Reza’s Tarot Reading: Solusi Masalah Percintaan Masa Kini

Reza merupakan dukun yang melakukan praktik tarot untuk menyelesaikan permasalahan para kliennya. Namun sebenarnya, beneran tarot atau strategi pemasaran saja?


1
1 point

Tarot merupakan praktik yang cukup terkenal akhir-akhir ini. Banyak pemuda pemudi mendatangi ‘dukun-dukun’ tarot untuk menyelesaikan masalah mereka, atau sekedar bersenang-senang saja. Contohnya adalah praktik tarot Mbah Reza di bawah ini:

Nah, setelah melihat video tersebut, sebenarnya apakah Mbah Reza memang murni menggunakan tarot saja? Ternyata, Mbah Reza juga menerapkan strategi-strategi pemasaran pada buku Kotler & Armstrong (2017) berjudul Principles of Marketing, loh! Strategi-strategi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

1) Effective Communication Process

Pada klien pertama, permasalahan yang dihadapi adalah sepasang kekasih yang menjalani hubungan jarak jauh (long distance relationship atau LDR). Karena hubungan jarak jauh tersebut, mereka jadi sering miskomunikasi. Solusi yang disampaikan Mbah Reza sebenarnya sudah dijelaskan pada buku Principles of Marketing yang merupakan strategi menerapkan proses komunikasi efektif yang dijelaskan pada bagan ini:

Solusi dari Mbah Reza adalah kedua pasangan tersebut harus menempatkan posisi sebagai sender (pengirim pesan) dan receiver (penerima pesan) yang mengirim message (pesan). Sebagai pengirim pesan, mereka harus memahami pesan seperti apa yang ingin disampaikan dan memilih media yang tepat. Hal ini bertujuan agar penerima pesan dapat mendekodefikasi pesan dengan baik. Sebagai penerima pesan juga dapat memberikan response dan feedback agar pengirim pesan mengetahui bagaimana respon penerima pesan terhadap pesan tersebut. Mereka juga harus memahami bahwa tiap proses komunikasi bisa saja terjadi noise atau gangguan, adanya gangguan tersebut jangan sampai mengacaukan pesan yang disampaikan. Melainkan, mereka harus mengerti gangguan yang ada agar bisa diatasi bersama. Apabila proses ini berjalan efektif, maka pesan yang disampaikan tentu diterima dengan baik dan tidak ada lagi miskomunikasi antara mereka sehingga hubungan dapat berjalan lancar.

2) Product Life Cycle

Permasalahan klien yang kedua adalah kesedihan yang dialaminya karena pasangannya mulai berubah dan tidak lagi harmonis seperti dahulu. Solusi yang disampaikan Mbah Reza berupa grafik product life cycle yang juga terdapat pada buku Principles of Marketing untuk menjelaskan siklus produk. Ternyata, teori ini juga berlaku pada sebuah hubungan, loh!

Berdasarkan penjelasan Mbah Reza, pasangan dari kliennya telah mencapai tahap "decline" dalam hubungan. Hal ini sesuai dengan teori siklus produk bahwa ketika produk telah mencapai maturity, apabila tidak terdapat inovasi produk lanjutan maka produk akan kalah bersaing dengan produk kompetitor dan penjualannya akan terus menurun hingga lama-lama ditinggalkan. Karena itu, klien Mbah Reza perlu melakukan sesuatu yang baru pada hubungannya dalam rangka melakukan "product extension" agar tidak mencapai tahap menurun atau bosan dalam hubungan.

3) Competitive Advantage through Differentiation

Permasalahan klien ketiga adalah dirinya terus menerus menjomblo setelah 15 tahun. Setelah dianalisis oleh Mbah Reza, ternyata kliennya tersebut tidak menciptakan keunggulan kompetitif pada dirinya sehingga tidak dilirik oleh lawan jenis. Karena itu, Mbah Reza mengusulkan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif kliennya dengan menciptakan diferensiasi, atau keunggulan unik agar kliennya dilihat unggul oleh lawan jenis agar dapat dijadikan pacar.

Berdasarkan penjelasan Mbah Reza pada serial Reza's Tarot Reading, sebenarnya permasalahan-permasalahan yang terjadi di kehidupan kita, khususnya permasalahan percintaan, ternyata dapat diselesaikan dengan pendekatan pemasaran! Hal ini dikarenakan teori pemasaran juga memang diadaptasi dari fenomena yang dekat dengan kita. Karena itu, tentu menarik untuk mempelajari prinsip-prinsip pemasaran agar dapat menyelesaikan permasalahan percintaan seperti yang dilakukan Mbah Reza!

Reference

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.

Author and Cast

Faiz Shodiq

Maheswari Vania

Yohanes Reza

Kevin Syahmenan

Shafira Jessenia


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
fantastic5

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format