Melirik Tajam Kesuksesan Malang Strudel


0

Siapa yang tidak senang dengan kuliner? Makanan yang menjadi khas di suatu daerah kerap kali diburu wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mencoba. Bisnis kuliner yang terlihat menggiurkan dan menjanjikan membuat orang berlomba-lomba membuat peruntungan pada bidang usaha ini. Balik ke tahun 2017, kue berlabel artis menjamur di berbagai kota. Harga dan rasa kue artis ini pun beragam. Awal kehadiran kue artis ini ramai dibicarakan. Bahkan, kehadirannya dapat dikatakan viral karena proses antri pembelian produk yang sangat panjang. 

Namun, bisnis ini tidak bertahan lama. Di tahun 2018 saja, beberapa merk kue artis harus tutup akibat sepi pembeli. Kondisi ini berbanding terbalik dengan awal kehadirannya yang viral. Untuk mempermudah dalam menganalisis fenomena ini, saya akan mengambil contoh Bakpia Princess Cake oleh Syahrini. 

Grafik diatas menjabarkan hasil analisis yang dilakukan CB Insight terhadap 101 bisnis.Penyebab terbesar dari gagalan sebuah bisnis adalah tidak ada kebutuhan pasar (konsumen) terhadap bisnis tersebut. Jika dihubungkan dengan kasus Bakpia Princess, kue ini diharapkan menjadi pilihan oleh-oleh khas Jogja bagi para wisatawan. Namun, harapan tersebut sulit untuk dicapai karena bersaing dengan bakpia tradisional yang justru lebih khas dan lebih murah. 

Bakpia princess cake berpenampilan bakpia besar dengan diameter 17 cm dengan delapan varian rasa : Choco Banana, double Cheese, Strawberry, Chocolate, Red Bean, Tiramissu, Durian, dan Brownie. Dugaan awal penulis terhadap tidak lakunya bisnis ini adalah Bakpia princess tidak mengantarkan value produk kepada konsumen sehingga gagal mendapatkan pasar. Bakpia Princess Cake perlu menganalisis cara agar inovasi pada kuenya meraih pasar di Yogyakarta dengan analisis marketing channel, competitor strategies, dan marketing communication. Analisis akan dilakukan dengan cara membandingkan sesama kue artis yaitu Malang Strudel yang hingga sampai saat ini kue tersebut terus berkembang dan berhasil mendapatkan pasar sebagai oleh-oleh khas Malang. 

How Channel Members Add Value

Kesuksesan Malang Strudel tidak lepas dari keberhasilan menghantarkan nilai produk kepada konsumen. Baik Malang Strudel maupun Bakpia Princess, keduanya menggunakan distribusi langsung. Distribusi langsung adalah produsen menjual produknya langsung kepada konsumen. Untuk mengetahui perbedaan antara kedua bisnis, analisis marketing channel dilakukan dengan membandingkan nilai yang diberikan. 

Channel Member’s Value Added

Malang Strudel

Bakpia Princess Cake

Assortments wanted

Malang strudel memasarkan produknya dengan menjual produk malang strudel saja sekaligus menjual oleh-oleh khas bermerk lainnya.

Bakpia princess cake hanya memiliki toko yaitu yang hanya menjual produknya saja tanpa oleh-oleh lain.

Time

Toko buka dari jam 08.00 sampai dengan 22.00

Toko buka dari jam 08.16 sampai dengan 16.00

Place

Berpusat di malang dan memperluas ke daerah jawa timur lainnya. 

Hanya di Yogyakarta

Information

Konsumen memperoleh informasi produk secara online maupun datang ke toko langsung. Online menggunakan Instagram dan Website : malangstrudel.com

Bakpia princess cake menggunakan media sosial instagram dan toko langsung.

Promotion

Promosi dilakukan dengan diskon dan bonus produk.

Promosi dilakukan dengan memberikan foto-foto produk. 

