Bubur Ayam Express: Gairah Game Lokal Simulator Memasak


5
5 points

Siapa bilang Indonesia tidak bisa menciptakan game yang keren? Bagi sebagian anak muda, game-game keren tentu merupakan game yang dibuat oleh developer asing.  Sebut saja seperti game Mobile legend dengan developer Moonton, game PUBG dengan developer PUBG Corporation, game Free fire dengan developer 111dots Studio, dan masih banyak lagi. Developer game yang merajai Google Play Store merupakan developer asal negara lain. Padahal, masih banyak game buatan Indonesia yang bagus dan menarik. Hanya saja, game-game lokal tersebut tidak terekspos dengan baik sehingga tidak mendapat antusiasme yang besar seperti game-game lain. Salah satu game buatan lokal yang berkualitas adalah game Bubur Ayam Express. 

Game android banyak didominasi oleh developer dari negara asing.

Indonesia terkenal akan berbagai kuliner yang enak dan beraneka ragam. Misalnya saja bubur ayam. Bubur ayam bisa dikreasikan dengan berbagai topping, dan bisa diaduk dulu sebelum dimakan atau langsung dimakan. Gambir game studio, salah satu developer game lokal mengangkat fenomena bubur ayam dengan menciptakan game android Bubur Ayam Express. Berbeda dengan game kuliner yang lain, game ini membawakan nuansa Indonesia yang sangat kental, dan ilustrasi yang sangat Indonesia. Contohnya saja seperti penyedap Sasa dan kecap Bangau pada game ini.

Bubur Ayam Express mengandung nuansa lokal

Bubur Ayam Express ini merupakan game mobile yang cukup bagus, dengan rating sebanyak 4,6. Sayangnya, game ini masih kurang kurang bersaing dengan game lain. Game ini hanya terunduh sebanyak 100 ribu lebih. Angka ini masih terbilang cukup kecil karena pada umumnya game tipe seperti ini mendapat unduhan minimal sebanyak 1 juta. Coba bandingkan dengan game buatan Amerika Serikat, Good Pizza, Great Pizza. Dengan tipe dan tema permainan yang sama, Good Pizza, Great Pizza mendapat unduhan sebanyak 10 juta. Bahkan, game buatan Amerika tersebut menjadi game rekomendasi Google Play Store. 

Game Good Pizza Great Pizza telah terunduh sebanyak 10 juta download

Game Bubur Ayam Express baru terdownload sebanyak 100 ribu download
Game Good Pizza Great Pizza mendapat rekomendasi dari Google Play Store

Jika Bubur Ayam Express  ini dianalisis menggunakan teori pemasaran…

Marketing mix dari game Bubur Ayam Express

Dalam Teori Marketing Mix dapat dibagi dalam empat faktor yaitu Price, Product, Place, Promotion. Mari kita kaji keempat faktor tersebut.

Price

Ini merupakan game jenis freemium. Maksudnya game Bubur Ayam Express bisa di download secara gratis. Akan tetapi, di dalam permainan game tersebut juga terdapat beberapa item yang bisa dibeli dengan menggunakan pulsa sebesar Rp 3.000-45.000. Pembelian item tersebut untuk memudahkan pemain memenangkan permainan tersebut. 

Place

Game Bubur Ayam Express merupakan jenis permainan mobile yang bisa dimainkan dengan sistem operasi iOS dan Android. Game ini tidak bisa dimainkan di perangkat PC. Memang, akhir-akhir ini permainan mobile lebih diminati anak muda karena sifatnya yang bisa dibawa kemana saja (portable). 

Product

Game Bubur Ayam Express merupakan jenis game berukuran sedang dengan ukuran file 45MB. Di dalam permainan Bubur Ayam Express, pemain melayani berbagai pelanggan dengan pesanan-pesanan yang berbeda. Setiap kenaikan level terdapat pelanggan yang berbeda-beda. Pemain juga dapat meng-upgrade varian topping agar usaha bubur ayam bisa berkembang dan semakin banyak pelanggan.

Pemain melayani pelanggan yang unik dan bermacam-macam.
Tak hanya itu, permainan Bubur Ayam Express memberikan sebuah kisa menarik di dalamnya. Pemain akan disuguhkan sebuah cerita mengenai seorang pemuda yang harus berjualan bubur untuk mengubah keadaan.

