Fenty Beauty vs Kylie Cosmetics, Which one is your favourite ?


0

Siapa yang tidak ingin dipandang sebagai wanita yang cantik dan menarik ? Semua kaum hawa pastinya ingin terlihat cantik dan menarik. Entah itu agar dirinya percaya diri, atau untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Mereka akan merasa malu jika mereka tidak terlihat cantik dan menarik. Maka dari itu berbagai cara mereka lakukan agar mereka terlihat sempurna. Salah satunya adalah mempercantik diri dengan menggunakan berbagai jenis produk kecantikan.

Dengan banyaknya permintaan dan kebutuhan kaum perempuan untuk mempercantik diri serta fenomena kemunculan beauty vlogger menyebabkan berkembangnya dunia kecantikan yang membuat banyaknya produk kecantikan yang beredar di pasaran. Beberapa dari produk kecantikan ini ada yang berasal dari lokal maupun dari luar negeri. Salah satu brand produk kecantikan yang telah tersohor di berbagai penjuru dunia adalah Fenty Beauty dan Kylie Cosmetics yang sama-sama merupakan ciptaan dari dua artis holywood papan atas.

Kylie Cosmetics adalah bisnis lini produk kosmetik yang didirikan oleh Kylie Jenner yang merupakan orang termuda dalam klan Kardashian/Jenner. Sejak kemunculannya dari tahun 2016, Kylie Cosmetics mengkampanyekan produk kecantikan dengan tajuk the perfect kylie look yang artinya produk ini didedikasikan untuk para pelanggan di seluruh dunia yang ingin tampil seperti dirinya. Bisnis produk kecantikannya pun membuat dirinya dinobatkan oleh majalah Forbes menjadi miliuner termuda yang mengalahkan rekor Mark Zuckerberg pada usianya yang terbilang muda, yaitu 21 tahun.

Lain halnya dengan Kylie Cosmetics, Fenty Beauty merupakan brand produk kecantikan yang diluncurkan pada tahun 2017 oleh penyanyi papan atas bernama Rihanna. Walaupun terbilang baru, Fenty Beauty telah masuk ke dalam 25 Best Inventions of 2017 yang dirilis oleh majalah Time yang tentunya menjadi prestasi yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi dirinya. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, produk kecantikannya yang tersedia dengan berbagai pilihan warna menjadikannya banyak diminati oleh semua orang.

Adanya kemunculan Fenty Beauty ini menjadi ancaman bagi penjualan produk kecantikan Kylie Cosmetics. Data dari yang dilaporkan oleh Slice Intelligence, penjualan Fenty Beauty mencapai lima kali lipat dari penjualan Kylie Cosmetics. Selain itu, Menurut situs Women’s Wear Daily (WWD), angka penjualan Fenty Beauty melampaui penjualan dari produk make up selebriti-selebriti lainya seperti KKW Beauty yang merupakan brand kosmetik milik Kim Kardashian. 

Angka penjualan Fenty Beauty kian melonjak. Penjualan Fenty Beauty mencapai 34 persen lebih tinggi pada bulan kedua yang mengalahkan penjualan Lip Kit by Kylie yang merupakan salah satu produk populer dari Kylie Cosmetics.

Padahal, sebelumnya Kylie Cosmetics berhasil mendapatkan penghasilan sebesar USD 420 juta dan diprediksi akan menjadi salah satu bisnis dengan penghasilan miliar dollar amerika pada tahun 2022 mendatang.

Mengutip dari majalah fashion Elle, pengguna dari produk kecantikan Kylie Cosmetics menghabiskan uang dengan rata-rata USD 181 per tahun untuk membeli produknya. Angka ini terbilang rendah bila dibandingkan dengan pengguna Fenty Beauty yang menghabiskan uang dengan rata-rata USD 471 per tahunnya untuk membeli produk kecantikannya.

Kylie Cosmetics dan Fenty Beauty sama-sama merupakan produk kecantikan yang dibesut oleh orang-orang yang berpengaruh dalam dunia kecantikan. Tak heran bila kedua brand produk kecantikan ini selalu menjadi bahan perbincangan dan perdebatan serta banyak orang dan kerap kali dibandingkan satu sama lain. Lantas mengapa produk kecantikan Fenty Beauty lebih diminati di pasaran walaupun umurnya yang terbilang masih muda ? berikut adalah analisisnya dari sudut pandang ilmu pemasaran.