Contact

Tidak hanya produk, Instagram malang strudel digunakan sebagai pemberi informasi wisata-wisata di kota malang dan event yang diadakan oleh malang strudel.

Pada platform instagram bakpia princess lebih banyak infromasi seputar produk dan kuis-kuis.

Matching

Penawaran terbaik, diantaranya diskon produk sebesar Rp25000 untuk member, beli 2 dapat 3 pada hari kamis sampi dengan minggu.

Penawaran untuk konsumen yang melakukan foto di spot bakpia princess mendapat diskon 20%

Physical distribution

Produk di tata rapi bedasarkan jenis di dalam toko. Spot produk malang strudel dipisahkan dari oleh-oleh lain agar mudah dicari oleh konsumen.

Produk diletakkan berdekatan dengan oleh-oleh lain.

Risk taking

Membuka toko dibeberapa daerah di malang dan memperluas hingga ke daerah suarabaya.  Membuka kerja sama dengan reseller.

Membuka toko di Yogyakarta. Belum membuka reseller.

Malang Strudel 

Malang strudel menjual produk malang strudel sekaligus oleh-oleh lain. Pada toko yang menjual bersamaan dengan oleh-oleh lain, produk malang strudel ditempatkan pada spot khusus agar mempermudah mencari produk. 

(susunan di dalam toko malang studel dengan oleh-oleh lain)

Malang strudel juga memperluas pemasaran produk dengan membuka kerjasama dengan reseller. Reseller bisa menyediakan produk malang strudel di tokonya sendiri.

(malang strudel di salah satu pusat oleh-oleh)

Jam operasi toko malang strudel cukup lama yakni pukul 08.00 hingga 22.00. Konsumen dapat dengan leluasa berbelanja di pagi hari maupun di malam hari. 

Informasi gencar dilakukan menggunakan media sosial instagram dan website. Pada akun instagram malang strudel pembagian informasi jelas sehingga mempermudah konsumen mencari informasi tanpa harus scroll ke postingan lama. Terdapat pembagian informasi terkait outlet, diskon, info, pembayaran dan testimoni pelanggan. 

Begitu pula dengan penggunaan website, informasi terkait outlet terdekat, sejarah Malang Strudel, terdapat fitur chat dan informasi produk yang dijual menunjukkan website digarap serius oleh malang strudel. Bahkan, website dilengkapi fitur musik Malang Strudel.

Tidak melulu fokus kepada produk, malang strudel menarik hati konsumen dengan mengadakan event tahunan bertajuk Malang Strudel Carnival. Malang strudel carnival ini merupakan acara kuliner yang menggaet produk ukm malang sehingga ikut mengenalkan dan mendukung usaha-usaha kecil. Tidak hanya itu, acara ini terdapat jalan bersama, senam sehat dan penampilan beberapa band. Event ini sekaligus mempromosikan malang strudel merupakan salah satu bagian dari makanan khas kota Malang.

  • Bakpia Princess

Bakpia Princess menjual hanya menjual produk dan oleh-oleh yang dikemas dengan label sendiri. Penempatan produk juga kurang rapi karena ikut menyatukan spot antara yang bukan makanan dengan makanan. Peletakan bakpia princess pun berada dibagian rak menengah hingga ke bawah.

Jam operasi toko Bakpia princess cenderung sebentar yakni pukul 08.15 hingga 16.00 sehingga memsempit konsumen untuk medapatkan produk. Terlebih pagi para wisatan yang baru bisa membeli ketika malam hari. 

Pembagian informasi gencar dilakukan menggunakan hanya media sosial instagram. Pada akun instagram  informasi kurang jelas sehingga mempersulit konsumen mencari informasi. Misalnya saja informasi terkait diskon, konsumen perlu mencari satu per satu postingan. Platform instgram ini belum digunakan secara maksimal. Promosi pun tidak segencar dilakukan Malang Strudel.

Bakpia princess juga belum memiliki website untuk mempermudah konsumen mendapatkan informasi. Bakpia princess pun hanya menjual produk pada tokonya sendiri karena tidak membuka jasa reseller seperti malang strudel.