Terdapat kisah yang menarik dari game ini
Di dalam game tersebut juga diberikan ilustrasi bagaimana mengolah bubur ayam sungguhan. Varian-varian topping juga dibuat seperti nyata. Tentunya hal ini akan memberikan pengalaman yang positif bagi pemain.

Ilustrasi bubur yang epik

Promotion

Untuk mempromosikan game Bubur Ayam Express ini, developer menggunakan iklan yang dipasang di setiap aplikasi lain. Jadi, developer mengiklankan game ini dengan menggunakan jasa Google Adsense lalu iklan tersebut akan ditayangkan di beberapa aplikasi game serupa. Hal ini nantinya akan membuat calon pemain merasa penasaran dan mengunduh game tersebut.

Perbandingan Marketing Mix game Bubur Ayam Express dengan Good Pizza, Great Pizza

Marketing Mix

Bubur Ayam Express

Good Pizza, Great Pizza

Price

Freemium, gratis dengan beberapa item berbayar (Rp 3000-45.000 per item)

Freemium, gratis dengan beberapa item berbayar (Rp 14.000-330.000 per item)

Place

Mobile (iOS dan Android)

Mobile (iOS dan Android), serta PC (Steam)

Product

Permainan dengan berbagai fitur. Ukuran game ini sebesar 45 MB)

Permainan dengan berbagai fitur. Ukuran game ini sebesar 62,03 MB. Game ini dirilis  pada 11 Maret 2015

Promotion

Promosi menggunakan iklan melalui Google Adsense dan marketing online.

Promosi menggunakan iklan melalui Google Adsense dan marketing online

Michael Porter’s Generic (Competitive) Strategies dari game Bubur Ayam Express

Penulis mencoba untuk menjabarkan value yang dimiliki oleh Bubur Ayam Express. Ada empat faktor yakni cost leadership, differentiation, cost focus, dan differentiation focus.

FAKTOR

FREKUENSI

WEIGHTING

SCORE 

DESKRIPSI

Cost Leadership

8

25

200

Seperti pembuatan game pada umumnya, tentunya untuk membuat game tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit. Salah satu teknik yang digunakan Gambir Studio adalah mereka mencoba merekrut tenaga Internship atau magang. Tentunya tenaga pekerja magang akan menghemat biaya tenaga dari Gambir Studio.

Differentiation

10

25

250

Game ini merupakan jenis game yang sangat menarik. Banyak nuansa Indonesia yang kental di dalam game ini, berbeda dengan game Good Pizza Great Pizza yang kurang sesuai dengan budaya lokal.

Cost Focus

9

25

225

Karena merupakan game lokal, game Bubur Ayam Express jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Good Pizza, Great Pizza. Item berbayarnya hanya sekitar Rp 3.000-45.000, berbeda dengan game Good Pizza Great Pizza yang item nya bisa mencapai harga Rp 330.000.

Differentiation Focus

10

25

250

Game ini unggul di keunikan produknya yang mengangkat kuliner jalanan ‘bubur ayam.’ Tidak main-main, Gambir Game Studio menghire desainer grafis Alfeus Christie alias Harousel untuk menciptakan ilustrasi bubur ayam yang epik. 

925 (dari skor maksimal hingga 1000)

Bubur Ayam Express memiliki keunggulan kompetitif yang bagus. Dari segi differentiation, game ini cukup unik karena mengangkat makanan jalanan ‘bubur ayam’ menjadi sebuah permainan yang lucu. Di dalam game tersebut dibawakan dengan nuansa lokal yang kental, seperti mangkuk bergambar ayam jago, penyedap Sasa, kecap botol bangau, dan sebagainya. Dari segi ilustrasinya juga tidak kalah, Gambir Game Studio menghire desainer grafis Alfeus Christie atau Harousel untuk menciptakan ilustrasi bubur ayam yang epik. Dari segi cost leadership, game ini merekrut tenaga internship atau tenaga magang. Adanya tenaga internship tentu akan membuat kos tenaga kerja di Gambir Game Studio menjadi lebih rendah. 

Digital Marketing dalam game Bubur Ayam Express

Saat ini kita memasuki era baru dimana terjadi perubahan pada segala aspek; termasuk pada pemasaran. Kiat pemasaran yang paling populer saat ini adalah pemasaran dengan menggunakan digital and social media marketing. Praktis saja, sekarang pemasaran tradisional tidak ampuh lagi saat memasarkan suatu produk. Misalnya saja face-to-face marketing tidak lagi efektif untuk menjangkau calon konsumen, penggunaan catalog marketing, direct mail marketing, dan lain sebagainya. Era sudah berubah dan teknik pemasaran juga harus berubah mengikuti perkembangan zaman. 

