Slashing Game : Ninja Fishing Vs Fruit Ninja


0

Tahukah kalian bahwa ada beberapa orang di Indonesia pernah membuat game seperti Fruit Ninja. Game yang dibuat oleh anak bangsa itu adalah Ninja Fishing, Ninja fishing sendiri dirilis pada tanggal 2 juli 2012. Ninja Fishing sendiri dibuat oleh Menara Games yang merupakan developer asli asal Indonesia (Bandung). Sebelum Ninja Fishing, Menara Games juga membuat video game lainnya seperti tower defense mereka yang berjudul Defender Chronicle II. Tentu saja ini merupakan prestasi yang luar biasa dari developer anak bangsa. Ninja Fishing dipublish oleh Gamenauts sebuah lembaga publisher video game yang berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat. Ide game Ninja Fishing sebenarnya tidak 100% baru karena game playnya hampir mirip dengan Fruit Ninja, namun ada beberapa hal yang membuat Ninja Fishing menarik. Pertama, Ninja Fishing ini dapat diunduh secara gratis dan tidak memakan biaya pembelian untuk menggunakan aplikasi ini. Yang kedua adalah proses grindingnya menyenangkan dan terbilang cukup friendly. Yang ketiga dan juga yang terpenting adalah Menara Games terus menerus memberikan update secara berkala selama 2 tahun. Ketiga kombinasi ini menurut saya membuat Ninja Fishing bisa dibilang digemari oleh para gamer.

Namun disisi lain Ninja Fishing tidak terlalu booming dan fenomenal di Indonesia dan masih kalah jauh dengan keberadaan video game yang setipenya yaitu Fruit Ninja. Disatu sisi memang Fruit Ninja rilis terlebih dahulu dari pada Ninja Fishing namun ada beberapa hal yang membuat Ninja Fishing masih kalah tenar dengan Fruit Ninja. Yang pertama, perilisan Ninja Fishing  hanya terbatas di Android OS dan Ios Mobile Operating. Menara games tidak melebarkan sayapnya lagi dalam media operasi yang lain seperti XBox atau Windows Phone dan disini bisa dibilang point kekalahan yang paling telak sehingga Ninja Fishing kalah tenar dengan Fruit Ninja. Di sisi lain Menara Games juga dipublish oleh Gamenauts, Gamenauts Sendiri masih kalah pamor dalam permasalahan video game dengan publisher Halfbrick yang sekaligus menjadi develop dari game Fruit Ninja.

Berikut perbandingan Ninja Fishing Vs Fruit Ninja dari segi pengunduh di playstore

  • Ninja Fishing

  • Fruit Ninja

Digame yang sejenis dengan Ninja Fishing tentunya kita tidak asing lagi dengan video game slashing ala Fruit Ninja. Fruit ninja adalah sebuah permainan video yang di develop oleh Halfbrick. Fruit Ninja dirilis pada 21 April 2010 untuk perangkat iPod Touch dan iPhone(Ios Mobile operating), 12 Juli 2010 untuk iPad, 17 September 2010 untuk Android OS dan pada tanggal 22 Desember 2010 game ini juga dirilis untuk Windows Phone. Selain itu Tepat sebelum E3(Electronic Entertainment Expo)2011 Fruit Ninja Kinect dirilis untuk Xbox pada 10 Agustus 2011 dan memakai periferal Kinect. Fruit Ninja juga dirilis untuk Windows 8 pada 7 Juni 2012. Setelah itu bermunculanlah versi dengan nama-nama alternati, seperti Fruit Ninja HD di iPad Fruit Ninja THD untuk perangkat Android berbasis Nvidia Tegra 2, Fruit Ninja VR untuk HTC Vive, dan sebuah versi arcade bernama Fruit Ninja FX. Dalam permainan tersebut, pemain harus memotong buah yang dilempar ke udara dengan mengusap layar sentuh dari perangkat tersebut memakai jari-jari mereka atau dalam kasus versi Xbox 360, lengan dan tangan pemain.

Nah dari sisi developernya Fruit Ninja di develop oleh Halfbrick Studios. Halfbrick Studios ini berasal dari Australia dan tempatnya di kota brisbane bisa dibilang merupakan salah satu pionir developer game yang sukses menelurkan sederet karya berkualitas di platform mobile. Lewat berbagai judul game berkualitas seperti Jetpack Joyride, Fish Out Of Water, serta game fenomenal mereka, Fruit Ninja.

Effective Marketing Communication

Hal yang cukup penting untuk diperhatikan dalam membuat suatu komunikasi marketing yang efektif adalah memahami cara kerja dari komunikasi itu sendiri. Dua elemen yang paling penting dalam komunikasi adalah pengirim pesan dan penerima pesan itu sendiri. Selain itu, alat komunikasi yang paling utama adalah pesan dan media. Selanjutnya ada empat elemen dalam proses komunikasi yaitu encoding, decoding, response, dan feedback. Agar pesan menjadi efektif, proses encoding pengirim pesan harus saling terhubung dengan proses decoding penerima pesan.