Beralih ke rasa, tidak sedikit blogger maupun youtuber yang mengatakan rasa bakpia jumbo ini tidak terlalu enak karena filling (isi) bakpia yang terlalu manis. 

Video di atas mengulas rasa dari bakpia princess cake. Dari beberapa statement, mereka mengatakan bahwa produk ini seperti pastry biasa. Pada kotak kemasan produk tidak terdapat informasi rasa bakpia sehingga konsumen kesulitan unuk mencari rasa yang diinginkan. Pernyataaan ini saya dapatkan dari salah satu video ulasan dibawah ini.

Competitor Startegies

Setelah menganalisis bagaimana kuseksesan value yang diberikan oleh Malang strudel , kita perlu mengetahui pesaing Bakpia Princess agar bisa mendapatkan pasar di Yogyakarta. Terdapat tiga tahapan : 

 1. Identifying Competitor

Bakpia Princess cake teridentifikasi memliki pesaing dengan produk yang sama, yaitu   bakpia yang menyediakan filling dan kulit yang lembut yaitu bakpia tradisional : bakpia kencana, bakpia mutiara, dan bakpia kurnia sari. 

2. Assessing Competitor

Menilai pesaing dilihat dari sisi harga dan kualitas produk

  • Segi harga = Bakpia princess memamtok harga yang lebih mahal dibandingkan dengan bakpia tradisional. Bakpia kencana, Bakpia mutiara, dan bakpia kurnia sari memiliki rentang harga Rp45000 hingga Rp60000 untuk isi 20 dalam satu box, sedangkan bakpia princess mematok harga Rp65000 hingga Rp80000. Dari segi harga, bakpia tradisional jauh lebih unggul.
  • Segi Kualitas = Dari penjelasan singkat diatas, bakpia princes memang unggul pada varian rasa yang unik yang belum ada pada bakpia tradisional. Bakpia princess tidak menyediakan rasa kacang hijau yang mana rasa tersebut rasa khas bakpia. kelemahan tidak adanya rasa kacang hijau ini adalah, Bakpia Princess cake dianggap sebagai pastry biasa.  

3. Selecting Competitor

Bakpia kurnia, kencana dan mutiara tergolong pesaing yang berat. Ketiga produk ini telah menguasai Yogyakarta selama bertahun-tahun karena rasanya yang khas. Bakpia tradisional memiliki keunggulan pada segi harga , sedangkan bakpia princess unggul pada varian rasa. 

Langkah selanjutnya adalah menentukan segmen pasar yang tepat untuk Bakpia princess. Mnentukan segment pasar dapat dianalisis dari value disciplines. Terdapat tiga jenis value disciplines : 

  • Product Leadership menciptakan produk dan jasa yang berbeda dari kompetitornya, perusahaan perlu terus-menerus mengembangkan inovasi produk.
  • Operational Excellence memimpin pasar dalam segi harga (best total cost)
  • Customer intimacy, value yang dihasilkan dari meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan menyediakn produk yang benar-benar dibutuhkan pelanggann.

Bedasarkan ketiga value disciples di atas, bakpia princess cake perlu memperhatikan  product leadership dan/atau customer intimacy. Bakpia princess cake sudah memiliki keunggulan pada varian rasa yang berbeda dari kompetitornya sehingga mengarahkan penerapan value disciplines product leadership. Perbedaan varian rasa ini pun perlu didukung dengan peningkatan kualitas rasa mengingat harga yang ditawarkan jauh lebih mahal dibandingkan bakpia tradisional. 

Selain itu, Customer intimacy perlu diterapkan melihat sedikitnya upaya yang dilakukan Bakpia Princess untuk menarik lebih banyak dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. 

Customer intimacy dapat dilakukan dengan penggunaan akun Youtube (yang sudah ada) yang berhubungan proses pembuatan produk dengan bahan-bahan yang berkualitas sehingga konsumen puun merasa worth to buy membeli produk bakpia princess cake. 

