Battle MMORPG: Siapa Raja Sebenarnya? Ksatria Online atau King of Kings?


6
6 points

Tiga tahun yang lalu lebih tepatnya tahun 2016 Unity Technologies merilis laporan terbaru tentang akselerasi pasar game mobile secara global. Melalui laporan hasil merger antara Unity dengan perusahaan analitik Super Data mendapatkan total pendapatan dari industri game mobile seluruh dunia mencapai angka sebesar US$40,6 miliar atau sekitar Rp 541 triliun. Laporan tersebut merepresentasikan adanya peningkatan sebesar lima belas persen dari pencapaian tahun sebelumnya yang menyentuh angka US$34,8 miliar atau sekitar Rp 480 triliun. Global Games Market Report pada tahun 2019 melaporkan di seluruh dunia terdapat 2,5 miliar penggemar game online dan di waktu yang sama juga pendapatan industri game di tahun 2019 mencapai angka US$68,5 miliar. Industri game ini diperkirakan akan terus mengalami kenaikan, pada tahun 2022 di prediksi pendapatan industri game mencapai US$196 miliar. Salah satu game yang berkontribusi dalam akselerasi trend game mobile adalah game bergenre MMORPG atau massively multiplayer online role playing mage. Yang dimana game ini merupakan game yang mengintegrasikan antar pemain di dalam satu server yang sama untuk menikmati petualangan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas game Ksatria Online dan King of Kings serta mencari siapa yang berhak menjadi ksatria di Indonesia.

Ksatria Online:

Ksatria Online merupakan game yang termasuk kedalam kategori MMORPG. Game ini dirilis oleh Silver Bat pada tanggal 3 juli 2015. Ksatria Online menceritakan sebuah perjalanan seorang ksatria yang penuh dengan konspirasi pada proses akselerasi aktualisasi diri untuk menyelamatkan dunia dari kekuatan jahat. Ada berbagai macam fitur utama dalam game ini diantaranya adalah kelas karakter, dunia yang luas, sistem pertarungan, tingkatan item tradisional dan yang terakhir adalah storyline system – mission. Untuk kelas karakter Ksatria Online ini memberikan empat jenis karakter yang pertama ada warrior, assasinss, penyihir dan gunner. Karakter-karakter ini dilengkapi dengan senjata atau item tradisional yang sangat beragam dan memiliki perbedaan pada setiap karakternya. Untuk item atau senjata tradisional ini bisa didapatkan dengan cara raid boss atau bisa juga dengan membelinya langsung di shop. Harga senjata tradisional ini beragam mulai dari harga Rp 14.000 – Rp 1.423.736 per item. Ksatria Online dapat dimainkan di PC, android, iPhone bahkan di hp nokia bertipe S60 sekalipun masih memiliki kesempatan untuk menikmati game ini. Untuk total jumlah orang yang tertarik pada game ini telah mencapai lebih dari 100rb dengan total ulasan lebih dari 8rb dengan rating 4.3 dari 5.

King of Kings:

Zulong Games merupakan perusahaan yang merilis game King of Kings. Game asal hongkong yang bergenre MMORPG ini hadir menjadi kompetitor dari Ksatria Online. Meski game ini masih berstatus atau seumuran jagung King of Kings yang dirilis oleh Zulong Games pada tanggal 2 juli 2019 ini memiliki total peminat lebih dari 500rb dengan 19rb ulasan dengan rating 4.1 dari 5. Sekilas konsep yang dibawa oleh King of Kings tidak jauh berbeda dengan rivalnya. Hanya saja terdapat beberapa inovasi yang dilakukan oleh King of Kings seperti halnya memberikan kesempatan kepada para pemain dalam memilih karakter serta grafik yang memanjakan mata para pemain. King of Kings menyediakan 9 job yang terdiri dari Warrior, Fighter, Rogue, Wizard, Mage, Dark Sage, Cleric, Paladin, dan Archer yang dimana setiap job atau karakter memiliki skill, equip atau senjata yang berbeda. Untuk mendapatkan equip dan senjata pun sangat mudah. Bisa dengan cara seperti farming,raid boss dengan teman party atau dapat membeli di shop. Harga untuk mendapatkan equip ini sangat beragam mulai dari Rp 15.000 - Rp 1.425.188. Game ini dapat diunduh dan tersedia di Playstore maupun di App store.


