BREAKING NEWS only on Head Hunters News

Marketing 101


0

Pemasaran adalah salah satu fungsi bisnis yang sangat penting. Pemasaran merupakan proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dengan tujuan untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya. Sederhananya, pemasaran adalah proses mengelola hubungan pelanggan yang menguntungkan. Dua sasaran penting dalam suatu pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjajakan keunggulan nilai serta menjaga dan menumbuhkan pelanggan yang ada dengan memberikan kepuasan.

Biasanya, yang terlintas di pikiran seseorang ketika mendengar kata pemasaran hanyalah mengenai mengiklankan dan menjual barang atau jasa. Sebenarnya hal ini merupakan suatu hal yang benar tetapi, pemasaran seharusnya tidak dipahami sebagai proses mengiklankan dan menjual seperti itu saja. Pemahaman yang seperti ini adalah pemahaman yang kuno. Pemahaman yang modern adalah pemasaran merupakan usaha memuaskan kebutuhan pelanggan.

Pemasaran bila didefinisikan secara luas dapat didefinisikan sebagai proses sosial dan manajerial di mana pribadi dan atau organisasi memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran nilai dengan yang lain. Karena pemasaran juga merupakan proses sosial, tentunya pemasaran merupakan suatu hal yang lazim dalam kehidupan sehari-hari. Lantas apa saja penerapan ilmu pemasaran yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, berikut kami berikan beberapa contoh penerapan ilmu pemasaran dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk video dan penjelasannya.

Analisa Video 1

Competitive Advantage 

Seperti dalam kehidupan sehari-hari yang sering kita temui. Tak jarang sebagai konsumen kita sering membanding-bandingkan antara produk satu dengan produk lainnya untuk mengetahui keunggulan kedua produk tersebut. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak mengenai persaingan produk yang sering ada di sekitar kita


Video tersebut menggambarkan tentang persaingan produk minuman bersoda. Terlihat dari video tersebut ada seorang anak yang awalnya membeli dua minuman coca-cola yang kemudian hanya dijadikan sebagai pijakan saja untuk mengambil minuman yang diinginkannya yakni Pepsi. Hal itu menunjukkan bahwasanya terjadi persaingan antara dua produk minuman bersoda tersebut.

Di dalam Chapter Competitive Advantage dijelaskan bahwa terdapat 3 komponen utama dalam persaingan. Ketiga komponen tersebut yakni persaingan kuat atau lemah, dekat atau jauh, dan persaingan “baik” dan “buruk”. Dari ketiga komponen tersebut dapat dianalisa bahwasanya antara Coca-Cola dan Pepsi mereka mempunyai persaingan yang dekat karena kedua produk tersebut bergerak dibidang yang sama yakni minuman bersoda. Keduanya juga memiliki range harga yang tidak jauh berbeda.

Seperti yang dilansir oleh tirto.id peperangan antara Coca-Cola dan Pepsi ini juga sudah berjalan sejak puluhan tahun yang lalu. Pada mulanya Coca-Cola yang terlebih dahulu muncul dan menguasai pasar. Namun, pada tahun 1970an Pepsi hadir dengan keunggulan yang dimilikinya. Di dalam posisi kompetitif Pepsi dapat dikatakan sebagai Market Challenger bagi Coca-Cola.  Pepsi berperan besar sebagai penantang dari Coca-Cola dalam peningkatan market sharenya. Pepsi memiliki strategi yang unik dalam pemasarannya dengan melakukan kampanye “Pepsi Challenge” berhasil membawa masyarakat lebih mengenal produk ini. Karena adanya kampanye ini Pepsi dikenal sebagai salah satu minuman bersoda dengan rasa yang lebih enak daripada pesaingnya yakni Coca-Cola. 

Analisa Video 2

Pricing

Apple sukses menjual produk terbarunya, IPhone X, dalam waktu sekejap saja. Pre-order melalui situs Apple ditutup 10 menit setelah dibuka kepada publik. IPhone X tersedia dalam varian memori 64GB seharga $999 dan 256GB seharga $1.199. Dengan harga yang selangit, produk ponsel pintar Apple ini masih diburu hingga habis oleh pelanggannya. Hal ini berarti Apple memiliki strategi pricing yang baik dalam memberikan nilai tambah bagi pelanggan.