Agar lebih meningkatkan competitive advantage produk Bakpia princess cake perlu menambahkan rasa tradisional bakpia yaitu kacang hijau sehingga konsumen tidak kehilangan persepsi bahwa kue ini termasuk kategori bakpia bukan pastry biasa.

Telah mengidentifikasi pesaing dan segmen pasar yang tepat untuk bakpia princess, Kita perlu memilih stategi kompetitif. Stategi kompetetitif ini terdapat empat macam : Market Leaders, Challengers, Followers dan Nichers.

Dari keempat stretegi tersebut yang paling cocok dengan Bakpia Princess adalah Market Challagers. Strategi ini berusaha menyaingi pempimpin pasar. Melui stategi Challnger, Bakpia princess memiliki keunggulan kuat di varian rasa, jika varian rasa ini dapat diperbaiki kualitasnya hal ini akan mampu menyerang secara tidak langsungrasa-rasa biasa yang ada di bakpia tradisional. Apalagi jika Bakpia princess mengeluarkan rasa original bakpia Kacang Hijau. 

Marketing Communication

Langkah terakhir untuk memperlengkap perbaikan pemasaran pada Bakpia princess adalah Marketing Communication. Kelemahan Bakpia Princess terdapat pada rasa (kualitas produk) dan kegagalan mengkomunikasikan inovasi bakpia yang mereka punya. Terutama pada langkah-langkah efektif marketing communication bedasarkan penetapan buyer readiness stage menurut Philip Kotler (2017) :

Jika melihat dari kasus Bakpia Princess Cake, tahap buyer readiness stages berada pada tahap Liking. Bakpia sudah disukai oleh beberapa orang tetapi belum sampai kepada tahap preference karena rasanya yang cenderung biasa seperti pastry yang dijual di toko kue umum. Untuk memindahkan dari tahap liking menuju preference, Bakpia Princess perlu menerapkan AIDA.

Menurut Philip Kotler (2017) terdapat lima tahap menciptakan komunikasi yang efektif.

1. Identify Target Audience

Dengan rentang harga yang cenderung mahal, Target audience adalah pelanggan yang dengan berpenghasilan menengah ke atas. Generasi remaja hingga dewasa. Bakpia princess perlu merancang konten pemasaran yang kekinian namun tetap elegan.

2. Determine the Communication Objectives

Tujuan komunikasi ini adalah meyakinkan pembeli dari suka menjadi lebih suka atau dari tahap liking menjadi preference. Konsumen pada akhirnya lebih memilih Bakpia princess cake dibandingkan bakpia tradisional.

3. Design the Message

Dalam menyusun konten pemasaran yang sesuai dengan target dan merepakan konsep AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action).

4. Choose the Media to send the message

Bakpia princess telah menggunakan instagram sebagai alat pemasaran utama. Namun, instagram ini belum digunakan secara maksimal seperti akun malang Strudel. Dalam memasarkan produk menggunakan isntagram, Bakpia princess perlu memperbaiki sususnan informasi agar konsumen lebih tertarik untuk mengetahui lebih lanjut produk. 

Pembuatan website juga diperlukan untuk menambah ketersediaan informasi calon pelanggan yang tidak memiliki media sosial seperi facebook, twitter maupun instagram. 

5. Selecting Message Source and Collecting Feedback

Kurangnya testimoni terhadap produk menjadi salah satu faktor calon pelanggan menjadi ragu untuk membeli. Ditambah lagi review nyata oleh para youtuber yang mengatakan rasanya yang biasa saja menjadi ancaman bagi bakpia princess cake. Review tersebut dapat dijadikan feedback untuk bakpia princess cake memperbaiki kualitas produknya menjadi lebih baik. 


Analisis di atas merupakan strategi yang bersifat materi agar bakpia princess kembali jaya seperti di awal kedatangannya di tahun 2017. Stategi best practices juga perlu diterapkan nih oleh Bakpia Princess cake dengan melirik Malang Strudel yang sukses mengembangkan sayapnya di kota malang. Apa saja Best Practicesnya?