Kita akan mencoba menganalisis game bergenre Ksatria Online & King of Kings menggunakan: Ch 9 Developing New Product and Managing The Product Life Cycle. Ch 14.Engaging Consumers and Communicating Customer Value: Integrated Marketing Communication Strategy. Ch 17 Digital, Online, Social Media and Mobile Banking.


Developing New Product and Managing The Product Life Cylce

Menurut Kotler, P. and Armstrong, G terdapat 8 tahapan dalam proses pengembangan produk baru:

1. Idea Generation merupakan tahapan yang menunjukan kegiatan pencarian ide yang terstruktur dan sistematis. Dengan melakukan tahapan pertama ini para pemilik industri game berharap mendapatkan ide baru yang di mana ide ini berasal dari faktor internal maupun eksternal. Pada tahapan ini terlihat jelas bahwa King of Kings memiliki inovasi yang sangat jauh kedepan dalam memanjakan para pecinta game tersebut. Inovasi yang dilakukan oleh King of Kings dengan menghadirkan grafik 3D yang dapat meningkatkan tingkat kenyamana dalam bermain. Berbeda dengan Ksatria Online yang tetap mempertahankan nilai-nilai 

2. Idea Screaning merupakan kegiatan memilih ide untuk di terapkan pada produk baru agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang memiliki keuntungan dan keunggulan kompetitif. Pada kali ini King of Kings jelas memiliki keuntungan dan keunggulan kompetitif dari Ksatria Online. Selain dari pada banyaknya pilihan karakter yang dimiliki oleh King of Kings terdapat pelbagai macam equip yang memiliki nilai jual lebih. 

3. Concept Development and Testing ini adalah tahapan dalam merumuskan atau menghasilkan konsep baru untuk di aplikasikan. Kegiatan yang dilakukan pada tahapan ini seperti desain game, sesuatu yang berbeda dan memiliki nilai lebih dari yang lain

Pada tahapan ini King of Kings secara komprehensif memiliki konsep yang sangat kekinian, fitur-fitur yang ada pun membuat para pecinta MMORPG sangat yakin untuk lebih memilih game ini.

4. Marketing Strategy Development ini adalah kegiatan untuk mencari, mengatur dan merumuskan ide tentang bagaimana memasarkan produk yang ditawarkan agar sampai kepada calon pengguna. Strategy yang di lakukan oleh King of Kings sejauh ini melibatkan peran media sosial yang di mana target pasar mereka adalah orang-orang yang sering berinteraksi di media sosial. Seperti halnya memasang iklan di instagram, twitter atau bahkan di chanel youtube orang berpengaruh.

5. Business Analysis adalah tahapan di mana suatu persuahaan menganilis beberapa komponen yang krusial seperti halnya perkiraan penjualan, biaya dan yang terpenting adalah laba. Bisnis analisis yang dilakukan oleh Zulong games sejauh ini sangat efektif karena bisa di katakan berhasil merebut pasar game terbesar ketiga dunia dengan waktu yang sangat singat.

6. Product Development ini merupakan tahapan di mana ide mulai di coba untuk di realisaikan. Ide yang direalisasikan oleh King of Kings memiliki dampak langsung. Seperti orang cenderung merekomdasikan  

7. Test Marketing merupakan tahapan implementasi hasil ide-ide yang didapatkan.

8. Commercialization merupakan tahap pengenalan produk yang sudah siap dikenalkan kepada publik. 

9. Kesimpulan

Berdasarkan analisis tersebut. 