Langkah-langkah dalam Membangun Effective Marketing Communication bagi Ninja Fishing

  • Identifying the Target Audience
    Langkah pertama dalam membangun effective marketing communication adalah dengan mengidentifikasi siapa target yang dituju. Apabila sudah mengidentifikasi, selanjutnya kita menentukan cara berkomunikasi seperti apa yang tepat digunakan. Target pasar dari Ninja Fishing sendiri sebenarnya adalah para anak-anak dan kalangan remaja, ditinjau berdasarkan video game yang dibuat merupakan game yang simple yang memfokuskan diri pada ketanggapan para player dalam me-slash ikan-ikan yang ada di layar handphone yang digunakan. Dari sini Menara games bisa menyesuaikan bahasa-bahasa yang sekiranya mudah dimengerti oleh target konsumennya

  • Determining the Communication Objectives
    Langkah kedua adalah menentukan tujuan dari komunikasi tersebut. Tujuan dari komunikasi tersebut adalah menarik minat serta mengenalkan produk Ninja Fishing bagi kalangan muda, kemudian meyakinkan mereka untuk mau dan akan bermain Ninja Fishing itu sendiri. 

  • Designing a Message
    Langkah selanjutnya adalah membuat suatu pesan yang dapat menarik perhatian kalangan muda, mempertahankan minat mereka, kemudian membangkitkan keinginan anak-anak remaja tersebut untuk tetap bermain, dan kemudian mereka memutuskan untuk mengkonsumsi permainan Ninja Fishing. Pada tahap ini, kita akan menganalisis menggunakan framework AIDA Model. Produsen Fapet Milk dapat menyampaikan suatu pesan bahwa video game Ninja Fishing dapat mengembangkan kesigapan dari pada konsumennya. Hal ini tentu dapat menarik minat kalangan muda khususnya remaja untuk mengembangkan kesigapan yang mereka miliki

  • Choosing Communication Channels and Media
    Langkah keempat dalam membangun effective marketing communication adalah menentukan channel dan media yang tepat dalam menyampaikan pesan yang sudah dibuat. Ada dua tipe channel komunikasi, yaitu personal dan nonpersonal. Menara games dapat menggunakan  komunikasi nonpersonal seperti memasang iklan di majalah-majalah yang dekat dengan kalangan muda dan kemudian memasukan bentuk dari komunikasi personal berupa testimoni yang berada di kolom komentar di play store.

  • Selecting the Message Source
    Langkah kelima adalah memilih sumber atau komunikator dari pesan yang kita sampaikan agar dapat meyakinkan kalangan muda untuk membeli produk Fapet Milk. Hal ini dikarenakan, baik dalam komunikasi personal maupun  komunikasi nonpersonal, dampak dari pesan dapat tergantung bagaimana audiens memandang komunikator atau sumber pesan. Pesan dikirim dari sumber yang kredibel atau disampaikan oleh seseorang yang populer akan lebih menarik minat. Menara games dapat mengajak seorang publik figur yang sedang menarik minat kalangan muda saat ini untuk memberikan testimoni dari Ninja Fishing  atau mengajak seorang gamers  untuk memberikan pandangan atas kebermanfaatan Ninja Fishing.

  • Collecting Feedback
    Setelah mengirimkan pesan, Menara games perlu meneliti kembali bagaimana dampaknya pada pasar. Mereka dapat melakukan riset kecil-kecilan dengan media online dengan membuat poll kepuasan atas games Ninja Fishing itu sendiri

Channel Mambers Add Value

Klasifikasi Nilai
Ninja Fishing
Fruit Ninja
Assortments Wanted by Consumers
Game sederhana menguji kesigapan
Game sederhana menguji kesigapan
Time
24 jam
24 jam
Place
Seluruh Dunia
Seluruh Dunia
Possession Gaps
game didesign sederhana ditambah dengan fitur-fitur Storytaller
game didesign sederhana sesuai kepasitas anak-anak dan remaja
Fungsi Utama
Information
para gamers dapat memperoleh informasi mengenai Ninja fishing melalui website https://www.gamenauts.net/  yang merupakan publisher dari game ini, iklan-iklan yang tersebar di internet khususnya media seperti playstore dan applestore.
para gamers dapat memperoleh informasi mengenai Ninja fishing melalui website https://fruitninja.com yang merupakan wibesite independent yang dimiliki fruit ninja, dan bisa ditemukan di website https://halfbrick.com/our-games/fruit-ninja/ yang merupakan publisher fruit ninja.
Promotion
Ninja Fishing memasarkan produknya secara menggelobal melalui website yang ia miliki secara resmi dan melalui media seperti playstore dan sejenisnya
Fruit Ninja memasarkan produknya secara mengglobal melalui website resminya dan melalu media seperti playstore dan sejenisnya
Contact