1. Mengelola Media Sosial yang digunakan dengan maksimal

Mengulas lagi perbedaan kelengkapan masing masing akun media sosial, malang strudel secara rinci mengelompokkan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Konsumen dapat dengan mudah mencari informasi tanpa membuka satu persatu postingan. Judul tiap pengelompokkan informasi juga jelas. Bakpia princess perlu memperbaiki kondisi informasi yang acak, data dilihat dari judul yang kurang jelas seperti “manjaaaaa”. Akan lebih baik bila judulnya “Review Inces” karena isi konten adalah syahrini yang sedang menikmati Bakpia Princess Cake.

Pembuatan website juga perlu dilakukan agar mempermudah konsuemn yang tidak memiliki media sosial mendapatkan informasi terkait produk.

2. Ciptakan event menarik yang berbuhubungan dengan kearifan lokal

Walaupun akun instagram Bakpia princess sudah memposting daerah wisata-wisata di Yogyakarta, tetapi masih kalah banyak dengan kuis-kuis dan promosi produk. Konsumen akan terlihat Bakpia princess adalah salah satu toko kue biasa dibandingkan toko oleh-oleh khas jogja. Malang strudel secara aktif mempromosikan wsiata-wisata kota malang. 

Diadakannya event yang menggaet produk-produk ukm khas daerah merupakan salah satu strategi promosi tidak langsung sekaligus menciptakan pandangan masyarakat bahwa produk tersebut merupakan bagian dari oleh-oleh khas daerah.

3. Pisahkan konten pemasaran produk dengan kehidupan pribadi

Hal ini sungguh disayangkan. Sebaiknya dipisahkan antara kehidupan pribadi artis dengan produk yang dijual. Produk akan dianggap tidak menjual nama artisnya saja. 

4. Siapkan packing untuk dibawa ke luar kota

Oleh-oleh yang akan dibawa ke luar kota perlu mendapatkan packing khusus agar produk aman dan lebih tahan lama. Malang Strudel menyediakan box sehingga produk oleh-oleh lebih aman bila disimpan dibagi mobil, maupun bagasi pesawat.

box malang strudel

box bakpia princess cake

5. Perbaiki kotak produk

Permudah konsumen memilih rasa yang diinginkan dengan keterangan jenis rasa pada tiap kemasan (contohnya gambar foto produk yang dilakukan malang strudel), expired date, dan kode produksi.

kemasan bakpia princess cake

kemasan malang strudel

6. Respon Cepat Feedback Konsumen

    Rata-rata konsumen yang menikmati bakpia princess cake mengatakan filling terlalu manis   dan kulit bakpia yang kurang menyatu dengan filling. Dikutip dari salah satu blog kuliner aremafood.com, terdapat ulasan :

" Syahirini, artis yang doyan pakai bling bling ini mencoba menciptakan bakpia yang katanya cita rasa internasional dengan rasa tiramisu. Namun sayangnya, tiramisunya nggak bener-bener berasa, Snackers. Agak eneg kalau banyak, entahlah. Sepertinya rasa dari Bakpia Princess Cake ini lumayan berselisih dari ke-cetar-an Syahrini dan ketertarikan rasa yang sudah kita bangun kalau ngelihat fotonya. Apa ya? Kalau boleh Aremafood kasih saran, mungkin bahan dan olahan filling harus bener-bener dibenahi sih ya."

Sebagai bisnis yang akan menerapkan startegi market challanger, Bakpia Princess Cake harus segera memperbaiki rasa produknya agar sesuai dengan ekspetasi konsumen.


Dari Ulasan singkat diatas, semoga Bakpia Princess Cake mampu menyusul keberhasilan Malang Strudel dan berhasil mendapatkan segmen pasar sesuai analisis di atas. 


Sumber


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
OVERACHIEVERS

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format