Marketing Channels

Kedua brand produk kecantikan ini menggunakan perantara untuk membawa produk mereka ke pasar. Kedua brand ini berusaha untuk membentuk suatu saluran distribusi yaitu sekelompok organisasi yang saling bergantung yang membantu membuat produk atau jasa tersedia untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis.

Peran perantara dalam pemasaran adalah untuk menciptakan efisiensi dalam menyediakan barang bagi pasar. Peran utama perantara yaitu untuk menjembatani kesenjangan bauran produk (assortments for product), waktu (time gap), tempat (place gap), serta kepemilikan utama (possession gap) yang merupakan pemisah antara barang dan jasa yang diproduksi oleh produsen dengan konsumen yang akan menggunakannya.

Produk-produk Fenty Beauty untuk saat ini dapat ditemukan di online shop atau pun di offline shop seperti Sephora di luar Inggris dan Harvey Nichols di wilayah Inggris. Adanya toko offline ini dapat dijadikan alternatif bila keaslian produk yang tersedia di online shop tersebut diragukan. Lalu, kehadiran Sephora yang sudah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya semakin memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk.

Berbeda dengan Fenty Beauty, sayangnya produk-produk dari Kylie cosmetics saat ini hanya tersedia secara online melalui situs resminya yaitu kyliecosmetics.com . Namun, sejumlah produk tersebut dapat ditemukan di online shop di Indonesia. Tentunya produk-produk yang terdapat di online shop diragukan keasliannya. Keaslian produk terjamin hanya jika konsumen memesan secara online melalui situs resmi. Pastinya dibutuhkan biaya lebih untuk mendapatkan produk tersebut khususnya bagi konsumen yang berada di Indonesia.

Online Marketing

Pemasaran online merupakan usaha perusahaan untuk memasarkan produk dan pelayanan serta membangun hubungan pelanggan melalui internet.

Seperti yang diketahui. Kedua perempuan ini adalah salah satu orang paling berpengaruh dalam dunia entertainment sehingga membuat mereka menjadi orang yang paling banyak followers di akun media sosial mereka seperti rihanna yang saat ini memiliki 77,6 juta pengikut di instagram dan Kylie Jenner dengan pengikut sebanyak 153 juta orang di instagram serta memiliki akun snapchat dengan pengikut terbanyak di dunia. Maka tidak mengherankan bila kedua orang ini aktif mempromosikan produk-produk mereka melalui media sosialnya masing-masing. Keduanya juga memiliki kanal youtube tersendiri yang berisi mengenai promosi produk dan tutorial make up yang diperagakan oleh mereka dengan menggunakan produk mereka sendiri.

Kylie Cosmetics menggunakan platform media sosial untuk memasarkan produknya. Kita dapat menemukan brand ini mempromosikan produknya melalui platform media sosial terkenal seperti Facebook, Twitter, Snapchat, Instagram, dan YouTube. Begitu pula Fenty Beauty sangat bergantung pada pemasaran online, dengan situs web dan media sosial sebagai platform. Sebagian besar kesuksesan brand ini adalah karena status dan reputasi yang dimiliki oleh sang pencipta yang membuat hubungan khusus dengan audiensnya yang tanpa diragukan telah menjadi atribut utama dalam membuat mereknya sukses sepenuhnya. Kedua brand ini berfokus menarik perhatian generasi millenial yang tidak dapat lepas dari dunia maya sehingga mereka banyak menggunakan pemasaran online untuk mempromosikan produk-produk mereka.

Salah satu video dari kanal youtube Kylie Cosmetics

Salah satu video dari kanal youtube Fenty Beauty

Tetapi, data yang didapat dari Women’s Wear Daily (WWD) mengatakan bahwa Fenty Beauty memperoleh lebih banyak respon daripada Kylie Cosmetics di Instagram, Twitter, dan YouTube pada Oktober 2017, dan yang pertama menghasilkan USD 72 juta nilai media dalam waktu sebulan.

Kylie Jenner Instagram dan Snapchat Stories tidak memiliki peluang ketika mereka menghadapi kampanye Fenty Beauty. Kampanye ini mungkin dapat dikaitkan dengan fakta bahwa komitmen Fenty Beauty terhadap beragam skin tone dalam fondasi dan produk lainnya telah lama menjadi titik penjualan dan aspek brand yang sangat terkenal.

Competitive Advantage

Kedua brand produk kecantikan ini memiliki fokus yang berbeda dalam strategi kompetitifnya. Michael Kotler menyarankan empat strategi positioning kompetitif dasar yang dapat diikuti oleh suatu bisnis. Bisnis yang mengejar strategi yang jelas akan mempunyai kinerja yang baik sedangkan bisnis yang tidak mengejar strategi yang jelas atau berda di tengah-tengan akan memiliki kinerja yang buruk. Di antara empat strategi kompetitif tersebut adalah strategi diferensiasi dan strategi fokus.

