria kriteria seorang pemimpin yang memiliki leadership yang baik tentunya akan sangat bervariasi.

Courtesy of Youtube.com

Rick Forman, sebagai Ceo, sebelum membuka cabang baru, dia melakukan riset (dengan cara terjun langsung dan menyamar sebagai karyawan biasa) di beberapa cabang tokonya dan di divisi yang berbeda beda, sehingga dia menemukan banyak hal yang bisa diperbaiki. Dari Film tersebut, dapat dikatakan Rick Forman seorang leader dengan tipe personal leadership style, karena dia memiliki caranya sendiri sebagai seorang leader untuk mengembangkan perusahaannya. Seperti contoh yang terlihat, dalam menyimpan dokumen, dia memiliki caranya sendiri dan dia sendiri pun merasa aneh dengan kebiasaannya ini, yaitu meletakkan semua berkas berkas yang dibutuhkan secara acak di dalam ruangan. Atau, pada saat menentukan konsep, semua harus dari dia. Bahkan dia sendiri sadar kalau selama ini dia sendiri merasa mengintimidasi karyawannya sendiri, baik itu dalam penerimaan karyawan, maupun dalam hal melatih karyawan. Tetapi dari beberapa personal style yang dia miliki, dia menyadari semua itu dan dia siap merubah untuk arah perusahaan yang lebih baik. Dan ini menurut kami adalah salah satu contoh leadership yang baik. 

Beberapa temuannya di lapangan pada saat melakukan riset di film sangat berpengaruh terhadap arah perusahaan ini ke depannya. Akan kita bahas satu persatu dari masalah dan penyelesaian yang diberikan oleh Rick sebagai CEO dan yang bisa kita kaitkan dengan tema leadership yang kita bahas saat ini :

1. Cabang Chichago, Illinois divisi sales associates. 

Beberapa masalah yang ditemukan, seperti :

  • Cabang Chicago, Illinois termasuk cabang yang memiliki reputasi terjelek di antara semua cabang yang dimiliki oleh Rick.
  • Keluhan dari pegawai yaitu tidak ada nya progam insentif/bonus terhadap karyawan, sehingga tidak ada nya semangat di lingkungan kerja di cabang ini. Dan untuk ini Rick menggunakan reward power untuk menjawab kegelisahan dari pegawainya, sehingga di harapkan karyawan bisa lebih termotivasi.
  • Pegawai memberi saran bahwa memiliki pegawai yang bahagia akan mempunyai dampak yang sangat baik ke perusahaan, dan ditemukan juga Price Check System sudah out of date atau bisa dikatakan sudah teknologi lama. Untuk hal ini Rick menggunakan behavior Model dimana dia mendengarkan keluhan dari pegawainya dan langsung menginvestasikan teknologi terbaru untuk semua cabang nya.


2. Cabang Cinnaminson, New Jersey divisi Back stock coordinator

Cabang ini adalah pemasok utama ke seluruh 35 cabang Forman Mills lainnya. 

Masalah yang ditemukan hampir sama dengan cabang chicago, yaitu lack of new technology dan keluhan dari pegawai mengenai suasana kerja yang kurang kondusif dan untuk mendapatkan uang lebih, mereka harus selalu lembur. Dan Rick melakukan hal yang sama seperti di cabang Chicago, Illinois dengan menggunakan metode behavior model dengan mendengarkan semua keluh kesah karyawannya dan mencari solusi untuk semua itu. 


3. Cabang Totowa, New Jersey divisi Customer service representative.

Ditemukan masalah seperti :

  • Pegawai tidak say hello ke pelanggan, karena memang SOP yang mengharuskan memberi pelayanan cepat tanpa memikirkan apa yang dirasakan oleh pelanggan, yang memang rick menyadari itu adalah kesalahan dari dia ketika melatih karyawannya.
  • Ketika ada permasalahan yang berhubungan dengan return item, membutuhkan waktu yang lumayan lama dikarenakan harus memanggil supervisor terlebih dahulu untuk mendapat approval return item tersebut. Sehingga mengakibatkan antrian yang panjang.
  • Sistem yang digunakan di toko sudah out of date.
  • Kondisi atau suasana kerja yang tidak kondusif.
  • Pegawai tidak bahagia
  • Pegawai tidak merasa mendapatkan apresiasi dari perusahaan atas apa yang sudah di kerjakan selama ini.
  • Beberapa pegawai bahkan sudah berinisitatif untuk mendaftar di toko/perusahaan saingan lainnya.

Untuk permalahan permasalahan di cabang ini, Rick kembali menggunakan behavior model leadership dengan mendengarkan keluhan pegawainya satu persatu, sehingga semua permasalahan dapat diselesaikan. dan mempersiapkan sop sop yang baru dalam melayani pelanggan mengikuti perkembangan.


4. Cabang Philadelphia, Pennsylvania divisi Maintenance supervisor

  1. Pegawai tidak merasa di akui oleh perusahaan atas apa yang sudah dilakukan, bahkan pegawai yang dimaksud menunjukan dedikasi kerjanya yang memang diakui sendiri oleh Rick.
  2. Pegawai seakan akan tidak memiliki masa depan di perusahaan ini.

Sedikit berbeda dengan cabang cabang lainnya, di sini Rick menggunakan Empowerment terhadap pegawai, sehingga bisa memberi kesempatan yang lebih terhadap karier dan masa depan pegawai tersebut. Sebagai contoh, pegawai yang dimaksud tadi diberi posisi lebih tinggi untuk  memimpin salah satu divisi sesusai dengan kriterianya.

Dari semua permasalahan yang ada, dan solusi yang telah diberikan oleh Rick Forman sebagai CEO, Rick  Forman yang sebelumnya hanya memikirkan pertumbuhan dan keuntungan perusahaan semata, memulai kembali ke inti akar dibangunnya perusahaan ini, yaitu semua kembali untuk kesejahteraan komunitas dan sekitarnya. di bawah ini beberapa hal lain yang akan dan telah dilakukan oleh Rick : 

  • Profit sharing program untuk pegawai
  • Memberi lebih untuk mendapakatkan hal yang lebih baik (visi baru)
  • Menjangkau komunitas sekitar dan seluas luasnya.
  • Memperbaiki pola penerimaan pegawai dan pola pelatihan pegawai
  • Ceo harus memikirkan dan menjaga karyawannya yang sudah bekerja keras
  • Price check system yang sudah outdated, diganti dengan system terbaru dan tercanggih yang di pasang di semua cabang toko nya.
  • Beberapa procedure procedure yang sudah tidak update atau ketinggalan jaman diganti/dihilangkan, dan diganti dengan policy policy yang mengikuti perubahan. 

Akhir kata dari kelompok kami, solusi solusi yang diberikan oleh Rick sudah sangat tepat, di iringi dengan tipe leadership yang dia miliki yang menurut kami sudah sangat baik dan cukup menginspiratif sebagai seorang CEO.


Penulis :

1. Arina Marldiyah 

2. Beni Maolana 

3. Beta Andriawan

4. Ramadhani Sutrisno


Referensi :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Kepemimpinan
  2. Contemporary Management 11th Ed



Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
GIJOE

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format