Dari segi contact, Ninja Fishing cukup berhasil mendapatkan dan mengikat konsumen setianya. namun daya saing Ninja Fishing masih kalah tenar dengan video game sejenisnya

Dari segi contact, Fruit ninja telah berhasil mendapatkan dan mengikat konsumnya. ditambah dengan adanya positif komentar yang beredar di laman pengunduhan Fruit Ninja itu sendiri
Matching
Ninja fishing dirasa mampu matching dengan pelanggan setianya. Hal ini dikarenakan menara games sendiri selalu memberikan update pelayanan akan ninja fishing itu sendiri


Fruit Ninja mampu matching dengan pelanggan setianya. Hal ini dikarenakan halfbrick selalu memberikan pembaruan dengan penyesuaian trend yang terjadi di setiap harinya


 

 Competitor Analysis

  • Operational Excellence.

Pertama, Menara Games dapat memunculkan keunggulan produknya dengan mengurangi vitur-vitur yang tidak terlalu dibutuhkan didalam video gamenya dan membuat sistem pengiriman nilai menjadi lebih ramping dan efisien. Selain itu, Menara games juga perlu memberikan pelayanan yang maksimal serta berkualitas.

  • Customer Intimacy,

 Cara selanjutnya untuk memunculkan keunggulan produk adalah dengan memberikan apa yang sebenarnya diinginkan oleh pelanggan. Menara Games dengan inovasi produk Ninja Fishing. pertama dengan tambahan grindingnya yang menyenangkan dan selalu memberikan update secara berkala berhasil menarik minat para gamers muda di Indonesia. Banyak gamers yang menyukai dan merasa cocok dengan grinding yang ditampilkan. 

  • Product Leadership

Cara selanjutnya adalah product leadership. Strategi ini menargetkan kepada pasar yang memiliki pergerakan cepat. Produksinya terbuka dengan inovasi dan ide baru yang dapat pula memberikan suatu solusi termutakhir. Seperti yang sudah dijelaskan pada customer intimacy  atau cara sebelumnya, Menara games membuat inovasi produk video game berupa Ninja Fishing yang memiliki grinding yang sangat menyenangkanBerdasarkan analisis saya, produk Ninja Fishing ini sudah memiliki keunggulan kompetitif dengan grinding nya yang menyenangkan untuk para gamers muda.

  • Posisi Kompetitif, 

Seperti yang telah diketahui, pasaran video games Indonesia banyak didominasi oleh video game dari luar karena pemasarannya lebih kencang dibandingkan pemasaran video games yang dibuat indonesia sendiri. Dari hal ini, para gamers Indonesia cenderung memilih video games yang sering terpapar melalui iklan-iklan yang ada seperti di play store. Sedangkan Ninja Fishing ini memiliki kualitas yang sama, ia belum mencapai pada posisi Market Leader. Terlebih lagi Ninja fishing belum terlalu laku dipasaran video games di Indonesia, membuatnya sulit untuk berada di posisi Market Leader mengalahkan video game yang mendunia Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ninja Fishing ini merupakan Market Challanger di Industri video game di Indonesia meskipun telah menawarkan experiences atau pengalaman baru pada gamers muda di Indonesia pada satu video game yang similar. Dengan begitu menara games harus pelan-pelan meyakinkan gamers di Indonesia bahwa Ninja Fishing buatannya memiliki kualitas yang sama dengan video game lainnya ditambah dengan kesan cintai hasil buatan anak bangsa bisa membuat pamor Ninja Fishing naik.

Soulisi

Solusi yang diusulkan adalah solusi untuk Ninja Fishing agar lebih dikenal dan diminati konsumen khususnya di Indonesia. 

  1. Ninja Fishing harus lebih gencar lagi dalam mempromosikan aplikasinya dikarenakan para calon konsumen sudah memiliki anggapan jika ingin bermain game yang me slash-slash fruit ninjalah jawabannya. Di sisi lain ninja fishing juga harus menyesuaikan promosi yang akan dilakukan dengan calon konsumen suapaya konsumen mudah untuk menerika ninja fishing dan bisa menandingi pamor fruit ninja
  2. Ninja Fishing harus melebarkan lagi gamenya diperangkat – perangkat yang lain seperi Xbox, Windows phone dan sebagainya. bermula dari follower fruit ninja memungkinkan bisa menandingi fruit ninja itu sendiri
  3. fruit ninja bisa mencantumkan keterangan yang lebih jelas bahwasanya game ninja fishing ini dibuat oleh orang indonesia dan menggunakan jargon support produk bangsa

Referensi

https://www.gamenauts.net/  

https://fruitninja.com

https://halfbrick.com/our-games/fruit-ninja/

https://id.techinasia.com/ninja-fishing-game-buatan-anak-bangsa-sudah-di-download-15-juta-kali

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gamenauts.ninjafishingfull

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.halfbrick.fruitninjafree

Buku Acuan

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.

 

 

 

 

 

 

 

 .


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format