Pesaing terdekat Apple adalah Samsung. Samsung memang memiliki market share global yang lebih tinggi dari Apple, meskipun tidak signifikan perbedaannya. Tetapi, perlu diingat bahwa Samsung memiliki banyak varian ponsel pintar, seperti Samsung Galaxy S, A, J, dan Note. Varian tersebut juga terbagi dalam sub-varian seperti Galaxy S9, A5, A7, J1, dan J5. Apple hanya mengeluarkan 3 varian ponsel pintar, yaitu IPhone 8, IPhone 8 Plus, dan IPhone X. IPhone X sukses mengalahkan penjualan Galaxy S9 (produk flagship masing-masing merek) hingga 4 kali lipat. Penjualan Galaxy S9 diakui Samsung paling rendah sejak Galaxy S5. Padahal, harga Samsung Galaxy S9 lebih rendah $200 daripada IPhone X. Selain itu, inovasi Galaxy S9 juga banyak yang mengalahkan IPhone X.


Terdapat istilah Apple Tax yang dikenal oleh penggemar IPhone. Ini berarti “pajak” yang harus dibayar untuk membeli produk Apple. Pajak ini memiliki arti mark-up tinggi yang diberlakukan Apple. IPhone X memiliki material bill sebesar $329, dan dihargai sebesar $999. Kemampuan dari ponsel ini juga dinilai standar oleh beberapa experts. Namun, seorang Applehead sejati akan sangat loyal dengan merek ini. Mereka akan sulit untuk berpindah ke merek lain, seperti Samsung dengan Androidnya. IOS sudah mendarah daging dalam diri mereka. Selain itu, IPhone juga memberikan gengsi sendiri bagi pemiliknya. Produk Apple dapat dipandang sebagai sebuah barang mewah. Ini merupakan salah satu keunggulan kompetitif dari Apple. Tim Cook, CEO Apple, tiap tahun menekankan inovasi Apple yang berbeda dari yang lain, sehingga harga yang diberikan juga mahal. Hal ini terbukti dengan kamera yang berbeda dari yang lain serta umur guna yang panjang. Dengan demikian, dapat dikatakan Apple menerapkan value-based pricing. Mereka dapat memberikan nilai lebih, dengan goodwill dan inovasi, sehingga harga yang dibebankan juga lebih tinggi.


Analisis video 3

Direct, Online, Social Media, and Mobile Marketing

Video tersebut adalah salah satu tanggapan mengenai isu tentang “hidup lebih baik tanpa adanya phone”. Dalam video tersebut menceritakan tentang manfaat memiliki phone. Dengan adanya phone, kehidupan manusia akan lebih mudah dan dapat menyelamatkan manusia dari kejadian kejadian yang buruk, karena mendapat informasi melalui phone sehingga manusia dapat mengambil keputusan yang tepat. Inti dari video ini adalah memberikan tanggapan bahwa isu “hidup lebih baik tanpa adanya phone” adalah salah. Dan yang membuat itu salah adalah adanya layanan provider internet, yaitu Three.

Dalam Chapter 17. Direct, Online, Social Media, and Mobile Marketing, disebutkan bahwa online mareketing memudahkan antara penjual dan pembeli agar bisa berinteraksi dan saling diuntungkan. Penjual dapat memahami apa  yang diinginkan oleh pembeli sedangkan pembeli dapat menyampaikan hal yang diinginkannya kepada penjual. Selain itu, hal tersebut bisa membuat kedua keep in touch sehingga memiliki keterikatan dan menambah value dari transaksi yang dilakukan.

Dalam video 3 menunjukkan bahwa phone dapat menyelamatkan dan memudahkan hidup kita. Namun dengan catatan ponsel kita memiliki akses internet. Dalam video tersebut terdapat soft selling produk provider internet dari Three, yang merupakan layanan penyedia internet. Selain itu, pengguna ponsel dalam video tersebut mendapatkan informasi-informasi melalui sosial media, sesuai dengan Chapter 17: Direct, Online, Social Media, and Mobile Marketing, yang mana sosial media sebagai perantara yang cepat dan efisien, apalagi jaman sekarang sudah serba digital dan melalui internet, sehingga hal tersebut dapat memudahkan seseorang mendapatkan sesuatu, termasuk informasi.


Sumber : https://tirto.id/coca-cola-vs-pepsi-perseteruan-legendaris-di-dunia-soda-ei3Z

Penulis : Rendy Okta V, Vika Asri A, Nurul Chasanah C, M.Hafidz Ramadan, Aditya Presetya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
wehunthead

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format