Bubur Ayam Express tentu tidak dipasarkan dengan face-to-face selling, tetapi produk tersebut dipasarkan dengan menggunakan digital marketing. Penggunaan pemasaran digital berarti memasarkan produk dengan menggunakan jaringan internet. Salah satu hal yang menjadi kelebihan Bubur Ayam Express adalah game ini melakukan digital marketing yang sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan beberapa website melakukan ulasan terhadap game ini. 

Tak hanya itu, beberapa gamer lokal juga memainkan game ini dan meng-upload video mereka di Youtube. Dengan banyaknya media yang membicarakan game ini, baik itu video Youtube, blog, website, maka akan membuat banyak orang penasaran dan kemudian mencoba memainkan permainan ini.

Walaupun sudah gencar melakukan digital marketing, Bubur Ayam Express tidak melakukan digital marketing melalui sosial media. Berbeda dengan Good Pizza, Great Pizza, mereka memiliki fanpage resmi di facebook dan sosial media lainnya. Mereka juga melakukan promosi dengan landing page tersendiri bagi game Good Pizza, Great Pizza.

Dengan penggunaan sosial media, tentu Bubur Ayam Express akan mendapat peningkatan terhadap jumlah unduhan game mobile. Di beberapa perusahaan tertentu, sosial media merupakan suatu hal yang wajib untuk memasarkan produk apapun, baik itu produk barang maupun jasa, berwujud maupun tidak berwujud, digital maupun non digital. Dengan menggunakan sosial media, perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas dan menjaring pelanggan lebih banyak.

Effective Marketing Communication, agar Bubur Ayam Express menjadi favorit di hati pemain…

Pihak Gambir Game Studio, khususnya yang bertugas sebagai pemasar produk harus mengenali tahapan-tahapan di dalam kesiapan membeli seorang konsumen. Tahapan-tahapan tersebut ada 6 yakni awareness (bagaimana eksistensi suatu produk itu ada dan diakui keberadaannya), knowledge (bagaimana calon konsumen mengetahui produk tersebut, manfaat produk tersebut, value dari produk tersebut), liking (calon konsumen menyukai produk tersebut), preference (calon konsumen memilih dari berbagai alternatif yang tersedia), conviction (calon konsumen merasa yakin untuk membeli produk), dan tahapan terakhir yaitu purchase (konsumen membeli produk tersebut). 

1. Awareness

Tahapan ini tentu merupakan tahapan yang sangat mudah. Iya, produk yang harus dipasarkan haruslah produk tersebut ada dan tersedia sehingga konsumen bisa membelinya atau mempergunakannya. Tahapan awareness yang dilakukan oleh Bubur Ayam Express adalah dengan mengurus perizinan dengan Google Play Store dan Apple Store untuk mengupload aplikasi game di kedua tempat tersebut agar bisa diunduh oleh calon pemain. 

2. Knowledge

Tahapan ini merupakan tahapan edukasi, bagaimana calon konsumen dapat mengerti produk/jasa yang ditawarkan. Apa sih manfaat produk ini? Apa sih kegunaan produk ini? Kalau saya membelinya, apa yang saya dapatkan? Tahapan ini menjadi tahapan yang paling penting di dalam memasarkan produk. Jika calon konsumen mengerti fungsi dan kelebihan dari produk tersebut tentu calon konsumen akan merasa yakin untuk membeli produk tersebut. Yang dilakukan oleh Bubur Ayam Express pada tahapan ini adalah dengan memberikan keterangan-keterangan deskriptif pada Google Play Store, memberikan ilustrasi yang menarik, dan juga menjelaskan fitur-fitur tertentu.

3. Liking

Tahapan liking merupakan tahapan yang tidak kalah penting terhadap proses pembelian suatu barang atau jasa. Saat suatu produk diciptakan, tentu produk tersebut ada yang menyukai maupun tidak disukai. Begitu pula dengan Bubur Ayam Express, ada calon pemain yang menyukai jenis permainan ini dan ada juga calon pemain yang lebih suka permainan yang lebih menantang atau permainan jenis lain. Orang yang menyukai Bubur Ayam Express akan menuliskan ulasan positif di Google Play Store.