Menurut Kotler, P. and Armstrong, G siklus produk terdapat 5 tahapan:

  1. Product Development tahapan ini adalah tahap di mana perusahaan melakukan segala cara untuk mengenalkan produknya kepada publik. Biasanya pada tahapan ini banyak uang yang dikeluarkan untuk memasarkan dengan tujuan menarik pelanggan. Hal ini di lakukan oleh King of Kings yang melakukan bakar uang seperti halnya memberikan kode secara gratis yang dapat ditukarkan menjadi sebuah equipt.

  2. Introduction

  3. Growth

  4. Maturity

  5. Decline

 Engaging Consumers and Communicating Customer Value: Integrated Marketing Communication Strategy

Awareness merupakan tahapan paling fundamental dalam memberikan pelbagai informasi agar calon customer mengetahui mengenai produk yang kita tawarkan.


Pada tahapan Knowledge ini merupakan tahapan lanjutan ketika seseorang sudah aware atas keberadaan dan kelayakan produk kita. Ketika informasi mengenai produk kita sudah tersampaikan dan diterima dengan baik maka harapannya para pemain game yang tertarik dengan game yang bergenre MMORP ini akan mencari tahu informasi lebih lanjut sebelum akhirnya memutuskan untuk bermain.

 Tahap berikutnya yaitu tahap Liking di mana calon customer mulai menyukai game yang akan di mainkan. Hal tersebut di dapatkan dari informasi yang diterima.

 Berikutnya yaitu Preference, tahap ini adalah tahapan di mana calon pengguna game tersebut mulai membandingkan dengan  dan mencari yang sesuai dengan selera dan kebutuhannya.

Tahapan Conviction adalah tahapan ketika calon pengguna game mulai meyakini pilihannya dan melanjutkan untuk memilih 

Purchase merupakan tahapan terkhir. Tahapan ini adalah tahapan kondisi di mana konsumen telah mendapatkan kriteria yang di inginkan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan atas informasi yang diperoleh. 


AIDA MODEL ini merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Model ini diadopsi untuk menginterpretasikan tahapan-tahapan pengguna sebelum mengambil keputusan.

  1. Attract Intention

Tahapan ini merupakan tahapan dimana produk harus memiliki daya tarik lebih. Dalam video King of Kings terlihat jelas bahwa grafik yang disajikan jauh lebih baik karena King of Kings memberikan pengalaman dan kenyaman pada pemain dengan memberikan grafik 3D

  1. Maintain Interest

Pada tahapan ini, calon pengguna game MMORPG akan merasa semakin tertarik ketika melihat perbedaan yang signifakan. Hal tersebut ditandai dengan penyajian grafik yang lebih dominan.

  1. Create Desire

Jika minat pada produk telah muncul, customer perlu diyakinkan untuk memiliki produk tersebut. Produk itu sendiri menciptakan keinginan dari dalam diri customer untuk membeli. Dalam skenario video, ketika customer menanyakan dimana pembelian tiket wisata Wae Rebo merupakan penanda bahwa customer telah memiliki keyakinan dan keinginan akan produk tersebut.

  1. Ketika keinginan untuk membeli telah muncul, ini perlu ditransfer ke dalam tindakan, yaitu pembelian. Pembelian dalam video ditandai ketika customer meminta kontak biro perjalanan ke Wae Rebo.

Saran: 

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan acuan buku Kotler, P. and Armstrong, G terdapat beberap rekomendasi penulis untuk meningkatkan permintaan dan kembali merebut pasar di negara sendiri.

Hal yang dapat dilakukan oleh Ksatria Online bisa menggunakan cara atau model Ansof Matrix



Referensi Buku: 

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd

Sumber:

http://ksatriaonline.indonaga.com/?c=info

https://www.youtube.com/watch?v=p0_cF1O_qTw

https://mobileague.id/kings-of-kings-mmorp-terbaru-gratis-gift-code/

https://www.youtube.com/watch?v=i1T-_q4ys3k




Like it? Share with your friends!

6
6 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
wiwitsubagio

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format