Strategi diferensiasi adalah strategi dimana suatu perusahaan berkonsentrasi untuk menciptakan lini produk serta program pemasaran yang sangat terdiferensiasi sehingga perusahaan dapat menyamai pemimpin kelas dalam industri.

Strategi ini digunakan oleh Fenty Beauty. Fenty Beauty meluncurkan produk andalannya yaitu concealer dan foundation dengan beraneka ragam pilihan shade dengan jumlah hingga empat puluh warna agar semua wanita dapat memakai produknya. Selain itu, Fenty Beauty juga meluncurkan lipstik dengan berbagai pilihan warna yang dapat dipakai oleh semua kalangan. Tentunya hal ini membuat pengguna dari Fenty Beauty menjadi sangat beragam dan akhirnya berhasil mengalahkan penjualan brand lain dengan pilihan warna produk yang terbatas. Kebanyakan dari pengguna produk Fenty Beauty merupakan keturunan Afrika-Amerika sampai Spanyol – Amerika, bahkan orang Asia.

Berbeda dengan strategi diferensiasi, strategi fokus merupakan strategi dimana perusahaan memfokuskan usahanya untuk melayani beberapa segmen pasar dengan baik dan tidak mengejar seluruh pasar.

Strategi ini digunakan oleh Kylie Cosmetics. Kylie Cosmetics sengaja mengeluarkan produk-produk dengan jumlah shade yang terbatas karena tujuan utama dari pembuatan Kylie Cosmetics sendiri tidak lain adalah untuk diperuntukan bagi wanita yang ingin tampil seperti seorang Kylie Jenner. Kylie Cosmetics juga mengkampanyekan beauty produk bertajuk the perfect Kylie look. Dengan kata lain, produk ini memang didedikasikan untuk para penggemarnya di seluruh dunia yang ingin tampil seperti dirinya. Sosoknya yang feminim dan lembut memang banyak menginspirasi anak banyak orang dan anak muda yang ingin sukses seperti Kylie Jenner.

Video yang membahas kosmetik woman of colors

Solusi

Dari analisis-analisis diatas, agar Kylie Cosmetics dapat bertahan di pasaran, Kylie Cosmetics dapat belajar dari saingannya yaitu Fenty Beauty.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan pasar di sekelilingnya. Kylie Cosmetics harus memperhatikan women of colors sebagai target pasarnya. Dengan memperhatikan berbagai pengguna dengan beraneka macam skin tone, Kylie Cosmetics dapat membuat produk-produk kecantikan yang dapat digunakan oleh mereka. Dengan melakukan hal ini, Kylie Cosmetics dapat menjangkau ke segmen pasar yang lebih luas sehingga dapat dikenal lebih luas oleh pasar.

Selain itu menggunakan situs resmi perantara , Kylie Cosmetics juga dapat bekerja sama dengan perantara toko offline. Adanya toko offline yang menyediakan produknya tentu saja akan membuat produk-produknya dapat didapatkan secara mudah dan dimana saja oleh konsumen. 

Konsep yang dipakai

Diambil dari buku :

Kotler, P. and Amstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.

  1. Marketing Channels ( chapter 12 )

  2. Direct, Online, Social Media and Mobile Marketing ( chapter 17 )

  3. Creating Competitive Advantage ( chapter 18 )

Sumber

https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-3845928/produk-makeup-rihanna-vs-kylie-jenner-punya-siapa-yang-paling-laku

https://beautynesia.id/21234/article/cosmetic/fenty-beauty-vs-kylie-cosmetics-lebih-bagus-yang-mana

https://www.facetofeet.com/makeup/5715/fenty-beauty-vs-kylie-cosmetics-mana-yang-lebih-kamu-suka

https://www.wmagazine.com/story/fenty-beauty-kylie-cosmetics

https://www.businessoffashion.com/articles/beauty/fenty-beauty-vs-kylie-cosmetics-the-race-to-a-billion-dollar-brand

http://alvomedia.com/news/digital-marketing-strategy-fenty-beauty-rihanna/

https://www.careergirldaily.com/kylie-jenner-marketing-strategy/

https://tirto.id/kylie-jenner-tidak-menjual-lipstik-melainkan-dirinya-sendiri-djfG

https://www.bbc.com/indonesia/majalah-44832038




Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format