4. Preference

Calon konsumen tentu akan memiliki preferensi tertentu ketika memilih suatu produk atau jasa. Begitu halnya dengan Bubur Ayam Express, calon pemain memiliki berbagai pilihan sebelum menentukan game apa yang akan di download. Preferensi aplikasi tersebut akan muncul di Google Play Store seperti berikut ini.

5-6. Conviction and Purchase

Setelah mempertimbangkan dari berbagai preferensi, langkah selanjutnya yaitu calon pemain bisa men-download aplikasi game tersebut. 

Cara agar Bubur Ayam Express menjadi game populer…

1. Memaksimalkan sosial media sebagai teknik digital marketing

Hal ini merupakan faktor yang penting. Sosial media sebagai sarana pemasaran, tidak hanya mudah dan murah dalam pemakaiannya, pemasaran melalui sosial media dapat menjangkau lebih banyak calon pemain. Pemain yang memainkan game mobile biasanya berada pada kisaran usia muda, dan mereka paling banyak menghabiskan waktu menggunakan perangkat smartphone, termasuk aplikasi sosial media.

2. Melakukan kerjasama dengan pihak lain/channel lain

Karena merupakan permainan yang bergerak di bidang kuliner, Bubur Ayam Express tentu bisa bekerjasama dengan pihak-pihak tertentu seperti misalnya perusahaan penyedap Sasa untuk membantu memasarkan produk Game ini dengan bantuan perusahaan tersebut. Bisa juga dengan melakukan kerjasama dengan pihak lain seperti youtuber gaming terkenal, MiawAug, Jess No Limit, dan lain sebagainya.

3. Melakukan Riset dan Pengembangan (Research and Development) untuk meningkatkan differentiation focus.

Untuk meningkatkan competitive advantages salah satunya adalah dengan melakukan banyak kegiatan riset dan pengembangan. Mengapa hal ini penting? Ada banyak sekali game yang diproduksi setiap tahunnya, dan tidak semua game bisa bertahan hingga sekarang. Untuk lebih jelasnya, lihat video berikut ini:

Tentunya, agar bisa tetap bertahan, Gambir Game Studio memerlukan riset dan mencari tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen, minat pasar seperti apa, dan lain sebagainya.

4. Meningkatkan tahapan awareness dan knowledge dengan pemasaran yang gencar

Bubur Ayam Express baru dirilis pada 14 November 2019 sehingga memerlukan pemasaran yang sangat gencar agar banyak orang yang mengunduh game ini. Pemasaran tersebut bisa dengan melalui berbagai media dan channel seperti yang telah disebutkan di atas, bisa juga dengan melakukan iklan di Youtube. Hal ini menjadi penting karena ketika game ini pertama rilis dan tidak disertai pemasaran yang gencar, otomatis tidak ada awareness dan knowledge yang baik. Hal tersebut berdampak kepada semakin sedikitnya pelanggan yang mengunduh game ini. Terlebih lagi banyak game-game baru yang jauh lebih menarik, tentunya Gambir Game Studio harus berusaha keras untuk menekankan pada awareness dan knowledge pada game ini.

Sumber Referensi:

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190425073936-37-68717/ini-alasan-perusahaan-game-ri-kalah-saing-dengan-asing

https://duniaku.idntimes.com/game/mobile/m-meka/game-bubur-ayam-express-lebih-dari-sekedar-bikin-bubur

https://www.kaorinusantara.or.id/newsline/138197/bubur-ayam-express-gim-meracik-bubur-ayam-dari-gambir-studio

https://www.youtube.com/watch?v=giWsV1R-AEs

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gambirstudio.BuburAyamExpress&hl=en

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190402144606-37-64321/10-game-online-android-terbaik-terpopuler-untuk-mabar

https://www.youtube.com/watch?v=dMVQmg_Tvqw

https://twitter.com/PUBG?ref_src=twsrc%5Egoogle%7Ctwcamp%5Eserp%7Ctwgr%5Eauthor

https://www.facebook.com/MobileLegendsGameIndonesia/

https://gpgp-guide.tumblr.com/

https://www.facebook.com/goodpizzagreatpizza/


Like it? Share with your friends!

5
5 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
5
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
RAHMATHIDAYAT

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format